Selasa, 21 Nov 2017 11:43
  • Home
  • Hukum & Keamanan
  • Polri dan Polisi Interpol Tiongkok Amankan 78 Imigran Gelap Asal Tiongkok dan Taiwan

Polri dan Polisi Interpol Tiongkok Amankan 78 Imigran Gelap Asal Tiongkok dan Taiwan

DELI SERDANG (utamanews.com)
Oleh: Joan
Rabu, 17 Mei 2017 08:27
Dibaca: 446 kali
78 imigran gelap asal Tiongkok dan Taiwan diamankan Reskrimsus Polda Sumut yang bekerja sama dengan Mabes Polri dan Interpol Tiongkok.


Para imigran gelap yang juga pelaku tindak pidana cybercrime ini diamankan dari salah satu pergudangan eks PTPN2 di Gang Sopoyono, Pasar VI, Dusun III, Desa Telagasari, Kecamatan Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang, Selasa (16/5) dinihari.

Informasi yang diterima UTAMANEWS dari lokasi penangkapan, ke 78 orang imigran gelap itu, pria berjumlah 49 orang dan wanita berjumlah 29 orang dipekerjakan di gudang milik Adul, warga Medan.

Selain WNA, turut diamankan juga seorang WNI, Wagimin 38 tahun, warga Tebing Tinggi, yang berperan sebagai supir. Ia dibawa oleh Fredy warga Jakarta.

Dari tangan para imigran, polisi menyita paspor, telepon genggam dan surat-surat penting lainnya sebagai barang bukti. 



Penggerebekan ini dipimpin langsung Dir Krimsus Polda Sumut, Kombes Pol Drs Toga Panjaitan yang didampingi Kasubdit Cyber Crime Polda Sumut, AKBP Heri Jhoni Saragih, Wadir Krimsus Polda Sumut, AKBP Roni Santana, Imigrasi Kelas I Provsu, serta aparat kepolisian dari Interpol Tiongkok sebanyak 5 orang yang dipimpin MR.Ceny.

Menurut Dir Krimsus Polda Sumut, Kombes Pol Drs Toga Panjaitan yang didampingi Kapolres Deliserdang AKBP Robert Da Costa, , para imigran gelap yang diamankan tersebut kerap melakukan penipuan sistem online.

"Yang menjadi korban para ulah imigran yang diamankan tersebut pada umumnya warga negara Tiongkok dan Taiwan yang dikategorikan Cybercrime," ujarnya.



Ditambahkan, akibat ulah para imigran gelap tersebut, puluhan warga Tiongkok dan Taiwan menjadi korban penipuan dengan kerugian sekira 1 miliar dolar perbulan.

Kegiatan yang dilakukan imigran itu sudah berlangsung sebulan lebih. Dari para Imigran itu diamankan paspor dengan tujuan visa wisata dan bukan sebagai pekerja.

Hingga berita ini dilaporkan, ke 78 orang imigran gelap itu masih dilakukan proses pengembangan oleh Polda Sumut, guna menunggu dilakukan proses deportasi ke negara masing-masing.



Editor: Sam

T#g:378ChinacybercybercrimeIlegalPtpn2
Berita Terkait
  • Selasa, 21 Nov 2017 03:51

    Registrasi SIM Card Menjamin Keamanan Digital Masyarakat

    Per 31 Oktober 2017, para pengguna kartu SIM prabayar operator seluler di Indonesia, baik pelanggan lama maupun baru diwajibkan untuk mendaftar ulang dengan memakai nomor NIK dan Kartu Keluarga. 

  • Selasa, 14 Nov 2017 20:24

    Sertifikat hak pakai tanah 300 Ha milik PTPN sudah terbit, Tengku Erry Letakkan Batu Pertama Pembangunan Kampus II USU

    Gubsu Tengku Erry Nuradi meletakkan batu pertama pembangunan Kampus II Universitas Sumatera Utara (USU) di Kwala Bekala, Kabupaten Deliserdang, Selasa (14/11/2017).

  • Selasa, 14 Nov 2017 18:14

    Dugaan penipuan, CV. Indra Sakti Dilaporkan GAIB ke Polres Kota Tanjung Balai

    Akibat merasa ditipu oleh pihak CV. Indra Sakti melalui perumahan Villa Panola Residence, Husni Syahputra beserta para Korban lainnya dengan didampingi Gabungan Aktivis Independen Bersatu (GAIB) menda

  • Rabu, 01 Nov 2017 16:01

    Koptan Mandiri Laporkan Oknum Polisi Diduga Pelaku Perambahan dalam Kawasan Hutan

    H. M. Wahyudi, SST, MKes Ketua Koperasi Tani Mandiri menuturkan adanya oknum anggota Polisi yang bertugas di wilayah Sat Polres Tanjung Balai diduga telah melakukan Perambahan dalam kawasan hutan Regi

  • Senin, 09 Okt 2017 18:59

    Bakamla RI Tangkap Kapal Ilegal Fishing di Perairan Halmahera

    Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Bakamla RI) berhasil menangkap sebuah kapal ikan bernama Triton yang diduga melakukan illegal fishing di Perairan Halmahera, beberapa hari lalu.Kapal Triton dit

  • Minggu, 24 Sep 2017 02:04

    Datangi PTPN II, Tengku Erry Bahas Lahan Eks HGU di Sumut

    Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi mendatangi kantor direksi PTPN II di Tanjung Morawa, Kab. Deli Serdang guna membahas lahan eks HGU di sejumlah daerah di Sumut, Jumat (22/9/2017).Gubernur be

  • Sabtu, 16 Sep 2017 13:46

    Bobby Dalimunthe: Jangan sebut siswa siluman

    Kisruh Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) belum menemukan solusi pasti.Rekomendasi Ombudsman RI perwakilan Sumatera Utara untuk meminta orang tua siswa PPDB no online agar memindahkan anak mereka ke

  • Senin, 28 Agu 2017 20:38

    JBMI bantu pengurusan kepulangan TKI Ilegal dari Malaysia

    Darwin Marpaung, Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Jami'yah Batak Muslim Indonesia (DPC JBMI) Kabupaten Labuhanbatu Utara, membantu pengurusan dokumen sehingga seorang warga Indonesia yang dulunya

  • Sabtu, 19 Agu 2017 08:59

    Kiki alias Siti Nuraidah Hasibuan ditetapkan sebagai tersangka kasus First Travel

    Polda Metro Jaya telah menetapkan adik bos First Travel, Kiki Hasibuan atau Siti Nuraidah Hasibuan sebagai tersangka. Siti menjadi tersangka dalam kasus dugaan penipuan dan penggelapan dana calon jamaah umrah First Travel.

  • Rabu, 16 Agu 2017 14:36

    Polri dan Kemenag Buka Posko Pengaduan Korban First Travel

    Pihak Kepolisian dan Kementerian Agama membentuk Posko Pengaduan untuk menerima laporan dari para calon jamaah umrah yang telah menjadi korban agen perjalanan First Travel.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak