Jumat, 19 Jan 2018 16:25
  • Home
  • Hukum & Keamanan
  • Polri dan Polisi Interpol Tiongkok Amankan 78 Imigran Gelap Asal Tiongkok dan Taiwan

Polri dan Polisi Interpol Tiongkok Amankan 78 Imigran Gelap Asal Tiongkok dan Taiwan

DELI SERDANG (utamanews.com)
Oleh: Joan
Rabu, 17 Mei 2017 08:27
Dibaca: 500 kali
78 imigran gelap asal Tiongkok dan Taiwan diamankan Reskrimsus Polda Sumut yang bekerja sama dengan Mabes Polri dan Interpol Tiongkok.


Para imigran gelap yang juga pelaku tindak pidana cybercrime ini diamankan dari salah satu pergudangan eks PTPN2 di Gang Sopoyono, Pasar VI, Dusun III, Desa Telagasari, Kecamatan Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang, Selasa (16/5) dinihari.

Informasi yang diterima UTAMANEWS dari lokasi penangkapan, ke 78 orang imigran gelap itu, pria berjumlah 49 orang dan wanita berjumlah 29 orang dipekerjakan di gudang milik Adul, warga Medan.

Selain WNA, turut diamankan juga seorang WNI, Wagimin 38 tahun, warga Tebing Tinggi, yang berperan sebagai supir. Ia dibawa oleh Fredy warga Jakarta.

Dari tangan para imigran, polisi menyita paspor, telepon genggam dan surat-surat penting lainnya sebagai barang bukti. 



Penggerebekan ini dipimpin langsung Dir Krimsus Polda Sumut, Kombes Pol Drs Toga Panjaitan yang didampingi Kasubdit Cyber Crime Polda Sumut, AKBP Heri Jhoni Saragih, Wadir Krimsus Polda Sumut, AKBP Roni Santana, Imigrasi Kelas I Provsu, serta aparat kepolisian dari Interpol Tiongkok sebanyak 5 orang yang dipimpin MR.Ceny.

Menurut Dir Krimsus Polda Sumut, Kombes Pol Drs Toga Panjaitan yang didampingi Kapolres Deliserdang AKBP Robert Da Costa, , para imigran gelap yang diamankan tersebut kerap melakukan penipuan sistem online.

"Yang menjadi korban para ulah imigran yang diamankan tersebut pada umumnya warga negara Tiongkok dan Taiwan yang dikategorikan Cybercrime," ujarnya.



Ditambahkan, akibat ulah para imigran gelap tersebut, puluhan warga Tiongkok dan Taiwan menjadi korban penipuan dengan kerugian sekira 1 miliar dolar perbulan.

Kegiatan yang dilakukan imigran itu sudah berlangsung sebulan lebih. Dari para Imigran itu diamankan paspor dengan tujuan visa wisata dan bukan sebagai pekerja.

Hingga berita ini dilaporkan, ke 78 orang imigran gelap itu masih dilakukan proses pengembangan oleh Polda Sumut, guna menunggu dilakukan proses deportasi ke negara masing-masing.



Editor: Sam

T#g:378ChinacybercybercrimeIlegalPtpn2
Berita Terkait
  • Rabu, 03 Jan 2018 11:03

    Mengaku Kasi Intel Kajari, Pria Ini Peras Kadis Perkim Sergai

    Danil Harahap, 35 tahun, warga Dusun 3 Desa Pematang Ganjang Kecamatan Sei Rampah, dan Wira Surya, 31 tahun, warga dusun 9 desa Pirdaus kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), harus m

  • Senin, 25 Des 2017 00:15

    Bakamla RI Amankan Kapal Pengangkut 7.320 Liter Minuman Keras

    KAL Tidore I-14-11 yang tergabung dalam Operasi Patroli rutin Bakamla RI berhasil mengamankan KMN MJ yang didapati mengangkut 305 galon minuman keras (Miras) atau setara dengan 7.000 liter di Perairan

  • Kamis, 21 Des 2017 10:01

    Bakamla RI Tinjau Hasil Operasi Penyapuan Rumpon di Perairan Seram

    Direktur Operasi Laut Bakamla RI Laksma TNI Rahmat Eko Rahardjo, S.T., M.Tr(Han) dan Kepala Zona Kamla Timur Bakamla RI Vetty Viona Salakay, S.H., M.Si. beserta jajaran Satgas 115 melaksanakan peninja

  • Senin, 18 Des 2017 22:58

    Dandim 0824: Masyarakat Agar Waspada Terhadap Penipu yang Catut Nama Saya

    Berbagai aksi penipuan akhir-akhir ini cukup marak dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, bahkan sering dengan mencatut nama pejabat untuk mengelabui mangsanya.Seperti yang terjadi kepada

  • Selasa, 05 Des 2017 20:15

    Ada Bongkar Muat Barang Di Luar Wilayah Kepabeanan, BRANTAS Demo DPRD Tanjung Balai

    Barisan Rakyat Anti Penindasan (BRANTAS) Tanjung Balai berunjukrasa di Bundaran PLN dan Gedung DPRD Jalan Yos Sudarso Kota Tanjung Balai menuntut dihentikannya kegiatan bongkar muat barang di luar dar

  • Jumat, 01 Des 2017 21:01

    Patroli Bakamla RI Amankan Kapal Dokumen Palsu

    Sebuah kapal motor ikan dengan dokumen-dokumen palsu berhasil diamankan dalam operasi patroli Bakamla RI yang digelar di wilayah Alur Laut Kepulauan Indonesia Timur (ALKI III), kemarin.Kapal bernama K

  • Rabu, 29 Nov 2017 11:19

    Mirip modus penipuan Umroh First Travel, Polres Binjai Ciduk Pasutri dari Medan

    HR dan IR, pasangan suami istri (Pasutri) yang tinggal di Kota Medan, diamankan petugas Sat Reskrim Polres Binjai karena diduga terlibat penipuan umroh."Dalam menjalankan aksinya, kedua tersangka mend

  • Selasa, 21 Nov 2017 03:51

    Registrasi SIM Card Menjamin Keamanan Digital Masyarakat

    Per 31 Oktober 2017, para pengguna kartu SIM prabayar operator seluler di Indonesia, baik pelanggan lama maupun baru diwajibkan untuk mendaftar ulang dengan memakai nomor NIK dan Kartu Keluarga. 

  • Selasa, 14 Nov 2017 20:24

    Sertifikat hak pakai tanah 300 Ha milik PTPN sudah terbit, Tengku Erry Letakkan Batu Pertama Pembangunan Kampus II USU

    Gubsu Tengku Erry Nuradi meletakkan batu pertama pembangunan Kampus II Universitas Sumatera Utara (USU) di Kwala Bekala, Kabupaten Deliserdang, Selasa (14/11/2017).

  • Selasa, 14 Nov 2017 18:14

    Dugaan penipuan, CV. Indra Sakti Dilaporkan GAIB ke Polres Kota Tanjung Balai

    Akibat merasa ditipu oleh pihak CV. Indra Sakti melalui perumahan Villa Panola Residence, Husni Syahputra beserta para Korban lainnya dengan didampingi Gabungan Aktivis Independen Bersatu (GAIB) menda

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak