Rabu, 19 Sep 2018 03:25

Ganti Rugi Survey Seismik Tak Kelar

Nelayan Langkat Marah-marah di DPRD

Stabat (utamanews.com)
Oleh: Amin Nur
Selasa, 15 Agu 2017 17:45
Dok
Nelayan korban seismik Elnusa di DPRD Langkat

Sejumlah nelayan tambak udang dan kepiting di Kabupaten Langkat, marah marah di kantor DPRD Kabupaten Langkat. Hal itu di karenakan mereka tak kunjung menerima ganti rugi akibat kegiatan Survey Seismik.

Mereka menilai, Dinas Perikanan dan Kelautan Langkat, tidak becus menangani ganti rugi tersebut.

Kemarahan para nelayan tambak udang dan kepiting ini spontan terjadi di gedung DPRD Langkat, karena mereka menganggap tambak mereka rusak akibat kegiatan peledakan untuk Survey Seismik yang di lakukan pada bulan Desember 2015.

PT Elnusa, selaku pekerja proyek Survey Seismik, sebenarnya sudah melakukan ganti rugi kepada para nelayan tambak udang dan kepiting yang menjadi korban, namun berdasarkan laporan kerusakan dan harga komoditas dari Dinas Perikanan dan Kelautan setempat.

Ironisnya, sebagian nelayan lainnya, hingga kini belum menerima ganti rugi, karena nilai ganti rugi udang dan kepiting yang di nilai jauh dari harga pasaran.

"Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Langkat tidak mengerti menakar harga udang dan kepiting," ungkap Ibnu Abbas", yang merupakan salah seorang pendemo, saat dikonfirmasi, Selasa (15/8/2017).

Dirinya juga mengakui, akibat dari Survey Seismik itu, ia merugi Seratus Ribu ekor udang jenis Tiger yang sudah berusia empat bulan, mati akibat kegiatan tersebut.

"Di pasaran, harga udang Tiger mencapai 130 ribu per kilonya, atau Rp7500 per ekornya. Namun Dinas Perikanan dan kelautan Langkat hanya bersedia mengganti rugi 32 ribu ekor dari 100 ribu ekor udang milik saya, itupun dengan harga 20 juta saja," bebernya.

Aksi marah marah nelayan tambak udang ini baru mereda setelah anggota DPRD Langkat memanggil Dinas Perikanan dan Kelautan, serta pihak PT Elnusa dan para nelayan, untuk berdialog ruang komisi D DPRD Langkat.

Dalam dialog tersebut, Dinas Perikanan dan Kelautan Langkat, berjanji akan melakukan Survey Ulang terhadap kerugian para nelayan tambak tersebut.

Dalam hal ini, para nelayan menyatakan akan kembali lagi ke Gedung DPRD Langkat, jika ganti rugi mereka belum diterima. 

Editor: Sam

T#g:bomElnusaganti rugiNelayan
iklan kaos garuda
Berita Terkait
  • Rabu, 12 Sep 2018 17:32

    Plt Bupati Buka Sarasehan KTNA, Tani dan Nelayan Adalah Mitra Pemerintah

    Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) adalah mitra pemerintah untuk mewujudkan cita-cita bersama yaitu "Satu tekad bersama rakyat menuju sejahtera 2020, Labuhanbatu semakin hebat dan berdaya 2025", demik

  • Selasa, 14 Agu 2018 20:14

    Bupati Langkat Mediasi Persoalan PLN-Masyarakat Gebang

    Bupati Langkat diwakili Drs. H. Abdul Karim, M.AP., Asisisten I Pemkab Langkat, memimpin mediasi permasalahan perlintasan pergantian konduktor listrik tegangan tinggi antara masyarakat desa Pasiran Ke

  • Kamis, 12 Jul 2018 09:22

    Polisi pastikan ledakan di Kebayoran Baru bukan bom

    Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Indra Jafar menyatakan bahwa ledakan di rumah toko Grand Wijaya II, Kebayoran Baru, disebabkan kebocoran tabung gas 12 Kilogram, bukan bom.

  • Minggu, 27 Mei 2018 22:27

    Penumpang Sebut "Ada Bom", Lion Air JT280 Rute Cengkareng-Kuala Lumpur Delay 3 Jam

    Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group memberikan keterangan resmi bahwa penerbangan bernomor JT280 rute Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang (CGK) menuju

  • Rabu, 23 Mei 2018 01:23

    Diundang Warga Bagan Deli, Sihar Sedih Lihat Kondisi Warga yang Merasa Terpinggirkan

    Cawagub Sumatera Utara Sihar Sitorus sedih melihat kondisi warga Bagan Deli Kelurahan  Bagan Deli Kecamatan Medan Belawan Kota Medan.Menghilangkan stigma masyarakat yang merasa terpinggirkan menj

  • Rabu, 16 Mei 2018 18:56

    Mengaku bercanda bawa bom, penumpang Lion Air JT 291 "diproses"

    Lion Air memberikan keterangan dan klarifikasi terkait terganggunya penerbangan Lion Air JT 291, Pekanbaru-Jakarta, hari ini, Rabu (16/5/2018), dikarenakan ada gurauan bom (bomb joke) dari seorang pen

  • Selasa, 15 Mei 2018 09:15

    Teror, Tidak Akan Menjadi Teror Bila Masyarakat Tenang

    Indonesia kembali digemparkan dengan serangkaian aksi terorisme yang dilakukan oleh sekelompok orang yang mengharapkan timbulnya situasi mencekam di tengah-tengah masyarakat. Dalam satu pekan ini, aks

  • Selasa, 15 Mei 2018 09:35

    Ketua DPRD Sumut: Percayakan Penanganan Teroris Kepada Pemerintah

    Wagirin Arman, Ketua DPRD Sumut, menyatakan keprihatinannya atas pemboman yang terjadi di 3 gereja dan Mako Polrestabes Surabaya.

  • Senin, 14 Mei 2018 18:24

    DPC Partai Gerindra Paluta Kutuk Keras Aksi Bom di Surabaya

    Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta) H. Hariro Harahap SE M.Si mengutuk keras pelaku bom bunuh diri di 3 gereja di Surabaya pada Minggu (13/5/2018) pagi, disusul bom di Sido

  • Senin, 14 Mei 2018 18:04

    Aksi 2.000 Lilin di Medan, Warga Tolak Aksi Teror dan Paham Radikal

    Seluruh lapisan masyarakat Kota Medan dan sekitarnya berduka atas tragedi teror bom di Kota Surabaya, dengan mengelar Aksi 2.000 Lilin di Lapangan Merdeka, Medan, Minggu (13/5/2018) malam.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak