Kamis, 19 Jul 2018 22:48

5 Langkah Mudah Menurunkan Berat Badan

Medan (utamanews.com)
Oleh: Yaya
Minggu, 17 Jun 2018 18:17
Istimewa
Bila seseorang yang kelebihan berat badan memeriksakan diri ke dokter, biasanya mereka akan disarankan untuk menurunkan berat badannya agar tidak terkena penyakit yang serius. Tapi kita semua tahu, kebanyakan orang sulit menurunkan berat badannya karena sudah terbiasa dengan gaya hidup yang tidak sehat. Apalagi bila lingkungan sekitarnya juga tidak mendukung.

Untuk menurunkan berat badan, dua hal yang mudah dilakukan adalah rajin berolahraga dan menjaga pola makan. Namun aktivitas yang padat terkadang menjadi alasan untuk tidak berolahraga atau menyiapkan makanan yang sehat.

Bila anda masuk dalam kategori ini, kini anda tidak perlu khawatir lagi. Dilansir dari Daily Star, ada cara mudah untuk menurunkan berat badan tanpa secara rutin melakukan kedua aktivitas itu.


1. Rajin menimbang

Menurut Journal of Obesity, menimbang berat badan secara teratur dapat membantu Anda belajar menurunkan berat badan dengan cepat. Para peneliti mengatakan, apabila setipa hari Anda menjejakan kaki ke timbangan selama setahun, berat badan bisa berkurang hingga 2,5 kg per tahun.


2. Makanlah sebelum berbelanja

Bagi kaum perempuan, berbelanja adalah kegiatan yang menyenangkan. Terkadang mereka tidak merasa lelah walau berpindah dari satu stand ke stand lain dan tidak sadar kalau mereka sudah menghabiskan waktu berjam jam. Kegiatan ini sebenarnya bukan hanya bisa menyenangkan diri sendiri, tapi juga langkah mudah menurunkan berat badan. Ada baiknya bila Anda ingin berbelanja, belilah makanan ringan yang sehat.

Sebuah studi baru baru ini mengungkapkan, ketika orang makan satu potong buah atau lebih sebelum berbelanja, maka perutnya akan lebih kenyang. Hal itu memperkecil kemungkinan membeli makanan cepat saji. Memang biasanya setelah berbelanja orang menjadi lapar dan yang sering terlintas di pikirannya adalah membeli makanan cepat saji.


3. Bermain tetris

Anda tentunya sudah tak asing dengan permainan balok ini. Menurut penelitian di tahun 2015 yang yang diterbitkan oleh Addictive Behavariosr, menyusun balok bangunan bisa menekan hasrat untuk makan hingga 20%. Hal itu dikarenakan saat bermain orang cenderung fokus pada kemampuan kognitif permainannya sehingga keinginan untuk makan dialihkan.


4. Berjalan

Mungkin anda tidak memiliki waktu khusus untuk berolahraga. Tapi anda tetap bisa untuk berjalan kaki paling tidak 30 menit sehari. Sebuah studi di China mememukan yang orang yang rutin berjalan selama 12 minggu ukuran pinggangnya akan berkurang sebanyak 1,6 inci.


5. Menutup mata

Menurit penelitian dari Standford University, tidur sangat penting dalam menjaga hasrat untuk makan. Sebab, apabila seseorang kurang tidur, hal itu memicu hormon gherkin yang menambah keinginan untuk makan lebih banyak dan menurunkan kadar hormon leptin yang memberitahu tubuh saat sudah kenyang.

Editor: Tessa

T#g:gemukobesitastidur
Berita Terkait
  • Selasa, 03 Jul 2018 22:03

    Ketua Umum IKKT: Anggota IKKT PWA Harus Peduli Kesehatan Diri dan Keluarga

    Kepada seluruh anggota Ikatan Kesejahteraan Keluarga TNI (IKKT) Pragati Wira Anggini (PWA) baik di pusat dan daerah, harus peduli terhadap kesehatan diri agar terhindar dari morbid obesity, melakukan

  • Senin, 21 Mei 2018 15:21

    Apakah ikan pernah tidur?

    Para ilmuwan mengukur tidur dengan melihat gelombang di otak. Mereka tahu kapan ikan tidur dengan melihat gelombang di otak.

  • Jumat, 11 Mei 2018 15:41

    Ingat, Tidur Memperkuat Ingatan

    Penelitian menunjukkan bahwa tidur juga nampaknya mengorganisir ulang ingatan, mengambil rincian emosional dan mengatur kembali ingatan atau memori untuk membantu anda menghasilkan ide-ide baru dan kr

  • Selasa, 27 Jun 2017 16:17

    Kapolrestabes Surabaya mengamuk temukan polisi jaga di pos ini malah kompak tidur

    Kombes Pol Muhammad Iqbal, Kepala Kepolisian Resor Kota Besar (Kapolrestabes) Surabaya marah karena ada anggota yang kedapatan tidur saat berjaga di pos pengamanan dalam rangka Idul Fitri 1438 Hijriah.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak