Selasa, 16 Okt 2018 01:22
  • Home
  • Pemilukada
  • Antisipasi Pelanggaran, Panwaslih Sidimpuan Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu

Antisipasi Pelanggaran, Panwaslih Sidimpuan Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu

Padang Sidempuan (utamanews.com)
Oleh: Sahrul Ramadan Harahap
Rabu, 13 Des 2017 19:13
Dok
Peserta sosialisasi pengawasan pemilu saat mendengarkan paparan dari pemateri komisioner Panwaslih dan KPU Kota Padangsidimpuan, Rabu (13/12/2017).

Sebagai langkah mengantisipasi terjadinya pelanggaran Pemilu, Panwaslih Kota Padangsidimpuan mengadakan sosialisasi pengawasan pemilu. Kegiatan yang menyampaikan materi indeks kerawanan pemilu ini digelar di Aula Hotel Natama, Kota Padangsidimpuan, Rabu (13/12/2017).

Komisioner Panwaslih Kota Padangsidimpuan Ramadhan Sakti Siregar sebagai salah satu pemateri menyampaikan, kegiatan sosialisasi ini penting dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran selama tahapan dan masa Pemilu berlangsung, apalagi pihaknya sebagai penyelenggara sudah berkomitmen untuk mensukseskan agenda nasional yang akan datang seperti Pilkada, Pilgub, Pileg dan Pilpres.

"Sesuai dengan peraturan perundangan, tentunya potensi pelanggaran akan diminimalisir. Dan Panwaslih bertanggungjawab untuk itu," ungkap komisioner divisi pencegahan dan hubungan kelembagaan ini, Rabu (13/12/2017).

Di hadapan peserta sosialisasi, pihaknya juga berkomitmen, terkait rawannya pelanggaran yang akan terjadi seperti praktik 'Money Politic' (Politik Uang,red), akan melakukan penindakan tegas.

"Kita akan tindak tegas praktik politik uang yang rentan dan rawan terjadi. Juga masalah dan sengketa pemilu lainnya," tukasnya dan mengajak seluruh stakeholder, serta seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipatif melakukan pengawasan.
Sementara, pemateri dari KPU Kota Padangsidimpuan Hatimbulan Siregar menyampaikan, sebagai penyelenggara, KPU bersikap independen, dan proses pemilu harus sesuai dengan kerangka hukum.

"Penegakan hukum pemilu sangat penting, KPU harus menjamin setiap tindakan, prosedur dan keputusan terkait proses pemilu sesuai dengan hukum yang ada," ujar komisioner divisi hukum ini.
Hatimbulan berharap, kepada seluruh masyarakat agar respon dan peduli guna mensukseskan pemilu di Kota Padangsidimpuan.

"Masyarakat harus ikut dan berpartisipasi, jika ada indikasi kecurangan ataupun pelanggaran agar melaporkannya. Tujuannya, agar Pemilu baik Pilkada, Pilgub, Pileg dan Pilpres nantinya berjalan demokratis dan aman," pungkasnya.

Editor: Windra

T#g:PanwaslihSidempuan
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Rabu, 25 Jul 2018 17:55

    Disnaker Minta PT NP Pekerjakan Kembali Karyawan yang di-PHK

    Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Padangsidimpuan meminta pihak manajemen PT Nasangga Putra (PT NP), agar mempekerjakan kembali dua pekerjanya yang di-PHK, karena diduga di-PHK tidak sesuai ketentuan undang-undang ketenagakerjaan.

  • Selasa, 17 Jul 2018 12:17

    Kontingen Deli Serdang Ikuti Popdasu ke Padangsidempuan

    Wakil Bupati Deli Serdang H Zainudin Mars melepas kontingen Kabupaten Deli Serdang mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Daerah Sumatera Utara (Popdasu) 2018 di Aula Cadika Lubuk Pakam didampingi Asisten I

  • Selasa, 03 Jul 2018 15:43

    JPPR minta KPU batalkan kemenangan Irsan-Arwin

    Jaringan Pendidikan Pemilih untuk Rakyat (JPRR) meminta KPU membatalkan kemenangan Paslon walikota dan wakil walikota padangsidimpuan Irsan Efendi Nasution-Arwin Siregar karena tidak lengkapnya persyaratan pencalonan pasangan tersebut.

  • Minggu, 24 Jun 2018 09:24

    Hari Tenang, Panwaslih Langkat Siap Bersihkan APK

    Dalam rapat koordinasi penertiban alat peraga kampanye (APK) antara KPU, Kepolisian dan Satpol PP, yang digelar pada Sabtu (23/06/2018), Panitia Pengawas Pemililhan (Panwaslih) Kabupaten Langkat memas

  • Rabu, 30 Mei 2018 20:20

    Singgahi Garasi Djoss di Sidimpuan, Sihar Diminta Jelaskan Program

    Calon Wakil Gubernur Sumut Sihar Sitorus menyempatkan diri untuk singgah di Garasi Djoss di Lampion Cafe, Jalan Kenanga Padang Sidimpuan. Ia disambut dengan suasana kebahagiaan setelah tiba di tempat

  • Senin, 16 Apr 2018 12:46

    Yakinkan Djoss Bawa Perubahan, "KITA Bang Djarot" Bagi-Bagi Stiker di Padangsidimpuan

    Tim Relawan KITA (Komunitas Cinta) Bang Djarot Kota Padangsidimpuan, Sumut, membagikan sejumlah stiker kepada masyarakat, Minggu (15/4/2018).

  • Selasa, 13 Feb 2018 22:13

    Panwaslih Paluta Deklarasikan Tolak Politik Uang dan Politisasi SARA

    Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Padang Lawas Utara akan melaksanakan Deklarasi Tolak dan Lawan Politik Uang dan Politisasi Suku Agama Ras dan Antargolongan (SARA) untuk Pemilihan Kepa

  • Senin, 12 Feb 2018 07:02

    Panwaslih Gelar Musyawarah Penyelesaian Sengketa, KPU Deli Serdang Tak Hadir

    Panita Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Deli Serdang menggelar musyawarah penyelesaian sengketa pemilihan Bupati dan Wakil Kabupaten Deli Serdang Tahun 2018 di Kantor Panwaslih Kabupaten Deli

  • Rabu, 31 Jan 2018 14:41

    Sengketa Pilkada Deliserdang, Panwaslih Putuskan Verifikasi Faktual

    Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Deli Serdang kembali melaksanakan musyawarah penyelesaian sengketa pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Deli Serdang Tahun 2018, Selasa (30/1/20

  • Rabu, 17 Jan 2018 18:07

    Pengawas Pemilihan Lapangan Kecamatan Padang Bolak Julu Dilantik

    23 anggota Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) Kecamatan Padang Bolak Julu dilantik Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam), Ishak Rambe SE, Rabu, (17/1/2018).Pelantikan berlangsung di aula Pondok

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak