Rabu, 20 Sep 2017 14:26
  • Home
  • Kesehatan
  • BKKBN Bersama ekspedisi NKRI 2017 Cegah Penyebaran HIV di Papua Selatan

BKKBN Bersama ekspedisi NKRI 2017 Cegah Penyebaran HIV di Papua Selatan

Papua (UtamaNews.com)
Oleh: Dian/Rls
Kamis, 14 Sep 2017 13:24
Dibaca: 330 kali
Dok
Penyuluhan kesehatan reproduksi, pentingnya gizi pada masa pertumbuhan, dan bahaya narkotika
 
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) bekerja sama dengan Tim Pengabdian Masyarakat Ekspedisi NKRI Subkorwil-4/Mindiptana, melakukan penyuluhan kesehatan reproduksi, pentingnya gizi pada masa pertumbuhan, dan bahaya narkotika terhadap remaja di Kampung Oso distrik Mindiptana, Rabu (13/9).

Kegiatan ini berlangsung di SMKN1 Mindiptana Kampung Oso Distrik Mindiptana dan diikuti 50 peserta, terdiri dari staff pengajar, dan siswa-siswi SMKN 1 Mindiptana kabupaten Bovendigoel. 

Acara ini merupakan gabungan dari program otonomi khusus dan BKKBN dengan tujuan meningkatkan kesadaran kepada diri remaja untuk menjauhi narkoba.

Jika dilihat perbandingan terjangkitnya HIV dan AIDS di Kabupaten Boven Digoel dinilai tinggi dari 100 orang 4 di antaranya positif HIV AIDS. Maka dari itu BKKBN melakukan sosialisasi di berbagai lokasi di Papua, diantaranya Kp. Waropko dan Kp. Oso Kabupaten Boven Digoel.

Wakil Kepala Sekolah SMKN 1 Mindiptana berharap melalui kegiatan ini dapat mengubah pemikiran anak anak yang berada di wilayah Mindiptana.

"Acara ini sangat baik sekali, dibantu oleh Tim Ekspedisi NKRI memberikan materi materi yang bagus dan membuat anak anak paham pentingnya menjaga gizi pertumbuhan, dan bahayanya terhadap narkotika", ujarnya.

Komandan Subkorwil-4/Mindiptana Mayor Inf Agung Wahyu Perkasa menyampaikan, "Pergaulan remaja kadang terjerumus pada pergaulan bebas hingga mulai mencoba-coba narkoba dan melakukan hubungan seksual di luar nikah, sehingga menjadi resiko tertular penyakit menular seksual HIV/AIDS".

 "Penyuluhan ini merupakan salah satu langkah strategis untuk mendukung keberhasilan pemerintah dalam menciptakan kesejahteraan sekaligus kemakmuran rakyat", ungkap Dansubkorwil-4/Mindiptana.

Ekspedisi NKRI merupakan wujud sinergitas kementerian/lembaga, TNI/Polri, pemerintah daerah, kalangan pendidik dari perguruan tinggi, mahasiswa, para pencinta alam, organisasi kepemudaan, pramuka dan didukung masyarakat setempat yang dikoordinasikan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan untuk membangun Indonesia.

Tujuan dari Ekspedisi NKRI  adalah mendata dan meneliti segala potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia, mendorong peningkatan kesejahteraan sosial, menumbuhkan cinta tanah air, membangkitkan kesadaran bela negara dan wawasan kebangsaan, memberikan teladan kepada masyarakat untuk menjaga kelestarian alam.

Wilayah Ekspedisi 2017 dilaksanakan di 2 (dua) Korwil yaitu Korwil Merauke dengan wilayah Subkorwil-1/Asmat di kabupaten Asmat, Subkorwil-2/Mappi di kabupaten Mappi, subkorwil-3/Merauke di kabupaten​ Merauke dan Korwil Boven Digoel dengan wilayah subkorwil-4/Mindiptana di kabupaten Boven Digoel dan subkorwil-5/Tanah merah di kabupaten​ Boven Digoel.

Materi yang dilaksanakan Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 adalah serbuan teritorial atau pengabdian masyarakat, penelitian, dan penjelajahan.

Editor: Budi

T#g:BKKBNKopassusPapua
Berita Terkait
  • Senin, 18 Sep 2017 04:28

    Pertama Kalinya Distrik Menyamur Mappi Terima Pelayanan Kesehatan

    Tim Pengabdian Masyarakat Ekspedisi NKRI Subkorwil-2/Mappi melakukan pengobatan massal secara gratis di Kampung Sumur Aman, Distrik Menyamur Kabupaten Mappi, Sabtu (16/9).Selama 4 hari sejak Rabu (13/

  • Jumat, 25 Agu 2017 18:55

    Menggunakan Tandu, Tim Ekspedisi NKRI Evakuasi Pasien

    Tim Ekspedisi NKRI Subkorwil-2/Mappi  membantu proses evakuasi warga di pelabuhan Obaa, Kamis (24/8). 

  • Senin, 21 Agu 2017 15:53

    Panglima TNI Terima Kunjungan Pangab Papua Nugini

    Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menerima kunjungan Panglima Angkatan Bersenjata (Pangab) Papua Nugini Brigadir Jenderal Gilbert Toropo, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Senin (21/8).

  • Selasa, 15 Agu 2017 03:45

    Bukan hanya di Langkat, Warga Papua pun jadi korban UN Swissindo

    Misran Pasaribu, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Papua, mengaku sudah mengetahui sejumlah warga di Jayapura terindikasi menjadi korban United Nations (UN) Swissindo.

  • Sabtu, 12 Agu 2017 18:12

    Petugas temukan 4 ekor burung Cendrawasih Papua "tak bertuan" di Kualanamu

    Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan menggagalkan penyelundupan empat ekor Burung Cendrawasih Kuning Besar (Paradisea Apoda) dari Surabaya, di Lini 1 Terminal Kargo Bandara Kuala Namu. Inform

  • Selasa, 08 Agu 2017 19:38

    Anggota DPR RI dilaporkan selingkuh oleh istrinya ke MKD

    Yunike Howay, istri anggota Fraksi PDIP DPR Jimmy Demianus Ijie, melaporkan sang suami ke Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR dengan dugaan membawa perempuan lain yang bukan istrinya saat dilantik menjadi anggota DPR. Jimmy baru dilantik 18 Juli lalu.

  • Jumat, 04 Agu 2017 13:14

    Ratusan Peserta Ekspedisi NKRI 2017 tiba di Merauke

    797 orang peserta Ekspedisi NKRI Koridor Papua Bagian Selatan 2017 menggunakan Kapal Perang TNI AL KRI Teluk Bintuni-520 dengan Komandan Kapal Letkol Laut (P) R Yusup Yanto, M.Tr.Hanla tiba di pelabuhan Yos Sudarso Merauke-Papua, Kamis, (3/8/2017).

  • Minggu, 23 Jul 2017 20:13

    Abituren Komando Angkatan 62 Gelar Reuni Perak di Markas Kopassus Solo

    Sebanyak 163 Prajurit TNI Abituren Komando Angkatan 62 menggelar Reuni ke-25 (Perak) tahun 2017 di Markas Grup-2 Kopassus Kartasura, Solo, Jawa Tengah, Minggu (23/7/2017).

  • Selasa, 04 Jul 2017 15:44

    Internasionalisasi Kasus Biak Berdarah, Berhasilkah?

    Peristiwa "Biak Berdarah" atau dikenal dengan peristiwa Tower terjadi pada 6 Juli 1998.

  • Minggu, 02 Jul 2017 23:52

    Dipimpin Wenis Tabuni, 215 Anggota OPM, Berikrar Kembali Ke Pangkuan Ibu Pertiwi (NKRI)

    Melihat kemajuan pembangunan, peningkatan kesejahteraan dan masa depan Rakyat Papua, akhirnya kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) mengikrarkan diri kembali ke pangkuan ibu pertiwi dalam wadah Nega

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak