Rabu, 17 Okt 2018 00:43
HUT Pemkab Labuhanbatu

Penegak Hukum Diminta Periksa Kadis PU Palas

Palas (utamanews.com)
Oleh: Sofyan Siregar
Selasa, 21 Nov 2017 06:31
Dok
Hasil pengerjaan peningkatan jalan yang disebut-sebut milik oknum anggota Banggar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palas dari Partai Kebangkitan Bangsa bernilai 6,1 milyar Rupiah lebih.

Penegak Hukum di Sumatera Utara diminta memeriksa Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Padang Lawas, pasalnya pejabat itu membenarkan sejumlah pembagunan proyek peningkatan jalan yang pengerjaannya diduga amburadul.

Hal ini diungkapkan, salah satu tokoh pemekaran Padang Lawas Bonardon Nasution, di Sibuhuan, Minggu (19/11/2017).

Katanya, sudah selayaknya Kadis Pekerjaan Umum Palas diperiksa penegak hukum, lantaran diduga membiarkan sejumlah proyek yang pengerjaannya asal jadi saja.

Tidak hanya itu, kata Bonardon Nasution, sebelum menjabat Kadis di Dinas Pekerjaan Umum Harry Rizal Hasibuan sebelumnya  menjabat sebagai sekretaris Badan Perencanaan Pembagunan Daerah, dan juga selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam pembuatan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Palas.

Diketahui hasil pembuatan draf  RPJPD yang akan dibahas di DPRD Palas sepenuhnya berupa copy paste dari Propinsi Bali. Dimana salah satu isi draf RPJPD di Bab Visi Misi pembangunan daerah sangat bertolak belakang dengan situasi dan keadaan masyarakat Palas yang islami. Dimana terdapat kalimat Padang Lawas Dwipa jaya berlandaskan Tri Hita Karana, ..... dst.

Sekarang ini Harry Rizal dipercayakan memimpin Dinas Pekerjaan Umum Palas, yang juga terkesan membenarkan pekerjaan peningkatan jalan yang pengerjaannya di nilai amburadul.

Di antaranya, pegerjaan paket proyek yang disebut sebut milik oknum anggota banggar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palas dari Partai Kebangkitan Bagsa berinisial HFAN bernilai 6,1 milyar Rupiah lebih.

Terkait pengerjaan peningkatan jalan tersebut, Kadis PU membenarkan pengerjaan pengerasan lapisan bawah menggunakan batu bulat atau batu sungai yang dihampar.

Sebelum memaparkan perkerasan peningkatan jalan menggunakan batu bulat/batu sungai, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Padang Lawas Harry Rizal Hasibuan menjelaskan dan menggambarkan pemasangan pengerasan dengan menggunakan konstruksi perkerasan dengantelford.  

Namun kenyataannya di lapangan pengerasan peningkatan jalan Sp Batang Bulu-Simarulak Tanjung baringin menggunakan batu bulat atau batu sungai yang dihampar lalu dipadatkan/digilas.

Kata Kadis Pekerjaan Umum, beberapa waktu lalu mengatakan, penggerasan lapisan bawah menggunakan batu bulat/ batu sungai lebih kuat, lebih bagus dan lebih tahan, dan pengerjaan pengersan jalan memang sudah seperti itu dari dulu.

"Sementara yang diketahui perkerasan lapisan bawah menggunakan Konstruksi Telford yaitu susunan batu pecah berukuran besar (10/15 dan 15/20) disusun berdiri dengan batu pecah yang lebih kecil mengisi rongga diatasnya sehingga rata, kemudian dipadatkan/digilas, bukan batu bulat/batu sungai seperti yang dikatakan Kadis PU.

Dan Pada tahap pemadatan dan penghotmixkan juga diduga asal jadi saja hal ini dapat dilihat dari hasil pengerjaan dilokasi, pekerjaan tersebut selesai pada Sabtu (4/112017).

Selanjutnya pengerjaan peningkatan jalan kampung saroha-pejuang 45 bernilai Rp. 3,5 milyar lebih dengan ukuran 4 X 1350 M, yang disebut-sebut paket proyek Sekretaris Partai Golkar Palas, dimana pengerjaanya hanya berupa penghamparan base, pemadatan sampai dengan penghotmixkan, dan pengerjaannya juga diduga asal jadi saja, dan menghabiskan anggaran Rp. 3,5 Milyar lebih.

Wakil Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Palas, Zainal A. Hasibuan SPd menghimbau dan meminta kepada Badan Pemeriksa Keuagan (BPK)-RI untuk memeriksa seluruh pekerjaan peningkatan jalan Tahun anggaran 2016 dan 2017 mendatang.

Senada dengan Bonardon Nasution, Zainal juga meminta kepada penegak hukum untuk dapat kiranya memeriksa kadis PU, karena diduga Kadis PU Palas kongkolikang dengan pihak kontraktor untuk memperkaya diri sendiri maupun kelompok, tanpa memperhatikan kualitas pembangunan.

Editor: Budi

T#g:KorupsiPalas
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Selasa, 16 Okt 2018 19:16

    KPU Palas Berharap Siswa Tidak Golput

    Seribuan siswa SMAN I Barumun mengikuti sosialisasi yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas, Selasa, (16/10).Ketua KPU Palas Amran Pulungan (Ampul) mengatakan, tujuan dari sosi

  • Senin, 15 Okt 2018 13:15

    Musim Penghujan, BPBD Palas Imbau Warga Waspadai Ancaman Banjir

    Memasuki musim penghujan yang sudah berjalan selama sebulan terakhir ini, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padang Lawas (Palas) imbau warga masyarakat di daerah ini agar wasp

  • Kamis, 11 Okt 2018 20:01

    Tim Penilai Pemprovsu Turun ke Sosa, Wabup Palas: Sosa Dapat Menjadi Potret Terbaik se-Sumut

    Pemerintah Kecamatan Sosa di Kabupaten Padang Lawas (Palas) diharapkan dapat menjadi potret salah satu kecamatan terbaik di Provinsi Sumatera Utara (Sumut), mewakili Kabupaten Palas.Demikian disampaik

  • Selasa, 09 Okt 2018 09:39

    Pemkab Palas Diminta Tutup Indomaret Tak Miliki Ijin

    Hentikan aktivitas jual beli di swalayan Indomaret yang tidak memiliki ijin khususnya di Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun, Kabupaten Padang Lawas, dan umumnya di Palas. Hal ini diungkapkan,

  • Jumat, 05 Okt 2018 08:05

    Bertahun Tak Miliki Ijin Usaha, Indomaret di Palas Tetap beroperasi

    Lima swalayan berlebel Indomaret di Kelurahan Pasar Sibuhuan, Kecamatan Barumun Kabupaten Padang Lawas, tiga diantaranya belum memiliki ijin usaha toko swalayan.Hal ini terungkap saat salahsatu Badan

  • Selasa, 02 Okt 2018 14:12

    Bobby Nasution Hadiri MPKMB di Kampus IPB PSDKU Palas

    Bobby Nasution, menantu Presiden RI Joko Widodo terlihat hadir pada pada kegiatan Masa Perkenalan Kampus Mahasiswa Baru (MPKMB) dan peresmian laboratorium lapangan di lokasi Kampus Institut Pertanian

  • Minggu, 30 Sep 2018 19:10

    Laga Perdana, Poslab Junior Kalahkan Mandailing Raya 6-1

    Kompetisi Piala Suratin U-17 wilayah IV Group F, di Laga Perdana, Poslab U-17 libas Mandailing Raya Labuhanbatu.Pertandingan sepak bola ini berlangsung pada Sabtu (29/9/2018) sore, di Lapangan Stadion

  • Sabtu, 29 Sep 2018 18:19

    LSM Pelopor Desak Inspektorat Labuhanbatu Percepat Pemeriksaan Dugaan Korupsi Dinkes Rp 33.336 M

    Diminta kepada Inspektorat Pemkab Labuhanbatu sebagai Badan Pengawasan, supaya segera secepatnya melakukan pemeriksaan terkait pelimpahan Kejaksaan Negeri Labuhanbatu tentang kasus laporan dugaan peny

  • Selasa, 25 Sep 2018 08:35

    Diduga Korupsi ADD TA 2018, Kepala Dusun dan Guru Mengaji Adukan Kepala Desa di Labuhanbatu

    Kepala Desa Negeri Lama Seberang Kecamatan Bilah Hilir Kabupaten Labuhanbatu, Ahmad Ahyar, 50 tahun, akan dilaporkan oleh Kepala Dusun Sei Bunga Desa Negeri Lama Seberang, Abdul Rahman Nst, 53 tahun,

  • Sabtu, 22 Sep 2018 15:02

    Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Sosialisasi POM di Trans Pir, Palas

    Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Dr Saleh Partaonan Daulay MAg MHum MA, kembali turun ke Padang Lawas. Kali ini tempat yang dikunjungi Desa Ujung Batu 4 (Empat) dan Trans Pir unit 3 Kecamatan Hutaraja Ti

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak