Kamis, 19 Jul 2018 16:15
  • Home
  • Opini
  • Perkokoh Kerukunan Umat Beragama di Tanjung Balai

Mengatasi upaya isu perpecahan

Perkokoh Kerukunan Umat Beragama di Tanjung Balai

TANJUNG BALAI (utamanews.com)
Oleh: Sam
Rabu, 26 Jul 2017 09:16
Dok
Ustad Gustami Anmar S, Sos, I.M, M. Pd

Keberagaman dalam berkehidupan beragama di Indonesia saat ini cukup memprihatinkan dengan adanya upaya dari pihak-pihak yang ingin melakukan perpecahan kesatuan dan persatuan bangsa, menggunakan isu agama melalui media sosial baik itu dalam bentuk opini, berita hoax maupun tulisan yang mengandung ujaran kebencian.

Kota Tanjung Balai merupakan salah satu barometer kerukunan umat beragama di Sumatera Utara yang mana paska terjadinya kerusuhan pada 29 Juli 2016 silam yang berujung pada pembakaran beberapa rumah ibadah vihara. 

Ketua Pengurus Daerah Alwasliyah Kota Tanjung Balai Ustad Gustami Anmar S, Sos, I.M, M. Pd, menegaskan bahwa pihaknya berharap hal tersebut jangan terulang lagi di Kota Tanjung Balai ataupun wilayah lain.

"Saat ini memang kita rasakan situasi toleransi dan kerukunan beragama di Kota Tanjung Balai dalam keadaan kondusif, namun untuk memperkokohnya perlu peran serta Pemerintah dalam hal ini Pemko Tanjung Balai dalam usaha hal pembinaan kerukunan umat beragama agar tidak terkesan kurang mendapat perhatian", ujar Ustad Gustami, Rabu (25/7).

Pada kesempatan itu, Ustad Gustami Anmar mengungkapkan, banyak cara dalam melakukan upaya memperkokoh kerukunan umat beragama di Kota Tanjung Balai, dimulai dengan merangkul seluruh pemuka agama ataupun dengan melakukan kegiatan seperti; silahturahmi, anjangsana, olah raga bersama kepada siswa antar sekolah ataupun yayasan pendidikan dan kegiatan lain yang positif yang dapat meningkatkan nilai kebersamaan dalam keberagaman dengan harapan Kota Tanjung Balai tercipta kerukunan beragama dengan toleransi yang tinggi. 

"Kegiatan pendidikan Pancasila juga harus diberikan kepada Tokoh Agama, Ormas dan generasi muda yang mengambil peran, bukan hanya sebatas formalitas tetapi dapat mengimplementasikannya ditengah masyarakat," tambahnya.

Selain itu tak kalah penting, katanya, perlunya sinergitas komunikasi yang akurat sesama tokoh agama dan pimpinan Ormas dalam bimbingan Pemko Tanjung Balai, tentunya bukan sekedar komunikasi tapi perhatian terhadap kepentingan Tokoh juga bisa di akomodir agar terjalin ikatan bathin kebersamaan dalam menjaga hubungan baik yang diselaraskan serta seimbang dalam upaya kewaspadaan dini dalam penanganan indikasi konflik.

Seperti diketahui, dalam rangka memperkokoh kerukunan umat beragama harus dilakukan dengan melibatkan semua elemen baik Pemerintah maupun masyarakat, sehingga kedepannya sinergitas lintas agama dapat terjalin lebih baik dalam menangkal isu perpecahan. 

Editor: Budi

T#g:Tanjungbalaitoleransi
Berita Terkait
  • Selasa, 17 Jul 2018 20:37

    Partai Berkarya Daftarkan 25 Caleg ke KPUD Tanjung Balai

    Masa pendaftaran Calon Legislatif (Caleg) berakhir hari ini, Selasa 17 Juli 2018 pukul 24.00 WIB. Kesempatan yang diberikan oleh KPU dimanfaatkan oleh masing-masing partai untuk melengkapi berkas yang

  • Senin, 16 Jul 2018 08:26

    Tim WFQR Lanal Tanjungbalai Asahan Gagalkan Penyelundupan Sabu-Sabu 5 Kg

    Lagi-lagi Tim Reaksi Cepat WFQR di bawah jajaran Koarmada I yang dulu dikenal dengan Koarmabar yang kini dipimpin Pangkoarmada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono menggagalkan peredaran barang haram jen

  • Selasa, 10 Jul 2018 10:10

    Dugaan Korupsi Di Dinas PU Tanjungbalai, GARANSI Desak Kejatisu Tangkap Mulkan

    Seratusan massa yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Anti Diskriminasi (Garansi) kembali berunjukrasa mendatangi kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, di jalan A. H Nasution Medan, Senin (9/7/2018).

  • Senin, 09 Jul 2018 17:29

    2 Tahun ABK KM. EME Ditahan Di Malaysia, Keluarga Tuntut Perusahaan Bertanggungjawab

    Merasa diabaikan pihak perusahaan pelayaran PT. Dewata Samudra Agung Perkasa, keluarga ABK KM. EME yang ditangkap oleh pihak keamanan Malaysia bersama Aktivis KIBAR Indonesia, berunjukrasa di depan ka

  • Senin, 02 Jul 2018 22:42

    Dugaan Korupsi di Tanjungbalai, GARANSI rencana Demo dan Laporkan Mulkan ke Kejatisu

    Maraknya dugaan korupsi di kota kerang, Tanjungbalai, Sumatera Utara mendapat perhatian serius dari kalangan penggiat anti korupsi aktivis mahasiswa Sumatea Utara, dalam hal ini Gerakan Rakyat Anti Di

  • Senin, 14 Mei 2018 03:14

    Prihatin Tragedi Bom di Surabaya, Sihar Ajak Jaga Pluralisme

    Cawagub Sumatera Utara Sihar Sitorus turut berduka dan mengutuk keras atas tragedi ledakan bom di sejumlah gereja di Kota Surabaya, Minggu (13/5/2018) pagi.

  • Jumat, 27 Apr 2018 09:17

    Sihar: Keberagaman Sumut Terbungkus Dalam Persaudaraan

    Pluralisme yang ada di Sumatera Utara, menjadikan provinsi ini tak menjadikan perbedaan sebuah jarak pemisah. Keberagaman adat istiadat dan suku di Sumut disatukan dalam sebuah ikatan persaudaraan. "S

  • Kamis, 26 Apr 2018 18:16

    Pergerakan Indonesia Gelar Dialog Interaktif Kawal Pilkada Serentak Dalam Bingkai Kebhinekaan

    Dewan Pengurus Provinsi Pergerakan Indonesia (DPP PI) mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengawal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak dalam bingkai kebhinekaan suku, agama, RAS dan antar golongan.

  • Senin, 23 Apr 2018 14:43

    Warga: Seharusnya Walikota Tanjung Balai Malu Menerima Penghargaan Infrastruktur

    Warga menggelar aksi mancing dan menjala di badan jalan DI. Panjaitan Kelurahan Pasar Baru Kota Tanjungbalai yang tergenang air mirip kolam, sebagai bentuk protes terhadap Walikota Tanjung Balai, Senin (23/4/2018).

  • Sabtu, 21 Apr 2018 11:41

    TNI-Polri Motivator Perekat Persatuan dan Kesatuan

    Eksistensi, kedaulatan dan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dipertaruhkan di pundak Prajurit TNI-Polri. Untuk itu, TNI dan Polri harus menjadi solusi dan motivator perekat persatuan dan kesatuan.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak