Selasa, 17 Okt 2017 14:46
  • Home
  • Hukum & Keamanan
  • Surya Hardyanto, penyebar kabar bohong soal serangan teror ke Polda Sumut, ditangkap Polisi

Surya Hardyanto, penyebar kabar bohong soal serangan teror ke Polda Sumut, ditangkap Polisi

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Dian
Senin, 03 Jul 2017 13:53
Dibaca: 1.374 kali
Ist
Berita hoax yang disebar dan Surya Hardyanto (pelaku).
Surya Hardyanto, 31 tahun, pemilik akun penyebar berita bohong via facebook an. Surya Hardyanto, akhirnya ditangkap polisi.

Menurut Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Dra. Rina Sari Ginting, pria yang sempat membuat heboh sehingga aparat kepolisian merilis bahwa pernyataannya adalah hoax ini, ditangkap di gang Teratai nomor 245, Desa Tadukan Raga, Kec. STM Hilir Kab. Deli Serdang, tadi malam, Minggu (2/7) sekira pukul 19.30 WIB.

Tidak tanggung-tanggung, tersangka ditangkap oleh tim gabungan Subdit 2 Krimsus, Subdit 3 Krimum dan Sat Reskrim Polres Deli Serdang, jajaran Polda Sumatera Utara.

Sebelumnya, laki laki yang sudah berkeluarga dan memiliki anak ini diduga admin akun facebook yang menyebarkan berita bohong terkait penyerangan pos jaga 3 Polda Sumut pada tanggal 25 Juni 2017


"Hasil interograsi awal terhadap terduga pelaku, ia mengaku hanya mendengar berita masalah utang piutang tersebut dari orang tuanya sendiri, dan langsung menulis di akun media sosial miliknya," tutur Kabid Humas, melalui pesan elektronik, Senin siang, (3/7/2017).

Kombes Rina menyatakan bahwa terduga penyebar berita bohong dimaksud melanggar pasal 27 ayat 3 jo pasal 28 ayat 2 UU RI No 19 Thn 2016 atas perubahan UU RI No 11 Thn 2008 tentang ITE.

"Kasusnya kini ditangani oleh Ditreskrimsus Polda Sumut," pungkasnya. 

Seperti diberitakan sebelumnya, melalui akun facebooknya, Surya Hardyanto membuat berita bohong (hoax) dengan menulis "...bahwa peristiwa di Mapolda itu karena masalah utang piutang dan pembunuh dan korban sama-sama non muslim. Warga di sekitar Mapolda saja heran, kenapa berita di TV jadi terkait masalah teroris.. Waallahu a'lam."

Editor: Sam

T#g:Surya Hardyantohoax
Berita Terkait
  • Sabtu, 23 Sep 2017 16:23

    Undangan Panglima TNI di Akun Twitter Ulama Lover ! "HOAX"

    Beredarnya undangan resmi yang mengatasnamakan Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo di akun twitter Ulama Lover ! beserta video yang menggunakan profil Puspen TNI, untuk berkumpul di Monas (DKI)

  • Jumat, 15 Sep 2017 12:45

    TNI dan Sebaran Hoax di Medsos

    Maraknya penyebaran berita Hoax di jagat maya ternyata sudah tersusun secara rapi. Jika Anda membaca kabar miring yang bertebaran di media sosial jangan cepat percaya dan perlu memeriksa sumber inform

  • Kamis, 31 Agu 2017 01:20

    Terlalu, berita di media online soal Walikota Dzulmi Eldin tersangka, ternyata hoax

    Sejak Selasa malam, (29/8), sejumlah media online dari Medan menyebar informasi bahwa Walikota Medan Drs Dzulmi Eldin tersangka kasus dugaan korupsi perizinan dan gratifikasi proyek Podomoro City Deli

  • Senin, 28 Agu 2017 06:58

    Media Massa Berperan Penting Sebarkan Kebhinekaan

    Dewan Pimpinan Nasional Perhimpunan Pemuda Hindu (PERADAH) Indonesia bersama DPP PERADAH Indonesia Provinsi Sumatera Utara Gelar diskusi media di Grand Kanaya Hotel Jalan Darussalam, Sabtu (26/8).

  • Kamis, 24 Agu 2017 07:54

    Tersangka sindikat penyebar hoax di Facebook mahir IT

    Polisi memaparkan para tersangka penggerak sindikat penyebar hoax dan fitnah di media sosial facebook, "Saracen". Para tersangka ini berinisial JAS (32), MFT (43), dan SRN (32).

  • Sabtu, 12 Agu 2017 17:12

    BMKG Sebut Kabar Soal Gempa 9,0 Skala Richter, Hoax

    Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membantah adanya kabar yang menyebutkan bahwa gempa besar berkekuatan 9,0 Skala Richter (SR) akan mengguncang Kota Medan, Sumatera Utara. BMKG

  • Minggu, 06 Agu 2017 09:16

    Polisi tangkap wanita penyebar kebencian melalui Facebook dari Cianjur

    Polisi tangkap admin akun Facebook 'Sri Rahayu Ningsih' alias Ny Sasmita, terkait kasus ujaran kebencian dan SARA melalui media sosial.

  • Minggu, 30 Jul 2017 12:20

    Ibu penghina Jokowi mengeluh, sejak anaknya dipenjara, barang terjual untuk biayai hidup

    Maya, 65 tahun, orang tua Ropi Yatsman, 35 tahun, admin dari akun grup publik Facebook "Keranda Jokowi-Ahok", yang sudah menjadi narapidana kasus penghinaan terhadap Presiden Joko Widodo dan penyebar

  • Kamis, 13 Jul 2017 12:43

    Berita Media Online asal Siantar ini ternyata Hoax

    Berita di salah satu media online berjudul "Gawat..!! Seorang Warga Kritis di Cekoki Miras Oleh Kapolres Simalungun AKBP Marudut Liberty Panjaitan", yang diupload pada hari Rabu (12/7/2017) sekira puk

  • Rabu, 12 Jul 2017 11:42

    Istri Pakar IT Alumni ITB benarkan tersangka yang ditangkap adalah pelaku pembacokan

    Aparat Kepolisian yang tergabung dari Polda Metro Jaya dan tim Polres Kota Depok serta Polres Metro Jakarta Timur berhasil menangkap dua pelaku pembacokan Hermansyah pakar IT ITB di tol Jagorawi.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak