Jumat, 22 Sep 2017 18:44

Korsubgah KPK bobol, 252 siswa SMA Negeri di Sumut masuk tanpa seleksi online

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Sam
Rabu, 30 Agu 2017 08:30
Dibaca: 194 kali
Ist
Ombudsman RI

Masyarakat Sumatera Utara khususnya kota Medan terkejut dengan pemaparan yang disampaikan oleh Ombudsman RI bahwa di SMA 2 Medan, ditemukan sebanyak 180 orang siswa baru yang masuk melalui jalur tidak resmi. Sementara di SMA 13 Medan, ditemukan sebanyak 72 orang siswa yang masuk melalui jalur tidak resmi.

"Kita menemukan SMA Negeri 2 dan SMA Negeri 13 melakukan penambahan siswa di luar jalur Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online yang sudah ditetapkan sebagai mekanisme penerimaan siswa SMA di Sumatera Utara. Temuan ini kemudian akan kita bahas untuk kemudian menghasilkan saran atau rekomendasi yang harus dilaksanakan oleh pemerintah," ujar Abyadi Siregar, Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sumatera Utara, Selasa (29/8/2017).

Abyadi menyebutkan, temuan tersebut merupakan hasil tindak lanjut mereka atas laporan masyarakat yang masuk ke Ombudsman sejak dua pekan lalu.

"Kita terima banyak laporan dari masyarakat dalam kurun waktu dua pekan terakhir. Setelah kita telusuri informasi tersebut ternyata benar. Tentunya ini tidak bisa dibiarkan," tegas Abyadi.

Wakil Kepala Sekolah SMA Negeri 2 Medan, Arsyad Nasution, membenarkan adanya penerimaan siswa secara ilegal itu. 

Di depan Ombudsman, Arsyad mengaku ada 5 kelas siswa yang masuk sekolah tersebut setelah Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online ditutup. Masing-masing kelas berjumlah 36 siswa.

Namun Arsyad yang juga Ketua PPDB online di SMAN 2 Medan, mengaku tidak tahu menahu mengenai masuknya para siswa sisipan tersebut. Sebab itu merupakan kebijakan kepala sekolah dan komite sekolah.

"Saya tidak bisa menjelaskan secara rinci. Saya hanya panitia PPDB online, di luar itu saya tidak tahu. Ini atas pembicaraan komite dengan kepala sekolah," kata Arsyad.

Data yang disampaikan Arsyad, terdapat 428 siswa yang diterima SMAN 2 Medan dari jalur PPDB online 2017. Namun dengan masuknya para siswa "siluman" tersebut, saat ini terdapat total 608 siswa baru yang belajar di sekolah tersebut.

Seperti diketahui, Gubernur Sumatera Utara Tengku Erry Nuradi mengeluarkan kebijakan untuk memberlakukan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online mulai tahun ajaran 2017-2018. 

Dengan pemberlakuan itu, seluruh siswa-siswi yang ingin masuk ke SMA/SMK Negeri yang ada di bawah pembinaan Pemprov Sumut, harus melewati seleksi secara online.

Namun ternyata, kebijakan yang diambil untuk mengantisipasi adanya kecurangan dalam penerimaan siswa SMK/SMK Negeri itu tidak berjalan maksimal. Terbukti dengan masih adanya temuan "siswa siluman", yakni siswa yang masuk secara ilegal tanpa mengikuti seleksi online.

Masyarakat kemudian mengadukan tindakan pelanggaran yang terjadi di SMA Negeri 2 Medan Jalan Karang Sari, Kecamatan Medan Polonia dan SMA Negeri 13 Medan Jalan Brigjen Zein Hamid, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan ini ke Ombudsman RI.

Menanggapi hal ini, Ketua LSM Gelora Anak Negeri Sumut, Hendra Raja Munthe menyatakan rasa kecewanya pada KPK yang ternyata tidak berfungsi maksimal untuk mengeliminir terjadinya tindakan yang berpotensi KKN walaupun sudah mengawal jalannya kebijakan Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi.

"Ngapain aja KPK, Korsubgah KPK di Sumut, koq bisa 252 siswa bisa masuk tanpa testing online ke SMA Negeri," cetusnya saat berdiskusi dengan sejumlah aktifis pemuda dan mahasiswa, Rabu pagi (30/8).

Editor: Budi

T#g:OmbudsmanPPDBsiluman
Berita Terkait
  • Rabu, 16 Agu 2017 07:56

    Cegah Pungli pakai sistem elektronik, Tengku Erry akui jadi sasaran kemarahan

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengaku terus terang bahwa dirinya paling banyak menjadi sasaran kemarahan ketika sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online diterapkan.

  • Rabu, 19 Jul 2017 07:19

    Pemprov Sumut Bidik Kenaikan Pangkat Guru Via Online

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengatakan penerapan Pelaksanaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA dan SMK dengan sistem online sudah dilakukan dan terus dalam tahap penyempurnaan.

  • Jumat, 14 Jul 2017 20:14

    Mengapa Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara Tidak Terbuka ke Publik?

    Sikap arogansi yang ditunjukkan aparatur sipil negara (ASN) di lingkup pemerintahan provinsi Sumatera Utara (Sumut), khususnya di Dinas Pendidikan mengejutkan publik.

  • Rabu, 12 Jul 2017 22:42

    28.350 Bangku Sekolah Kosong, Pemprov Sumut Buka PPDB Online SMA/SMK Tahap II

    Drs. Arsyad Lubis MM, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara menyatakan bahwa Pemprov Sumut akan membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Online SMA dan SMK Negeri tahap II tahun 2017.

  • Jumat, 16 Jun 2017 02:06

    Tengku Erry: Kendala Pendaftaran SMA/SMK Online akan terus diminimalisir

    Sejak dibukanya pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA dan SMK Negeri secara online di Sumatera Utara (Sumut) pada Senin (12/6), pengunjung website PPDB online Sumut sangat tinggi.

  • Selasa, 13 Jun 2017 03:23

    Pertama di Indonesia, Tengku Erry Apresiasi Sumut Terapkan Penerimaan Siswa Baru Secara Online

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengapresiasi penerapan sistem online pada penerimaan siswa baru untuk tingkat SMA dan SMK Negeri di Sumatera Utara.

  • Minggu, 11 Jun 2017 06:11

    Seleksi Masuk SMPN di Medan, 70% Akademik, 30% Tes Tertulis

    Memasuki tahun ajaran baru, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Medan menerapkan sistem penyaringan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan pola 70% seleksi akademik dan 30% seleksi tes tertulis.

  • Selasa, 04 Apr 2017 18:07

    UNBK 2017, ORI Sumut Temukan Pungli Pengadaan Komputer Ujian

    Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk tingkat SMK sudah dimulai sejak kemarin, Senin (3/4/2017). Pada pelaksanannya, hingga hari kedua, belum didapati adanya pelanggaran.

  • Selasa, 28 Feb 2017 22:33

    Ombudsman minta Kakandepag Medan klarifikasi laporan guru agama Kristen

    Menindaklanjuti laporan 14 orang guru bidang studi agama yang dana sertifikasinya belum dibayarkan, Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sumatera Utara (Sumut) akan segera menyurati Kepala Kantor D

  • Senin, 27 Feb 2017 20:52

    Binmas Kristen Lakukan Pungli Terhadap Guru Agama di Medan?

    Belasan guru yang datang langsung disambut Kepala Ombudsman RI perwakilan Sumatera Utara Abyadi Siregar. Mereka pun mengadukan masalah tunjangan sertifikasi yang tak kunjung keluar. Mereka adalah guru

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak