Sabtu, 21 Jul 2018 22:16
  • Home
  • Opini
  • Indonesia Siap Menyambut Asian Games 2018

Indonesia Siap Menyambut Asian Games 2018

Medan (utamanews.com)
Oleh: Steven Sulu, Mahasiswa Nusa Cendana Kupang
Jumat, 22 Jun 2018 13:22
Istimewa
Tahun 2018 menjadi moment penting dan bersejarah karena di tahun ini Indonesia akan menjadi tuan rumah bagi Asian Games untuk yang kedua kalinya setelah sebelumnya sempat menjadi tuan rumah di tahun 1962 yang berlangsung di Jakarta. Kali ini Asian Games akan berlangsung di Jakarta dan Palembang.

Terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah bagi pertandingan olahraga se-Asia tersebut tentunya bukan tanpa sebab. Indonesia dinilai layak untuk menjadi tempat diselenggarakannya Asian Games karena berbagai hal yang patut membuat kita bangga sebagai warga Indonesia. Kabarnya terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games untuk menggantikan Vietnam. Vietnam gagal menjadi tuan rumah bagi Asian Games karena adanya konflik internal yakni protes dari rakyat Vietnam akan diselenggarakannya Asian Games di negara tersebut. Kondisi perekonomian vietnam serta fasilitas olahraga yang kurang memadai membuat Vietnam merasa belum siap untuk menyelenggarakan Asian Games, Jadilah Indonesia sebagai tuan rumah menggantikan Vietnam. Sebenarnya Asian Games akan diselenggarakan di tahun 2019, namun dipercepat karena di tahun tersebut Indonesia akan disibukkan dengan pemilihan presiden dan wakil presiden.



Indonesia juga dipilih sebagai tuan rumah Asian Games karena dinilai sebagai negara yang aman. Kerusuhan-kerusuhan yang sempat terjadi di negara ini berhasil ditangani dengan baik oleh Polri. Meski pun beberapa waktu lalu terjadi serangan bom teroris yang mengejutkan dan sempat membuat suasana mencekam, namun polisi telah bekerja dengan baik dan cepat menyelesaikan persoalan sehingga hal tersebut tidak menjadi sebuah kekhawatiran akan kelancaran Asian Games nantinya.

Indonesia telah menyiapkan personil yang siap mengamankan Asian Games yakni gabungan pasukan TNI dan Polri. Ketertiban acara Asian Games dan keamanan para atletnya menjadi point penting yang difokuskan pemerintah. Tidak hanya itu, pemerintah kabarnya juga menyiapkan bonus besar bagi para atlet Indonesia yang berhasil meraih medali pada kejuaraan Asian Games 2018.

Dalam menyambut Asian Games, sepertinya bukan hanya pemerintah saja yang disibukkan untuk menyiapkan sarana dan prasarananya, namun penonton Indonesia juga sangat antusias dalam menyambut Asian Games yang akan digelar di Jakarta dan Palembang. Peminat pertunjukkan cabang olahraga rupanya cukup besar di Indonesia. Menurut data dari OCA atau Olimpic Council Asia, apresiasi penonton Indonesia sangat luar biasa terhadap pertandingan olahraga. Hal tersebut cukup mudah dibuktikan dengan penuhnya arena stadion ketika ada pertandingan sepak bola. Terutama untuk pertandingan yang bersifat nasionalis yakni antara Indonesia dengan pihak luar.

Bukan hanya itu saja tentunya yang dibutuhkan untuk menjadi tuan rumah bagi Asia  Games, yang terpenting adalah arena olahraga yang sesuai dengan standar Internasional. Indonesia telah memiliki beberapa arena olahraga yang memenuhi standar Internasional. Sebut saja satu diantaranya adalah stadion Gelora Bung Karno yang sudah sering dijadikan arena pertandingan sepak bola skala Internasional.

Selain itu, Indonesia juga dinila memiliki ekonomi yang cukup stabil sehingga dinilai mampu menggelar acara sebesar Asian Games. Tak tanggung-tanggung, kabarnya Indonesia telah menggelontorkan anggaran senilai 30 triliun untuk memperbaiki infrastruktur yang akan menjadi berlangsungnya acara Asian Games. Tentunya menyelenggarakan Asian Games bukan tanpa keuntungan bagi Indonesia, diperkirakan devisa yang didapat Indonesia melalui Asian Games ini juga akan besar.

Perhelatan pada pertandingan Asian Games memang masih beberapa bulan lagi. Namun, bentuk dukungan untuk acara ini sudah mulai ditunjukkan. Baik pemerintah maupun masyarakat Indonesia aktif dalam menyambut Asian Games 2018 yang akan diadakan di Jakarta dan Palembang.

Antusiasme masyarakat Indonesia menyambut asian games bisa dimaklumi karena sudah lama sekali sejak pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah bagi Asian Games. Saat itu presiden Indonesia masih Ir. Soekarno yang membuka jalannya acara pada 24 Agustus 1962. Di masa itu hanya ada 12 negara Asia yang ikut dalam Asian Games. Pada moment tersebut Indonesia berhasil membawa banyak piala dan hanya selisih satu level di bawah Jepang. Indonesia mampu meraih 77 medali, yakni 21 emas, 26, dan lainnya 30 perunggu yang menjadi kebanggaan bagi rakyat Indonesia.

Di moment ini pula besar harapan rakyat untuk mengulang kejayaan masalalu. Di harapakan para atlet Indonesia berjuang semaksimal mungkin untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia di mata dunia.

Ajakan untuk mendukung terselenggaranya Asian Games agar berjalan lancar dan tertib juga datang dari kemenpora. Lewat akun instagram @kemenpora, mengajak masyarakat ikut serta dalam gerakan 'ayo olahraga'. Selain sebagai wujud dukungan pada Asian Games, gerakan ini juga bertujuan agar masyarakat Indonesia semakin sadar akan pentingnya olahraga. Lewat 'Ayo Olahraga' ini kemenpora mengadakan berbagai macam kegiatan olahraga yang dapat diikuti oleh masyarakat. Diantaranya adalah Gowes Nusantara 2018 yang diselenggarakan di 34 propinsi dan 70 kota/kabupaten dari Sabang Hingga Merauke. Kegiatan lainnya, yakni Gala Desa, Sejuta Bola, Senam Poco-Poco Nusantara, dan Liga Sepak Bola Berjenjang.

Tak hanya pemerintah, sejumlah pengusaha juga turut bersemangat mendukung terselenggaranya Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Salah satunya adalah Franciscus Welirang, yang merupakan direktur dari PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Beliau berharap selama terselenggaranya Asian Games di Jakarta dan Palembang, Indonesia bisa menjadi tuan rumah yang baik. Tak hanya itu saja, terselenggaranya Asian Games di Indonesia juga diharapkan dapat memberikan semangat bagi para atlet untuk memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara.

Mengenai Asian Games, presiden Jokowi juga telah berpesan kepada seluruh elemen masyarakat untuk ikut serta dalam melancarkan jalannya Asian Games 2018 di Indonesia. Bentuk dukungan tersebut dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Untuk pengusaha, bisa dengan memberikan promo-promo dan diskon khusus selama Asian Games terselenggara di kotanya. Untuk pemerintah sendiri menyambut Asian Games dengan antusias ditunjukkan lewat perbaikan infrastruktur yang akan menjadi akses bagi peserta Asian Games dan juga perbaikan-perbaikan di arena olahraga. Sementara masyarakat lainnya bisa mendukung jalannya acara dengan menonton pertandingan secara langsung dan menyemangati para atlet Indonesia untuk memperoleh kemenangan. Presiden Joko Widodo juga berencana akan menghadiri perhelatan Asian Games dan memberikan dukungannya kepada para atlet Indonesia.

Meski beberapa hari terakhir Indonesia sempat diguncang teror bom oleh sejumalah teroris, namun hal tersebut tidak mempengaruhi terselenggaranya Asian Games. Indonesia telah mengerahkan prajurit TNI dan juga Polri untuk mengamankan berlangsungnya Asian Games. Terlebih dunia Internasional sudah mempercayakan Indonesia sebagai tuan rumah bagi terselenggaranya Asian Games 2018.

Mengenai hal ini, Jokowi menegaskan Indonesia telah aman dari teror dan siap selenggarakan Asian Games 2018. Dirinya menjamin aparat kepolisian telah bekerja dengan baik. Bahwa aksi teror tersebut juga tidak hanya terjadi di Indonesia, tapi juga di negara lainnya. Jadi, aksi teror kemarin tidak akan berpengaruh pada terselenggaranya Asian Games 2018.

Sebagai masyarakat yang baik dan cinta pada tanah air, sudah sepatutnya kita mendukung berlangsungnya acara olahraga bergengsi 'Asian Games 2018' yang bertempat di Indonesia. Bagi yang tidak dapat hadir secara langsung, bisa pula memberikan dukungannya lewat menonton pertandingan tersebut di layar kaca televisi masing-masing. Kita doakan saja para atlet Indonesia bisa meraih juara dan membawa medali untuk ibu pertiwi. Selamat menyambut berlangsungnya Asian Games 2018.

Editor: Sam

T#g:Asian Games
Berita Terkait
  • Sabtu, 21 Jul 2018 07:51

    KOMUNIKONTEN Akan Gelar 'Aksi Kebangsaan' Untuk Sukseskan Asian Games 2018

    Komunikonten (Institut Media Sosial dan Diplomasi) akan menggelar aksi kebangsaan di area hari bebas kendaraan, Bunderan Hotel Indonesia, Jakarta pada Minggu, 22 Juli 2018, Pukul 06.00 WIB-selesai. Kegiatan ini terbuka untuk dihadiri siapa saja.

  • Jumat, 20 Jul 2018 14:50

    Kepulauan Nias Terpilih Lokasi Penerbangan Layangan Bendera Merah Putih Tandem 8 PLBN

    Pemerintah pusat perlahan melirik Kepulauan Nias, Sumatera Utara, karena salah satu dari 111 (seratus sebelas) pulau terluar di wilayah NKRI.

  • Kamis, 19 Jul 2018 09:19

    Persatuan Melalui Asian Games 2018

    Asian Games 2018 tidak hanya ajang olahraga multievent tapi juga menjadi wadah untuk menyatukan berbagai kelompok yang terpisah, sedang berkonflik atau semakin mempererat persatuan yang sebelumnya sud

  • Rabu, 18 Jul 2018 08:08

    Masyarakat Indonesia Antusias Ramaikan Pawai Obor Asian Games 2018

    Pertandingan Asian Games menjadi acara yang dinantikan pada 18 Agustus 2018 mendatang. Meski belum dimulai, namun gaungnya telah ada dan dibicarakan di berbagai kesempatan. Tidak hanya di Indonesia sa

  • Senin, 16 Jul 2018 09:36

    Persiapan Atlet Indonesia untuk Asian Games 2018

    Seperti yang kita tahu, sebentar lagi kita akan menyongsong terselenggaranya Asian Games 2018. Bukan hanya persiapan tempat dan kemegahan acara Asian Games. Namun, Indonesia juga perlu menyiapkan atlet terbaiknya untuk bertanding di ajang Asian Games.

  • Sabtu, 14 Jul 2018 22:04

    Obor Asean Games Akan Datang ke Bandara Kualanamu

    Pawai obor Asean Games tahun 2018 akan datang ke Bandara Kualanamu dan tiga Kabupaten/Kota di Sumut.

  • Sabtu, 14 Jul 2018 11:14

    Sukses di Palembang, Jokowi akan Bangun LRT di Medan, Bandung dan Surabaya

    Jokowi didampingi Ibu Iriana mencoba naik kereta ringan light rail transit (LRT) pertama di Indonesia, di Palembang, Sumatra Selatan, Jumat (13/7/2018).

  • Kamis, 12 Jul 2018 08:42

    Asian Games dan Dampak Ekonomi Bagi Indonesia

    Asian Games akan berlangsung sebentar lagi namun masih banyak masyarakat yang ragu dengan manfaat sebagai tuan rumah bagi Indonesia. Keraguan tersebut memang tidak dapat dihindari mengingat saat ini p

  • Selasa, 10 Jul 2018 05:10

    Semangat KBRI Promosikan Asian Games 2018 di Indonesia

    Sebentar lagi Asian Games akan diselenggarakan di Indonesia. Tepatnya pada tanggal 18 Agustus 2018. Agar acara tersebut semakin semarak, tentunya perlu adanya promosi supaya masyarakat bisa tahu akan ada acara besar yakni Asian Games.

  • Rabu, 11 Jul 2018 11:11

    Belajar Dari Rusia, Indonesia Membutuhkan Dukungan di Asian Games

    Saat ini sedang digelar Piala Dunia di Rusia. Pesta olahraga terbesar di planet bumi. Media di seluruh dunia mengkabarkan bagaimana riuhnya dukungan para fans terhadap negara mereka masing-masing. Par

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak