Selasa, 24 Okt 2017 14:31

Cegah Kejahatan Saat Transaksi di ATM,

Wakapolresta Pekanbaru Beri Tip Aman Pada Masyarakat

Pekanbaru (utamanews.com)
Oleh: Dian
Selasa, 10 Okt 2017 17:10
Dibaca: 139 kali
Dok
Wakapolresta AKBP Edy Sumardi Priadinata SIK

Menyikapi seringnya terjadi kejahatan terhadap masyarakat yang sedang bertransaksi di Anjungan Tunai Mandiri (ATM), Polresta Pekanbaru melalui Wakapolresta AKBP Edy Sumardi Priadinata SIK menyampaikan himbauannya agar masyarakat tidak menjadi korban kejahatan saat bertransaksi di ATM, Selasa (10/10).

Pada kesempatan ini AKBP Edy Sumardi memberikan beberapa tips aman kepada masyarakat sebagai langkah antisipasi, berikut pesannya  :

1. Usahakan menarik uang atau bertransaksi pada mesin ATM yang lokasinya dianggap aman dan ada petugas keamanan internal seperti Satpam di sekitarnya. 

2. Lihat kondisi di sekitar ATM apakah normal atau ada hal-hal yang aneh dan tidak biasa, seperti adanya tempelan kertas bertuliskan hubungi nomor telpon tertentu bila mengalami masalah saat bertransaksi, atau pemberitahuan lain yang diragukan kebenarannya. 

3. Saat memasukkan PIN ATM usahakan posisi tombol tidak terlihat oleh camera CCTV atau orang lain yang berada di sekitar anda. 

4. Bila kartu ATM anda tersangkut di mesin ATM, cek kondisi lobang tempat memasukkan kartu tersebut apakah ada benda yang mengganjal atau tidak, jangan meminta bantuan kepada orang yang bukan petugas resmi, panggillah Satpam yang berpakaian dinas yang ada di sekitarnya. 

5. Jangan memberitahu PIN kartu ATM anda kepada siapapun, kecuali atas suruhan anda sendiri kepada orang lain yang anda percaya untuk menarik uang. 

6. Jangan percaya dengan pemberitahuan lewat pesan SMS, WA, BBM atau Telepon yang menginformasikan anda mendapat hadiah dan meminta untuk membayar biaya administrasi melalui transfer ATM, atau menyuruh anda mengecek uang masuk di rekening anda atas panduan orang yang tidak anda kenal melalui telepon. 

7. Jangan memakai perhiasan yang menyolok saat ke ATM atau bepergian ke tempat umum apalagi bila anda sendirian.

"Semoga tips dan himbauan ini bermanfaat bagi masyarakat khususnya pengguna kartu ATM agar tidak menjadi korban kejahatan", ungkap AKBP Edy Sumardi mengakhiri pesannya. 

Editor: Budi

T#g:ATMPekanbaru
Berita Terkait
  • Minggu, 15 Okt 2017 07:35

    Bakamla RI Apresiasi Penganugerahan Mochtar Kusumaatmadja Award

    Kepala Biro Umum Bakamla RI Laksma TNI Suradi AS, S.T., S.Sos., M.M. melakukan penyerahan cinderamata kepada Dr. Ir. Sarwono Kusumaatmadja, Wakil Menteri Luar Negeri Dr. A.M. Fachir, Prof. Tommy Koh d

  • Rabu, 06 Sep 2017 05:46

    Mayjen TNI Kustanto Widiyatmoko kunjungi Markas Batalyon Armed 8/105 Tarik

    Kunjungi Markas​ Batalyon Armed 8/105 Tarik, Jember, Pangdam V/Brw arahkan agar prajurit melaksanakan tugas dengan tulus.

  • Selasa, 29 Agu 2017 08:29

    Sat Binmas Polresta Pekanbaru Kunjungi Sekolah dan UPTD

    Demi meningkatkan program Kepolisian Republik Indonesia (Polri), Sat Binmas Polresta Pekanbaru terus melaksanakan program Kapolri agar Polisi lebih Profesional Modern dan Terpercaya (Prometer). K

  • Rabu, 23 Agu 2017 15:53

    Polresta Pekanbaru gelar kegiatan keagamaan

    Hari ini, Rabu tanggal 23 Agustus 2017 pukul 08.30 Wib Polresta Pekanbaru melaksanakan kegiatan keagamaan di mesjid As Syuuro Polresta Pekanbaru. Kegiatan ini diikuti oleh pejabat utama dan seluruh pe

  • Jumat, 11 Agu 2017 13:31

    Nek Darwiza terharu akan kunjungan Jum'at Barokah Polresta Pekanbaru

    Darwiza, 84 tahun, tidak bisa menyembunyikan rasa haru setelah mendapat kunjungan dari Tim Jum'at Barokah, Polresta Pekanbaru, Jum'at (11/8/2017) pagi.Kedatangan rombongan yang dipimpin Waka

  • Jumat, 04 Agu 2017 11:34

    Polresta Pekan Baru Tangkap Residivis Curanmor

    Perjalanan Rio Febrianto alias Rio, 23 tahun, berakhir juga.

  • Minggu, 23 Jul 2017 12:53

    Polsek Tenayan Raya, Pekanbaru amankan pelaku KDRT

    Epi Putra alias Epi, 45 tahun, warga jalan Sepakat Perum. Mutiara Kulim Permai kelurahan Pembantuan, Tenayan Raya, Pekanbaru, diamankan polisi atas aduan melakukan tindak pidana kekerasan dalam rumah

  • Sabtu, 22 Jul 2017 21:12

    Panik hendak ditolong saat kecelakaan, pelaku buang 5 bungkus ganja ke tong sampah

    Berawal dari kecelakaan lalulintas antara dua pengendara sepeda motor, warga menemukan 5 bungkus ganja kering dari tong sampah di kota Pekanbaru, dini hari tadi, Sabtu (22/7/2017), sekira pukul 02.15

  • Kamis, 20 Jul 2017 20:40

    Elemen Masyarakat Riau Dukung Pembubaran Ormas Anti Pancasila

    Forum Pemerhati Sosial Kemasyarakatan mengadakan Diskusi Publik dengan tema "Save NKRI Peran Pers dan Mahasiswa Dalam Mendukukung Pembubaran Ormas Anti Pancasila," yang diadakan di salah satu restoran

  • Rabu, 19 Jul 2017 21:49

    ABG 17 dan 13 Tahun Lakukan Hubungan, Si Cowok Diamankan Polisi

    Seorang remaja pria bernama Taufiq Saifullah alias Agas, 17 tahun, diamankan Polsek Tenayan Raya, Pekanbaru, pada Sabtu lalu (15/7/2017.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak