Rabu, 20 Jun 2018 05:08
Iklan Paslon Paluta

Tekan Potensi Tipikor, Bupati Kepulauan Selayar Minta Kades Berhati-Hati

Sulawesi (utamanews.com)
Oleh: Fadly Syarif
Senin, 05 Feb 2018 10:35
Fadly Syarif
Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali
Selamat Puasa Paluta

Bupati Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, Muh. Basli Ali meminta segenap jajaran kepala desa di wilayah Kecamatan Bontosikuyu untuk betul-betul dapat memanfaatkan anggaran desa sesuai dengan mekanisme dan peruntukannya.

Ia mengingatkan para kepala desa untuk tidak mencoba-coba melakukan praktek penyalahgunaan dana desa. Pernyataan ini dilontarkan Basli Ali, Minggu, (4/2/2018) siang, menyusul kasus hukum yang menimpa dua orang mantan kepala desa di wilayah Kecamatan Bontosikuyu atas dugaan penyalahgunaan dana desa. 

Basli menandaskan, pihaknya tidak sungkan-sungkan memberhentikan sementara kepala desa yang ketahuan melakukan praktek penyalahgunaan anggaran di desanya.

Komitmen pemberhentian sementara terhadap kepala desa yang melakukan penyimpangan dana desa telah dibuktikan Muh. Basli Ali melalui pemberhentian sementara kepala Desa Pamatata, Kecamatan Bontomate'ne yang diduga kuat tersangkut kasus penyimpangan dana desa.

Terkait akan hal tersebut, Muh. Basli Ali meminta bantuan kerjasama Kapolsek, Danramil, Danpos, dan Babinsa di masing-masing desa untuk bersama-sama mengawasi pemanfataan dana desa. 



Bantuan pengawasan serupa diharapkan dapat dilakukan oleh Camat, ketua, dan anggota BPD di masing-masing wilayah desa. Anggota BPD diingatkan untuk tidak diam dan berpangku tangan serta melakukan upaya pembiaran terhadap terjadinya potensi penyalahgunaan dana desa.

Pernyataan ini diungkapkan Bupati Kepulauan Selayar, Muh. Basli Ali dalam kesempatan menyampaikan sambutan lisan pada rangkaian acara syukuran proyek pembangunan bendungan Lanta Pumangka, di Dusun Bontoala, Desa Harapan, Kecamatan Bontosikuyu.

Lebih lanjut Basli mengingatkan para camat dan BPD untuk berhati-hati. Pasalnya, proses hukum tindak pidana korupsi penyelewengan dana desa tidak hanya membidik kepala desa. Akan tetapi, penyidikan mulai mengarah dan membidik camat, pimpinan dan anggota BPD yang dengan sengaja melakukan pembiaran terhadap kemungkinan terjadinya peluang penyalahgunaan anggaran desa.

Dalam kaitan itu, ia meminta peran camat, anggota BPD, dan masyarakat untuk bersama-sama melakukan proses pengawasan dan melaporkan potensi penyalahgunaan dana desa di atas nilai lima puluh juta rupiah kepada Bupati.

Orang nomor satu di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar itu menegaskan komitmennya untuk langsung memberhentikan kepala desa yang dilaporkan tersangkut kasus dugaan penyelewengan dana desa di atas nilai lima puluh juta rupiah.

"Kepala desa yang dengan sengaja mencoba-coba melakukan praktek penyelewengan dana desa akan langsung diberhentikan dan dicopot sementara dari jabatannya. Kepala desa yang telah dicopot dan atau diberhentikan sementara dari jabatannya baru akan diangkat kembali dan direhabilitasi nama baiknya, jika dia mampu mengembalikan serta menutupi kerugian negara yang diakibatkan oleh tindakan praktek penyalahgunaan dana desa", tegas Basli Ali di hadapan jajaran tim Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan anggota DPRD Kepulauan Selayar.
Editor: Tommy

T#g:ADDKorupsiSelayar
Berita Terkait
  • Kamis, 14 Jun 2018 10:14

    HIMMAH Dukung Polres Tebing Tinggi Ungkap Indikasi Korupsi Distan

    Pimpinan Cabang Himpunan Mahasiswa Al Washliyah (HIMMAH) Kota Tebing Tinggi melaksanakan audiensi dalam bentuk silaturahmi ke Polres Tebing Tinggi pada Senin (11/6).

  • Senin, 04 Jun 2018 21:24

    Massa GARANSI Desak Jaksa Usut Ketua PKK Kabupaten Ini

    Puluhan massa yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Anti Diskriminasi (GARANSI) mendatangi kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara (Kejatisu) menuntut penegakan hukum di kabupaten Dairi, Senin siang (4/6

  • Rabu, 16 Mei 2018 23:16

    Pemkab Palas Latih Komputer Operator dan Kaur Desa

    Bertujuan meningkatkan kompetensi dan kemampuan operator dan kepala urusan (Kaur) pemerintahan desa se-Kabupaten Padang Lawas (Palas), Pemerintah Kabupaten Palas (Pemkab Palas) melalui pemerintah keca

  • Senin, 07 Mei 2018 10:47

    Jawaban dari Ijeck Soal Korupsi, Sudah Ada di Visi Misi Djoss

    Cawagub Sumatera Utara Sihar Sitorus tak sungkan mengucapkan terimakasih kepada rivalnya, Musa Rajekshah (Ijeck), saat debat kandidat pertama Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara yang digelar KP

  • Rabu, 18 Apr 2018 04:28

    Djarot Sebut 'Salam Tempel' Itu Akar Korupsi

    Djarot Saiful Hidayat menegaskan 'salam tempel' atau bagi-bagi duit kepada masyarakat merupakan akar dari korupsi.

  • Sabtu, 10 Mar 2018 12:20

    Pleno DPSHP di Kecamatan Bontomate'ne Berakhir

    Tahapan demi tahapan dilalui Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Selayar bersama segenap jajaran penyelenggara Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel 2018 mulai dari tahapan virtual keanggotaan p

  • Rabu, 07 Mar 2018 16:47

    Buka Rapat Pleno Penyampaian DPHP, Lurah Benteng Utara Ultimatum PPDP

    Agenda pokok rapat pleno penetapan daftar pemilih hasil pemukhtahiran (DPHP) dilaksanakan panitia pemungutan suara (PPS) bersama jajaran petugas pemukhtahiran data pemilih (PPDP) Kelurahan Benteng Uta

  • Jumat, 02 Mar 2018 08:42

    Kapolres Pimpin Apel Gelar Pasukan Keselamatan Toba di Deli Serdang

    Dalam rangka operasi Kepolisian terpusat dengan sandi "Keselamatan Toba Tahun 2018" Polres Deliserdang menggelar apel pasukan yang dilaksanakan di Lapang Sepak Bola Polres Deliserdang pada Kamis (1/3/

  • Jumat, 02 Mar 2018 08:32

    KPU Kepulauan Selayar Gelar Raker Pengelolaan Dana Hibah

    Rapat kerja pengelolaan dana hibah pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi-Selatan digelar secara terpusat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kepulauan Selayar, Sulsel bertempat di Pondok Bonerat

  • Jumat, 23 Feb 2018 07:13

    AKBP Syamsu Ridwan Sambangi Sekretariat PC NU Kepulauan Selayar

    Kunjungan silaturrahim dilaksanakan Kapolres Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan, AKBP. Syamsu Ridwan, SIK dengan menyambangi Sekretariat Pimpinan Cabang (PC) Nahdatul Ulama (NU), salah satu organisas

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak