Selasa, 16 Okt 2018 01:22

Tolak RAPBD 2018, GMKI Minta KPK Turun ke Sumut

Medan (utamanews.com)
Oleh: Sam
Minggu, 03 Des 2017 18:43
Ist
Swangro Lumbanbatu
GMKI menyatakan bahwa arus penolakan pengesahan R-APBD 2018 semakin menguat mengalir dari mahasiswa dan masyarakat.

Mereka menilai ketidakhadiran Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman dan Gubsu Tengku Erry dalam rapat paripurna pembahasan R-APBD 2018 yang digelar selama 3 (tiga) itu merupakan indikasi bahwa kedua pimpinan lembaga itu tidak serius untuk mensejahterakan masyarakat Sumatera Utara.

Demikian pernyataan sikap yang disampaikan Kordinator Wilayah I Pengurus Pusat (PP) Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Sumut NAD, Swangro Lumbanbatu kepada awak media ini, Minggu (4/12/2017) terkait proses pembahasan R-APBD 2018 yang tidak dihadiri Ketua DPRDSU dan Gubsu.

"Jangan dikorbankan rakyat ini, kami GMKI dengan tegas menolak pengesahan APBD 2018. Kalau lah kedua pimpinan lembaga penyelenggara pemerintahan itu perduli,  harusnya mereka bisa duduk sama dan menghadiri rapat paripurna R-APBD untuk kemajuan Sumut. Tapi nyatanya mereka malah pergi ke Jepang," tegas Swangro Lumbanbatu.

"Apakah mereka paham kondisi Sumatera Utara? Jangan pada saat Presiden RI Ir. Joko Widodo ke sumut lalu mereka sibuk. Seharusnya Ketua DPRD dan Gubsu harus lebih serius menangani masyarakat sumut dan RAPBD adalah kebutuhan pembangunan dan rakyat. Apalagi dalam setahun belakangan ini Jokowi turun ke Sumut. Jangan di pusat bekerja dengan serius malah di daerah pejabatnya jalan-jalan," tambah Swangro.

Menurut Swangro, apa yang dilakukan kedua pimpinan lembaga itu akan menjadi catatan sejarah.

"Ini sejarah dan akan diingat oleh seluruh masyarakat Sumatera Utara karena baru ini terjadi dalam sejarah pembahasan R-APBD, mungkin juga pertama kali di Indonesia," sesalnya.

Oleh karena itu, Swangro menegaskan bahwa GMKI menolak pengesahan R-APBD 2018 karena tidak berpihak kepada rakyat.

"APBD harus benar-bebar pro rakyat bukan pro kepentingan orang tertentu atau golongan tertentu," ujarnya.

Ia juga menduga ada aroma transaksional antara Ketua DPRD SU dan Gubsu dalam pembahasan R-APBD 2018. 

Untuk itu, Swangro meminta agar R-APBD 2018 dibahas ulang dalam Paripurna di bawah pengawasan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). 

"Kita minta DPRD dan Gubsu membahas ulang R-APBD 2018 yang langsung turut dihadiri KPK," tegasnya.

Editor: Budi

T#g:dprdsuGMKIRAPBD
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Kamis, 11 Okt 2018 04:11

    Kredibilitas KPU RI untuk Kabupaten/Kota Di Provinsi Sumut Jangan Sampai Diragukan

    Beberapa hari lalu pelaksanaan Uji Kelayakan dan Kepatutan Calon Anggota KPU Periode 2018-2023 di 26 Kabupaten/Kota, di Sumatera Utara, telah berlangsung. Namun GMKI Wilayah I Sumut-NAD melihat kondis

  • Senin, 01 Okt 2018 18:31

    GMKI Medan Gelar Aksi Solidaritas Kecam Penyegelan Gereja di Jambi

    Limapuluh mahasiswa dari Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) melakukan aksi solidaritas terkait penyegelan rumah ibadah di Kota Jambi. Aksi serentak GMKI seluruh Indonesia di 34 Provinsi ini di

  • Kamis, 30 Agu 2018 20:00

    Swangro Lumbanbatu: KPK, Habisi Koruptor di Sumut

    Melihat kondisi Sumatera Utara 10 tahun belakangan ini, dimana banyak pejabat yang tertangkap tangan karena korupsi, GMKI Sumut, sebagai bagian dari masyarakat, sangat miris melihat kondisi saat ini.

  • Rabu, 08 Agu 2018 17:58

    GMKI Wilayah I Sumut-Aceh Aksi Solidaritas Untuk Korban Gempa Lombok

    Mahasiswa yang tergabung dalam Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Wilayah I (Sumatera Utara-Aceh), memulai aksi solidaritas dalam bentuk menggalang bantuan untuk membantu para korban dalam ben

  • Rabu, 04 Jul 2018 20:44

    KPK Tahan Rijal Sirait, Roslynda Marpaung dan Rinawati Sianturi

    Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), akhirnya resmi menahan 3 dari 38 mantan Anggota DPRD Sumut yang sudah menjadi tersangka sejak Maret 2018 lalu.

  • Selasa, 26 Jun 2018 19:16

    Seruan BPC GMKI Medan Terkait Pilkada Serentak 2018

    Memasuki sehari sebelum pelaksanaan Pilkada Serentak 2018, dipandang perlu bagi Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) Medan untuk menyatakan sikap secara organisasi.

  • Selasa, 26 Jun 2018 11:16

    Pernyataan Resmi Kelompok Cipayung Plus Sumut H-1 Pencoblosan, "Pemilih Pemula Harus Cerdas"

    Para pimpinan Kelompok Cipayung Plus Sumut menyerukan agar pemilih pemula lebih cerdas dalam menjatuhkan pilihannya pada Calon Gubernur Sumut 2018-2023.Di antaranya, Charles Munthe selalu KORDA GMNI S

  • Minggu, 24 Jun 2018 17:44

    GMKI Wilayah I dan KPU Sumut Sosialisasikan "Cerdas Menjadi Pemilih Pemula"

    Saat ini, kaum cendekiawan umumnya bersemayam di perguruan-perguruan tinggi dengan berbagai bidang studi, baik sebagai dosen maupun peneliti, atau para sarjana yang tersebar dan bergerak di barbagai s

  • Selasa, 05 Jun 2018 20:05

    Berbuka Puasa Bersama, Momentum Meningkatkan Sinergitas

    Kegiatan berbuka puasa bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumatera Utara (Sumut) merupakan momen untuk menguatkan silaturahmi. Serta untuk

  • Kamis, 17 Mei 2018 11:17

    GMKI Pematangsiantar-Simalungun Siap Jadi Tuan Rumah Konswil 1

    Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia akan mengadakan Konsultasi Wilayah 1 (Konswil) yang menjadi Nyonya dan Tuan Rumah dipercayakan kepada GMKI Pematangsiantar-Simalungun.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak