Sabtu, 23 Sep 2017 07:13
  • Home
  • Hukum & Keamanan
  • Polri dan Polisi Interpol Tiongkok Amankan 78 Imigran Gelap Asal Tiongkok dan Taiwan

Polri dan Polisi Interpol Tiongkok Amankan 78 Imigran Gelap Asal Tiongkok dan Taiwan

DELI SERDANG (utamanews.com)
Oleh: Joan
Rabu, 17 Mei 2017 08:27
Dibaca: 389 kali
78 imigran gelap asal Tiongkok dan Taiwan diamankan Reskrimsus Polda Sumut yang bekerja sama dengan Mabes Polri dan Interpol Tiongkok.


Para imigran gelap yang juga pelaku tindak pidana cybercrime ini diamankan dari salah satu pergudangan eks PTPN2 di Gang Sopoyono, Pasar VI, Dusun III, Desa Telagasari, Kecamatan Tanjungmorawa, Kabupaten Deliserdang, Selasa (16/5) dinihari.

Informasi yang diterima UTAMANEWS dari lokasi penangkapan, ke 78 orang imigran gelap itu, pria berjumlah 49 orang dan wanita berjumlah 29 orang dipekerjakan di gudang milik Adul, warga Medan.

Selain WNA, turut diamankan juga seorang WNI, Wagimin 38 tahun, warga Tebing Tinggi, yang berperan sebagai supir. Ia dibawa oleh Fredy warga Jakarta.

Dari tangan para imigran, polisi menyita paspor, telepon genggam dan surat-surat penting lainnya sebagai barang bukti. 



Penggerebekan ini dipimpin langsung Dir Krimsus Polda Sumut, Kombes Pol Drs Toga Panjaitan yang didampingi Kasubdit Cyber Crime Polda Sumut, AKBP Heri Jhoni Saragih, Wadir Krimsus Polda Sumut, AKBP Roni Santana, Imigrasi Kelas I Provsu, serta aparat kepolisian dari Interpol Tiongkok sebanyak 5 orang yang dipimpin MR.Ceny.

Menurut Dir Krimsus Polda Sumut, Kombes Pol Drs Toga Panjaitan yang didampingi Kapolres Deliserdang AKBP Robert Da Costa, , para imigran gelap yang diamankan tersebut kerap melakukan penipuan sistem online.

"Yang menjadi korban para ulah imigran yang diamankan tersebut pada umumnya warga negara Tiongkok dan Taiwan yang dikategorikan Cybercrime," ujarnya.



Ditambahkan, akibat ulah para imigran gelap tersebut, puluhan warga Tiongkok dan Taiwan menjadi korban penipuan dengan kerugian sekira 1 miliar dolar perbulan.

Kegiatan yang dilakukan imigran itu sudah berlangsung sebulan lebih. Dari para Imigran itu diamankan paspor dengan tujuan visa wisata dan bukan sebagai pekerja.

Hingga berita ini dilaporkan, ke 78 orang imigran gelap itu masih dilakukan proses pengembangan oleh Polda Sumut, guna menunggu dilakukan proses deportasi ke negara masing-masing.



Editor: Sam

T#g:378ChinacybercybercrimeIlegalPtpn2
Berita Terkait
  • Sabtu, 16 Sep 2017 13:46

    Bobby Dalimunthe: Jangan sebut siswa siluman

    Kisruh Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) belum menemukan solusi pasti.Rekomendasi Ombudsman RI perwakilan Sumatera Utara untuk meminta orang tua siswa PPDB no online agar memindahkan anak mereka ke

  • Senin, 28 Agu 2017 20:38

    JBMI bantu pengurusan kepulangan TKI Ilegal dari Malaysia

    Darwin Marpaung, Sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Jami'yah Batak Muslim Indonesia (DPC JBMI) Kabupaten Labuhanbatu Utara, membantu pengurusan dokumen sehingga seorang warga Indonesia yang dulunya

  • Sabtu, 19 Agu 2017 08:59

    Kiki alias Siti Nuraidah Hasibuan ditetapkan sebagai tersangka kasus First Travel

    Polda Metro Jaya telah menetapkan adik bos First Travel, Kiki Hasibuan atau Siti Nuraidah Hasibuan sebagai tersangka. Siti menjadi tersangka dalam kasus dugaan penipuan dan penggelapan dana calon jamaah umrah First Travel.

  • Rabu, 16 Agu 2017 14:36

    Polri dan Kemenag Buka Posko Pengaduan Korban First Travel

    Pihak Kepolisian dan Kementerian Agama membentuk Posko Pengaduan untuk menerima laporan dari para calon jamaah umrah yang telah menjadi korban agen perjalanan First Travel.

  • Selasa, 15 Agu 2017 15:45

    Pers: 400 ribu perempuan China dipaksa jadi Budak Seks Jepang

    Mantan budak seks pada era penjajahan Jepang di China tinggal 14 orang setelah Huang Youliang meninggal dunia. Perempuan yang dipaksa tinggal di rumah bordil oleh pasukan Jepang tersebut meninggal dal

  • Sabtu, 12 Agu 2017 18:12

    Petugas temukan 4 ekor burung Cendrawasih Papua "tak bertuan" di Kualanamu

    Balai Karantina Pertanian Kelas II Medan menggagalkan penyelundupan empat ekor Burung Cendrawasih Kuning Besar (Paradisea Apoda) dari Surabaya, di Lini 1 Terminal Kargo Bandara Kuala Namu. Inform

  • Jumat, 11 Agu 2017 14:31

    WNA RRC Ditemukan Tewas Tergantung di Pohon Sawit

    Warga Negara Asing (WNA) asal Republik Rakyat Cina (RRC) yang bernama Song Jinbu alias M. Alwi, 33 tahun, dengan nomor Pasport : E61052210 dan nomor Visa : V6C099035, bertempat tinggal di Dusun III, D

  • Rabu, 09 Agu 2017 19:49

    Merasa Ditipu Kepala Desa, Ratusan Warga Pekubuan Mengadu ke Polisi

    SR alias Man, Kepala Desa Pekubuan, Kecamatan Tanjung Pura, Langkat diadukan ke polisi oleh warganya, Rabu (9/8/2017).

  • Selasa, 08 Agu 2017 03:58

    DPRD ajak Investor dari Hubei, China berinvestasi di Sumatera Utara

    DPRD Provinsi Sumatera Utara mengajak Investor dari Provinsi Hubei untuk berinvestasi di Sumatera Utara, hal ini dikatakan Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara Ruben Tarigan, SE ketika menerima Ku

  • Senin, 07 Agu 2017 23:57

    Semaraknya Penerbangan Perdana AirAsia Indonesia Rute Jakarta-Makau

    Hari ini, Senin (7/8/2017), AirAsia Indonesia (kode penerbangan QZ) resmi meluncurkan rute penerbangan langsung terbarunya yang menghubungkan, Jakarta, Indonesia ke Makau, sebuah Daerah Administratif Khusus dari Republik Rakyat Tiongkok.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak