Jumat, 20 Jul 2018 08:13

Penegak Hukum Diminta Periksa Kadis PU Palas

Palas (utamanews.com)
Oleh: Sofyan Siregar
Selasa, 21 Nov 2017 06:31
Dok
Hasil pengerjaan peningkatan jalan yang disebut-sebut milik oknum anggota Banggar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palas dari Partai Kebangkitan Bangsa bernilai 6,1 milyar Rupiah lebih.

Penegak Hukum di Sumatera Utara diminta memeriksa Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Padang Lawas, pasalnya pejabat itu membenarkan sejumlah pembagunan proyek peningkatan jalan yang pengerjaannya diduga amburadul.

Hal ini diungkapkan, salah satu tokoh pemekaran Padang Lawas Bonardon Nasution, di Sibuhuan, Minggu (19/11/2017).

Katanya, sudah selayaknya Kadis Pekerjaan Umum Palas diperiksa penegak hukum, lantaran diduga membiarkan sejumlah proyek yang pengerjaannya asal jadi saja.

Tidak hanya itu, kata Bonardon Nasution, sebelum menjabat Kadis di Dinas Pekerjaan Umum Harry Rizal Hasibuan sebelumnya  menjabat sebagai sekretaris Badan Perencanaan Pembagunan Daerah, dan juga selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dalam pembuatan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Palas.

Diketahui hasil pembuatan draf  RPJPD yang akan dibahas di DPRD Palas sepenuhnya berupa copy paste dari Propinsi Bali. Dimana salah satu isi draf RPJPD di Bab Visi Misi pembangunan daerah sangat bertolak belakang dengan situasi dan keadaan masyarakat Palas yang islami. Dimana terdapat kalimat Padang Lawas Dwipa jaya berlandaskan Tri Hita Karana, ..... dst.

Sekarang ini Harry Rizal dipercayakan memimpin Dinas Pekerjaan Umum Palas, yang juga terkesan membenarkan pekerjaan peningkatan jalan yang pengerjaannya di nilai amburadul.

Di antaranya, pegerjaan paket proyek yang disebut sebut milik oknum anggota banggar Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Palas dari Partai Kebangkitan Bagsa berinisial HFAN bernilai 6,1 milyar Rupiah lebih.

Terkait pengerjaan peningkatan jalan tersebut, Kadis PU membenarkan pengerjaan pengerasan lapisan bawah menggunakan batu bulat atau batu sungai yang dihampar.

Sebelum memaparkan perkerasan peningkatan jalan menggunakan batu bulat/batu sungai, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Padang Lawas Harry Rizal Hasibuan menjelaskan dan menggambarkan pemasangan pengerasan dengan menggunakan konstruksi perkerasan dengantelford.  

Namun kenyataannya di lapangan pengerasan peningkatan jalan Sp Batang Bulu-Simarulak Tanjung baringin menggunakan batu bulat atau batu sungai yang dihampar lalu dipadatkan/digilas.

Kata Kadis Pekerjaan Umum, beberapa waktu lalu mengatakan, penggerasan lapisan bawah menggunakan batu bulat/ batu sungai lebih kuat, lebih bagus dan lebih tahan, dan pengerjaan pengersan jalan memang sudah seperti itu dari dulu.

"Sementara yang diketahui perkerasan lapisan bawah menggunakan Konstruksi Telford yaitu susunan batu pecah berukuran besar (10/15 dan 15/20) disusun berdiri dengan batu pecah yang lebih kecil mengisi rongga diatasnya sehingga rata, kemudian dipadatkan/digilas, bukan batu bulat/batu sungai seperti yang dikatakan Kadis PU.

Dan Pada tahap pemadatan dan penghotmixkan juga diduga asal jadi saja hal ini dapat dilihat dari hasil pengerjaan dilokasi, pekerjaan tersebut selesai pada Sabtu (4/112017).

Selanjutnya pengerjaan peningkatan jalan kampung saroha-pejuang 45 bernilai Rp. 3,5 milyar lebih dengan ukuran 4 X 1350 M, yang disebut-sebut paket proyek Sekretaris Partai Golkar Palas, dimana pengerjaanya hanya berupa penghamparan base, pemadatan sampai dengan penghotmixkan, dan pengerjaannya juga diduga asal jadi saja, dan menghabiskan anggaran Rp. 3,5 Milyar lebih.

Wakil Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Palas, Zainal A. Hasibuan SPd menghimbau dan meminta kepada Badan Pemeriksa Keuagan (BPK)-RI untuk memeriksa seluruh pekerjaan peningkatan jalan Tahun anggaran 2016 dan 2017 mendatang.

Senada dengan Bonardon Nasution, Zainal juga meminta kepada penegak hukum untuk dapat kiranya memeriksa kadis PU, karena diduga Kadis PU Palas kongkolikang dengan pihak kontraktor untuk memperkaya diri sendiri maupun kelompok, tanpa memperhatikan kualitas pembangunan.

Editor: Budi

T#g:KorupsiPalas
Berita Terkait
  • Rabu, 18 Jul 2018 18:48

    Puncak HUT Ke-11 Palas, Bupati Ajak Masyarakat Wujudkan Perubahan

    Sedikitnya tiga ribuan masyarakat dari berbagai daerah di Kabupaten Padang Lawas (Palas), tumpah memadati Lapangan Merdeka di Sibuhuan, menghadiri puncak acara HUT Ke-11 Pemkab Palas, dengan sajian ac

  • Selasa, 17 Jul 2018 09:57

    Refleksi HUT Ke-11 Pemkab Palas, Warga Desak Pemerintah Perbaiki Infrastruktur Jalan

    Pemerintah Kabupaten Padang Lawas (Pemkab Palas) genap berusia 11 tahun pada tanggal 17 Juli 2018, setelah resmi dimekarkan dari Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) pada 17 Juli 2007 silam. Namun

  • Kamis, 12 Jul 2018 18:42

    Saleh Partaonan Sosialisasi Pelayanan Kesehatan Tradisional

    Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Dr Saleh Partaonan Daulay MAg MHum MA menggelar kegiatan Sosialisasi Pelayanan Kesehatan Tradisional dengan Mitra Kerja di Desa Ujung Batu IV Kecamatan Hutaraja Tinggi Ka

  • Selasa, 10 Jul 2018 10:10

    Dugaan Korupsi Di Dinas PU Tanjungbalai, GARANSI Desak Kejatisu Tangkap Mulkan

    Seratusan massa yang tergabung dalam Gerakan Rakyat Anti Diskriminasi (Garansi) kembali berunjukrasa mendatangi kantor Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara, di jalan A. H Nasution Medan, Senin (9/7/2018).

  • Kamis, 05 Jul 2018 18:25

    RMI NU Diharapkan Jadi Alat Konsolidasi Ponpes NU di Palas

    Keberadaan Rhabithah Ma'ahadi Islamiyah Nadhatul Ulama (RMI NU) atau istilahnya persatuan Pondok Pesantren (Ponpes) berbasis NU di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) diharapkan dapat menjadi s

  • Rabu, 04 Jul 2018 14:54

    KPU Palas Rapat Pleno Hasil Pilkada Serentak

    Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Lawas (KPU Palas) menggelar rapat pleno rekapitulasi perolehan suara Pilkada serentak tahun 2018, pada pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumut, serta pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Palas.

  • Senin, 02 Jul 2018 22:42

    Dugaan Korupsi di Tanjungbalai, GARANSI rencana Demo dan Laporkan Mulkan ke Kejatisu

    Maraknya dugaan korupsi di kota kerang, Tanjungbalai, Sumatera Utara mendapat perhatian serius dari kalangan penggiat anti korupsi aktivis mahasiswa Sumatea Utara, dalam hal ini Gerakan Rakyat Anti Di

  • Kamis, 28 Jun 2018 12:08

    Hasil Sementara Pilkada Palas, Paslon 2 Raih 10.142 Suara di Sosa

    Berdasarkan hasil perhitungan cepat sementara atau quickcount, pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas (Palas) nomor urut 2, H. Ali Sutan Harahap dan H. Ahmad Zarnawi Pasaribu di

  • Rabu, 27 Jun 2018 15:17

    Proses Pemungutan Suara di Sosa Aman dan Lancar

    Proses kegiatan pemungutan suara dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumut dan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas (Palas) di beberapa kecamatan di daerah ini ter

  • Selasa, 26 Jun 2018 18:46

    Pilkada Serentak di Hari Rabu, Pasar Tradisional Sepi Pembeli

    Pelaksanaan Pilkada serentak pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumut dan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Padang Lawas (Palas) tahun 2018, yang dilaksanakan pada Hari Rabu tang

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak