Sabtu, 23 Sep 2017 07:11

Menuju Medan, 33 Imigran dari Sri Lanka asal Nias transit di Sibolga

SIBOLGA (utamanews.com)
Oleh: Roy S.
Sabtu, 12 Agu 2017 18:02
Dibaca: 106 kali
Dok
Para imigran Sri Lanka saat tiba di Sibolga menumpang kapal Belanak dari Gunung Sitoli, Sabtu (12/8).

Sebanyak 33 orang imigran asal Sri Lanka yang terdampar di Pulau Nias, Sumatera Utara, tiba di Kantor Imigrasi Sibolga dengan menggunakan kapal ASDP KMP. Belanak, Sabtu pagi, (12/8/2017).

Ke 33 imigran asal Srilanka ini rencananya akan dibawa ke Kantor Imigrasi Medan.

Kepala Divisi Imigrasi Kanwil Kemenkum HAM Sumatera Utara, Sutrisno yang didampingi Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Sibolga, Togol Situmorang mengatakan ke-33 imigran asal Srilanka ini bertujuan ingin mencari suaka politik ke New Zealand, karena di negara mereka, Sri Lanka, terjadi tekanan-tekanan politik dalam kehidupan sehari-hari karena yang berkuasa dari kaum Budhis, sedangkan mereka dari kaum Tamil. 

"Mereka berangkat dari negaranya pada tanggal 3 Juli 2017, dan selama 10 hari mereka terombang ambing di laut karena kehabisan bahan bakar, sehingga mereka terdampar di Pulau Nias dan diselamatkan nelayan Indonesia," tutur Sutrisno. 

Dikatakannya, sebelum berangkat ke Sibolga para para imigran, yang di antaranya satu wanita itu, terlebih dahulu menjalani pemeriksaan kesehatan​. 

Sutrisno juga mengatakan, malam ini (Sabtu malam-red), seluruh imigran akan dibawa ke Kantor Imigrasi Medan untuk ditampung sementara, sambil menjalani interview lanjutan untuk memastikan apakah mereka benar-benar pencari suaka atau imigran gelap.

"Karena di Sibolga tidak ada tempat convenient (nyaman), dan akan diinterview oleh kami dari imigrasi, IOM dan UNHCR, apakah mereka subjek pencari suaka atau tidak. Kalau dia bukan subjek pencari suaka, maka dia adalah pelanggaran keimigrasian," pungkasnya.

Editor: Budi

T#g:ImigranniasSibolgaSrilanka
Berita Terkait
  • Sabtu, 23 Sep 2017 04:53

    Famoni Gulo SH MPD CPL Akan Bentuk Panitia Muscab

    Usai mengikuti Acara Musyawarah Daerah (Musda) III DPD Himpunanasyarakat Nias Indonesia (HIMNI) Famoni Gulo SH MPD CPL menerima mandat sebagai Kordinator DPC HIMNI Kabupaten Tapanuli Tengah dan diberi

  • Senin, 18 Sep 2017 09:58

    Tengku Erry Hadiri Musda Himpunan Masyarakat Nias Indonesia

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menghadiri pembukaan Musyawarah Daerah (Musda) Dewan Pimpinan Daerah Himpunan Masyarakat Nias Indonesia (DPD HIMNI) Sumut di Deli Room Hotel Danau Toba Internasional (HDTI) Me

  • Sabtu, 16 Sep 2017 08:46

    Bupati Tapteng dan Walikota Sibolga ikuti aksi Unjukrasa Peduli Rohingya

    Walikota Sibolga, Bupati Tapanuli Tengah bersama masyarakat lintas agama Sibolga Tapteng mengikuti aksi unjukrasa Peduli Rohingya dengan melakukan long march keliling kota Sibolga yang dimulai dari de

  • Senin, 04 Sep 2017 11:54

    Aiptu O. Daeli, PS. Kanit Binmas Polsek Sirombu, diberi penghargaan

    Salah Seorang dari 16 Personil Polres Nias yang mendapat Reward/Penghargaan dari Kapolres Nias adalah Aiptu O. Daeli Ps. Kanit Binmas Polsek Sirombu yang juga Mantan Ps. Paur Humas Polres Nias.Aiptu O

  • Jumat, 01 Sep 2017 21:41

    Jalan Lahusa Gomo Belum Dikerjakan Rekanan

    Proyek jalan Lahusa Gomo telah dilelang sejak bulan Juni 2017 lalu, namun tak kunjung dikerjakan oleh pihak rekanan (kontraktor).

  • Senin, 28 Agu 2017 21:08

    Kebakaran di jalan Murai Sibolga Selatan, kerugian ditaksir capai Rp500 juta

    Tiga unit rumah di jalan Murai Gg. Muslim kelurahan Aek Manis Kecamatan Sibolga Selatan ludes terbakar dilalap sijago merah, Senin (28/8), sekitar pukul 18.00 WIB.

  • Senin, 28 Agu 2017 06:48

    Kapolda Sumut Irjen Paulus digelari Tuha Somugö Sihönö Duha di Nias Selatan

    Kunjungan Kerja Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Drs Paulus Waterpauw di Kepulauan Nias terutama di Kabupaten Nias Selatan, Sabtu (26/8/2017), berlangsung meriah.

  • Jumat, 25 Agu 2017 09:55

    Diduga Lemah Tindak Kasus Dugaan Korupsi, Kejaksaan Negeri Sibolga Didemo

    Aliansi Mahasiswa Pemuda Demokrasi Sibolga-Tapanuli Tengah (AMPD-SITAP) berunjuk rasa di depan kantor Kejaksaan Negeri Sibolga, Kamis, (24/8/2017).

  • Kamis, 10 Agu 2017 22:20

    Sowa'a Laoli geram lihat harga tiket pesawat Wings Air

    Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa'a Laoli geram melihat harga tiket pesawat Wings Air tujuan Gunungsitoli-Medan yang melambung tinggi.

  • Rabu, 26 Jul 2017 18:56

    Tragis, pria ini tewas saat Polisi gerebek pesta sabu di Sibolga

    Seorang pria berusia 40an tahun, disebut bernama Heri, tewas peristiwa penggerebekan pesta sabu oleh polisi.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak