Sabtu, 23 Jun 2018 05:42

Polisi berhasil amankan 4 pelaku perampokan SPBU di Humbahas

Humbahas (utamanews.com)
Oleh: Eduard S.
Sabtu, 26 Agu 2017 08:06
Dok
Mobil perampok yang ditinggal di kawasan hutan di Pakkat
Selamat Puasa Paluta

Aparat kepolisian berhasil meringkus 4 tersangka perampokan SPBU Pollung Humbahas, yakni TM (41), warga Siborong-borong, Desa Hariara Silaban, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), GS (50), warga Lingkungan IV Desa Gunung Tua Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), RS, warga Langga Payung Desa Sabungan Kecamatan Sabungan, Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel)dan SS, warga Gunung tua.
Para tersangka belum bisa dimintai keterangan karena dalam perawatan akibat luka tembak karena berusaha kabur dari kejaran polisi.

Sebelumnya, masyarakat dihebohkan dengan peristiwa perampokan bersenjata api di SPBU 14.222.354, Desa Hutapaung, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Jumat (25/8/2017) sekira pukul 03.25 WIB.

Informasi dihimpun UTAMANEWS, perampokan itu diperkirakan dilakukan sebanyak 5-6 orang pelaku dengan menggunakan senjata api (senpi) dan senjata tajam (sajam) jenis parang. Dan para pelaku mengendarai mobil Avanza warna silver dengan nomor polisi (nopol) BB 1756 NA.

Awalnya sekira pukul 03.25 WIB, seorang pelaku masuk ke kantor SPBU Pollung dan langsung menodongkan benda yang diduga senpi kepada karyawan SPBU atas nama Charles Sinaga yang sedang menghitung uang. Lalu menyuruh membangunkan seluruh karyawan yang sedang tidur yaitu sebanyak 3 orang.

Kemudian para perampok langsung mengikat tangan dan melakban mata serta mulut karyawan SPBU tersebut. Lalu keempat karyawan itu disekap di kamar mandi kantor SPBU.

Kemudian pelaku perampokan menanyakan di mana posisi brankas tempat penyimpanan uang. Selanjutnya langsung merusak pintu kantor dan merusak brankas. Pelaku langsung mengambil uang hasil penjualan minyak BBM, handphone (HP) dan dompet milik karyawan SPBU.

Sekira pukul 03.48 WIB, salah satu karyawan SPBU berhasil melepaskan ikatan dan langsung memberitahukan perampokan itu kepada Manager SPBU Pollung bernama Zubaidah boru Siboro. Dan saat itu juga Zubaidah langsung menghubungi pihak Kepolisian.

Para karyawan SPBU Pollung yang disekap yakni Charles Sinaga (27) dan Enriko Banjarnahor kehilangan HP merk Samsung. Raguel Simanjuntak (32) kehilangan HP merk Nokia dan dompet berisi uang tunai sebesar Rp 900 ribu dan Viktor Lumbangaol (19) kehilangan HP merk Asus ikut dibawa kabur perampok.

Menurut keterangan Zubaidah, bahwa para perampok mengambil uang hasil penjualan BBM dari shift I yaitu mulai pukul 08.00-16.00 WIB yang disimpan di dalam brankas lalu dibongkar pelaku. Lalu uang hasil penjualan BBM dari shift III sekira pukul 00.00-08.00 WIB dari karyawan SPBU, Charles Sinaga dan perkiraan kerugian materil lebih kurang Rp 105 juta.

Polisi yang mendapat informasi itu langsung melakukan tindakan pengejaran terhadap pelaku perampokan, cek dan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Polisi juga mengecek rekaman CCTV, memeriksa saksi-saksi dan mengamankan barang bukti.

Tidak hanya itu, Polres Humbahas juga berkoordinasi dengan Iden Lantas Polda Sumatera Utara (Poldasu) untuk mengecek pemilik kendaraan bermotor yang dipakai pelaku.

Pihak Kepolisian juga berkoordinasi dengan Kepala Desa (Kades) dan seluruh masyarakat di tempat ditemukannya mobil perampok untuk dilakukan razia.

Sementara Sat Lantas Polres Humbahas, Polsek Pakkat serta Polsek Onan Ganjang melakukan razia terhadap penumpang mobil angkutan maupun semua jenis mobil yang lewat.

Dan pada saat dilakukan razia oleh Polsek Pakkat, ternyata mobil yang ditumpangi para perampok dengan nomor BB 1756 NA memutar balik arah dan selanjutnya dilakukan pengejaran.

Anggota Polres Humbahas dan jajaran Polsek Pakkat, Polsek Onan Ganjang dan Polsek Doloksanggul Saat ini sedang melakukan pengejaran terhadap para pelaku karena sesuai dengan informasi dan perintah AKBP Nicolas Lilipaly, SIK (Kapolres Humbahas) agar seluruh jajaran melakukan razia mobil yang dicurigai sebagai perampok. 

Saat dilakukan razia oleh Polsek Pakkat, ternyata mobil yang ditumpangi oleh para perampok dengan nomor BB 1756 NA (Diduga palsu) memutar balik arah dan selanjutnya dilakukan pengejaran oleh personil Polsek Pakkat dan salah satu personil menembak mobil perampok tersebut dan mengenai bagian kap mobil tetapi tetap saja mobil perampok tidak mau berhenti. 

Mengingat kekuatan personil Polsek Pakkat yang hanya satu orang dan perampok melarikan mobilnya ke arah hutan (sekitar kawasan PLTA Sipulak Pakkat yang sepi), anggota mengurungkan niatnya dan kembali menunggu personil Polsek Pakkat lainnya. 

Namun, setelah kekuatan penuh dari Polsek dan Polres datang, ternyata para pelaku telah melarikan diri sedangkan mobilnya ditinggal di sekitar TKP di hutan tersebut. Plat nomor telah diganti oleh para pelaku dengan nomor BK 1318 YP.

Editor: Budi

T#g:humbahasSPBUrampok
Berita Terkait
  • Sabtu, 16 Jun 2018 19:56

    Anggota Polres Tapanuli Selatan Tembak Amaluddin Siregar

    Amaluddin Siregar (35) warga Desa Sialagundi, Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan, ditembak aparat kepolisian dari Satreskrim Polres Tapanuli Selatan, Jumat (15/6/2018).AS adalah tersangka pe

  • Jumat, 01 Jun 2018 16:21

    Peringatan Hari Lahir Pancasila di Humbahas

    Bupati Dosmar Banjarnahor menjadi Inspektur Upacara pada Upacara Peringatan Hari Lahirnya Pancasila, di lapangan upacara kantor Bupati Bukit inspirasi Kec. Doloksanggul Kab. Humbahas, Jumat (1/6/2018)

  • Kamis, 31 Mei 2018 12:31

    Bupati Dosmar Banjarnahor Buka Porkab Humbahas

    Bupati Dosmar Banjarnahor, SE., secara resmi membuka Pekan Olahraga (Porkab) Humbang Hasundutan (Humbahas) di Stadion Sepakbola Desa Simangaronsang Kec. Doloksanggul Kab. Humbahas, Rabu (30/5/2018).

  • Selasa, 22 Mei 2018 13:12

    Dugaan Solar Campur Air, SPBU By Pass Sirandorung beroperasi seperti biasa

    SPBU No.14.214.255, jalan Adam Malik by pass Lingkungan Al-Huda kel. Sirandorung Kec. Rantau utara Kabupaten Labuhanbatu masih tetap beroperasi seperti biasa setelah insiden dugaan BBM Bio Solar yang

  • Kamis, 17 Mei 2018 07:37

    SPBU By Pass Sirandorung, Labuhanbatu, Diduga Jual Solar Bercampur Air, Sejumlah Truk Mogok

    SPBU No. 14.214.255, yang berada di jalan baru by pass, lingkungan Al-Huda kelurahan Sirandorung, kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu di-komplain sejumlah supir truck karena BBM solar yang me

  • Senin, 09 Apr 2018 19:09

    Federasi SP Bun Lantik Pengurus SP Bun PTPN III (Persero) Periode 2018-2022

    Federasi Serikat Pekerja Perkebunan (FSP Bun) melantik kepengurusan Serikat Pekerja Perkebunan (SP Bun) tingkat perusahaan PTPN III (Persero) Periode 2018 s.d 2022, di Hotel Four Point Medan, Jumat (6/4/2018).

  • Kamis, 29 Mar 2018 06:09

    Bupati Coffee Morning Dengan Tokoh Masyarakat Humbang Hasundutan

    Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE didampingi Plt Sekda Drs Augus Panuturi Marbun dan pimpinan OPD serta para Camat mengikuti coffee morning dan ramah tamah dengan perwakilan tokoh masyarakat se-Ka

  • Selasa, 20 Mar 2018 09:00

    Bagikan Sapu, Sihar: Banyak yang Mau Dibersihkan, 2 Sapu Biar Cepat

    Ada yang menarik dari perjalanan Sihar Sitorus di pasar tradisional Onan Baru, Lintong Ni Huta Humbang Hasundutan (Humbahas), Senin (19/03), ketika dia membeli empat sapu lidi dan memberikannya kepada

  • Rabu, 14 Mar 2018 23:44

    Ketua Umum FSP Bun, Tuhu Bangun: "Selesaikan dengan Arif & Bijaksana"

    Terkait informasi adanya dualisme organisasi Serikat Pekerja di PTPN III (Persero), Federasi Serikat Pekerja Perkebunan (FSP Bun), mengunjungi Kantor PTPN III (Persero) dalam rangka verifikasi untuk m

  • Kamis, 22 Feb 2018 20:32

    Tio Handoko, Ketum SP Bun PTPN III 2018-2022

    Tio Handoko terpilih dan dikukuhkan menjadi Ketua Umum SP Bun PTPN III (Persero) pada Musyawarah Luar Biasa Serikat Pekerja Perkebunan Tingkat Perusahaan (MUSLUBSERJATIP) PTPN III (Persero) di Gedung

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak