Minggu, 22 Okt 2017 18:37

Mengapa Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Tidak Terbuka ke Publik?

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Sam
Jumat, 14 Jul 2017 20:14
Dibaca: 464 kali
Tribun Medan/Arjuna
Elizabet Simanjuntak, Sekretaris PPDB Online bertindak arogan kepada anggota DPRD Sumut dan wartawan, Jumat (14/7).
Sikap arogansi yang ditunjukkan aparatur sipil negara (ASN) di lingkup pemerintahan provinsi Sumatera Utara (Sumut), khususnya di Dinas Pendidikan mengejutkan publik.

Salah seorang warga kota Medan, Sances Sitompul, ST., menyatakan hal ini menanggapi tindakan tidak terpuji dari Sekretaris Panitia PPBD Online Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut yang mengusir wartawan dan mengecam Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Sumatera Utara (DPRDSU).

"Mengapa Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Tidak Terbuka ke Publik? Sudah anggota Dewan pun yang datang, PNS itu masih arogan pada wartawan, bagaimana lagi kami rakyat biasa ini?" ujar Sitompul pada UTAMANEWS, Jumat malam (14/7).

Sebelumnya, tindakan Sekretaris PPDB Online, Elizabet Simanjuntak yang menyepelekan dan menyuruh wartawan keluar dari Ruangan Server PPDB online, Disdik Sumut, Jalan Cik Di Tiro, Medan, Jumat (14/7/2017) mengakibatkan kalangan pekerja media merencanakan untuk melakukan aksi protes ke kantor Gubernur Sumut, jalan Diponegoro Medan. Belum diketahui apakah aksi ini akan jadi dilaksanakan pada Senin (17/7).

Tindakan ASN ini memang tidak terpuji, seperti dikutip dari Tribun Medan, Sekretaris PPDB Online, Elizabet Simanjuntak, tiba-tiba masuk dan mengeluarkan nada tinggi di Ruang Server PPBD Online Disdik Sumut, Jalan Cik Di Tiro, Jumat (14/7/2017).

Saat itu anggota DPRD Sumut Sutrisno Pangaribuan mendampingi Sonya Fransiska Tambunan yang tidak diterima mendaftar ulang di SMA Negeri 6 Siantar.

Awalnya Sutrisno Pangaribuan, mempertanyakan kejelasan Sonya calon siswa SMA Negeri 6 Siantar tak kunjung jelas.

Untuk mendapat kepastian nasibnya, Sonya Fransiska bersama ibunya Sarmaida Pasaribu mendatangi Kantor Dinas Pendidikan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Saat Sutrisno berbincang dengan satu dari petugas PPBD online Disdik Sumut, Fernando Sibagariang, tiba-tiba ketenangan terusik. Sekretaris PPBD online, Elisabet Simanjuntak masuk ke ruangan Server PPBD Online.

"Jangan ganggu orang kerja saja kalian. Enggak ada etika kalian. Kalau kalian mau bertanya, ayok ke ruangan saya, biar bapak ini di sini," ujar Elisabet menunjuk Sutrisno.


Ia juga menuding Sutrisno mengundang wartawan sehingga membuat kegaduhan. Kemudian dia meminta agar semua wartawan keluar.

"Bapak kan yang mengundang wartawan ke sini. Nanti kan bapak bisa memberi keterangan usai dari sini," tegasnya.

Bersamaan dengan itu, ia juga berdebat dengan wartawan yang tengah meliput. "Ayo keluar, jangan di sini. Mereka sedang kerja, jangan kalian ganggu," katanya dengan nada tinggi.

"Ibuk yang buat ribut. Dari tadi di sini tenang-tenang saja. Ibuk datang tiba-tiba buat ribut. Kami hanya bertanya soal kejelasan sistem PPBD online ini. Siapa yang membuat ribut?," teriak wartawan di Ruangan tersebut.


Editor: Budi

T#g:DisdikElizabet SimanjuntakPPDBarogan
Berita Terkait
  • Kamis, 12 Okt 2017 19:42

    Penerapan Sistem Online SMA/SMK Hapus Praktik KKN

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengatakan sistem online yang diberlakukan untuk ujian maupun masuk sekolah dapat dipastikan menghapuskan indikasi Kolusi, Korupsi dan Nepotisme (KKN).''Sistem Pener

  • Rabu, 30 Agu 2017 08:30

    Korsubgah KPK bobol, 252 siswa SMA Negeri di Sumut masuk tanpa seleksi online

    Masyarakat Sumatera Utara khususnya kota Medan terkejut dengan pemaparan yang disampaikan oleh Ombudsman RI bahwa di SMA 2 Medan, ditemukan sebanyak 180 orang siswa baru yang masuk melalui jalur tidak

  • Selasa, 29 Agu 2017 20:59

    FJD Desak Kapolres Waykanan Penghina Wartawan Dicopot

    Forum Jurnalis Deli Serdang (FJD) menggelar aksi damai dengan melakban mulut atas tindakan pelecehan dan penghinaan profesi wartawan yang dilakukan Kapolres Waykanan AKBP Budi Asrul Kurniawan terhadap

  • Rabu, 16 Agu 2017 07:56

    Cegah Pungli pakai sistem elektronik, Tengku Erry akui jadi sasaran kemarahan

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengaku terus terang bahwa dirinya paling banyak menjadi sasaran kemarahan ketika sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online diterapkan.

  • Rabu, 19 Jul 2017 07:19

    Pemprov Sumut Bidik Kenaikan Pangkat Guru Via Online

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengatakan penerapan Pelaksanaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA dan SMK dengan sistem online sudah dilakukan dan terus dalam tahap penyempurnaan.

  • Rabu, 12 Jul 2017 22:42

    28.350 Bangku Sekolah Kosong, Pemprov Sumut Buka PPDB Online SMA/SMK Tahap II

    Drs. Arsyad Lubis MM, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara menyatakan bahwa Pemprov Sumut akan membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online SMA dan SMK Negeri tahap II tahun 2017.

  • Minggu, 09 Jul 2017 13:19

    Oknum Pelaku Penamparan Petugas Bandara Soekarno-Hatta Bukan Anggota TNI Aktif

    Oknum pelaku penamparan terhadap petugas Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, yang terjadi pada hari Jumat, 7 Juli 2017 dan telah dilansir oleh beberapa Media Online adalah bukan anggota TNI

  • Jumat, 16 Jun 2017 13:46

    Pejabat Eselon III Dinas Pendidikan Nias Selatan Kena OTT

    Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Nias Selatan dikabarkan terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT), karena diduga melakukan Pungutan Liar (Pungli) pada Dana Alokasi

  • Jumat, 16 Jun 2017 02:06

    Tengku Erry: Kendala Pendaftaran SMA/SMK Online akan terus diminimalisir

    Sejak dibukanya pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK Negeri secara online di Sumatera Utara (Sumut) pada Senin (12/6), pengunjung website PPDB online Sumut sangat tinggi.

  • Selasa, 13 Jun 2017 03:23

    Pertama di Indonesia, Tengku Erry Apresiasi Sumut Terapkan Penerimaan Siswa Baru Secara Online

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengapresiasi penerapan sistem online pada penerimaan siswa baru untuk tingkat SMA dan SMK Negeri di Sumatera Utara.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak