Minggu, 22 Okt 2017 16:46
  • Home
  • Pemilukada
  • Demi masa depan yang lebih baik, Rakyat Palas harus evaluasi kepemimpinan TSO-Zarnawi

Demi masa depan yang lebih baik, Rakyat Palas harus evaluasi kepemimpinan TSO-Zarnawi

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: John
Senin, 09 Okt 2017 04:29
Dibaca: 119 kali
Dok
Palas

Padang Lawas (Palas) merupakan salah satu dari dari 8 (Delapan) Kabupaten se-Sumatera Utara yang akan ikut melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018. 

Menurut jadwal yang ditetapkan KPU, para bakal calon akan mendaftar pada Januari 2018. Sedangkan pemilihan akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018. Dengan demikian waktu untuk menentukan pemimpin Palas lima tahun berikutnya sudah relatif singkat. Oleh karena itu, rakyat Palas harus benar-benar dan sungguh-sungguh menjadi subjek perubahan melalui Pilkada 2018. Menjadi pelaku aktif dalam proses Pilkada dalam menyongsong kepemimpinan yang lebih baik.

Demikian dikatakan Direktur Lingkar Studi Pembangunan (LSP) Sumut Ansor Harahap berkaitan dengan Pilkada Palas 2018.

"Momentum Pilkada 2018 harus dimanfaatkan rakyat Palas dalam menentukan masa depannya, menjadi subjek perubahan, menjadi pelaku aktif, setidaknya untuk diri dan keluarganya untuk memastikan pilihan tersebut adalah figur yang tepat dan atas dasar nurani dan akal sehat", kata Ansor, Minggu, (8/10).

Menurut Ansor yang juga mantan Ketua Umum Gerakan Mahasiswa Padang Lawas (Gema Padang Lawas), salah satu langkah yang perlu dilakukan rakyat Palas adalah melakukan evaluasi terhadap kepemimpinan Ali Sutan Harahap (TSO)-Zarnawi Pasaribu yang hampir pasti sebagai salah satu pasangan calon peserta Pilkada 2018. 

"Karena hanya dengan mengevaluasi kepemimpinan TSO-Zarnawi rumus perubahan bisa dinilai sebab pengalaman kehidupan ber-Palas dalam banyak aspek hanya didapat dari sejauhmana perjalanan pemerintahan daerah dijalankan. Bahwa ukuran-ukuran pembangunan harus cermat dan jernih dilihat serta menyeluruh. Pada akhirnya ada kesimpulan sebagai pertimbangan dalam memilih pemimpin di periode berikutnya," jelas Ansor.

"Mustahil perubahan terwujud kalau pemerintahan yang sedang berkuasa tidak dinilai baik buruknya secara sungguh-sungguh oleh rakyat Palas, diantaranya, sejauhmana pembangunan berjalan, kemiskinan dan pengangguran berkurang, apa saja yang telah dinikmati masyarakat, bagaimana pelayanan kesehatan, penyelenggaraan pendidikan, jalankah pemberdayaan masyarakat, dan lain sebagainya, semuanya harus jernih dilihat oleh rakyat melalui tokoh, ulama, aktivis, mahasiswa, dan paling penting kesadaran dari individu rakyat itu sendiri, khususnya kelas sosial menengah ke bawah", tambahnya.

Artinya, kata Ansor, rakyat tidak boleh mudah terpesona dengan 'gegap gempita' klaim pencapaian atau melihat pembangunan yang ada yang bisa saja sesungguhnya masih jauh dari kewajaran bila dibandingkan dengan besarnya APBD Palas selama ini. Untuk itu, rakyat perlu kritis melihat perjalanan pemerintahan sejak TSO menjabat Bupati Palas sehingga tidak ada lagi penyesalan di masa akan datang. 

"Misalnya, apakah pembangunan itu sudah dikerjakan dengan sungguh-sungguh, apakah proyek-proyek besar seperti Mesjid Agung dan lainnya sudah menjadi kebutuhan mendasar atau itu tidak lebih dari citra saja. Pada aspek lain berjalankankah pembangunan itu sehingga pembangunan yang berjalan tersambung atau sinergi, semua harus dilihat dengan tajam bila ingin perubahan, karena kesempatan memilih pemimpin tidak bisa dilakukan setiap tahun, artinya, dampaknya untuk lima tahun kedepan bahkan lebih," ungkapnya.

Editor: Budi

T#g:Pilkada PalasTSOZarnawi
Berita Terkait
  • Selasa, 17 Okt 2017 19:17

    Pendaftar PPK-PPS Terus Serbu KPU Palas

    Memasuki hari kelima tahapan masa pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018, sejumlah pendaftar terus "menyerbu" ka

  • Rabu, 27 Sep 2017 20:57

    KPU Palas Buka Pendaftaran Media Center

    Dalam rangka pemenuhan tertib legal administrasi dan optimalis terhadap wartawan/jurnalis peliput penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas (Palas) tahun 2018, Komisi Pe

  • Selasa, 12 Sep 2017 15:32

    Calon Perseorangan di Pilkada Palas, Harus Didukung 15.897 KTP Elektronik

    Bagi bakal calon Bupati dan Wakil Bupati yang akan maju dari jalur perseorangan atau calon independen, pada pemilihan umum kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 di Kabupaten Padang Lawas (Palas)

  • Sabtu, 10 Jun 2017 12:20

    Wabup Palas Minta Dana CSR PTPN IV Sosa Dibayar Sebelum Lebaran

    Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt. MM, meminta pihak manajemen PTPN IV Sosa, segera membayarkan dana CSR tahap kedua, kepada warga masyarakat 13 desa di Kecamatan Sosa, sebelum perayaan lebaran.

  • Kamis, 20 Apr 2017 15:42

    Petugas kembali persulit wartawan meliput di kantor Gubernur Sumut

    Wartawan yang bertugas di lingkungan Kantor Gubernur Sumatera Utara kembali mendapat hambatan dalam menjalankan tugas peliputan. Kali ini, wartawan malah dipersulit saat hendak masuk ke kantor tersebu

  • Selasa, 04 Apr 2017 23:39

    Hasil Panen Berlipat, Warga Kecamatan Batang Lubu Sutam Gelar Syukuran

    Warga Kecamatan Batang Lubu Sutam bersyukur dengan hasil panen padi tahun ini. Rasa syukur itu bahkan ditandai dengan makan bersama, Selasa (4/4) di Desa Botung.

  • Selasa, 31 Jan 2017 21:37

    Bupati Palas Lantik 235 Pejabat Eselon III, IV dan Camat

    Bupati Kabupaten Padang Lawas (Bupati Palas), H. Ali Sutan Harahap, melanjutkan prosesi pelantikan sebanyak 235 pejabat eselon III dan IV di lingkungan Pemkab Palas, bertempat di halaman Kantor SKPD T

  • Kamis, 26 Jan 2017 20:03

    Puluhan Massa Ampun Unras ke Kantor Bupati dan DPRD Palas

    Sedikitnya 50-an massa terdiri dari pelajar dan mahasiswa dari daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas), yang bergabung dalam Aliansi Mahasiswa Penyelamat Uang Negara (Ampun) Tapanuli Bagian Selatan (Tab

  • Senin, 23 Jan 2017 21:34

    Lemahnya Penegakan Disiplin ASN di Palas, bukti kepemimpinan tidak kuat

    Lemahnya penindakan disiplin untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak mengikuti aturan di Kabupaten Padang Lawas (Palas), ditanggapi Direktur Lingkar Studi Pembangunan (LSP) Sumatera Utara Ansor H

  • Sabtu, 30 Jul 2016 16:43

    443 Calhaj Palas Ditepung Tawari Bupati

    Bupati Kabupaten Palas H.Ali Sutan Harahap didampingi Plt.Sekdakab Palas Syamsul Anwar Lubis.SE, tepung tawari sebanyak 443 jemaah calon haji (Calhaj) Palas tahun 2016, pada Kamis (28/7) di pendopo ru

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak