Minggu, 22 Okt 2017 18:40

Mengidap Hidrosefalus, Putra Dairi Butuh Bantuan

Dairi (utamanews.com)
Oleh: Ivandi
Sabtu, 23 Sep 2017 04:33
Dibaca: 68 kali
Dok
Bayi penderita Hidrosefalus
Jepan Temanta Ginting, 3 tahun, merupakan anak ke-6 dari 6 bersaudara dari pernikahan Dalem Ginting (55) dan Suasana boru Sembiring (44).

Anak yang tinggal di Desa Lau Tawar, Kec. Tanah Pinem, Kab. Dairi ini sudah hampir 3 tahun menderita penyakit Hidrosefalus. Namun karena keadaan ekonomi keluarga yang pas-pasan sehingga tidak mampu untuk membawa berobat ke rumah sakit.
 
"Saat bermur 2 bulan, rambut Jepan lebat dan kami pun mencukurnya, usai dicukur kami terkejut melihat kepalanya ada benjolan yang ketika dipegang terasa lembek. Kemudian hal tersebut kami periksakan ke rumah sakit umum (RSU) Sidikalang," ujar Dalem Ginting.

Hasil pemeriksaan dokter, kalau anaknya menderita penyakit hidrosefalus dan harus dioperasi di RSU Adam Malik Medan, karena disana peralatannya lebih lengkap. Setelah mendapat surat rujukan dari RSU Sidikalang, Dalem pun membawa anaknya berobat ke RSU Adam Malik.

"Berbekal kartu BPJS anak kami langsung dioperasi. Namun, setahun usai di operasi benjolan tersebut muncul kembali. Kami pun membawanya kembali memeriksakan ke RSU Adam Malik,"ungkapnya.

Disitu menurut keterangan dokter kalau selang pembuang cairan yang dipasang di kepala anaknya mengalami penyumbatan dan harus dilepas. Setelah operasi pencabutan selang, mereka disarankan untuk membawa anaknya kembali  berobat setelah tiga bulan kemudian.

"Karena terbentur biaya pengobatan, kami tidak memeriksakan anak kami dan kondisinya sekarang dia terus terbaring karena kepalanya terus membesar," sebutnya.

Ditambahkan Dalem, karena keterbatasan biaya untuk pengobatan anaknya dilakukan melaui pengobatan alternatif ke oranag pintar di kampungnya.

"Untuk biaya makan saja kami harus bekerja di ladang orang, belum lagi biaya anak kami yang masih sekolah serta sewa kontrak rumah. Ladang peninggalan orang tua juga sudah kami gadaikan untuk biaya pengobatan anak kami," ungkapnya lagi.

Editor: Budi

T#g:kesehatan
Berita Terkait
  • Jumat, 13 Okt 2017 10:23

    Satgas Kizi TNI Konga XX-N/Monusco Bantu Alat Kesehatan Rumah Sakit Dungu

    Dalam rangka Peringatan HUT ke-72 TNI tahun 2017, Satuan Tugas Kompi Zeni (Satgas Kizi) TNI Kontingen Garuda (Konga) XX-N/Monusco (Mission De L Organesation Des Nations Unies Pour La Stabilization en

  • Minggu, 08 Okt 2017 17:08

    PT. MSB Lakukan Pemeriksaan Kesehatan Karyawan

    Guna mejamin tingkat kesehatan para pekerja dan karyawan di lingkungan perusahaannya, manajemen PT. Mandiri Sawit Bersama (PT. MSB) Aek Tinga Kecamatan Sosa Kabupaten Padang Lawas (Palas) lakukan peme

  • Jumat, 25 Agu 2017 18:55

    Menggunakan Tandu, Tim Ekspedisi NKRI Evakuasi Pasien

    Tim Ekspedisi NKRI Subkorwil-2/Mappi  membantu proses evakuasi warga di pelabuhan Obaa, Kamis (24/8). 

  • Jumat, 23 Jun 2017 07:23

    Pemerintah Siapkan Tenaga Medis di Posko Mudik

    Bupati Temanggung, Bambang Sukarno, menyatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Temanggung menyiapkan tenaga medis di setiap pos pelayanan dan pos pengamanan arus mudik dan balik Lebaran.

  • Kamis, 22 Jun 2017 13:32

    Prajurit Satgas Minusca Laksanakan Pemeriksaan Kesehatan Rutin

    Kesibukan tugas misi PBB yang dilakukan Kontingen Indonesia di Afrika Tengah, tidak menghalangi untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Prajurit TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Kompi Zeni (Satgas

  • Selasa, 13 Jun 2017 06:23

    Babinsa Karang Paiton Ramil 0824/06 laksanakan pendampingan penyuluhan kesehatan

    Bertempat di aula Balai Desa Karang Paiton Kec Ledokombo Kab Jember pada Senin (12/6/2017), dilaksanakan sosialisasi kesehatan oleh mantri Kesehatan Bpk Ayun W dan Bidan Desa Novi Yuliastuti kepada se

  • Sabtu, 03 Jun 2017 01:03

    Tengku Erry minta petugas kesehatan lacak dan cari penderita untuk diobati

    Rumah sakit khusus mata milik Pemerintah Provinsi Sumatera Utara diresmikan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi di Jalan Kapt Sumarsono No.1 Medan, Jumat (2/6/2017).

  • Senin, 29 Mei 2017 09:29

    Menteri Yasonna Laoly Upayakan Pengobatan Polisi Korban Bom ke Singapura

    Menteri Hukum dan HAM Yasonna Hamonangan Laoly berjanji mengupayakan agar salah satu polisi yang menjadi korban ledakan bom di Terminal Kampung Melayu, Bripda Yogi Aryo, bisa dirawat di Singapura.

  • Jumat, 26 Mei 2017 17:56

    975 Warga Taput Dapat Pengobatan Gratis

    Sebanyak 975 orang warga Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) dari berbagai desa dari seluruh kecamatan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan pelayanan pengobatan gratis.

  • Selasa, 23 Mei 2017 15:13

    Ini Cara Praktis Cek Status Aktif Tidaknya Kartu BPJS Anda

    Mungkin anda sudah lama menunggak pembayaran premi BPJS, sehingga khawatir Kartu BPJS anda sudah tidak aktif lagi. Memang untuk mendapatkan layanan kesehatan dengan jaminan BPJS adalah kartu atau stat

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak