Sabtu, 18 Agu 2018 23:50

Polisi berhasil amankan 4 pelaku perampokan SPBU di Humbahas

Humbahas (utamanews.com)
Oleh: Eduard S.
Sabtu, 26 Agu 2017 08:06
Dok
Mobil perampok yang ditinggal di kawasan hutan di Pakkat

Aparat kepolisian berhasil meringkus 4 tersangka perampokan SPBU Pollung Humbahas, yakni TM (41), warga Siborong-borong, Desa Hariara Silaban, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), GS (50), warga Lingkungan IV Desa Gunung Tua Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), RS, warga Langga Payung Desa Sabungan Kecamatan Sabungan, Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel)dan SS, warga Gunung tua.
Para tersangka belum bisa dimintai keterangan karena dalam perawatan akibat luka tembak karena berusaha kabur dari kejaran polisi.

Sebelumnya, masyarakat dihebohkan dengan peristiwa perampokan bersenjata api di SPBU 14.222.354, Desa Hutapaung, Kecamatan Pollung, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Jumat (25/8/2017) sekira pukul 03.25 WIB.

Informasi dihimpun UTAMANEWS, perampokan itu diperkirakan dilakukan sebanyak 5-6 orang pelaku dengan menggunakan senjata api (senpi) dan senjata tajam (sajam) jenis parang. Dan para pelaku mengendarai mobil Avanza warna silver dengan nomor polisi (nopol) BB 1756 NA.

Awalnya sekira pukul 03.25 WIB, seorang pelaku masuk ke kantor SPBU Pollung dan langsung menodongkan benda yang diduga senpi kepada karyawan SPBU atas nama Charles Sinaga yang sedang menghitung uang. Lalu menyuruh membangunkan seluruh karyawan yang sedang tidur yaitu sebanyak 3 orang.

Kemudian para perampok langsung mengikat tangan dan melakban mata serta mulut karyawan SPBU tersebut. Lalu keempat karyawan itu disekap di kamar mandi kantor SPBU.

Kemudian pelaku perampokan menanyakan di mana posisi brankas tempat penyimpanan uang. Selanjutnya langsung merusak pintu kantor dan merusak brankas. Pelaku langsung mengambil uang hasil penjualan minyak BBM, handphone (HP) dan dompet milik karyawan SPBU.

Sekira pukul 03.48 WIB, salah satu karyawan SPBU berhasil melepaskan ikatan dan langsung memberitahukan perampokan itu kepada Manager SPBU Pollung bernama Zubaidah boru Siboro. Dan saat itu juga Zubaidah langsung menghubungi pihak Kepolisian.

Para karyawan SPBU Pollung yang disekap yakni Charles Sinaga (27) dan Enriko Banjarnahor kehilangan HP merk Samsung. Raguel Simanjuntak (32) kehilangan HP merk Nokia dan dompet berisi uang tunai sebesar Rp 900 ribu dan Viktor Lumbangaol (19) kehilangan HP merk Asus ikut dibawa kabur perampok.

Menurut keterangan Zubaidah, bahwa para perampok mengambil uang hasil penjualan BBM dari shift I yaitu mulai pukul 08.00-16.00 WIB yang disimpan di dalam brankas lalu dibongkar pelaku. Lalu uang hasil penjualan BBM dari shift III sekira pukul 00.00-08.00 WIB dari karyawan SPBU, Charles Sinaga dan perkiraan kerugian materil lebih kurang Rp 105 juta.

Polisi yang mendapat informasi itu langsung melakukan tindakan pengejaran terhadap pelaku perampokan, cek dan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Polisi juga mengecek rekaman CCTV, memeriksa saksi-saksi dan mengamankan barang bukti.

Tidak hanya itu, Polres Humbahas juga berkoordinasi dengan Iden Lantas Polda Sumatera Utara (Poldasu) untuk mengecek pemilik kendaraan bermotor yang dipakai pelaku.

Pihak Kepolisian juga berkoordinasi dengan Kepala Desa (Kades) dan seluruh masyarakat di tempat ditemukannya mobil perampok untuk dilakukan razia.

Sementara Sat Lantas Polres Humbahas, Polsek Pakkat serta Polsek Onan Ganjang melakukan razia terhadap penumpang mobil angkutan maupun semua jenis mobil yang lewat.

Dan pada saat dilakukan razia oleh Polsek Pakkat, ternyata mobil yang ditumpangi para perampok dengan nomor BB 1756 NA memutar balik arah dan selanjutnya dilakukan pengejaran.

Anggota Polres Humbahas dan jajaran Polsek Pakkat, Polsek Onan Ganjang dan Polsek Doloksanggul Saat ini sedang melakukan pengejaran terhadap para pelaku karena sesuai dengan informasi dan perintah AKBP Nicolas Lilipaly, SIK (Kapolres Humbahas) agar seluruh jajaran melakukan razia mobil yang dicurigai sebagai perampok. 

Saat dilakukan razia oleh Polsek Pakkat, ternyata mobil yang ditumpangi oleh para perampok dengan nomor BB 1756 NA (Diduga palsu) memutar balik arah dan selanjutnya dilakukan pengejaran oleh personil Polsek Pakkat dan salah satu personil menembak mobil perampok tersebut dan mengenai bagian kap mobil tetapi tetap saja mobil perampok tidak mau berhenti. 

Mengingat kekuatan personil Polsek Pakkat yang hanya satu orang dan perampok melarikan mobilnya ke arah hutan (sekitar kawasan PLTA Sipulak Pakkat yang sepi), anggota mengurungkan niatnya dan kembali menunggu personil Polsek Pakkat lainnya. 

Namun, setelah kekuatan penuh dari Polsek dan Polres datang, ternyata para pelaku telah melarikan diri sedangkan mobilnya ditinggal di sekitar TKP di hutan tersebut. Plat nomor telah diganti oleh para pelaku dengan nomor BK 1318 YP.

Editor: Budi

T#g:humbahasSPBUrampok
Berita Terkait
  • Minggu, 29 Jul 2018 15:29

    Perayaan HUT Kabupaten Humbahas ke-15 di Markas Sisingamangaraja XII di Parlilitan

    Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Pemkab Humbahas) menggelar perayaan HUT ke-15 di markas Sisingamangaraja XII 1885-1907 Pearaja, di Desa Sion Sibulbulon Kec. Parlilitan, Sabtu (28/7/2018).HUT

  • Selasa, 24 Jul 2018 18:54

    Lomba Masak Serba Ikan TP PKK Doloksanggul Juara I

    Dalam rangka memeriahkan dan menyemarakkan HUT ke-15 Kabupaten Humbang Hasundutan, Dinas Peternakan dan Perikanan bekerjasama dengan TP PKK menggelar lomba masak serba ikan bertempat di Aula Huta Mas Doloksanggul, Selasa (24/7).

  • Selasa, 24 Jul 2018 16:24

    Bupati Humbahas "Martandang" ke Rumah Mantan Bupati Drs Maddin Sihombing

    Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE bersama Plt Asisten Pemerintahan Makden Sihombing MM, Asisten Administrasi Umum dan Kesra Drs Janter Sinaga, Kabag Protokol Sabar Lampos Purba ST dan Ketua TP PKK

  • Selasa, 24 Jul 2018 05:24

    Marching Band Semarakkan HUT Humbang Hasundutan

    Pawai marching band dalam rangka menyambut HUT ke-15 Kabupaten Humbang Hasundutan yang digelar di kota Doloksanggul, Senin (23/7), cukup semarak, bahkan suatu hiburan bagi masyarakat.  Peserta ma

  • Minggu, 22 Jul 2018 01:22

    2 Excavator Pindad Tiba Di Humbahas

    Dua (2) unit lagi excavator merek Pindad bantuan pemerintah pusat tiba di Kabupaten Humbang Hasundutan, Kamis (19/7). Alat berat ini dipersembahkan hanya untuk masyarakat Humbang Hasundutan untuk mengolah lahan pertanian.

  • Sabtu, 14 Jul 2018 17:15

    Rembug Tani Pertemukan Komponen Masyarakat di Humbang Hasundutan

    Pemkab Humbahas mengadakan rembug tani di perladangan milik Deka Silaban ST di Desa Siponjot Kecamatan Lintongnihuta Kabupaten Humbang Hasundutan, Jumat (13/7). Acara rembug tani ini bisa mempertemuka

  • Rabu, 11 Jul 2018 13:31

    Upacara HUT Bhayangkara ke-72 di Polres Humbahas

    Kapolres Humbahas AKBP Dr Mhd R. Dayan SH MH., memimpin Upacara HUT Bhayangkara ke-72 di Mapolres Humbahas jalan Siborongborong-Dolok Sanggul Km 12, Rabu pagi (11/7/2018). Upacara dihadiri juga o

  • Selasa, 10 Jul 2018 10:30

    Yayasan Surya Institut Latih Guru Matematika Humbang Hasundutan

    Prof Yohanes Surya Ph.D dan Dian Rahmi dari Yayasan Pendidikan Surya Institut di Jakarta berada di Humbang Hasundutan untuk melatih para guru-guru khususnya guru bidang studi matematika dengan materi

  • Minggu, 08 Jul 2018 08:08

    HUT ke-15 Humbang Hasundutan Dirayakan di Markas Sisingamangaraja Parlilitan

    HUT ke-15 Kabupaten Humbang Hasundutan akan dirayakan di kompleks Markas Sisingamangaraja, tepatnya di Desa Sionom Hudon Kecamatan Parlilitan.

  • Sabtu, 16 Jun 2018 19:56

    Anggota Polres Tapanuli Selatan Tembak Amaluddin Siregar

    Amaluddin Siregar (35) warga Desa Sialagundi, Kecamatan Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan, ditembak aparat kepolisian dari Satreskrim Polres Tapanuli Selatan, Jumat (15/6/2018).AS adalah tersangka pe

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak