Jumat, 21 Sep 2018 08:17

OTK Bubarkan Unjuk Rasa Anti Korupsi Di Depan Kantor Kejaksaan Balige

Tobasa (utamanews.com)
Oleh: Sam
Sabtu, 10 Mar 2018 06:10
Dok IWO
Sejumlah OTK saat membubarkan paksa aksi unjuk rasa anti korupsi di depan Kantor Kejari Tobasa, Jumat (9/3).
"Ganyang Koruptor dari Tobasa, Tuntaskan Kasus PKK, Copot Kajari Tobasa"

Demikian spanduk yang dibawa massa dari Forum Pemuda Toba saat berunjuk rasa di depan kantor Kejaksaan Negeri Toba Samosir, Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Jumat (9/3) siang. 

Namun tidak berapa lama, sekelompok orang tak dikenal membubarkan paksa aksi damai penyampaian tuntutan penuntasan penanganan kasus dugaan korupsi tersebut.

Sahat Gurning yang merupakan pimpinan aksi menyampaikan orasinya, menuntut penuntasan kasus dugaan korupsi, dan menyebut bahwa belasan massa Forum Pemuda Toba yang menggelar aksi ini sebagai refleksi 19 tahun usia Toba Samosir, yang berulang tahun tepat pada 9 Maret.

Aksi damai yang dikawal puluhan personil Polri ini awalnya berjalan lancar dan damai dengan membawa spanduk, poster berisi tuntutan mereka unntuk penuntasan kasus dugaan korupsi yang ditangani oleh Kejaksaan Negeri Tobasa, yang hingga saat ini, dinilai tidak ada penuntasannya. "Termasuk kasus dugaan korupsi Perjalanan Dinas PKK ke Lombok, dan kasus dugaan korupsi pengadaan Bibit Durian di Dinas Pertanian Toba Samosir," ujarnya.

Setelah menyampaikan orasinya, massa lalu menggelar prosesi tiup lilin sebagai simbol perayaan ulang tahun Toba Samosir ke-19, saat prosesi itulah sekelompok orang lalu mendekat ke barisan massa, mereka lalu menghalangi aksi melakukan prosesi tiup lilin. Mereka bahkan membubarkan secara paksa massa. Mereka mengaku tidak layak melakukan perayaan ulang tahun dengan cara peniupan lilin tersebut.

"Jangan ada acara perayaan ulang tahun di sini, tadi sudah kami izinkan orasi, sekarang mau tiup lilin. Bubar....! Bubar!! Balige ini kampung saya," ujar salah seorang pria berbadan kurus.

Massa yang tidak mau terpancing akhirnya memilih membubarkan diri dengan damai, untuk menjaga kericuhan yang terus dipancing oleh sekelompok orang yang mengaku masyarakat setempat.

Upaya pembubaran ini dinilai sangat janggal, karena yang dituntut para massa adalah penuntasan kasus korupsi, apalagi penolakan tersebut datang dari eleman masyarakat. 

Meski mendapat tekanan dari sekelompok orang, namun Sahat mengaku jika aksi penolakan korupsi tersebut masih akan terus berlanjut. 

"Upaya penghentian kampanye anti korupsi ini sebelumnya sudah terjadi kepada salah seorang Presidium Forum Pemuda Toba, Rudi Napitupulu, dirinya dipukuli oleh seorang preman di rumahnya sehari sebelum aksi damai itu digelar. Bahkan penganiayaan itu disaksikan langsung oleh anak istrinya. Meski banyak intervensi dan upaya-upaya memecah belah kami, kami akan terus maju menyuarakan anti korupsi di Toba Samosir, kami tidak ingin uang rakyat digerogoti oleh para koruptor di Tobasa," tukas Sahat.
Editor: Erickson

T#g:Sahat GurningTobasa
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Sabtu, 17 Feb 2018 15:17

    Partai NasDem Targetkan Menang Pemilu 2019 di Tobasa

    Setelah mencapai posisi tiga besar di Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) pada Pemilu 2014 lalu, NasDem kini menargetkan untuk menjadi juara pada Pemilu 2019.Hal tersebut mengemuka dalam Rapat Koordinasi

  • Minggu, 11 Feb 2018 20:01

    Djarot: Pilkada Ini Jangan Dibawa Marah-marah

    Suasana jadi penuh gelak tawa kala Bakal Calon Gubernur Sumatera Utara Djarot Saiful Hidayat menyampaikan pidatonya di acara Paborhaton oleh Punguan Pomparan Raja Nairasaon (PPRN) di Nairasaon Desa Si

  • Minggu, 04 Feb 2018 17:14

    Warga Balige Tantang Sihar Sitorus

    Jelang penetapan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut), masing-masing bakal pasangan calon (Bapaslon) terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Masing-masing Bapaslon bersosial

  • Rabu, 11 Okt 2017 04:01

    PAW Anggota DPRD Tobasa, DPN PKPI Tunjuk Liston Hutajulu gantikan Usden Sianipar

    Dewan Pimpinan Nasional Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (DPN PKPI) resmi mengeluarkan surat persetujuan Pergantian Antar Waktu (PAW) Usden Sianipar ST, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (

  • Minggu, 17 Sep 2017 10:57

    Peace Is Possible Indonesia 2017 JCI di Balige Meriah

    Kegiatan Jalan Santai bersama yang dilakukan panitia Peace is Possible Indonesia 2017 JCI berlangsung meriah dan mendapat sambutan positif yang ribuan masyarakat yang mengikuti kegiatan tersebut di Ba

  • Sabtu, 22 Apr 2017 09:28

    Hakim Putuskan Sahat Gurning Tidak Terbukti Menghina Lambang Negara

    Ketua Majelis Hakim di Pengadilan Negeri Tobasa, Azhary Ginting, memutus bebas Sahat S Gurning, 27 tahun, warga Jalan Sigura-gura, Parmaksian, Toba Samosir, terdakwa kasus dugaan penghinaan dan pelecehan ambang negara, Jumat (21/4/2017) sore.

  • Rabu, 15 Feb 2017 18:00

    Sahat Gurning: Pancasila adalah pemersatu bangsa Indonesia

    Pancasila sebagai dasar Negara memiliki fungsi sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia, Jiwa Bangsa Indonesia, Kepribadian Bangsa Indonesia, Perjanjian luhur, Sumber dari segala sumber tertib hukum,

  • Selasa, 06 Des 2016 13:54

    11 Terduga Teroris di Tapanuli Punya Surat Keterangan Kerja dari Lampung

    Aparat Kepolisian dari Polsek Siborong-borong, Polda Sumatera Utara mengamankan 11 warga asal provinsi Lampung karena diduga warga melakukan aktivitas terorisme. Namun, mereka mengantongi surat ketera

  • Rabu, 05 Okt 2016 08:20

    Jembatan Siruar ditabrak Kapal Keruk Asahan Prima II milik PT. Inalum

    Jembatan Siruar yang menghubungkan Dusun I, II dan III Desa Siruar Kecamatan Parmaksian Kabupaten Toba Samosir hampir putus akibat tiang jembatan ditabrak oleh Kapal Keruk KM Asahan Prima II milik PT.

  • Sabtu, 13 Agu 2016 08:21

    Poldasu diminta rekonstruksi pembunuhan Andy Pangaribuan

    Puluhan massa dari Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Sumut melakukan aksi unjuk rasa di depan Mapolda Sumut, Jumat pagi (12/8). Aksi ini dilakukan untuk menekan Polda Sumut agar menghukum pelaku pembu

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak