Rabu, 17 Jan 2018 04:10
  • Home
  • Pemilukada
  • Antusiasme Masyarakat Sumut untuk Djarot-Sihar Luar Biasa

Antusiasme Masyarakat Sumut untuk Djarot-Sihar Luar Biasa

Medan (utamanews.com)
Oleh: Sam
Sabtu, 13 Jan 2018 06:53
Dibaca: 104 kali
Facebook Sutrisno Pangaribuan
Sutrisno Pangaribuan bersama Analisman Zalukhu dan Baskami Ginting saat akan mengantarkan Djarot-Sihar mendaftar ke KPUSumut, Rabu (10/1/2018).
Antusiasme warga masyarakat tampak luar biasa menyambut kehadiran Djarot-Sihar dalam perhelatan Pilgub Sumut 2018.

Tampak saat mendaftar di KPU Sumut, Rabu (10/1/2018), meskipun pasangan Djarot-Sihar hanya didukung oleh 2 partai, PDIP dan PPP, namun respon masyarakat yang kita lihat jumlahnya sangat tinggi.

Tampak adanya penyambutan Reog Ponorogo dan kesenian daerah Karo oleh masyarakat pendukung.

"Kita disambut dengan atraksi Reog Ponorogo dan kesenian Karo saat itu. Ini menunjukkan bahwa Djarot dan Sihar itu disambut dengan baik masyarakat," kata Sutrisno Pangaribuan, anggota DPRD Sumut asal Tapanuli Bagian Selatan, pada UTAMANEWS, Jumat (12/1/2018).

Sutrisno saat pendaftaran kandidat Jawa-Toba tersebut juga tampak menggunakan pakaian batik bermotif adat Angkola di KPU Sumut. Pakaian itu, katanya, karena Ia merupakan representatif wakil rakyat dari Dapil Tapanuli Selatan.

"Saya sendiri memang menggunakan atribut pakaian yang mewakili daerah pemilihan saya, dengan menggunakan motif Angkola. Artinya Djarot-Sihar menjadi pasangan yang diterima juga oleh masyarakat Tapsel. Saya tentu sebagai anggota DPRD yang diutus dari 5 kabupaten di Tapsel dan memiliki jaringan yang sudah pasti ada. Maka dengan itu pasangan Djarot dan Sihar akan dapat cepat tersosialisasi dan diterima masyarakat Tapsel," jelas Wakil Sekretaris Komisi D DPRD Sumut itu.

Dengan tingginya respon masyarakat yang menyambut kedatangan pasangan Djarot-Sihar, lanjut Sutrisno lagi, bahwa itu membantahkan bahwa Paslon Djarot-Sihar merupakan calon impor dan tidak diinginkan masyarakat Sumut. 

"Sehingga asumsi-asumsi yang dibangun bahwa Pak Djarot itu adalah orang impor hari ini sebenarnya terbantahkan. Sebab orang lupa bahwa jauh sebelum Pak Djarot datang kesini sebagai calon gubernur sudah banyak orang asalnya dari luar Sumatera Utara. Dalam jumlah besar kita terima dulu di sini (Sumut,red)," tegasnya.

Sutrisno menguraikan, hal itu dapat terlihat adanya transmigrasi di era mantan Presiden Soeharto dan itu tidak pernah ditolak masyarakat Sumut. Malah akhirnya saat ini membuat komunitas Djarot menjadi besar di Sumatera Utara.

"Karena pada masa itu kita tidak pernah bicara soal impor. Kenapa dalam konteks transmigrasi, kemudian perdagangan, bisnis, tenaga kerja, kita tidak bicara soal impor. Dulu secara terbuka komunitas Banjar, Jawa atau Bali ada di Sumatera Utara ini menjadi tenaga kerja awalnya menjadi tenaga kerja perkebunan. Bahkan hampir seluruh masyarakat Sumut tanpa pernah berpikir membahas soal impor, menikmati setiap kali ke Berastagi makan kue Wajik. Itu semua adalah Jawa," jelasnya.

"Jadi isu impor yang dialamatkan ke Djarot- Sihar adalah sebagai ekspresi ketakutan dan upaya untuk membangun sentimen kedaerahan yang sempit. Hal itu terjadi karena kompetitor melihat adanya kekuatan perlawanan yang besar dengan hadirnya pasangan Djarot-Sihar," tambahnya.

Editor: Budi

Sumber: Patroli News

T#g:djarotDjarot-SiharDjarot Sihar
Berita Terkait
  • Senin, 15 Jan 2018 16:04

    Djarot: Orang Sumut Tipe Pekerja Keras dan Tangguh

    Djarot Saiful Hidayat menyatakan bahwa selain memiliki suara yang lantang dan keras, sejatinya orang Sumatera Utara merupakan tipe pekerja keras dan tangguh. "Contohnya Bung Ara (Maruarar Sirait)

  • Minggu, 14 Jan 2018 17:14

    Daftar di Pilgub Sumut, Djarot Langsung Diserang Kampanye Hitam

    Bakal Calon Gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat langsung mendapat serangan black campaign sesaat setelah mendaftar di KPU Sumut, Rabu (10/1/2018).

  • Jumat, 29 Des 2017 13:39

    Relawan Kombatan Siap Dukung Djarot Saiful Hidayat di Pilkada Sumut 2018

    Nama mantan Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat masuk dalam salah satu calon Gubernur dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumut

  • Sabtu, 23 Des 2017 06:53

    Djarot, Kader Terbaik PDI Perjuangan dalam Pertarungan Sengit Pilgub Sumut

    Suhu politik menjelang Pemilihan Gubernur Sumatera Utara makin naik, dengan tampilnya nama kader "Banteng" ke permukaan. Nama yang sama sekali baru, dan berada di luar lingkaran pembicaraan masyarakat

  • Sabtu, 10 Jun 2017 06:20

    Jokowi akan lantik Djarot jadi Gubernur DKI tanggal 15 Juni

    Sumarsono, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melantik Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta

  • Jumat, 21 Apr 2017 07:27

    Djarot Ungkap Rencananya setelah Kalah, Matanya Berkaca-kaca

    Berdasarkan hitung cepat, Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat dipastikan kalah di pertarungan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada 19 April 2017.

  • Senin, 13 Mar 2017 09:55

    #DjarotBernyali Puncaki Twitter trending topics pagi ini

    Keberanian Wakil Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Djarot Saeful Hidayat, untuk memenuhi undangan resmi pemilik hajatan Haul Supersemar diapresiasi netizen tanah air. Sampai menjelang pukul 10 pagi ini,

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak