Minggu, 22 Okt 2017 18:41
  • Home
  • Kesehatan
  • Pertama Kalinya Distrik Menyamur Mappi Terima Pelayanan Kesehatan

Tim Ekspedisi NKRI gelar pengobatan massal gratis

Pertama Kalinya Distrik Menyamur Mappi Terima Pelayanan Kesehatan

Papua (UtamaNews.com)
Oleh: Dian/Rls
Senin, 18 Sep 2017 04:28
Dibaca: 236 kali
Puspen TNI
Prajurit TNI memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat di pedalaman Papua.

Tim Pengabdian Masyarakat Ekspedisi NKRI Subkorwil-2/Mappi melakukan pengobatan massal secara gratis di Kampung Sumur Aman, Distrik Menyamur Kabupaten Mappi, Sabtu (16/9).

Selama 4 hari sejak Rabu (13/9), Tim Ekspedisi telah tiba di kampung Sumur Aman. Tim Ekspedisi NKRI menempuh 5 jam perjalanan laut menggunakan 2 buah speedboat dan 1 buah kapal belang ke Kampung Sumur Aman untuk membawa Tim Ekspedisi NKRI beserta  perlengkapan kesehatan. 

Kampung Sumur Aman merupakan satu dari 12 kampung yang berada di Distrik Menyamur yang dihuni oleh 60 KK dengan 200 jiwa penduduk yang terdiri dari orang tua dan anak-anak.

Komandan Subkorwil-2/Mappi Kapten Inf Pardol beserta Wen (43 tahun) selaku Kesbangpol pemerintahan Kabupaten Mappi mengatakan bahwa," Tim Ekspedisi NKRI sebelumnya melakukan observasi terlebih dahulu ke distrik Menyamur, dari 12 kampung yang dikunjungi, kampung Sumur Aman merupakan kampung yang paling membutuhkan pelayanan kesehatan".

Hal ini disebabkan karena 2 bulan sebelumnya banyak masyarakat kampung Sumur Aman  yang terkena wabah muntaber dan mengidap penyakit Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA). Selain itu, pola hidup masyarakat yang masih kurang sadar akan kesehatan adalah penyebab munculnya wabah-wabah penyakit yang merugikan kesehatan masyarakat.

Tim Ekspedisi NKRI membawa 5 orang tim kesehatan yakni Kapten Ckm Denny Ganap, Letda Ckm (K) dr.Prima HY , Serda Mardika, Herlan Erari Amd. Kep  dan Wulan Tridianti Amd.Keb.

Tim kesehatan ini dibantu oleh 20 orang personil Ekspedisi NKRI dikarenakan  banyaknya jumlah masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Selain melakukan pengobatan massal secara gratis, Tim Ekspedisi NKRI juga membagikan Biskuit MP ASI, Biskuit untuk Ibu Hamil dan Biskuit anak sekolah untuk membantu pemenuhan gizi masyarakat.

Hermanus Djula S.Ip (41 tahun) selaku Kepala Distrik Menyamur, menyampaikan, "Pengobatan massal ini merupakan kegiatan pelayanan kesehatan pertama sekali di distrik menyamur, apalagi kampung sumur aman".

Kedatangan Tim Ekspedisi NKRI membuat tumbuhnya kesadaran masyarakat akan kesehatan, dapat dilihat saat senja anak-anak mulai mandi menggunakan sabun, orang tua mencuci sudah mulai menggunakan sabun cuci.

Kepala Distrik Menyamur juga menyampaikan harapannya kepada Tim Ekspedisi NKRI, bila masih ada kegiatan ekspedisi lagi agar tidak lupa untuk datang lagi ke distrik Menyamur untuk membina masyarakat tentang pola hidup sehat. 

Selain melakukan pengobatan massal secara gratis, Tim Ekspedisi NKRI juga menggelar nonton bareng bersama masyarakat film-film nasional setiap malam, dan Program kegiatan revolusi mental kepada anak-anak sekolah setiap sore.

Ekspedisi NKRI merupakan wujud sinergitas kementerian/lembaga, TNI/Polri, pemerintah daerah, kalangan pendidik dari perguruan tinggi, mahasiswa, para pencinta alam, organisasi kepemudaan, pramuka dan didukung masyarakat setempat yang dikoordinasikan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan untuk membangun Indonesia.

Ekspedisi NKRI merupakan kegiatan yang dilaksanakan TNI dengan menunjuk Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) sebagai Komandan Ekspedisi NKRI  untuk bekerjasama antara pemerintah pusat dan daerah, beserta segenap komponen bangsa dalam menjaga kelestarian alam.  

Materi yang dilaksanakan pada Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 adalah serbuan teritorial atau pengabdian masyarakat, penelitian, dan penjelajahan.

Editor: Budi

T#g:BaksosKopassusPapua
Berita Terkait
  • Jumat, 20 Okt 2017 11:50

    Tim Ekspedisi NKRI Berikan Pengobatan Gratis & Lestarikan Alam Papua Selatan

    Tim Pengabdian Masyarakat Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 Subkorwil-2/Mappi kembali melakukan pengobatan massal di Distrik Nambioman Bapai kampung Ima pada Selasa (18/10).Sebanyak 250

  • Rabu, 18 Okt 2017 17:18

    Mencatat Prestasi Pemerintahan Jokowi-JK

    Tak terasa, kabinet kerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla telah bergulir hampir tiga tahun. Apabila diibaratkan sebuah babak, kehidupan pemerintahan mantan Walikota So

  • Selasa, 17 Okt 2017 18:17

    Ribuan Pelamar Ikuti Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Bakamla RI

    Berdasarkan hasil kelulusan seleksi administrasi CPNS Bakamla RI Tahun 2017 yang telah diumumkan pada 29 September lalu, sebanyak 2315 pelamar yang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi mengikut

  • Selasa, 10 Okt 2017 17:40

    Ekspedisi NKRI Gelar Khitanan Massal Di Merauke

    Menyambut HUT TNI ke-72, Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 Subkorwil-3/ Merauke bidang Pengabdian Masyarakat yang dipimpin Letda Inf Alion Ria, mengadakan Khitan Massal setelah sebelumn

  • Sabtu, 07 Okt 2017 02:27

    Ekspedisi NKRI gagas pagelaran budaya dan tarian lokal di Mindiptana

    Tim Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan Subkorwil-4/Mindiptana mengadakan pagelaran dan perlombaan tarian budaya di kampung Andopbit distrik Mindiptana kab. Bovendigoel, Kamis (5/10).Dengan me

  • Jumat, 06 Okt 2017 19:36

    Koramil 0824/14 Panti Bersama Mahasiswa dan Masyarakat Bersihkan Kali

    Suasana kegiatan di sekitar hari Ulang Tahun TNI masih sangat kental bagi masyarakat maupun berbagai elemen masyarakat, dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan kemasyaratan bersama TNI.Seperti yang dila

  • Rabu, 04 Okt 2017 18:54

    Denkesyah 17.04.04/Merauke Bersama Ekspedisi NKRI Menggelar Donor Darah

    Dalam rangka menyambut peringatan Hari Ulang Tahun TNI ke-72, Denkes17.04.04/Merauke berkolaborasi dengan PMI Merauke dan Tim Ekspedisi Subkorwil-3/ Merauke, menggelar Kegiatan Bakti Sosial Donor Dara

  • Senin, 02 Okt 2017 03:22

    Aparat TNI Kodim 1415 Kep. Selayar Dedikasikan Pengabdian Lewat Gerakan Bersih Kota

    Dedikasi dan pengabdian tulus institusi TNI Kodim 1415/Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan dituangkan dalam bentuk karya bhakti bersih lingkungan ibukota kabupaten yang digelar dalam rangka Peringatan

  • Sabtu, 30 Sep 2017 10:20

    Ekspedisi NKRI dan Masyarakat Nonton Bareng Film G30S/PKI di Papua Selatan

    Tim Ekspedisi NKRI bersama masyarakat menyaksikan pemutaran film G 30 S/PKI di Aula Poskotis Ekspedisi NKRI Subkorwil-1/Asmat, Agats Kab Asmat pada Jumat, (29/9).Acara pemutaran film diawali dengan ka

  • Kamis, 28 Sep 2017 21:48

    Panglima TNI: Baksos Kesehatan TNI Wujud Kepedulian kepada Masyarakat

    Kegiatan Bakti Sosial Kesehatan yang dilaksanakan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) merupakan wujud dari bentuk kepedulian TNI kepada masyarakat Indonesia, sesuai dengan tema HUT ke-72 TNI Tahun 2

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak