Minggu, 24 Sep 2017 13:50

Yayasan Pencinta Danau Toba menggugat enam institusi

Sidang Perdana Gugatan Organisasi Lingkungan Hidup di PN Balige

BALIGE (utamanews.com)
Oleh: Fathoni
Rabu, 05 Apr 2017 03:18
Dibaca: 374 kali

Sidang Perdana Gugatan Perbuatan Melawan Hukum dengan Mekanisme Gugatan Organisasi Lingkungan Hidup (Legal Standing) antara Yayasan Pencinta Danau Toba (YPDT) sebagai Penggugat melawan 6 (enam) institusi sebagai Tergugat dilangsungkan pada Senin, 3 April 2017 pukul 14.45 WIB di Pengadilan Negeri (PN) Balige. 

Enam pihak Tergugat, di antaranya PT. Aquafarm Nusantara c.q Kantor Cabang sebagai Tergugat I; PT. Suri Tani Pemuka sebagai Tergugat II; Gubernur Provinsi Sumatera Utara sebagai Tergugat III; Bupati Kabupaten Simalungun, sebagai Tergugat IV; Bupati Kabupaten Samosir sebagai Tergugat V; dan Bupati Kabupaten Toba Samosir sebagai Tergugat VI.

Informasi dihimpun, menurut penggugat, para Tergugat tersebut telah melanggar Pasal 8 ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 82 Tahun 2001 tentang Pengelolaan Kualitas Air dan Pengendalian Pencemaran Air dan Pasal 5 ayat (1) Peraturan Gubernur Sumatera Utara Nomor 1 Tahun 2009 tentang Baku mutu Air Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara.

Kegiatan usaha pembudiyaan ikan air tawar yang telah dilakukan Tergugat I dan Tergugat II di perairan Danau Toba telah menyalahi peruntukan karena berdasarkan Pasal 5 ayat (1) PergubSU, Baku Mutu Danau Toba ditetapkan kelas satu. Selanjutnya di dalam Pasal 8 ayat (1) PP 82/2001 disebutkan bahwa "klasifikasi mutu air kelas satu adalah air yang peruntukannya dapat digunakan untuk air baku air minum, dan atau peruntukan lain yang mempersyaratkan mutu air yang sama dengan kegunaan tersebut".

Semenjak diterbitkannya PergubSU oleh Tergugat III pada 12 Januari 2009 terdapat perbuatan di mana Tergugat III tidak melakukan pemantauan terhadap peraturan yang telah diterbitkannya. Semenjak PergubSU itu terbit, kegiatan pembudidayaan ikan air tawar di perairan Danau Toba masih ada hingga saat ini. Tergugat IV justru membiarkan Tergugat II untuk melakukan kegiatan usaha pembudidayaan ikan air tawar di Danau Toba. Tergugat V dan Tergugat VI tidak melakukan peninjauan kembali terhadap rekomendasi yang telah diberikannya kepada Tergugat I.

Tergugat III, Tergugat IV, Tergugat V, dan Tergugat VI, telah melakukan pelanggaran secara terus-menerus terhadap Pasal 8 ayat (1) PP 82/2001 dan Pasal 5 ayat (1) PergubSU. Karena itu, jelas hal tersebut merupakan perbuatan melanggar hukum.

Sidang Gugatan Perbuatan Melawan Hukum ini dipimpin oleh Marsal Tarigan, S.H., M.H sebagai Hakim Ketua, Azhari Prianda Ginting, S.H dan Arief Wibowo, S.H., M.H sebagai Hakim Anggota. Sidang yang sedianya dijadwalkan pukul 10.00 WIB, molor 4 jam 45 menit dengan agenda pemeriksaan identitas para pihak.

Sidang dihadiri oleh Pihak Penggugat (YPDT) yang diwakili oleh Kuasa Hukumnya Robert Paruhum Siahaan, SH dan Deka Saputra Saragih, S.H. Tampak hadir, Ketua Umum YPDT, Drs. Maruap Siahaan, MBA dalam sidang tersebut. Selanjutnya Pihak Tergugat dihadiri oleh Tergugat II (PT. Suri Tani Pemuka) yang diwakili oleh Kuasa Hukumnya TB. Firman Wiraatadja, S.H dari Kantor Hukum JF&P, dan dihadiri oleh Tergugat VI (Bupati Tobasa) yang diwakili oleh Kuasanya Hermes Butar Butar. Adapun Tergugat I, Tergugat III, Tergugat IV, dan Tergugat V tidak menghadiri persidangan hari ini.

Dalam sidang ini, Penggugat selaku Badan Hukum "YAYASAN" telah menunjukkan Akta Pendiriannya kepada Majelis Hakim dan Tergugat II dan Tergugat VI. Begitu pula dengan kuasa masing-masing Tergugat II dan Tergugat VI juga telah menunjukkan identitas dan surat kuasa khusus masing-masing. Namun untuk kuasa Tergugat II belum dapat menunjukkan Kartu Tanda Pengenal Advokatnya dengan alasan ketinggalan. 

Atas alasan tersebut, Hakim Ketua memerintahkan agar dalam sidang selanjutnya diperlihatkan ke muka persidangan. Selanjutnya kuasa Tergugat VI hanya menunjukkan surat kuasa kepada Majelis Hakim dan Penggugat, dan belum menunjukkan identitas resmi. Terhadap surat kuasa yang ditunjukkan Tergugat VI, Penggugat mengajukan keberatan dengan alasan bahwa surat kuasa Tergugat VI tersebut bukanlah surat kuasa khusus sebagaimana diatur di dalam HIR (Hukum Acara Perdata) dan BW (Kitab Undang-Undang Hukum Perdata). Terhadap keberatan Penggugat tersebut, Hakim Ketua mengembalikan kewenangan untuk mengubah atau tidak surat kuasa tersebut kepada kuasa Tergugat VI.

Sidang selanjutnya dijadwalkan pada Selasa, 25 April 2017, dan memanggil secara resmi Tergugat I, Tergugat III, Tergugat IV dan Tergugat V untuk hadir.

Editor: Sam

T#g:Danau TobaLingkungan HidupPN BaligeSidangYPDT
Berita Terkait
  • Jumat, 15 Sep 2017 16:05

    Gubsu Lepas Delegasi Peace is Possible Indonesia 2017 World Campaign JCI

    Gubsu Ir H T Erry Nuradi MSi dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Gubsu Nouval Makhyar SH MHum mengatakan bahwa Pemprovsu sangat menyambut baik Kegiatan Peace is Possible of Indonesia yang dilak

  • Senin, 11 Sep 2017 14:50

    Luhut & Erry Inginkan Bupati Kawasan Danau Toba Kompak

    Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, untuk mendukung dan mempersiapkan Danau Toba menjadi destinasi wisata berkelas dunia, semua pihak khususnya masyarakat dan pemerintah daerah sekawasan

  • Minggu, 10 Sep 2017 23:20

    Rumus 3-A jadikan Danau Toba Wisata Kelas Dunia

    Menteri Pariwisata Arief Yahya menyebutkan jika Danau Toba ingin menjadi destinasi wisata kelas dunia rumusnya 3-A.

  • Minggu, 10 Sep 2017 11:40

    Paskibra Tapteng 2017 Berangkat Rekreasi ke Danau Toba

    Darwin Sitompul Wakil Bupati Tapteng memberangkatkan anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kabupaten Tapteng Tahun 2017 berdarma wisata atau rekreasi ke danau Toba, di wilayah Parapat, kabupaten

  • Selasa, 05 Sep 2017 23:55

    Bupati Humbang Hasundutan Pimpin Rapat Kesiapan Festival Danau Toba 2017

    Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE., pimpin rapat Kesiapan Festival Danau Toba (FDT) 2017 yang akan dilaksanakan pada bulan Desember 2017.

  • Rabu, 30 Agu 2017 08:20

    YPDT desak Polres Samosir Tahan Pelaku Penganiayaan Aktifis Lingkungan

    Yayasan Pencinta Danau Toba (YPDT) menghendaki kasus yang menimpa Jhohannes Marbun dan Sebastian Hutabarat ditindak tegas pelakunya secara hukum sebab pengabaian terhadap tindakan penganiayaan dan pen

  • Sabtu, 26 Agu 2017 10:46

    Yayasan Pusuk Buhit sediakan 1000 Dolung-dolung gratis di Parapat

    Yayasan Pusuk Buhit menggelar kegiatan budaya di Open Stage, Parapat, Kecamatan Girsang Sirpanganbolon, Kabupaten Simalungun, Jumat, (25/08/2017).

  • Senin, 21 Agu 2017 17:13

    Ditreskrimsus Polda Sumut minta keterangan pelapor

    Direktorat Reserse Kriminal Khusus (DitResKrimSus) Kepolisian Daerah Sumatera Utara (Polda Sumut) meminta keterangan pelapor terkait dugaan pencemaran air Danau Toba oleh PT Aquafarm Nusantara dan PT

  • Senin, 14 Agu 2017 09:04

    Erry Apresiasi Samosir Hadirkan Konser Musik Internasional

    Duet artis asal Austria Hermann Delago dan Nadine Beiler membawakan lagu Batak dalam even Samosir Music International yang digelar di Open Air Stage Tuk Tuk Siadong, Sabtu (12/8/2017) malam, mampu memukau ribuan penonton.

  • Selasa, 01 Agu 2017 15:21

    Sidang 'Dikaburkan', Tuntutan TNI Penganiaya Jurnalis Hanya 6 Bulan

    Sidang lanjutan dengan agenda tuntutan terhadap Prajurit Satu (Pratu) Rommel Sihombing, anggota TNI AU Lanud Soewondo ternyata sudah digelar secara diam-diam di Pengadilan Militer I Medan pada 25 Juli

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak