Sabtu, 19 Agu 2017 10:44

Rambah Hutan Lindung, Dishut Sumut amankan alat berat Pemkab Humbahas

Humbahas (utamanews.com)
Oleh: Eduard S.
Senin, 19 Jun 2017 22:59
Dibaca: 312 kali
Dok
Alat berat milik Pemkab Humbahas ini diamankan Dinas Kehutanan Provinsi Sumut, Senin (19/6).
Program penanaman Jagung di areal 100 hektar oleh Pemkab Humbang Hasundutan ternyata menabrak undang-undang yang mengatur lingkungan hidup dan kehutanan.

Puncaknya, hari ini, Senin (19/6), puluhan polisi kehutanan didukung aparat kepolisian dari Polres Humbahas mengamankan sejumlah alat berat milik Pemkab Humbahas yang beroperasi di areal kawasan hutan lindung di dusun Sitio Tio desa Parsingguran I kecamatan Pollung.

Amatan UTAMANEWS, tindakan tegas yang dimulai sekitar pukul 11.00 wib ini, dipimpin oleh Kepala Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan Masyarakat KPH XIII Doloksanggul, Sahata Purba, SH. 

Tampak juga alat berat yang diamankan yaitu 1 (satu) unit Eskapator merk CAT, milik BPBD Humbahas, 2 (dua) unit eskapator mini merk KOMATSU, milik Dinas Pertanian Humbahas dan 3 unit alat berat jenis Jonder merk Kubota, milik Dinas Pertanian Humbahas.

Menurut Josafat Banjarnahor, Ketua Kelompok Tani Saurdut, lahan ini diberikan kepada Pemkab Humbahas untuk pengolahan tumbuhan jenis jagung, dan hasil pengolahan tanah yang diberikan masyarakat kepada pemkab, pihak Pemkab Humbahas akan memberikan sebagian hasil panen dan bibit jagung sebagai upah pemakaian lahan.


Tak berapa lama setelah polisi hutan mengamankan alat berat, tampak Kapolres dan Sekda Humbahas tiba di lokasi. 

Hasil pembicaraan yang diterima, menyatakan bahwa Sekda Saul Situmorang menerima keputusan bersama untuk men-stanvas-kan seluruh kegiatan di lokasi dan Pemkab Humbahas diwajibkan mengurus segala perizinan terkait pembebasan kawasan hutan menjadi lahan pertanian melalui prosedur resmi ke Dishut Provsu. 

Sementara itu, barang bukti yang diamankan berupa 1 unit eskavator merk CAT dari lahan tersebut dibawa ke Mapolres Humbahas guna proses hukum lebih lanjut. 


Editor: Sam

T#g:humbahasPolhutHutanIlegalJagung
Berita Terkait
  • Kamis, 17 Agu 2017 21:17

    134 Napi Lapas II-B Humbahas peroleh Remisi Kemerdekaan

    Seratus Tiga Puluh Empat Narapidana penghuni lapas IIB Humbang Hasundutan mendapat remisi Kemerdekaan RI ke-72. Remisi ini diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Saut Parlind

  • Kamis, 17 Agu 2017 18:27

    Peringatan Detik-detik Proklamasi di Humbahas

     Kemerdekaan Diraih Pahlawan Bangsa Dengan Perjuangan Berat dan Pengorbanan Luar Biasa Kemerdekaan bukanlah suatu hadiah dan pemberian yang diterima secara cuma-cuma, namun kemerdekaan dapat dira

  • Selasa, 15 Agu 2017 19:45

    Bupati Humbahas kukuhkan 36 Paskibraka 2017

    Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor, SE mengukuhkan 36 anggota Paskibraka yang dipersiapkan untuk penaikan dan penurunan bendera merah putih pada peringatan Hari Kemerdekaan RI ke

  • Selasa, 15 Agu 2017 09:45

    Wow, Rp5,7 Triliun untuk bangun Apartemen Anggota DPR RI

    Anton Sihombing, Ketua Badan Urusan Rumah Tangga DPR, mengatakan anggaran pembangunan gedung baru DPR diperoleh secara bertahap misalnya di 2018 sebesar Rp500 miliar dari total anggaran DPR di tahun tersebut Rp5,7 triliun.

  • Sabtu, 12 Agu 2017 18:12

    Petugas temukan 4 ekor burung Cendrawasih Papua "tak bertuan" di Kualanamu

    Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan menggagalkan penyelundupan empat ekor Burung Cendrawasih Kuning Besar (Paradisea Apoda) dari Surabaya, di Lini 1 Terminal Kargo Bandara Kuala Namu. Inform

  • Sabtu, 12 Agu 2017 10:02

    Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan Latih ASN Tentang Keprotokolan

    Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Saut Parlindungan Simamora membuka secara resmi Bimtek Keprotokolan (11/8) di Pendopo Perkantoran Bukit Inspirasi Doloksanggul.

  • Senin, 07 Agu 2017 21:37

    Bank Mandiri salurkan Bansos PKH pada 206 KPM di Baktiraja

    Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) disalurkan PT. Bank Mandiri, Tbk kepada 206 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Baktiraja (7/8) dipusatkan di Kantor Camat Baktiraja. Untuk

  • Selasa, 01 Agu 2017 21:31

    Dorong Usaha Mikro Kecil Bupati Humbahas Delegasikan IUMK Kepada Camat

    Pemerintah Humbang Hasundutan (Humbahas) memberikan stimulus untuk mendorong Usaha Mikro Kecil dengan memberikan kemudahan dalam mengurus Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) kepada Camat.

  • Sabtu, 29 Jul 2017 22:09

    Tengku Erry Serahkan Bantuan Rp12 Miliar untuk Pertanian Humbahas

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menyampaikan bahwa dirinya selalu menyediakan waktu untuk hadir bersama para petani/kelompok tani, penyuluh dan Babinsa untuk memberikan semangat dan motivasi.

  • Sabtu, 29 Jul 2017 19:49

    14 Tahun Humbahas, Tengku Erry: Evaluasi, Koreksi dan Introspeksi Penting

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menekankan pentingnya momentum evaluasi, koreksi dan introspeksi dalam membangun daerah menjadi lebih baik.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak