Minggu, 20 Mei 2018 17:22

Kasus OTT di Simalungun,

Tim Saber Pungli Tahan Sekretaris Dinas Kesehatan, Lukman Damanik

SIMALUNGUN (utamanews.com)
Oleh: Dian
Rabu, 05 Jul 2017 16:25
Dok
Polisi memasang "police line" di kantor Dinas Kesehatan Pemkab Simalungun.
Polda Sumut merilis perkembangan kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun pada Senin (3/7/2017) lalu.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sari Ginting menyatakan bahwa Lukman Damanik, Sekretaris Dinas Kesehatan dan Flora Purba, staf di dinas tersebut, sudah ditetapkan sebagai tersangka.

"Setelah dilakukan penyelidikan dengan menginterogasi saksi-saksi, ditemukan bukti yang cukup untuk menetapkan Flora Sandora Purba dan Lukman Damanik sebagai tersangka. Kedua tersangka ditahan di Polres Simalungun," tutur Kabid Humas, Rabu (5/7).

Selanjutnya, kata Rina, Kasat Reskrim dan Tim Unit III Tipikor Polres Simalungun bersama-sama Tim Saber Pungli melakukan pencarian dan penangkapan terhadap Lukman Damanik.

Sebelumnya, Sekretaris Kelompok Kerja (Pokja) Intelijen satgas Saber Pungli di bawah pimpinan Ipda Joy Sianipar, S.Tr,K dan dua orang anggota, Bripka Edwart Sinulingga, SH dan Bripka Ridwan Sidabukke melakukan OTT di kantor Dinas Kesehatan Kab. Simalungun. 

Operasi Tangkap Tangan tersebut dilakukan atas adanya laporan dari masyarakat kepada Satgas Saber Pungli Polda Sumut tentang adanya pungutan liar senilai Rp10.000.000 s/d Rp30.000.000 kepada para calon ASN Tenaga Medis di Kabupaten Simalungun yang baru dilakukan pengangkatan dari PTT menjadi CPNS. 

Dalam OTT ini, Tim Saber Pungli telah mengamankan seorang wanita bernama Flora Br Purba yang bekerja sebagai Pegawai Koperasi di Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun (bukan PNS) yang diduga dipercayakan bertugas sebagai penerima uang pungutan liar dari calon ASN sebanyak empat orang, yaitu Nova Melina Hutahaean (31, PTT, Pengangkatan CPNS 2017 Puskesmas Panaitonga Simalungun), Pretty Br Malau (33, PTT, pengangkatan CPNS 2017 Panaitonga Simalungun), Maya Sidauruk (31, PTT, pengangkatan CPNS 2017 Panaitonga Simalungun), Nora Damanik (34, PTT, pengangkatan CPNS 2017 Panaitonga Simalungun). 

Pada saat dilakukan pemeriksaan di ruang Koperasi tempat dilakukan transaksi Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Simalungun an. Lukman Damanik tidak berada ditempat dan menurut keterangan dari Novelinda Silalahi (Pegawai honorer Dinas Kesehatan Kab. Simalungun) yang mengatakan Sekretaris Dinas Kesehatan Lukman Damanik sedang mengikuti rapat di DPRD Kab. Simalungun. 

"Tim dari Satgas Saber Pungli menyuruh untuk mengunci ruang kerja Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. Simalungun, namun setelah dilakukan pemeriksaan lanjutan, pintu ruang kerja Sekretaris Dinas Kesehatan Kab. Simalungun Lukman Damanik dalam keadaan rusak (dicongkel) dan diduga Lukman Damanik melarikan diri," ungkap Kombes Pol Rina.

Dijelaskannya, peran Flora Sandora Purba adalah sebagai orang yang turut membantu, sedangkan Lukman Damanik adalah sebagai orang yang menyuruh Flora Sandora Purba untuk melakukan pemungutan uang secara tidak sah/melawan hukum kepada para PTT Bidan yang diangkat menjadi CPNS jumlah uang yang diamankan senilai Rp 80 juta.  

"Pasal yang dilanggar Pasal 5 (2) Subs pasal 11 Subs pasal 12 (a), (b) atau (e) UU Nomor 31 / 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 / 2001 tentang Pemberantasan TPK Jo pasal 56 KUHPidana," pungkasnya.

Editor: Sam

T#g:DinkesOTT
Berita Terkait
  • Rabu, 09 Mei 2018 20:39

    Kepala Syahbandar Otoritas Pelabuhan Tanjung Balai Kena OTT Polda Sumut

    Masyarakat Kota Tanjung Balai dihebohkan dengan beredarnya informasi bahwa Kepala Syahbandar Otoritas Pelabuhan Tanjung Balai beserta staf ditangkap oleh Tim Khusus dari Polda Sumatera Utara, dalam se

  • Rabu, 17 Jan 2018 20:47

    Diduga Korupsi, Imper Tabagsel Kembali Desak Bupati Copot Kadis Kesehatan

    Ikatan mahasiswa pejuang rakyat (Imper) Tabagsel kembali gelar aksi unjuk rasa mendesak Bupati mencopot Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Kabupaten Padang Lawas, pasalnya diduga lakukan tindak pidana kor

  • Jumat, 15 Des 2017 19:35

    Dinkes Provinsi Sumut Distribusikan Kartu Sehat Kepada PBI JKN di Batubara

    Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menggelar sosialisasi dan distribusi kartu sehat kepada masyarakat Penerima Bantuan Iuaran (PBI) untuk Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Lapa

  • Jumat, 10 Nov 2017 05:50

    Satrekrim Polres Asahan OTT Kepala RSUD Abdul Manan Simatupang Kisaran

    Satreskrim Polres Asahan yang dipimpin oleh AKP Bayu Putra Samara, SH Sik telah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap enam orang pimpinan dan anggota yang bertugas di Rumah Sakit Umum Daerah

  • Jumat, 15 Sep 2017 06:06

    Mendagri Minta Kepala Daerah Waspadai Area Rawan Korupsi

     Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta kepada seluruh kepala daerah di Sumut agar mewaspadai area rawan korupsi, sehingga ke depan tidak akan ada lagi kasus Operasi Tangkap Tangan

  • Kamis, 14 Sep 2017 04:54

    Diduga terlibat suap proyek, KPK OTT Bupati Batubara, Sumut

    Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan 7 orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Batubara Provinsi Sumatera Utara, Rabu (13/9/2017).Informasi diperoleh menyebutkan, KPK melakukan

  • Rabu, 30 Agu 2017 23:20

    Modus tunda eksekusi, Juru Sita PN Stabat peras warga Tanjung Pura

    Mengaku bisa menunda pelaksanaan eksekusi, juru sita Pengadilan Negeri (PN) Stabat, Edy Syahputra, melakukan pungutan liar (pungli) terhadap masyarakat.

  • Selasa, 04 Jul 2017 09:14

    Tim Saber Pungli OTT Uang Siluman Pengangkatan CPNS 2017 Pemkab Simalungun

    Pengangkatan tenaga medis di Pemkab Simalungun, Sumatera Utara dari Pegawai Tidak Tetap (PTT) menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) ternyata berbau busuk beraroma pungutan liar.

  • Kamis, 22 Jun 2017 06:22

    KPK Tetapkan 4 Tersangka OTT Bengkulu

    Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan 4 (empat) orang tersangka dugaan tindak pidana korupsi terkait fee proyek jalan di dua Kabupaten di Provinsi Bengkulu.

  • Selasa, 20 Jun 2017 21:00

    KPK amankan Gubernur Bengkulu dan Istri serta 3 orang lainnya

    KPK mengamankan lima orang dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Bengkulu pada Selasa, (20/6).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak