Kamis, 18 Apr 2024 09:30
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones

Dandim 0824: Pengerjaan jamban keluarga adalah bagian dari kepedulian TNI

Jember (utamanews.com)

Oleh: Dito/rls

Sabtu, 05 Mei 2018 04:05

Sis24
Program pembuatan jamban melalui Karya Bakti TNI
Kekuatan Pertahanan Suatu Negara berangkat dari ketahanan keluarga, hal inilah yang menggugah TNI AD melalui Kodim 0824 untuk peduli terhadap kesehatan keluarga dan kesehatan masyarakat, berdasarkan pengamatan di lapangan di Kabupaten Jember ini masih banyak keluarga masih belum memiliki jamban.

Dari jumlah tersebut kebanyakan keluarga yang tidak memiliki jamban adalah keluarga yang tinggal di hilir-hilir sungai, baik di kawasan pedesaan maupun perkotaan dan kebiasaan buang hajat di sungai/kali tersebut sudah berjalan secara turun-temurun.

Kondisi tersebutlah yang mendasari dilakukannya program jambanisasi melalui Karya Bakti TNI, dengan sasaran keluarga yang kurang mampu dan dilakukan pada setiap semester, pada awalnya dilakukan sosialisasi dahulu bersama petugas kesehatan dari Pukesmas atau Bidan Desa untuk menanamkan kebiasaan hidupsehat kepada masyarakat termasuk pentingnya jamban dalam keluarga.

Program pembuatan jamban melalui Karya Bakti TNI tersebut pada Semester-I tahun 2018 ini Kodim 0824 Jember menargetkan pengerjaan 310 unit jamban tersebar di seluruh jajaran, yaitu 31 Kecamatan dan 248 desa/kelurahan dan dari target tersebut yang sudah dikerjakan sekitar 200 unit dan yang 110 unit masih dalam proses dan akan dikerjakan.

Menyikapi kegiatan tersebut Komandan Kodim 0824 Jember Letkol Inf Arif Munawar menyatakan bahwa sesuai UU No 34 Tahun 2004 Tentang Tugas Pokok TNI pada pasal 7 dalam melaksanakan Operasi Selain Perang (OMSP) dijabarkan bahwa salah satunya membantu Pemerintah Daerah, dan program tersebut merupakan wujud implementasi dari tugas tersebut sekaligus sebagai wujud kepedulian TNI terhadap kesehatan masyarakat.

"Secara fisik pembuatan jamban yang kita bantu tersebut secara teknis sudah memenuhi unsur kesehatan, namun karena keterbatasan kami sehingga dan merupakan program pancingan sehingga kita yang membuatkan fisik jambannya dan masyarakat yang menyelesaikan dinding kelilingnya," tuturnya.

Lebih lanjut Letkol Inf Arif Munawar mengajak semua masyarakat untuk meningkatkan kualitas kesehatan dengan membiasakan hidup bersih dan sehat dengan membuang sampah pada tempatnya, karena kalau masyarakatnya sehat tentunya pertahanan negara akan semakin mantap.

Editor: Erickson

T#g:Jamban
iklanplt
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️