Minggu, 22 Okt 2017 16:56
  • Home
  • Opini
  • Dinasti Paluta memicu Pemerintahan yang makin buruk

Dinasti Paluta memicu Pemerintahan yang makin buruk

Paluta (UtamaNews.com)
Oleh: Tommy
Jumat, 13 Okt 2017 10:33
Dibaca: 72 kali
Pada Tahun 2018 Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) akan ikut dalam agenda Pilkada serentak. Namun, pasangan calon peserta Pilkada diperkirakan tidak banyak.

Hingga saat ini baru dua nama calon Bupati yang dikabarkan telah mengantongi dukungan partai politik yaitu Andar Amin Harahap dan Riskon Hasibuan. Bila Pilkada Paluta hanya diikuti 2 (dua) pasangan calon, maka tentu kondisi ini cukup merugikan masyarakat Paluta, karena sedikitnya pilihan alternatif. Sedangkan polarisasi masyarakat pun akan lebih kelihatan dibanding dengan peserta yang lebih dari dua. Selain itu konsentrasi biaya politik pun bisa lebih banyak bagi kedua pasangan calon.

"Melihat perkembangan politik Pilkada Paluta, potensinya cukup besar hanya diikuti 2 pasangan calon, bila ini yang terjadi tentu akan merugikan masyarakat itu sendiri, karena sempitnya pilihan alternatif, blok masyarakat pun lebih gampang terbentuk", kata Amran Pohan Tokoh Paluta dari Kec. Dolok yang berdomisili di Medan bersama Ansor Harahap Direktur Lingkar Studi Pembangunan (LSP) Sumatera Utara, menyikapi perkembangan politik Pilkada Paluta.

Kemudian, kata Amran, bahwa keikutsertaan Andar Amin Harahap Walikota Padang Sidimpuan yang notabenenya putra Bupati Bachrum Harahap (Petahana) adalah salah satu faktor dominan mengubah peta politik di Paluta. 

Para tokoh yang selama ini cukup banyak yang berminat menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati pada Pilkada 2018 berpikir ulang mengingat posisi Andar Amin selaku calon nantinya dihitung sebagai Petahana. Sedangkan pola permainan Andar Amin dan juga sang ayah Bachrum Harahap dikenal "all out" dalam mengerahkan semua potensi termasuk dengan melakukan politik uang diduga selama ini bagian penting dalam permainan Bupati Paluta untuk memenangkan pertarungan. 

"Inilah konsekuensi politik setelah Mahkamah Konstitusi membuka kran tidak dilarangnya politik dinasti di Indonesia. Berdampak luas, salah satunya di Paluta yang nantinya akan diikuti Andar Amin Harahap putra Bupati sekarang Bachrum Harahap, telah mengubah peta politik Pilkada 2018" katanya, Kamis (12/10).

Sedangkan Ansor berpendapat bahwa keikutsertaan Andar Amin pada Pilkada Paluta tidak hanya merugikan masyarakat dalam proses Pilkada nantinya karena mempersempit peta politik dan minimnya pilihan alternatif, tetapi lebih dari itu kondisi ini menandakan betapa semakin terbukanya peluang penyalahgunaan wewenang dalam proses demokrasi di Paluta. 

Kemudian, apabila nantinya Andar Amin terpilih menjadi Bupati Paluta dapat semakin memperburuk kualitas penyelenggaraan pemerintahan kabupaten.

"Berkaca dari kepemimpinan pemerintahan di banyak daerah politik, dinasti cenderung buruk pemerintahannya, jarang sekali baik, bisa kita lihat diantara para koruptor yang ditangkap KPK adalah produk dinasti politik, misalnya Rita Widyasari Bupati Kutai Kartanegara putri Bupati yang menjabat 2 periode sebelumnya, demikian juga nantinya bila Paluta dipimpin Andar Amin diperkirakan akan sama, tidak ada kemajuan alias tanpa prestasi, tanpa konsep, wibawa kepemimpinan rendah, pembangunan sekedarnya saja, dan sebaliknya dugaan terjadinya korupsi berjamaah begitu kuat. Potret ini sesungguhnya sudah terlihat selama beliau menjabat Walikota Padangsidimpuan, apalagi di Paluta untuk yang kedua periode beliau menjabat kepala daerah, maka gagasan dan hasrat membangunnya akan rendah," tegas Ansor.

Editor: Budi

T#g:palutaPetahanaPilkada
Berita Terkait
  • Rabu, 18 Okt 2017 13:18

    Kabid Bina Marga PU & PR Paluta Bantah sebut "Semua Kontraktor Maling"

    Kabid Bina Marga Dinas PU & PR Paluta membantah dan menyatakan tidak pernah mengeluarkan pernyataan "Semua Kontraktor Maling''.

  • Rabu, 18 Okt 2017 10:28

    Diduga Karena Kritiki Kinerja Kades, Warga Dipukuli

    Muhammad Paisal Hasibuan mengalami aksi pemukulan, di desa Pagar Gunung, Kecamatan Halongonan, Kabupaten Padang Lawas Utara, Selasa (17/10/2017)."Saat musyawarah desa saya mengkritiki kinerja dari kep

  • Selasa, 17 Okt 2017 19:17

    Pendaftar PPK-PPS Terus Serbu KPU Palas

    Memasuki hari kelima tahapan masa pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2018, sejumlah pendaftar terus "menyerbu" ka

  • Jumat, 13 Okt 2017 06:03

    Kontraktor Komentari Pernyataan Kabid Bina Marga Dinas PU Paluta, "Semua Kontraktor Maling"

    Terkait pernyataan Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Padang Lawas Utara, M. Nuh Pulungan 'Semua Kontraktor Maling' muncul beragam komentar di kalangan kontraktor.Salah seorang

  • Kamis, 12 Okt 2017 12:02

    Kabid Bina Marga PU Paluta: Semua Kontraktor Maling

    M. Nuh Pulungan, beberapa waktu yang lalu pernah melontarkan kata kata 'Semua Kontraktor maling'.

  • Selasa, 10 Okt 2017 17:00

    Panwascam Se-Kabupaten Paluta Dilantik

    Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Se-Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) yang akan bertugas pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara serta pemilihan Bupati dan Wakil

  • Senin, 09 Okt 2017 04:29

    Demi masa depan yang lebih baik, Rakyat Palas harus evaluasi kepemimpinan TSO-Zarnawi

    Padang Lawas (Palas) merupakan salah satu dari dari 8 (Delapan) Kabupaten se-Sumatera Utara yang akan ikut melaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018. Menurut jadwal yang

  • Minggu, 08 Okt 2017 15:18

    Partai Gerindra Masih Buka Pintu Calon Alternatif di Pilgub Jabar 2018

    Sodik Mudjahid, Ketua DPP Gerindra, mengatakan bahwa pihaknya kemungkinan  akan membuka pintu bagi pasangan calon alternatif, yang lebih kuat dengan pasangan lama yakni Dedi Mizwar dan Ahmad Syai

  • Jumat, 06 Okt 2017 22:16

    KPU Deliserdang Launching Tahapan dan Jadwal Pilkada Deliserdang

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Deliserdang melaksanakan Launching, Program dan Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati Dan Wakil Bupati Deliserdang Tahun 2018 di Lapangan KB Kompleks Lapangan KB

  • Rabu, 04 Okt 2017 17:04

    Panwaslu Deli Serdang Seleksi 215 Calon Panwascam

    Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Deli Serdang melaksanakan ujian seleksi Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Deli Serdang.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak