Jumat, 19 Okt 2018 06:34
HUT Pemkab Labuhanbatu

TNI Siap Bantu Polri Amankan Arus Mudik Lebaran

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Dito/rls
Rabu, 06 Jun 2018 05:26
Puspen TNI
Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan menempatkan prajuritnya termasuk Alutsista di beberapa tempat seperti bandara, pelabuhan dan terminal bus untuk selalu siap membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dalam rangka mendukung pengamanan selama arus mudik dan arus balik lebaran.

Hal tersebut dikatakan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. pada acara Rapat Koordinasi Lintas Sektor bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dalam rangka kesiapan pengamanan Idul Fitri 1439 H/2018 M, bertempat di Ruang Pusdalsis, Gedung Utama Mabes Polri, Jl. Trunojoyo No. 3 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (5/6/2018).

Rapat Koordinasi Lintas Sektor yang dipimpin oleh Kapolri, diikuti pula oleh beberapa kementerian dan instansi terkait, seperti Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita, Menteri Perhubungan RI Ir. Budi Karya Sumadi, Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan RI Prof. Dr. dr. Nila F. Moeloek Sp.M, Kepala Bulog Budi Waseso, Kepala Basarnas Laksdya TNI Muhammad Syaugi serta perwakilan dari Komisi Pengawasan dan Persaingan Usaha (KPPU), Pertamina, Jasa Marga dan Jasa Raharja.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto juga mengatakan bahwa prajurit TNI juga akan ditempatkan diberbagai tempat untuk membantu pihak kepolisian dalam menjaga rumah ibadah dan menggelar pengamanan di pos-pos terpadu seperti rest area dan sebagainya. "TNI dibantu Polri dan instansi lainnya akan menjaga keselamatan dan keamanan bagi seluruh masyarakat, khususnya yang merayakan Hari Raya Idul Fitri 1439 H," katanya.

Di sisi lain Panglima TNI menyampaikan bahwa apabila diperlukan TNI akan mendukung arus mudik dan arus balik jelang lebaran tahun 2018 dengan menyiapkan dua unit KRI jenis LPD (Landing Platform Dock), dengan kapasitas angkut 1.000 orang atau 30 mobil dan 400 sepeda motor.  Di samping itu, TNI menyiapkan empat pesawat Hercules C-130, dengan kapasitas 100 sampai dengan 132 orang per pesawat.

"TNI dan Polri akan mendukung Kementerian Perhubungan baik darat, laut  dan udara sehingga pelaksanaan kegiatan dalam rangka mendukung logistik maupun operasional dapat berjalan dengan baik," kata Marsekal TNI Hadi Tjahjanto.

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menegaskan bahwa saat ini TNI telah menyiapkan rencana kontijensi untuk menghadapi situasi kritis selama pelaksanaan mudik lebaran, dengan melibatkan 26 pesawat TNI, antara lain 14 pesawat Hercules C-130,  lima pesawat Boeing-737, lima pesawat CN-295 serta dua duaCN-235.

Menurut Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, rencana kontinjensi tersebut adalah tindakan darurat dalam menghadapi bencana alam seperti tanah longsor, gunung berapi atau tsunami. "Hal ini disiapkan TNI untuk mengantisipasi bila terjadi bencana alam, karena angkutan udara yang dapat mendukung dan mudah digerakan untuk mendukung logistik bahan makan dan lainya," katanya.

Editor: Erickson

T#g:mudik
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Kamis, 21 Jun 2018 10:31

    Kapolri Tinjau Pos Pelayanan Terpadu Cikopo Jawa Barat

    Kapolri Jenderal Pol Prof. H. M. Tito Karnavian., Ph.D beserta pejabat Mabes Polri melaksanakan peninjauan Pos Pelayanan Terpadu Cikopo Jawa Barat untuk monitoring arus balik Lebaran Tahun 2018, bagi

  • Kamis, 14 Jun 2018 12:14

    Menengok Kesiapan Arus Mudik Lebaran 2018

    Arus mudik Lebaran Idul Fitri sudah mulai terasa. Para perantau yang tinggal di Ibukota dan kota-kota besar lainnya memiliki agenda tahunan untuk pulang ke kampung halaman untuk berlebaran di rumah. Bersilaturahmi dengan sanak keluarga dan para kerabat.

  • Rabu, 13 Jun 2018 12:13

    Mudik Tahun Ini Dijamin Lancar

    Belajar dari penyelenggaraan mudik 2017 lalu tahun ini diperkirakan pemerintah akan mengulang kesuksesan yang sama. Terutama dengan rampungnya pembangunan sejumlah ruas jalan tol, prosesi mudik tahun ini prediksi lebih lancar.

  • Rabu, 13 Jun 2018 09:53

    Jelang Lebaran, Polres Deli Serdang Dirikan 5 Pospam dan 1 Posyan

    Dalam rangka Operasi Ketupat Toba 2018, Polres Deli Serdang mendirikan lima pos pengamanan (Pos Pam) dan satu pos pelayanan (Pos Yan). Selain itu Polres Deli Serdang juga menyiagakan ratusan personil.

  • Senin, 11 Jun 2018 16:11

    Panglima TNI Optimis Pengamanan Mudik Lebaran Dapat Berjalan Dengan Baik

    TNI dan Polri optimis bahwa pengamanan mudik lebaran Hari Raya Idul Fitri 2018 akan dapat berjalan dengan baik.

  • Minggu, 10 Jun 2018 17:20

    BUMN Hadir Untuk Negeri, PTPN III (Persero) kembali berbagi

    Mudik Gratis dan Sembako Murah merupakan salah satu program PTPN III (Persero) dalam membantu masyarakat sekitar yang diselenggarakan pada bulan Ramadhan tahun 2018 M/1439 H ini, sejalan dengan progra

  • Jumat, 08 Jun 2018 16:38

    Mabes TNI Berangkatkan 692 Pemudik Bareng Tahun 2018

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., yang diwakilkan Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Laksdya TNI Dr. Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A. memimpin Apel Khusus Pemberangkatan pemudik bareng keluar

  • Kamis, 07 Jun 2018 02:07

    Tinjau Jalan Tol Jelang Lebaran, Gubsu Optimis Kemacetan Arus Mudik Bisa Terurai

    Gubsu Dr HT Erry Nuradi menyampaikan bahwa kondisi fisik ruas tol di seksi I Tanjung Morawa-Perbarakan sepanjang 10,3 km sudah siap dilalui untuk menghadapi arus mudik Lebaran Idul Fitri 1439 H/2018 M

  • Rabu, 06 Jun 2018 15:06

    TNI-Polri Wujudkan Ketertiban & Iklim Kondusif Selama Arus Mudik

    Sebagai institusi negara, TNI-Polri maupun rekan-rekan dari Instansi terkait telah mendapatkan amanah, kepercayaan dan kehormatan dari rakyat untuk memberi rasa aman, membangun ketenangan, mewujudkan

  • Minggu, 03 Jun 2018 17:13

    Pos Pelayanan Terpadu Dibangun di Bandara Kualanamu

    PT Angkasa Pura (AP) II sebagai pengelola Bandara Kualanamu terus mengebut perbaikan sejumlah fasilitas termasuk mendirikan pos layanan terpadu tepat di depan pintu keluar masuk terminal.Selain itu, p

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak