Kamis, 15 Nov 2018 09:58
HUT Pemkab Labuhanbatu
  • Home
  • Pemilukada
  • 3 Maret Bawaslu Putuskan Leges Fotokopi Ijazah SMA JR Saragih, 5 Maret Ijazah Dilaporkan Hilang

3 Maret Bawaslu Putuskan Leges Fotokopi Ijazah SMA JR Saragih, 5 Maret Ijazah Dilaporkan Hilang

Medan (utamanews.com)
Oleh: Sam
Senin, 12 Mar 2018 18:02
Istimewa
Surat keterangan yang dilegalisir oleh aparatur pejabat dinas pendidikan provinsi DKI Jakarta, atas nama Jopinus Saragih.

Bawaslu Sumut memutuskan sebagian gugatan Paslon JR Saragih-Ance Selian pada Sabtu, 3 Maret 2018, terkait putusan KPUD Sumut yang menyatakan pasangan ini tidak memenuhi syarat (TMS).

Dalam amar putusan, JR Saragih diperintahkan untuk melegalisir ulang fotokopi ijasah SMA-nya dalam waktu 7 (tujuh) hari terhitung sejak putusan dibacakan. 

"Sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku terkait tata cara legalisasi ijazah bersama-sama dengan KPU Sumut dan diawasi Bawaslu Sumut," kata Komisioner Bawaslu Herdi Munthe, Sabtu (3/3/2018) malam.



Dokumen yang dimaksud Bawaslu Sumut, yakni fotokopi ijazah dengan tanda terima khusus dan menuangkannya ke dalam berita acara. 

Terkait putusan KPUD Sumut, pihak Bawaslu Sumut memerintahkan pembatalan SK yang menyatakan Paslon JR Saragih-Ance Selian tidak memenuhi syarat untuk mengikuti kontestasi Pilkada Sumut 2018 (SK KPU Nomor 07/PL.03.3Kpt/12/Prov/II/2018 tanggal 12 Februari 2018).

Dan Bawaslu Sumut juga memerintahkan KPUD Sumut untuk menerbitkan SK baru. Untuk menindaklanjuti putusan tersebut, Bawaslu Sumut memberikan waktu tiga hari bagi KPUD Sumut. 

Namun, ternyata yang dileges bukan fotokopi Ijazah SMA JR Saragih, seperti yang dituangkan dalam amar putusan.

Mendadak, publik dikejutkan munculnya cuitan dari Politisi Partai Demokrat, Andi Arief pada 9 Maret 2018, bahwa JR Saragih akhirnya mendapat kepastian soal legalisir ijazahnya.

Ternyata, pada hari yang sama dengan cuitan Andi Arief, Kepala Suku Dinas Pendidikan Wilayah II Kota Administrasi Jakarta Pusat, Subaedah, telah mengeluarkan Surat Keterangan Pengganti Ijazah (SKPI), nomor 781/-1852.623, atas nama Jopinus Saragih G, tahun pelajaran 1989/1990.
Penerbitan SKPI ini berdasarkan surat keterangan laporan kehilangan yang dibuat tanggal 5 Maret 2018, atau sehari setelah Bawaslu memutuskan hasil persidangan sengketa gugatan Paslon JR Saragih-Ance Selian terhadap putusan KPUD Sumut, yang sebelumnya menyatakan JR Saragih tidak memenuhi syarat (TMS) maju menjadi calon Gubernur Sumatera Utara.

Menanggapi legalisir surat keterangan tersebut, Komisioner KPU Sumut menyatakan, berkas yang dilegalisir tim JR Saragih bukan fotokopi ijazah SMA. Melainkan Surat Keterangan Pengganti Ijazah/STTB.

"Sudah, sudah selesai. Jadi yang leges bukan fotokopi ijazah. Tapi Surat Keterangan Pengganti Ijazah," kata Zulkarnain usai menyaksikan proses legalisasi tersebut, seperti dikutip dari Tribun Medan, Senin (12/3).
Menurut Iskandar, legalisasi terhadap Surat Keterangan Pengganti Ijazah tersebut tidak sesuai dengan amar putusan Bawaslu Sumut.

Menurutnya, Bawaslu Sumut memerintahkan pemohon, yakni JR Saragih, melegalisir ulang fotokopi ijazahnya. Bukan Surat Keterangan Pengganti Ijazah.

"Kita lihat lah amar putusan Bawaslu. Amar putusan Bawaslu itu kan memerintahkan fotokopi ijazah. Di sini yang leges adalah Surat Keterangan Pengganti Ijazah. Nah kalian lah yang menyimpulkan sendiri bagaimana," kata Iskandar.

Sejumlah komisioner KPU Sumut hadir pada proses legalisasi itu. Sedangkan JR Saragih diwakilkan tim dari unsur penghubung. Antara lain Sekretaris Tim Pemenangan JR Saragih-Ance Ronald Naibaho dan Direktur Eksekutif DPD Demokrat Sumut Silverius Bangun.

Ketidakhadiran JR Saragih pada proses legalisasi itu dianggap tidak masalah. Sebab, amar putusan Bawaslu tidak mewajibkan JR Saragih melegalisir berkasnya.
Editor: Erickson

T#g:JR Saragih
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Selasa, 03 Apr 2018 00:33

    JR Saragih Ajak Pendukungnya Menangkan Djarot-Sihar

    JR Saragih memutuskan untuk mengarahkan dukungan kepada calon Gubernur Sumatera Utara pasangan Djarot-Sihar Sitorus. JR Saragih mengajak seluruh lembaga pemenangan jargon Semangat Baru Sumut untuk bek

  • Minggu, 18 Mar 2018 07:08

    Aliansi Jurnalis Hukum Surati KPK & KY, Minta Sidang PTTUN Kasus JR Saragih "Disadap"

    Dinamika persoalan hukum yang melibatkan JR Saragih, salah satu Bakal Calon Gubernur pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) 2018 sangat menarik perhatian rakyat Indonesia, t

  • Selasa, 20 Feb 2018 09:00

    Sugiat Santoso Pertanyakan Integritas KPU, Natalius Pigai: Adili KPU Sumut

    Komisioner Komnas HAM 2012-2017 Natalius Pigai mengangkat persoalan tahapan Pilgub Sumut, dan mempertanyakan keputusan KPU Sumut menyatakan bakal Paslon JR Saragih-Ance Tidak Memenuhi Syarat (TMS) men

  • Selasa, 13 Feb 2018 08:03

    Aktifis: JR Saragih Lulusan Akademi Militer, Kenapa Digagalkan KPU

    Komisi pemilihan umum (KPU) Sumut menganulir pencalonan JR Saragih dan Ance Selian dalam bursa calon gubernur dan wakil gubernur Sumut dalam rapat pleno yang diadakan oleh KPUD Sumut di hotel Mercure,

  • Kamis, 18 Jan 2018 13:08

    Mahasiswa: JR Saragih Boroskan Keuangan Daerah

    Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Anti Diskriminasi (GARANSI) dan Gerakan Masyarakat Membaca (GEMA-BACA) menuding JR Saragih, Bupati Simalungun telah memboroskan keuangan pemerinta

  • Minggu, 07 Jan 2018 17:57

    Sah.. SBY Umumkan JR Saragih-Ance Selian untuk Pilgubsu 2018

    Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono resmi mengumumkan JR Saragih-Ance Selian bertarung di Pemilihan Gubernur Sumut 2018.Pengumuman ini dilaksanakan di Kantor DPP Partai Demokrat di kaw

  • Jumat, 27 Okt 2017 22:47

    Kebijakannya Dinilai Tidak Pro Rakyat, Mahasiswa Demo Bupati Simalungun

    Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Pemuda Dan Rakyat (AMPERA) bergerak melawan pembodohan dan penindasan rakyat yang diduga dilakukan oleh Bupati Simalungun JR Saragih.Aksi ini d

  • Selasa, 29 Agu 2017 16:59

    Tengku Erry Daftar Ke Demokrat

    Tengku Erry Nuradi kembali menjalin komunikasi politik dengan sejumlah partai politik dalam rangka persiapan menghadapi pesta demokrasi Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) Gubernur Sumut 2018 mendatang.

  • Rabu, 21 Jun 2017 08:31

    JR Saragih bersilaturrahmi dengan warga Padang Lawas Utara

    Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Sumatera Utara melanjutkan safari politiknya dengan melakukan silaturahmi dengan masyarakat Kabupaten Padang Lawas Utara di alun-alun kota Gunung Tua, Jalan Perwira,

  • Sabtu, 10 Jun 2017 10:30

    Semangat Baru JR Saragih Membangun Kerjasama Simalungun dengan Nias Barat

    Kinerja semangat baru untuk Sumatera Utara terus digaungkan Bupati Simalungun JR Saragih guna menghidupkan perekonomian di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. Langkah ini diambil JR Saragih untuk be

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak