Sabtu, 19 Agu 2017 10:44
  • Home
  • Kesehatan
  • Bagaimana cara membedakan perawan asli dan perawan hasil operasi?

Bagaimana cara membedakan perawan asli dan perawan hasil operasi?

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Wiji
Kamis, 29 Jun 2017 08:49
Dibaca: 293 kali
Net
Ilustrasi
Meski dianggap mitos, darah perawan masih dijadikan patokan para pria mulai dari pemula hingga “player”¯ untuk memberi label perawan pada perempuan.

Belakangan ini kaum Adam merasa kecolongan dengan maraknya operasi pengembali keperawanan yang berimbas tak lagi bisa membedakan mana perawan asli dan perawan operasi. Daripada menerka-nerka, mari simak pembeberan Sex Consultant & Rehabilitation Specialist, Dr Ferryal Loetan berikut ini.

Kaum Adam boleh berbangga karena tak ada istilah perjaka-nggak perjaka, karena tak ada indikatornya. Berbeda dengan kaum Hawa yang punya indikasi darah perawan sebagai penanda sudah tidak perawan lagi. Lantas seberapa penting darah yang disebut-sebut suci itu bagi seorang lelaki?

Pernah dengar cerita suami menceraikan istrinya hanya karena tak keluar bercak darah saat malam pertama? Memang terdengar konyol, tapi itu kenyataannya. 

Sebelum membahas darah perawan lebih jauh, kita harus menyeragamkan definisi perawan agar tidak salah kaprah. "Perawan adalah wanita yang belum pernah melakukan hubungan seksual yakni masuknya alat kelamin laki-laki ke dalam kelamin perempuan. Jadi jangan mencampuradukkan dengan bermacam istilah,"¯ jelas Dr. Ferryal membuka obrolannya di kliniknya WIN Kamar Sutera, Jalan Boulevard Barat Raya, Blok C No 10-12, Kelapa Gading Square, Jakarta, baru-baru ini.

Pertanyaannya, kenapa tak selalu berdarah? Menurut Dr Ferryal ada beberapa faktor. "Gadis yang selaput daranya pecah atau robek tidak selalu berdarah karena berhubungan dengan bentuk selaput dara, mulai dari yang sangat tipis sampai cukup tebal,"¯ lanjut dokter yang mengisi rubrik seks di radio dan media online ini.

Bagaimana rupa selaput dara? Selaput dara letaknya menutupi liang vagina dan yang paling umum dan banyak dijumpai, biasanya di tengah-tengah ada bolongnya. Namun ada juga variasi bentuk lainnya, seperti bolong agak ke pinggir, bolong seperti saringan, dan bolong seperti serabut atau jaring laba-laba. Sekadar informasi, bolong pada selaput dara gunanya untuk mengeluarkan darah haid setiap bulan.

Kedua, tergantung dari banyaknya pembuluh darah yang ada di selaput dara karena setiap wanita pasti berbeda. "Jadi pada saat selaput dara robek namun tak mengenai pembuluh darah, pasti tidak akan berdarah. Tapi kalau saat selaput dara robek dan kena pembuluh darah, pecahlah dia dan mengeluarkan darah," rincinya.

Lalu berapa banyak jumlah darahnya? "Tergantung dari pembuluh darah yang kena, ada yang halus berarti darahnya juga tak terlalu banyak, ada pula yang besar," paparnya. Robeknya selaput dara juga bisa disebabkan tanpa hubungan seksual, namun yang disebabkan gerakan ekstrem misalnya tari balet, lompat karet, atau naik sepeda. Meski sudah robek selaput daranya, mereka tetap disebut perawan karena belum pernah dimasuki penis.

Memang tak ada yang bisa tahu robek-atau tidaknya selaput dara bahkan sang empunya sekalipun, kecuali dokter ahli dengan cara visum. "Perawan nggak perawan akan sulit untuk dilihat siapapun, hanya dokter ahli yang bisa. Lagipula tidak ada tanda-tandanya seperti yang banyak dikatakan orang dari gaya jalan, bentuk betis, payudara dan macam-macamnya," katanya .

Prinsip Operasi Selaput Dara 

Jika hubungan seks dilakukan atas dasar suka sama suka pastinya meninggalkan rasa bahagia, namun bagaimana jika dipaksa? Pastinya akan meninggalkan rasa trauma. 

"Rehabilitasi psikologi dan fisik mulai ada dari segi medis yang dipercaya memperbaiki masa depan si gadis. Maka selain psikoterapi, muncul teknik untuk memperbaiki selaput dara sendiri atau memperbaiki sesuatu yang rusak yang dikenal dengan istilah hymenoplasty," jelas Dr. Ferryal.

Prinsip hymenoplasty yakni memperbaiki selaput dara yang robek kembali seperti semula dengan cara menyambung robekan dengan tehnik operasi dan diharapkan bisa kembali seperti semula lagi.

Seperti apa prosesnya? "Prinsipnya dilakukan secara medis dengan bahan yang sudah ada yakni selaput dara, tanpa ada tambahan bahan lain seperti yang banyak orang perbincangkan. Itu secara medis ya, kalau non medis mungkin bisa pakai bahan tambahan, tapi sama sekali tidak disarankan," tegasnya.

Tindakan Medis Legal

Entah harus senang atau merasa ditipu saat Anda tahu pasangan Anda melakukan hymenoplasty. Mungkin Anda berlomba-lomba mencari tahu beda perawan asli dan operasi dengan berburu wanita dan mengumpulkan data-data. Lantas dimanakah perbedaannya?

"Nggak ada, nggak bisa dibedain. Laki-laki nggak bisa menilai seorang gadis masih perawan atau tidak. Penis tidak punya mata dan perasaan khusus yang bisa menilai. Jadi bohong kalau ada pria yang bisa membedakan keperawanan," bebernya.   

Jika tak ada perbedaan, bagaimana perbedaan kekencangan otot vagina? "Kalau bicara otot lain lagi, jika selaput dara adanya di permukaan vagina, otot lebih ke dalam lagi. Otot vagina punya jaringan khusus yang berhubungan dengan otot dasar panggul. Nah, otot dasar panggul berhubungan dan berkepentingan dengan elastisitas vagina secara keseluruhan. Misalnya perempuan yang sudah melahirkan, jika tidak melakukan teknik khusus akan kendur otot vaginanya," ceritanya.

Jadi tak menutup kemungkinan jika wanita yang belum pernah berhubungan intim namun tak menjaga kemampuan otot dasar panggul, bisa ikut kendur elastisitas dan kekenyalan otot vaginanya. Maka itu aktivitas kebugaran tubuh, khususnya otot panggul sangat disarankan untuk dilakukan rutin. "Jadi soal lubang kendur, kekenyalan berubah dan elastisitas tak ada hubungannya dengan selaput dara. Bisa saja wanita yang sudah punya jam terbang tinggi dalam berhubungan mempunyai vagina yang sedemikian "sempitnya", sedangkan kebalikannya, seorang wanita yang masih perawan (belum pernah berhubungan seksual) mempunyai vagina yang kendur," jelasnya.

Meski dilakukan oleh ahli medis, masih banyak masyarakat yang mengira jika hymenoplasty merupakan kegiatan ilegal karena kerap dilakukan secara sembunyi-sembunyi. "Hymenoplasty merupakan tindakan medis legal yang tujuannya merehabilitasi pasien dalam jangka panjang. Kenapa seakan kasus ini dilakukan secara diam-diam, ini adalah "privasi", yang berhubungan dengan kehidupan masa depan seorang wanita, bukan masalah legal-ilegal," pungkasnya.

Editor: Budi

Sumber: Popular Magazine

T#g:Seksmitos
Berita Terkait
  • Selasa, 15 Agu 2017 15:45

    Pers: 400 ribu perempuan China dipaksa jadi Budak Seks Jepang

    Mantan budak seks pada era penjajahan Jepang di China tinggal 14 orang setelah Huang Youliang meninggal dunia. Perempuan yang dipaksa tinggal di rumah bordil oleh pasukan Jepang tersebut meninggal dal

  • Senin, 29 Mei 2017 08:09

    Marissa Christina tak masalah dianggap bom seks

    Wajah cantik Marissa Christina pastinya familiar bagi pemirsa yang dulu sering menonton drama sinetron di Indosiar, berjudul 'Gengsi Gede-gedean' yang ia bintangi dengan artis Teuku Zacky, Masayu Anastasia dan Zacky Zimah.

  • Senin, 24 Apr 2017 04:00

    Mahasiswi Aduhai Ini Nikahi Kakek Usia 70 Tahun dengan Mahar Satu Miliar

    Masyarakat Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan gempar karena ada kakek yang menikah dengan gadis, terpaut usia sangat jauh. Mempelai pria bernama Tajuddin berusia 70 tahun sementara mempelai wanita Andi Fitri, berusia 25 tahun.

  • Selasa, 11 Apr 2017 13:56

    Warga Dolok Sanggul seret pelaku pencabulan ke Polrestabes Medan

    Polisi amankan pelaku pencabulan terhadap bunga (nama samaran), gadis berusia 16 tahun, warga Dolok Sanggul, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, kemarin, Senin (10/4).

  • Sabtu, 08 Apr 2017 04:44

    Kakek 62 tahun dibunuh selingkuhan istrinya

    Akhir hidup Kakek berusia 62 tahun ini begitu tragis. Abdul Choir tewas dibunuh JK 53 tahun, seorang kuli yang merupakan selingkuhan istrinya, CE, 56 tahun. Impian menikmati masa tua bersama terpaksa harus pupus.

  • Senin, 27 Mar 2017 08:36

    Kafe Remang-Remang Sunggal Diduga Tempat Maksiat

    Mbah Panji, 60 tahun, warga Desa Sunggal Kanan, Gang Haji, mengeluh pada media atas keberadaan kafe remang-remang di jalan PDAM Tirtanadi, Desa Sunggal Kanan, Kecamatan Sunggal, kemarin Minggu (19/3).

  • Minggu, 26 Mar 2017 21:31

    Ini keuntungan dan bahayanya pakai sex toys

    Kehidupan di era modernisasi ini mengakibatkan sejumlah orang dewasa terpaksa harus menggunakan sex toys (alat bantu seks). Alasannya pun beragam, dari yang hanya ingin mencari sensasi, coba-coba dan

  • Minggu, 26 Mar 2017 19:29

    Ibu ini terkejut ada adegan seks di DVD drama Korea

    Elismawati, 45 tahun, warga kota Palembang kaget saat memergoki putrinya tengah menonton serial drama Korea di laptop belum lama ini. Masalahnya bukan soal konten yang ditonton, namun suara erangan ak

  • Jumat, 24 Mar 2017 15:06

    Pemirsa Kecam Televisi Agama Putar Film Syur

    Touba TV, sebuah stasiun televisi agama di Senegal, memutar film syur atau film asusila selama 20 menit pada jam makan siang, hari Senin lalu. Kejadian itu membuat pemirsa di Senegal yang mayoritas Mu

  • Kamis, 23 Mar 2017 13:13

    Istri potong penis suami

    Seorang ibut rumah tangga asal India nekat potong penis karena curiga suami selingkuh sehingga tak mau bercinta dengannya

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak