Selasa, 19 Jun 2018 01:50
Iklan Paslon Paluta

Pemimpin Religius Tebing Tinggi

Tebing Tinggi (utamanews.com)
Oleh: SR Damanik
Kamis, 31 Mei 2018 19:01
SR Damanik
Walikota Ir.H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM.
Selamat Puasa Paluta
Melihat fenomena saat ini, tantangan dan masalah terbesar yang dihadapi oleh masyarakat khususnya generasi muda saat ini adalah masalah moril.

Di tengah derasnya arus globalisasi dan kecanggihan teknologi, masyarakat tersandera oleh persoalan moril dan sosial yang mengkhawatirkan. Ketidak bijakan dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi dan informasi menjadi faktor pelengkap terjadinya kemunduran nilai-nilai moril di tengah kehidupan bermasyarakat. 

Seyogyanya kecanggihan teknologi dapat dimanfaatkan untuk mempermudah menjalani kehidupan namun malah dimanfaatkan dalam hal-hal negatif yang banyak merugikan. Inilah tantangan para pemimpin masa kini yang harus dihadapi dan menanggung jawabi apa yang dipimpinnya.

Kehadiran pemimpin-pemimpin berjiwa nasionalis dan religius begitu diharapkan dalam memimpin kehidupan bermasyarakat untuk menjawab tantangan yang tengah dihadapi saat ini. Menjadi seorang pemimpin dan memiliki seorang pemimpin adalah bagian dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara. Besar kecil skala tugas pemimpin yang mereka emban tentunya memiliki dimensi kepemimpinan dan tergantung terhadap apa yang dipimpinnya. Pemimpin yang berjiwa Nasionalis dan Religius dewasa ini dihadapkan dalam situasi dunia yang sedang berubah.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi menantang pemimpin religius untuk tidak ikut arus dan hanyut di dalamnya. Pesatnya kemajuan teknologi yang setiap saat berubah-ubah membuat manusia memaknai hidupnya secara dangkal. Para pemimpin religius yang diberi tugas memimpin masyarakat mau-tidak mau senantiasa bersentuhan dengan segala kemajuan ini dan tidak bisa dihindari.  Untuk membendung situasi yang demikian harus ada model kepemimpinan yang tepat dan sesuai.

Tebing Tinggi sebagai kota yang sejak masa orde baru dikenal dengan kota pendidikan yang berbudaya, sepertinya menjadi salah satu kota yang beruntung dapat memilki pemimpin yang berjiwa Nasionalis dan Religius. Trend kepemimpinan yang memiliki jiwa Nasionalis dan religius di Indonesia berdampak ke kota Tebing Tinggi. Model kepemimpinan yang religius diterapkan oleh sosok Walikota Ir.H.Umar Zunaidi Hasibuan MM dalam memimpin Kota yang terkenal dengan sebutan si "Kota Lemang." Persoalan moril dan sosial di tengah masyarakat kota Tebing Tinggi perlahan coba untuk diatasi dengan model kepemimpinan yang mengutamakan sisi religius. Model ini dianggap adalah solusi yang nyata dalam menghadapi tantangan yang ada khusunya terkait moril dan sosial masyarakat yang mengalami kemunduran.

Berbagai program-program keagamaan lebih menjadi prioritas Ir. H. Umar Zunadi Hasibuan, MM dalam memimpin. Peraturan Walikota Tentang Magrib Mangaji bagi generasi muda, Keharusan siswa SD yang memilki ijazah Madrasah (mengaji sore), serta memiliki kemampuan membaca Al Quran sebelum masuk SMP adalah program-program yang tentunya harus didukung untuk menciptakan generasi muda Tebing Tinggi yang bermoril. Peningkatan kesejahteraan guru-guru mengaji dan membaca Al Quran di setiap mesjid, peningkatan kesejahteraan bilal-bilal mayit pengurus jenazah dan penggali kubur juga menjadi salah satu program Ir.H.Umar Zunaidi Hasibuan, MM dalam memimpin masyarakat Tebing Tinggi.

Indikator bahwa sosok Ir.H. Umar Zuandi Hasibuan, MM adalah pemimpin yang Nasionalis dan religius yang lainnya adalah komitmen beliau setiap tahunnya yang berupaya menghadirkan penceramah yang memiliki kredibilitas dan keilmuan yang tidak diragukan untuk hadir di Tebing Tinggi memberikan pencerahan kepada masyarakat dalam bentuk Tablig Akbar dan kegiatan-kegiatan keislaman lainnya. Sebagai agama yang mayoritas, masyarakat Islam Tebing Tinggi wajar saja mendapatkan suguhan siraman rohani dalam bentuk tabligh akbar dan lainnya, untuk menumbuhkan mental dan karakter keislaman yang kuat guna meningkatkan moralitas masyarakatnya.



Walikota Ir.H. Umar Zunaidi Hasibuan, MM, Pemimpin yang telah bekerja dan berusaha menjadi inisiator membangun Mesjid Agung Tebing Tinggi yang kini menjadi kebanggaan masyarakat Tebing Tinggi juga sosok yang dikenal dekat dengan para ulama. Ulama-ulama di kota Tebing Tinggi maupun para da'i dari pulau jawa memilki silaturhami dan hubungan yang baik dengan Walikota. Kedekatan para ulama kota Tebing Tinggi kepada Walikota Ir.H.Umar Zunaidi Hasibuan, MM  terlihat ketika para alim ulama di kota Tebing Tinggi selalu hadri memberikan dukungan dan mendampingi walikota dalam melaksanakan program subuh berjamaah atau safari subuh dari periode awal memimpin hingga saat ini masih berlanjut.

Ormas-Ormas Islam keagamaan juga selalu memberikan dukungan tersebut, tak terkecuali dukungan walikota kepada pemeluk agama lain yang ada di kota Tebing Tinggi juga selalu terlihat. Pelaksanaan perayaan hari besar umat agama Nasrasni dan Konghucu selalu terlihat meriah dengan dukungan Pemerintah Kota. Kehidupan toleransi di kota Tebing Tinggi selalu terjaga hingga saat ini. Tak lain karena dukungan penuh walikota dan jajarannya yang berusaha mewujudkan hal tersebut.

Kehadiran Ir.H.Umar Zunaidi Hasibuan dalam memimpin kota Tebing Tinggi menjadikan Tebing Tinggi memilki harapan baru. Harapan bahwa ke depan masyarakat khusunya generasi muda sebagai generasi penerus memilki asa untuk menjadkan kota Tebing Tinggi lebih baik dalam menghadapi masa depan di tengah kemerosotan nilai-nilai moral. Program reiligius yang direalisasikan di tengah masyarakat sebagai bentuk membentengi masyrakat untuk menghadapi tantangan jaman. Semoga Tebing Tinggi mampu menjadi lebih baik lagi ke depan dengan generasi emas yang bermoril dan berkarakter.

Editor: Athar

T#g:Tebing Tinggireligius
Berita Terkait
  • Kamis, 07 Jun 2018 21:07

    Walikota Terima Consultan IMM untuk lakukan kerjasama

    Walikota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan menerima Audiensi Consultan Association for International Manpower Development of Medium and Small Enterprises Japan (IMM) di rumah dinas Walikota Jl. Su

  • Selasa, 05 Jun 2018 18:05

    Tebingtinggi & Sergai Laksanakan Penandatanganan Spam Regional Air Minum

    Untuk memberikan ketersediaan air minum bagi masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Pemko Tebingtinggi bersama Kabupaten Sergai melakukan penandatanganan kesepakatan bersama Spam Regional Seri

  • Jumat, 20 Apr 2018 18:37

    Walikota Tebing Tinggi sampaikan LKPJ tahun 2017

    Walikota Tebing Tinggi H.Umar Zunaidi Hasibuan menyampaikan LKPJ akhir tahun 2017 pada rapat paripurna DPRD yang dipimpin Ketua M.Yuridho Chap, di ruang sidang DPRD Tebing Tinggi, Jumat (20/4).

  • Kamis, 07 Des 2017 12:57

    Edy Rahmayadi bantu korban banjir di Tebing Tinggi

    Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi menyerahkan bantuan kepada Pemko Tebing Tinggi untuk disalurkan pada korban banjir, di Posko Siaga Banjir Rumdin Walikota, Rabu (6/12).Bantuan yang diberikan Edy R

  • Senin, 16 Okt 2017 04:26

    DPD PKS Tebing Tinggi resmi serahkan dokumen pendaftaran ke KPUD

    Sejumlah pengurus DPD dan Ketua DPC PKS se-Kota Tebing Tinggi yang dipimpin langsung oleh Ketua Umum DPD PKS Tebing Tinggi, Wan Syawal, ST dan didampingi oleh Sekretaris Umum Muheri, SH secara resmi t

  • Selasa, 10 Okt 2017 06:30

    Mahasiswa Al Hikmah Kota Tebing Tinggi Laksanakan Fokus Group Diskusi

    Peran Mahasiswa sebagai agen perubahan dan kontrol sosial di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara sangat di harapkan. Penguatan kajian kajian ilmiah dan diskusi intelektual juga harus diwujudkan m

  • Sabtu, 23 Sep 2017 20:33

    Syekh Ali Jaber hadir di Kota Tebing Tinggi

    Umat Islam di Tebing Tinggi dibuat terharu saat Ulama Syekh Ali Jaber memberikan tausiyah di Mesjid Agung Kota Tebing Tinggi, Jumat (22/9).

  • Minggu, 17 Sep 2017 10:37

    Sekber UI Buka Posko Banjir Pada Malam Hari

    Banjir kembali melanda kota Tebing Tinggi setelah Sabtu siang (16/9), rumah masyarakat sekitar aliran Sei Padang, di beberapa kelurahan terendam air.

  • Selasa, 05 Sep 2017 22:55

    GPA kecam peredaran narkoba di kalangan pelajar Tebing Tinggi

    Berhasilnya Badan Narkotika Nasional Kota (BNNK) Kota Tebing Tinggi menangkap pengedar Narkoba di kalangan pelajar berinisial EL (28) warga gang Becek, kota Tebing Tinggi mendapat apresiasi dari Yus

  • Senin, 28 Agu 2017 19:18

    Demo Kejaksaan Negeri Tebing Tinggi, mahasiswa dan pemuda didukung kalangan aktivis

    Dukungan berbagai Kalangan aktivis Pemuda dan Mahasiswa kota Tebing Tinggi terus mengalir dan memberikan apresiasi kepada gerakan aksi unjuk rasa SAPMA IPK dan Suara Muda Anti Korupsi Kota Tebing Ting

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak