Jumat, 20 Jul 2018 19:43
  • Home
  • Pemilukada
  • Akademisi : Pasangan Djoss Lebih Paham Persoalan Sumut dan Punya Konsep

Akademisi : Pasangan Djoss Lebih Paham Persoalan Sumut dan Punya Konsep

Medan (utamanews.com)
Oleh: Sam
Selasa, 15 Mei 2018 02:15
bcl comm
Djarot Syaiful Hidayat-Sihar Sitorus terlihat kompak saat acara debat publik kedua yang digelar KPU Sumut di Hotel Adi Mulya, Sabtu malam (12/5).
Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus diyakini lebih mengetahui pokok persoalan yang dihadapi provinsi ini.

Hal ini dikatakan Dosen Sosiologi Universitas Negeri Medan (Unimed), Muhammad Iqbal yang menyikapi hasil debat publik kedua Paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut dengan tema 'Pembangunan yang Berkeadilan dan Kesetaraan', yang digelar di Ballroom Hotel Adi Mulia, Medan, Sabtu (12/5/2018) lalu.

"Paparan awal yang diberikan pasangan Eramas terlihat tidak konkret. Paparan lebih menekankan pembangunan ekonomi yang dibagi menjadi ekonomi dan non-ekonomi dan menyajikan data jumlah kemiskinan. Paparan awal pasangan Djoss langsung menggunakan media bantu visual. Terasa pasangan ini ingin menunjukan kepada publik, bahwa mereka sudah memiliki ide dan konsep yang dapat dilakukan jika terpilih nanti," ungkap Iqbal, Senin (14/5/2018) di Medan.



Iqbal menjelaskan, bagi pasangan Djoss, Pembangunan yang Berkeadilan dan Kesetaraan itu berkaitan dengan adil secara struktur pendapatan dan wilayah. Sementara itu kesetaraan berkaitan dengan membangun tanpa membedakan serta memiliki prioritas terhadap perempuan. "Oleh karena itu, untuk mewujudkannya, pembangunan Sumut perlu percepatan keadilan dan pemerataan," tuturnya.

Bahkan, Iqbal menilai, kejutan terjadi saat Djarot melontarkan pertanyaan kepada Edy soal stunting, yang menjadi isu nasional mengenai tumbuh kembang anak yang lambat. "Edy terlihat benar-benar tidak menguasai persoalan yang sensitif yang sebenarnya persoalan stunting sudah menjadi persoalan secara nasional," ungkap Iqbal.

Secara keseluruhan debat kedua ini, dirinya menilai, bahwa Paslon Eramas terlihat kaku dan tidak menyentuh pokok visi misi dan persoalan yang dihadapi Sumut. Di mana, argumentasi atau tanggapan kurang menyentuh persoalan, sangat normatif, tidak menguasai masalah, terlalu konseptual dan teoritis serta kurang konkret. "Sedangkan Djoss, tidak normatif melainkan pemberian solusi. Djoss pasangan dinamis, terlihat pembagian antara Djarot dan Sihar. Tanggapan atau jawaban lebih menyentuh persoalan dan konkret, memiliki konsep yang dapat diimplementasikan," pungkas Iqbal.

Debat yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumut itu guna mengetahui pemaparan visi misi dan program masing-masing Paslon, agar menjadi penilaian dan penguatan masyarakat untuk menentukan pilihannya di Pilkada Serentak 2018 Sumatera Utara 27 Juni 2018 mendatang.

Editor: Herda

T#g:Debat
Berita Terkait
  • Sabtu, 23 Jun 2018 15:33

    Ketua KPUD Palas Ajak Masyarakat Jaga Kekondusifan Pilkada

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas membuka acara debat publik kedua pasangan calon (paslon)  bupati dan wakil bupati Palas,  di Asrama Haji, Sibuhuan, Jum'at (22/6/2018)

  • Sabtu, 12 Mei 2018 21:53

    Djoss Tawarkan Pembangunan, Eramas Paparkan Kekurangan

    Dalam sesi pertama debat publik kedua Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sumatera Utara (Sumut) pasangan Djarot dan Sihar Sitorus tawarkan pembangunan untuk mengatasi berbagai persoalan di Sumut. Sementara p

  • Sabtu, 12 Mei 2018 20:32

    Jelang Debat Pilgub Sumut Kedua, Tagar #SumutPilih2 Trending di Twitter

    Jelang debat kedua Pilgub Sumut dengan dua pasangan calon yakni Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah dan Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus di gedung Hotel Adi Mulia Medan, muncul trending topic di media

  • Jumat, 11 Mei 2018 19:21

    Jalan Kaki dan Makan Siang, Warga Doakan DJOSS Sukses Debat Kedua

    Cawagub Sumatera Utara, Sihar Sitorus terkejut saat menikmati makan siang dihampiri seorang pria di Mi Ayam Jamur H Mahmud Jalan Abdullah Lubis, Jumat (11/5/2018) siang.

  • Jumat, 11 Mei 2018 03:11

    Jelang Debat Publik Kedua, Sihar Ajak Masyarakat Jeli Menilai Jawaban Paslon

    Sihar Sitorus mengaku siap untuk menghadapi debat publik kedua kandidat pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara yang digelar KPU Sumut di Hotel Adi Mulia, Sabtu (12/5/2018).

  • Sabtu, 05 Mei 2018 19:25

    Jangankan Debat, Menjadi Pelayan pun Djoss Sangat Siap

    Politisi senior dari PDI Perjuangan Trimedya Panjaitan menilai pasangan Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus siap menghadapi debat kandidat. Bukan hanya untuk debat kandidat, melayani masyarakat Su

  • Minggu, 06 Mei 2018 07:06

    Edy Rahmayadi Akui Djoss Lebih Berpengalaman dan Ingin Belajar

    Calon Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengakui bahwa pasangan Calon Djarot Saiful Hidayat dan Sihar Sitorus adalah pasangan yang lebih berpengalaman. Pengakuan tersebut disampaikan Edy Rahmayadi saa

  • Sabtu, 05 Mei 2018 23:55

    Djoss Tekad Tingkatan Indeks Pembangunan Manusia di Sumut

    Paslon nomor urut dua, Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (Djoss) menilai perlunya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index (HDI) dalam menyelesaikan persoalan dan pe

  • Sabtu, 05 Mei 2018 18:35

    Jelang Debat Pilgub Sumut, Ramai Tagar #TegasPilih2

    Malam ini KPU Sumut menggelar debat publik pertama Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara periode 2018-2023, Sabtu (5/4) pukul 19.00 WIB yang disiarkan secara Langsung KompasTV di Santik

  • Sabtu, 05 Mei 2018 15:45

    Relawan Djoss Gelar Nobar Debat Kandidat

    Posko Pemenangan Djoss di Jalan Dr Cipto dan Rumah Pemenangan Relawan Djarot-Sihar Hayam Wuruk Jalan Hayam Wuruk, Medan, menggelar nonton bareng (Nobar) debat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernu

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak