Kamis, 23 Nov 2017 01:29

Kombes Pol Dr Tornagogo Sihombing pimpin penggerebekan rumah mewah di Bali

BALI (utamanews.com)
Oleh: John
Minggu, 30 Jul 2017 10:10
Dibaca: 1.332 kali
Humas Polda Bali
31 orang diamankan dari rumah mewah di Bali oleh Satgasus Mabes Polri dan Kepolisian Tiongkok

Polri bersama Kepolisian Tiongkok menggerebek rumah mewah di Bali. Tindakan ini dilaksanakan oleh Satgasus Bareskrim Polri, dibackup Tim Satgas CTOC Polda Bali bersama Kepolisian Tiongkok, dan dipimpin oleh Wadir Tipiter Mabes Polri Kombes Pol Dr Tornagogo Sihombing SIK, MSi.

Informasi dihimpun penggerebekan dan penangkapan di rumah kontrakan yang beralamatkan di Perumahan Puri Bendesa Lingkungan Mumbul Kelurahan Benoa, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Sabtu (29/7/2017), ini terkait dengan 'phone fraud.'

Dalam operasi ini,  Kepolisian Tiongkok mengirimkan 9 orang personel dan Satgasus dari Mabes Polri berjumlah 19 orang serta Satgas CTOC Polda Bali yang berjumlah 21 orang dipimpin Direktur Reserse Kriminal Khusus (Krimsus) Polda Bali Kombes Pol Drs Kenedy SH, MM. 

Tim berhasil melakukan penggerebekan dan menangkap pelaku penipuan dan pemerasan lewat telepon (phone fraud) 31 orang, yang terdiri dari 17 WN Tiongkok dan 10 WN Taiwan (9 perempuan dan 18 laki-laki), serta 4 WNI (1 perempuan dan 3 laki-laki).


Kasus ini terungkap berkat adanya informasi dari Kepolisian Tiongkok, yang berkolaborasi dengan Mabes Polri.

Tersangka dari Tiongkok dan Taiwan yang berjumlah 27 orang direncanakan akan dideportasi dan diproses di Tiongkok mengingat korban dari phone fraud itu berada di Tiongkok.

Sedangkan WNI yang ikut diamankan dalam penangkapan tersebut masih dilakukan pengembangan untuk mengetahui perannya dalam phone fraud yang ditangkap di Bali.

Sementara barang bukti yang berhasil disita dalam penangkapan tersebut adalah 38 telepon rumah, 25 modem, 7 router, 10 laptop, 8 HP Panasonic, seperangkat CCTV, 6 paspor.

Menunggu proses lebih lanjut, para terduga kasus phone fraud dititip di Rumah Tahanan Polda Bali.

Editor: Budi

T#g:Tornagogo Sihombingcybercrimephone fraud
Berita Terkait
  • Selasa, 21 Nov 2017 03:51

    Registrasi SIM Card Menjamin Keamanan Digital Masyarakat

    Per 31 Oktober 2017, para pengguna kartu SIM prabayar operator seluler di Indonesia, baik pelanggan lama maupun baru diwajibkan untuk mendaftar ulang dengan memakai nomor NIK dan Kartu Keluarga. 

  • Minggu, 11 Jun 2017 18:21

    Bagaimana bentuk Ransomware di masa depan?

    Ransomware identik dengan tindak kejahatan ekonomi dunia maya. Penjahat siber memperoleh jarahan hingga mencapai US$1 miliar berdasarkan uang yang masuk ke dompet Bitcoin yang berhubungan dengan ranso

  • Sabtu, 10 Jun 2017 04:20

    Peretas Situs Resmi Dewan Pers Indonesia Ditangkap

    Tim siber Mabes Polri berhasil mengamankan AS, 28 tahun, di Jalan Ir Soekarno 20 Grogol Kwarasan Kabupaten Sukoharjo Jawa Tengah. AS diduga telah meretas situs lembaga Dewan Pers Indonesia www.dewanpers.or.id.

  • Rabu, 31 Mei 2017 12:31

    Awas penipuan modus baru, Kode transaksi dari XL

    Kejahatan dunia maya makin canggih. Sejumlah modus kejahatan siber terus bermunculan untuk menipu pengguna internet, khususnya pelanggan belanja online. Modus terbaru adalah dengan cara menelepon korb

  • Rabu, 24 Mei 2017 16:44

    Pembentukan Deputi VI Intelijen Siber BIN Dinilai Positif

    Hari jadi ke-71 Badan Intelijen Negara (BIN), menjadi momentum berdirinya Deputi VI Bidang Intelijen Siber.

  • Rabu, 17 Mei 2017 08:27

    Polri dan Polisi Interpol Tiongkok Amankan 78 Imigran Gelap Asal Tiongkok dan Taiwan

    78 imigran gelap asal Tiongkok dan Taiwan diamankan Reskrimsus Polda Sumut yang bekerja sama dengan Mabes Polri dan Interpol Tiongkok.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak