Sabtu, 16 Feb 2019 13:31

Mengaku bercanda bawa bom, penumpang Lion Air JT 291 "diproses"

Riau (utamanews.com)
Oleh: Dito
Rabu, 16 Mei 2018 18:56
Ist
Ilustrasi
Lion Air memberikan keterangan dan klarifikasi terkait terganggunya penerbangan Lion Air JT 291, Pekanbaru-Jakarta, hari ini, Rabu (16/5/2018), dikarenakan ada gurauan bom (bomb joke) dari seorang penumpang laki-laki berinisial (DB) dengan nomor kursi 9C, yang ketika dalam proses masuk ke pesawat (boarding), DB mengaku kepada salah satu awak kabin (flight attendant/ FA) sebagai seorang teroris dan membawa bom dalam tas.

Pihak Lion Air menyatakan, dalam menjamin keselamatan, keamanan dan kenyamanan penerbangan, pilot beserta seluruh kru berkoordinasi dengan menjalankan prosedur tindakan menurut standar penanganan ancaman bom (standard security bomb threat procedures).

Danang Mandala Prihantoro,Corporate Communications Strategic of Lion Air mengatakan bahwa seluruh 200 penumpang dewasa, barang bawaan dan kargo, harus kembali ke terminal keberangkatan untuk dilakukan tahapan pengecekan ulang kembali (screening). "Atas kerjasama yang baik di antara kru pesawat, petugas layanan di darat (ground handling) dan petugas keamanan (aviation security/ avsec), maka proses pemeriksaan diselesaikan secara  teliti, tepat dan benar," ujarnya, Rabu sore.

"Hasilnya adalah tidak ditemukan barang bukti berupa bom dan benda lain yang mencurigakan, yang dapat berpotensi mengancam keselamatan dan keamanan penerbangan," tukasnya.

Selanjutnya, sesuai prosedur atas sikap penumpang itu, Lion Air menurunkan (offload), DB, berikut bagasi dan barang bawaannya. Lion Air telah menyerahkan DB ke avsec airlines, avsec Angkasa Pura II cabang Pekanbaru, otoritas bandar udara serta pihak berwenang untuk dilakukan proses penanganan lebih lanjut.

Lion Air JT 291 telah diberangkatkan dengan jadwal terbaru pukul 15.54 WIB dari jadwal penerbangan semula pukul 13.35 WIB. Pesawat telah mendarat di Cengkareng pada 17.22 WIB.

Lion Air menginformasikan, kejadian tersebut mengakibatkan keterlambatan terbang dari Cengkareng menuju Bandar Udara Internasional Juanda, Surabaya, Jawa Timur (SUB) dan Bandar Udara Internasional El Tari, Kupang, Nusa Tenggara Timur (KOE). Lion Air akan meminimalisir dampak yang timbul, agar jaringan penerbangan Lion Air lainnya tidak terganggu.

Editor: Herda

T#g:bomLion Air
Berita Terkait
  • Rabu, 13 Feb 2019 16:03

    Penjelasan dan Informasi Terkini Operasional Lion Air Penerbangan JT-780 Rute Makassar Tujuan Palu

    Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group memberikan klarifikasi sehubungan layanan nomor penerbangan JT-780 yang melayani rute dari Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassa

  • Sabtu, 02 Feb 2019 02:02

    Fasilitas Bagasi Lion Air Sesuai Kebutuhan Pelanggan

    Lion Air dan Wings Air Berkonsep Budget Airlines (LCC) Menawarkan Fasilitas Bagasi Sesuai Kebutuhan Pelanggan dalam Mempersiapkan Setiap Perjalanan Udara.

  • Kamis, 24 Jan 2019 22:24

    Posko Pelayanan dan Penanganan Penerbangan JT-610 Dipindah

    Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group menyampaikan informasi bahwa pusat layanan (posko) untuk penanganan penerbangan JT-610 registrasi pesawat PK-LQP akan dipindahkan dari ibis Hote

  • Rabu, 16 Jan 2019 23:16

    Lion Air Akan Pidanakan Penyebar Hoax Perusakan Resleting Bagasi

    Penjelasan Video Mengenai Penanganan Penumpang dan Bagasi pada PenerbanganLion Air JT-212 di Kualanamu.

  • Selasa, 15 Jan 2019 13:35

    Inagurasi Sertifikasi ISO 9001:2015 PT Lion Express dalam lingkup (Provision of) Domestic Courier Service

    PT Lion Express (Lion Parcel) member of Lion Air Group menyampaikan informasi terbaru sehubungan dengan pencapaian sertifikasi audit dan penilaian  Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015, dengan aud

  • Rabu, 09 Jan 2019 22:09

    Lion Air Ajak Turis Milenial Jelajahi Majalengka Langsung dari Balikpapan

    Wisatawan yang akan mempersiapkan liburan di kawasan domestik, Balikpapan menawarkan pilihan objek tersendiri dan memukau. Bermaskot satwa langka yaitu beruang madu, salah satu kota di Kalimantan Timu

  • Sabtu, 22 Des 2018 20:22

    Thai Lion Air Resmikan Penerbangan Langsung Bangkok ke Bali

    Liburan ke luar negeri, Thailand masih menjadi primadona bagi wisatawan Indonesia, karena tetap menyimpan berbagai jenis tourism.

  • Selasa, 11 Des 2018 09:11

    Ini Penjelasan Lion Air Terkait Pesawat JT-316 Surabaya-Banjarmasin "Stuck" di Landasan

    Informasi Terkini dan Penjelasan Operasional Lion Air Penerbangan JT-316 Rute Surabaya Menuju Banjarmasin

  • Kamis, 22 Nov 2018 18:22

    Prajurit TNI Amankan Bom di Kampung Skouw Mabo Papua

    Prajurit TNI dari Batalyon Infanteri Para Raider 328/Dirgahayu (Yonif Para Raider 328/Dirgahayu) yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) Indonesia-Papua Nugini, berhasi

  • Kamis, 08 Nov 2018 07:58

    Terkait Pesawat Senggol Tiang Lampu, Petugas AMC Bandara Bengkulu Diperiksa

    Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group menyampaikan kronologis terkait layanan bernomor JT-633 rute Bandar Udara Fatmawati Soekarno, Bengkulu (BKS) menuju Bandar Udara Internasional S

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2019 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak