Kamis, 14 Des 2017 22:36
  • Home
  • Kesehatan
  • Pertama Kalinya Distrik Menyamur Mappi Terima Pelayanan Kesehatan

Tim Ekspedisi NKRI gelar pengobatan massal gratis

Pertama Kalinya Distrik Menyamur Mappi Terima Pelayanan Kesehatan

Papua (UtamaNews.com)
Oleh: Dian/Rls
Senin, 18 Sep 2017 04:28
Dibaca: 283 kali
Puspen TNI
Prajurit TNI memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat di pedalaman Papua.

Tim Pengabdian Masyarakat Ekspedisi NKRI Subkorwil-2/Mappi melakukan pengobatan massal secara gratis di Kampung Sumur Aman, Distrik Menyamur Kabupaten Mappi, Sabtu (16/9).

Selama 4 hari sejak Rabu (13/9), Tim Ekspedisi telah tiba di kampung Sumur Aman. Tim Ekspedisi NKRI menempuh 5 jam perjalanan laut menggunakan 2 buah speedboat dan 1 buah kapal belang ke Kampung Sumur Aman untuk membawa Tim Ekspedisi NKRI beserta  perlengkapan kesehatan. 

Kampung Sumur Aman merupakan satu dari 12 kampung yang berada di Distrik Menyamur yang dihuni oleh 60 KK dengan 200 jiwa penduduk yang terdiri dari orang tua dan anak-anak.

Komandan Subkorwil-2/Mappi Kapten Inf Pardol beserta Wen (43 tahun) selaku Kesbangpol pemerintahan Kabupaten Mappi mengatakan bahwa," Tim Ekspedisi NKRI sebelumnya melakukan observasi terlebih dahulu ke distrik Menyamur, dari 12 kampung yang dikunjungi, kampung Sumur Aman merupakan kampung yang paling membutuhkan pelayanan kesehatan".

Hal ini disebabkan karena 2 bulan sebelumnya banyak masyarakat kampung Sumur Aman  yang terkena wabah muntaber dan mengidap penyakit Infeksi Saluran Pernapasan (ISPA). Selain itu, pola hidup masyarakat yang masih kurang sadar akan kesehatan adalah penyebab munculnya wabah-wabah penyakit yang merugikan kesehatan masyarakat.

Tim Ekspedisi NKRI membawa 5 orang tim kesehatan yakni Kapten Ckm Denny Ganap, Letda Ckm (K) dr.Prima HY , Serda Mardika, Herlan Erari Amd. Kep  dan Wulan Tridianti Amd.Keb.

Tim kesehatan ini dibantu oleh 20 orang personil Ekspedisi NKRI dikarenakan  banyaknya jumlah masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan.

Selain melakukan pengobatan massal secara gratis, Tim Ekspedisi NKRI juga membagikan Biskuit MP ASI, Biskuit untuk Ibu Hamil dan Biskuit anak sekolah untuk membantu pemenuhan gizi masyarakat.

Hermanus Djula S.Ip (41 tahun) selaku Kepala Distrik Menyamur, menyampaikan, "Pengobatan massal ini merupakan kegiatan pelayanan kesehatan pertama sekali di distrik menyamur, apalagi kampung sumur aman".

Kedatangan Tim Ekspedisi NKRI membuat tumbuhnya kesadaran masyarakat akan kesehatan, dapat dilihat saat senja anak-anak mulai mandi menggunakan sabun, orang tua mencuci sudah mulai menggunakan sabun cuci.

Kepala Distrik Menyamur juga menyampaikan harapannya kepada Tim Ekspedisi NKRI, bila masih ada kegiatan ekspedisi lagi agar tidak lupa untuk datang lagi ke distrik Menyamur untuk membina masyarakat tentang pola hidup sehat. 

Selain melakukan pengobatan massal secara gratis, Tim Ekspedisi NKRI juga menggelar nonton bareng bersama masyarakat film-film nasional setiap malam, dan Program kegiatan revolusi mental kepada anak-anak sekolah setiap sore.

Ekspedisi NKRI merupakan wujud sinergitas kementerian/lembaga, TNI/Polri, pemerintah daerah, kalangan pendidik dari perguruan tinggi, mahasiswa, para pencinta alam, organisasi kepemudaan, pramuka dan didukung masyarakat setempat yang dikoordinasikan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan untuk membangun Indonesia.

Ekspedisi NKRI merupakan kegiatan yang dilaksanakan TNI dengan menunjuk Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) sebagai Komandan Ekspedisi NKRI  untuk bekerjasama antara pemerintah pusat dan daerah, beserta segenap komponen bangsa dalam menjaga kelestarian alam.  

Materi yang dilaksanakan pada Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 adalah serbuan teritorial atau pengabdian masyarakat, penelitian, dan penjelajahan.

Editor: Budi

T#g:BaksosKopassusPapua
Berita Terkait
  • Selasa, 12 Des 2017 08:42

    KODIM 0312/Padang Berikan Santunan Pada Veteran & Warakawuri

    Komando Distrik Militer 0312/Padang jalin tali asih, berikan santunan kepada Veteran dan Warakawuri dalam rangka Hari Juang Kartika ke 72 Tahun 2017 di Makodim 0312/Padang jalan Tamrin No. 5 Padang, S

  • Senin, 11 Des 2017 18:41

    AMPTPI Sulut Tuntut Freeport & MIFEE Ditutup

    Sekitar 60 orang demonstran yang berasal dari elemen Asosiasi Mahasiswa Pegunungan Tengah Papua se-Indonesia (AMPTPI Sulut) melakukan aksi unjuk rasa di Universitas Sam Ratulangi Kota Manado, Senin (1

  • Jumat, 08 Des 2017 03:18

    Bakti Sosial Kesehatan TNI Tingkatkan Derajat Kesehatan Masyarakat Ternate

    Mabes TNI bekerjasama dengan Kementerian Kesehatan dan Instansi daerah Provinsi Maluku Utara menggelar Bakti Sosial Kesehatan TNI dengan tujuan membantu, meringankan kesulitan rakyat di bidang kesehat

  • Jumat, 08 Des 2017 02:48

    Jenderal TNI Gatot Nurmantyo Bangga Memimpin Prajurit TNI

    Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengungkapkan rasa bangga selama memimpin prajurit TNI yang terbentuk melalui berbagai macam latihan dan medan pertempuran demi tegak kokohnya Negara Kesatuan

  • Rabu, 06 Des 2017 23:46

    Stop Retorika HAM, Saatnya Fokus Pada Pembangunan Papua

    Menjelang peringatan Hari Kebesaran Kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember, beberapa masyarakat Papua kembali dibuat bergejolak. Kali ini Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang sebel

  • Rabu, 06 Des 2017 07:16

    3.120 Warga Ternate Mendapat Pengobatan Gratis Dari TNI

    Sebanyak 3.120 warga masyarakat sekitar Ternate akan mendapatkan pengobatan gratis dari TNI dengan melibatkan Staf Teritorial TNI, Pusat Kesehatan TNI dan Satuan Militer setempat di Wilayah Ternate,

  • Senin, 04 Des 2017 21:04

    Satgas Pamtas RI Yonif 123/RW Gelar Baksos dan Pertandingan Olahraga

    Dalam Rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Batalyon Infanteri ke 53, Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Yonif 123/Rajawali menggelar Bakti Sosial serta pertandingan olah raga di beberapa wi

  • Senin, 04 Des 2017 09:14

    Memaknai Pergeseran Istilah Separatis ke Kelompok Kriminal Bersenjata

    Organisasi Papua Merdeka atau yang disingkat dengan OPM adalah organisasi separatis yang didirikan pada tahun 1965 untuk mengakhiri pemerintahan provinsi Papua dan Papua Barat di Indonesia. Terbentukn

  • Jumat, 01 Des 2017 16:01

    Operasi Katarak Gratis Bakti Sosial TNI dan Kemenkes RI di Jember

    Pelaksanaan operasi gratis bagi penderita katarak pada setiap tahunnya seolah tidak mengurangi penderita katarak yang mendaftar, hal tersebut menandakan banyaknya penderita katarak di Kabupaten Jembe

  • Senin, 27 Nov 2017 23:27

    Prestasi Terbaik TNI AD Juara Lomba Tembak Internasional AARM Ke-27

    Kontingen TNI AD meraih Juara Umum Lomba Tembak ASEAN Army Rifle Meet (AARM) ke-27 tahun 2017 yang digelar sejak tanggal 14 November lalu di Singapura, dengan meraih 31 medali emas (dari total 45 meda

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak