Jumat, 19 Okt 2018 06:31
HUT Pemkab Labuhanbatu

Konten Politik Saat Libur Lebaran

Medan (utamanews.com)
Oleh: Hariqo Wibawa Satria, alumnus Pascasarjana Universitas Paramadina.
Kamis, 14 Jun 2018 06:54
Istimewa
Ilustrasi
Libur lebaran adalah waktu yang tepat untuk memproduksi, menyebarkan berbagai konten (tulisan, video, infografis, dll). Itulah mengapa para produser film berebut agar film mereka tayang di bioskop saat libur lebaran. Karena itu juga banyak imbauan agar di masa libur ini, kita mengunggah lokasi wisata, kuliner, produk lokal, potensi daerah lewat medsos.

Umumnya libur lebaran dimanfaatkan dengan silaturrahmi, kumpul-kumpul santai, halal bi halal, nonton piala dunia, dll. Berbagai capaian pemerintah baik pusat maupun daerah, kritikan dan tawaran oposisi akan menjadi topik hangat perbincangan di sela-sela obrolan kapan nikah, anaknya sudah berapa, mana THR dll.

Terdekat tentunya Pilkada serentak yang 13 hari lagi dilangsungkan. 512 pasangan siap-siap berkompetisi di 171 daerah yang melaksanakan Pilkada serentak pada 27 Juni 2018 nanti. 512 tim media kandidat bekerja untuk memenangkan kandidatnya. Kantor tim sukses mungkin tutup, ruangan tim media sosial mungkin terkunci, namun produksi dan distribusi konten jalan terus, tiada libur bagi tim sukses sejati.

Saat libur lebaran inilah kita diuji, apakah seruan semua pihak untuk melawan hoax, fitnah, kampanye hitam dan penyalahgunaan isu SARA mampu kita amalkan. Bagi yang muslim, puasa kita bisa dikatakan gagal jika kita memproduksi dan menyebarkan berita bohong, karena tujuan puasa adalah takwa yang berarti takut kepada Allah SWT.

Ingatlah kisah seorang yang tak pernah membunuh, namun tetap masuk neraka, ia protes mengapa dirinya ditempatkan bersama para pembunuh, sedangkan ia tidak pernah membunuh satu nyawapun di dunia. Malaikat menjawab, engkau memang tidak pernah membunuh, namun orang saling membunuh akibat fitnah yang engkau lakukan.

Konten fitnah untuk jangka pendek mungkin menguntungkan kandidat kita, namun untuk jangka panjang akan merusak persatuan keluarga besar bangsa Indonesia. Sebuah fitnah bisa memundurkan bangsa kita hingga 100 tahun bahkan lebih.

Sebab itu, jaga rapat tim media sosial kita masing-masing dari godaan setan yang terkutuk. Di antara rekomendasi diskusi komunikonten adalah; setiap konten yang diproduksi tim sukses sebaiknya diberikan identitas atau kode tertentu, guna menghindari konten tak bertuan yang bisa bikin ribut, selain masyarakat juga bisa menilai, tim medsos kandidat mana yang paling keren dan kreatif kontennya.

Setiap tim media sosial kandidat dalam Pilkada Serentak 2018 harus berkompetisi memenangkan kandidatnya, itu pasti. Namun tim media sosial kandidat juga harus berkolaborasi menjaga keutuhan NKRI dengan melawan fitnah dan penyalahgunaan isu SARA, tidak hanya saat pilkada namun sampai kapanpun. Pilkada Serentak lebih dari sekadar ujian berdemokrasi, namun juga ujian dalam berbangsa dan bernegara.

Selamat lebaran, mohon maaf lahir dan batin, mari periksa kebenaran konten-konten politik yang hadir di telepon genggam kita masing-masing, dan jangan lupa promosikan juga lokasi wisata, kuliner, produk lokal di daerah kita lewat medsos. Selamat mengunggah konten liburan anda lewat media sosial.

Editor: Sam

T#g:kontenmedsos
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Jumat, 28 Sep 2018 08:48

    Deklarasi "Menolak Hoax Dan Gotong Royong Mempublikasikan Kemajuan Pembangunan Daerah Perbatasan"

    Komunikonten sebuah lembaga kajian media sosial dan diplomasi menginisiasi diskusi media bertema "Partisipasi Publik Dalam Publikasi Capaian Pembangunan Daerah Perbatasan oleh Pemerintah Indonesia, be

  • Jumat, 10 Agu 2018 07:00

    Aksi Kebangsaan Dukung Indonesia Jadi Tuan Rumah Terbaik Asian Games, Digelar 12 Agustus 2018

    Komunikonten (Institut Media Sosial dan Diplomasi) kembali akan menggelar aksi kebangsaan di area bebas kendaraan, bunderan Hotel Indonesia, Jakarta Pusat pada Minggu, 12 Agustus 2018, Pukul 06.00-09.

  • Senin, 06 Agu 2018 10:36

    Plt Bupati Labuhanbatu Respon Laporan Masyarakat Via Medsos

    Pelaksana tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu, H. Andi Suhaimi Dhalimunthe, ST. MT, menanggapi keluhan warga masyarakat Rantauprapat, di sosial media dengan cepat, sebagai bentuk pemberian pelayanan yang p

  • Minggu, 22 Jul 2018 16:22

    Ribuan Warga Berdoa dan Tanda Tangani Spanduk Dukungan Asian Games 2018

    KOMUNIKONTEN (Institut Media Sosial dan Diplomasi) menggelar aksi kebangsaan di area hari bebas kendaraan, Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta pada Minggu, 22 Juli 2018, Pukul 06.00-10.00 WIB.Aksi keban

  • Sabtu, 21 Jul 2018 07:51

    KOMUNIKONTEN Akan Gelar 'Aksi Kebangsaan' Untuk Sukseskan Asian Games 2018

    Komunikonten (Institut Media Sosial dan Diplomasi) akan menggelar aksi kebangsaan di area hari bebas kendaraan, Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta pada Minggu, 22 Juli 2018, Pukul 06.00 WIB-selesai. Kegiatan ini terbuka untuk dihadiri siapa saja.

  • Kamis, 28 Jun 2018 08:08

    Ini 5 TIPS Move On Setelah Pilkada Serentak 2018

    Pilkada serentak dilaksanakan di 171 daerah, Rabu tanggal 27 Juni 2018. Inilah Pilkada serentak terbesar dalam sejarah Indonesia, diikuti 512 pasangan calon, 512 tim media sosial.

  • Minggu, 24 Jun 2018 12:54

    Komunikonten Gelar Diskusi Strategi Mempromosikan Wasatiyah Islam Lewat Diplomasi Media Sosial

    Komunikonten (Institut Media Sosial dan Diplomasi) akan mengadakan diskusi bertema, "Strategi Mempromosikan Wasatiyah Islam Lewat Diplomasi Media Sosial," pada Selasa 26 Juni 2018, pukul 13.30 sampai

  • Jumat, 15 Jun 2018 16:05

    Tertangkap Kamera Netizen di Labura, Mobil Gendong Keranda Mayat

    Mudik di saat menjelang datangnya Libur Lebaran, Hari Raya Idul Fitri memang punya nuansa cerita tersendiri.

  • Rabu, 11 Apr 2018 20:11

    Walikota Buka Diskusi Menjaga Kerukunan dan Antisipasi Ujaran Kebencian SARA di Medsos

    Walikota Tebing Tinggi Ir.H.Umar Zunaidi Hasibuan, MM membuka resmi kegiatan menjaga kerukunan dan antisipasi ujaran kebencian SARA di media sosial, Selasa (10/4) bertempat di Aula Kemenag Kota Tebing Tinggi.

  • Selasa, 20 Mar 2018 20:20

    Santri Jawa Tengah Siap Buat Konten Hadapi Kampanye Hitam, Hoax & Politisasi Agama

    Untuk menang, setiap kandidat dalam Pilkada serentak pada 27 Juni 2018 nanti memiliki tim media sosial. Namun jangan sampai keinginan untuk menang tersebut mengorbankan keutuhan NKRI dengan membuat da

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak