Kamis, 19 Jul 2018 16:46
  • Home
  • Pemilukada
  • Demi masa depan yang lebih baik, Rakyat Palas harus evaluasi kepemimpinan TSO-Zarnawi

Demi masa depan yang lebih baik, Rakyat Palas harus evaluasi kepemimpinan TSO-Zarnawi

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: John
Senin, 09 Okt 2017 04:29
Dok
Palas

Padang Lawas (Palas) merupakan salah satu dari dari 8 (Delapan) Kabupaten se-Sumatera Utara yang akan ikut melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018. 

Menurut jadwal yang ditetapkan KPU, para bakal calon akan mendaftar pada Januari 2018. Sedangkan pemilihan akan dilaksanakan pada 27 Juni 2018. Dengan demikian waktu untuk menentukan pemimpin Palas lima tahun berikutnya sudah relatif singkat. Oleh karena itu, rakyat Palas harus benar-benar dan sungguh-sungguh menjadi subjek perubahan melalui Pilkada 2018. Menjadi pelaku aktif dalam proses Pilkada dalam menyongsong kepemimpinan yang lebih baik.

Demikian dikatakan Direktur Lingkar Studi Pembangunan (LSP) Sumut Ansor Harahap berkaitan dengan Pilkada Palas 2018.

"Momentum Pilkada 2018 harus dimanfaatkan rakyat Palas dalam menentukan masa depannya, menjadi subjek perubahan, menjadi pelaku aktif, setidaknya untuk diri dan keluarganya untuk memastikan pilihan tersebut adalah figur yang tepat dan atas dasar nurani dan akal sehat", kata Ansor, Minggu, (8/10).

Menurut Ansor yang juga mantan Ketua Umum Gerakan Mahasiswa Padang Lawas (Gema Padang Lawas), salah satu langkah yang perlu dilakukan rakyat Palas adalah melakukan evaluasi terhadap kepemimpinan Ali Sutan Harahap (TSO)-Zarnawi Pasaribu yang hampir pasti sebagai salah satu pasangan calon peserta Pilkada 2018. 

"Karena hanya dengan mengevaluasi kepemimpinan TSO-Zarnawi rumus perubahan bisa dinilai sebab pengalaman kehidupan ber-Palas dalam banyak aspek hanya didapat dari sejauhmana perjalanan pemerintahan daerah dijalankan. Bahwa ukuran-ukuran pembangunan harus cermat dan jernih dilihat serta menyeluruh. Pada akhirnya ada kesimpulan sebagai pertimbangan dalam memilih pemimpin di periode berikutnya," jelas Ansor.

"Mustahil perubahan terwujud kalau pemerintahan yang sedang berkuasa tidak dinilai baik buruknya secara sungguh-sungguh oleh rakyat Palas, diantaranya, sejauhmana pembangunan berjalan, kemiskinan dan pengangguran berkurang, apa saja yang telah dinikmati masyarakat, bagaimana pelayanan kesehatan, penyelenggaraan pendidikan, jalankah pemberdayaan masyarakat, dan lain sebagainya, semuanya harus jernih dilihat oleh rakyat melalui tokoh, ulama, aktivis, mahasiswa, dan paling penting kesadaran dari individu rakyat itu sendiri, khususnya kelas sosial menengah ke bawah", tambahnya.

Artinya, kata Ansor, rakyat tidak boleh mudah terpesona dengan 'gegap gempita' klaim pencapaian atau melihat pembangunan yang ada yang bisa saja sesungguhnya masih jauh dari kewajaran bila dibandingkan dengan besarnya APBD Palas selama ini. Untuk itu, rakyat perlu kritis melihat perjalanan pemerintahan sejak TSO menjabat Bupati Palas sehingga tidak ada lagi penyesalan di masa akan datang. 

"Misalnya, apakah pembangunan itu sudah dikerjakan dengan sungguh-sungguh, apakah proyek-proyek besar seperti Mesjid Agung dan lainnya sudah menjadi kebutuhan mendasar atau itu tidak lebih dari citra saja. Pada aspek lain berjalankankah pembangunan itu sehingga pembangunan yang berjalan tersambung atau sinergi, semua harus dilihat dengan tajam bila ingin perubahan, karena kesempatan memilih pemimpin tidak bisa dilakukan setiap tahun, artinya, dampaknya untuk lima tahun kedepan bahkan lebih," ungkapnya.

Editor: Budi

T#g:Pilkada PalasTSOZarnawi
Berita Terkait
  • Rabu, 04 Jul 2018 14:54

    KPU Palas Rapat Pleno Hasil Pilkada Serentak

    Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Lawas (KPU Palas) menggelar rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pilkada serentak tahun 2018, pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumut, serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Palas.

  • Kamis, 28 Jun 2018 12:08

    Hasil Sementara Pilkada Palas, Paslon 2 Raih 10.142 Suara di Sosa

    Berdasarkan hasil perhitungan cepat sementara atau quickcount, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas (Palas) nomor urut 2, H. Ali Sutan Harahap dan H. Ahmad Zarnawi Pasaribu di

  • Selasa, 26 Jun 2018 18:46

    Pilkada Serentak di Hari Rabu, Pasar Tradisional Sepi Pembeli

    Pelaksanaan Pilkada serentak pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumut dan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas (Palas) tahun 2018, yang dilaksanakan pada Hari Rabu tang

  • Sabtu, 23 Jun 2018 15:33

    Ketua KPUD Palas Ajak Masyarakat Jaga Kekondusifan Pilkada

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas membuka acara debat publik kedua pasangan calon (paslon)  bupati dan wakil bupati Palas,  di Asrama Haji, Sibuhuan, Jum'at (22/6/2018)

  • Jumat, 22 Jun 2018 19:32

    Pilkada Palas, Paslon C Unggul di TPS 11 Desa

    Pasangan calon bupati dan wakil bupati nomor urut C memperoleh suara terbanyak di lokasi TPS 11 desa di Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas (Palas). Hasil rekapitulasinya, paslon A raih 6 Suara, paslon B raih 3 suara dan paslon C sebanyak 13 Suara.

  • Jumat, 22 Jun 2018 13:02

    Sepuluh Ribu Lebih Masyarakat Pendukung Hadiri Kampanye Akbar Tondi-Syarifuddin

    Sepuluh ribu lebih masyarakat pendukung dan simpatisan ramaikan kampanye akbar Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Padang Lawas nomor urut 1, H. Tondi-Syarifuddin di lapangan Merdeka Sibuhuan, Kamis Sore, (21/6/2018).

  • Selasa, 05 Jun 2018 04:05

    KPU Palas Nyatakan Berkas 2 Cawabup Palas "MS"

    Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Lawas (KPU Palas) menyatakan bahwa Surat pengunduran diri Ahmad Zarnawi Pasaribu (AZP) dan Syahrul Effendi Hasibuan (SEH), keduanya sebagai Calon Wakil Bupati (C

  • Kamis, 31 Mei 2018 22:31

    Amran Pulungan: Pengunduran Diri AZP dan SEH Memenuhi Syarat

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas menyatakan bahwa Surat pengunduran diri Ahmad Zarnawi Pasaribu (AZP) dan Syahrul Effendi Hasibuan (SEH) sebagai Calon Wakil Bupati Palas telah memenu

  • Selasa, 15 Mei 2018 19:16

    Tondi-Syarifuddin Dekat di Hati Masyarakat Palas

    Pasangan Calon Bupati nomor 1, Tondi-Syarifuddin semakin dekat di hati masyarakat, hal ini dapat dilihat dari banyaknya kehadiran masyarakat setiap pasangan ini berkampaye. Seperti terlihat pada suasa

  • Sabtu, 12 Mei 2018 13:52

    Tim Pemenangan Tondi-Syarifuddin Klarifikasi Proposal Bantuan

    Tim pemenangan nomor urut 1, Tondi-Syarifuddin beri klarisifikasi terkait adanya rumor yang berkembang di media sosial, tentang proposal untuk meminta bantuan dana ke perusahaan yang ada di Palas.Pena

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak