Kamis, 19 Jul 2018 22:44

KPK Tahan Rijal Sirait, Roslynda Marpaung dan Rinawati Sianturi

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Sam
Rabu, 04 Jul 2018 20:44
Detik
Rijal Sirait
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), akhirnya resmi menahan 3 dari 38 mantan Anggota DPRD Sumut yang sudah menjadi tersangka sejak Maret 2018 lalu.

Ketiganya adalah Rijal Sirait, Roslynda Marpaung dan Rinawati Sianturi. Rijal Sirait, kini menjadi anggota DPD RI asal Sumut, Roslynda Marpaung adalah anggota DPR RI dan Rinawati Sianturi anggota DPRD Sumut. 

Mereka sebelumnya sempat mangkir dan meminta penjadwalan ulang pemerikaaan yang seharusnya dilakukan pada Jumat, 29 Juni 2018 pekan lalu. 

Amatan media, usai pemeriksaan pada Rabu (4/7/2018), ketiganya langsung dijebloskan ke Rutan cabang KPK. "Mereka ditahan di Rutan cabang KPK selama 20 hari pertama," ungkap juru bicara KPK Febri Diansyah pada wartawan media sesaat setelah KPK menetapkan penahanan terhadap ketiganya.

Tampak di gedung Merah Putih KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, sekitar pukul 17.35 wib Rijal menjadi tersangka pertama yang terlihat digiring keluar ruang pemeriksaan. Dengan mengenakan rompi oranye, kepada wartawan Rijal mengaku akan menyerahkan proses hukum yang dijalaninya kepada lembaga antirasuah itu.

"Proses ini sudah dilakukan oleh petugas KPK, maka saya ucapkan terima kasih karena sudah lakukan tugas dengan baik," ungkap Senator tersebut.

Mantan fungsionaris PPP Sumut ini juga menyampaikan permohonan maafnya kepada seluruh masyarakat Sumatera Utara terkait kasus suap mantan Gubsu Gatot Pujo Nugroho yang akhirnya turut membelitnya. "Untuk masyarakat Sumut saya mohon izin dan mohon maaf, peristiwa ini ketetapan Allah," ucapnya lirih.

Terkait kasus yang menjeratnya itu, Rijal juga mengaku sudah mengembalikan uang suap itu sebesar Rp 300 juta. Sedangkan menyangkut jabatannya sebagai anggota DPD RI, Rijal mengaku saat ini ia sedang mengajukan proses pengunduran diri.

Sekitar pukul 18.15 wib, giliran Roslynda Marpaung yang dibawa keluar. Tanpa komentar, wanita ini langsung masuk ke mobil tahanan. 

Rinawati Sianturi menjadi tersangka terakhir yang dibawa keluar dari ruang pemeriksaan. Juga tanpa komentar, wanita yang masih aktif sebagai anggota DPRD Sumut dari partai Hanura itu langsung masuk ke mobil tahanan.

Sebelumnya, pada Jumat, 29 Juni 2018 lalu, KPK juga sudah menahan anggota DPR RI Fadly Nurzal atas kasus serupa. Dengan demikian, sejauh ini sudah 4 orang dari 38 tersangka yang sudah resmi ditahan. 

Editor: Dito

Sumber: Onlinesumut

T#g:dprdsukpk
Berita Terkait
  • Rabu, 18 Jul 2018 20:38

    Pasca OTT Bupati Pangonal Harahap, KPK Geledah dan Segel Sejumlah Kantor di Labuhanbatu

    Tindak lanjuti Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang melibatkan orang nomor 1 di Labuhanbatu, Tim KPK langsung melalukan penggeledahan di ruangan kantor Badan Keuangan Pemkab Labuhanbatu, jalan M Idris Ke

  • Rabu, 18 Jul 2018 05:58

    Masyarakat Labuhanbatu Pesimis Bupati Pangonal Harahap Jadi Tahanan KPK

    Kurang dari 24 jam beredarnya kabar penangkapan Bupati Labuhanbatu, H. Pangonal Harahap oleh KPK dan membuat gempar publik Kabupaten Labuhanbatu. Pantauan UTAMANEWS.COM, hal tersebut bukan tanpa

  • Sabtu, 30 Jun 2018 05:30

    KPK Tahan Anggota DPR PPP Asal Sumut, 1 dari 38 Tersangka Suap Gatot

    Setelah menjalani pemeriksaan di hari Jum'at (29/6/2018), Fadly Nurzal, Anggota DPR RI asal Sumut dari partai PPP, dipenjara KPK.

  • Selasa, 05 Jun 2018 20:05

    Berbuka Puasa Bersama, Momentum Meningkatkan Sinergitas

    Kegiatan berbuka puasa bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumatera Utara (Sumut) merupakan momen untuk menguatkan silaturahmi. Serta untuk

  • Selasa, 29 Mei 2018 16:59

    Cegah Tindak Korupsi, KPK Datangi Bakamla

    Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendatangi Kantor Bakamla Pusat dalam rangka melaksanakan Sosialisasi Pencegahan Tindak Pidana Korupsi di Lingkungan Bakamla, di Aula Gedung Perintis Kemerdekaan, Ja

  • Rabu, 23 Mei 2018 15:03

    Mahasiswa Sumut Tolak Calon Pemimpin Korup

    "Usut tuntas kasus korupsi 38 Anggota DPRD Sumatera Utara-Tolak Calon Pemimpin Korup."

  • Senin, 30 Apr 2018 23:10

    Djarot Ceritakan Kasus Gatot Pujo Nugroho Di Labura

    Djarot Saiful Hidayat mengaku heran saat mengetahui Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) yang masa itu gubernurnya dijabat Gatot Pujo Nugroho, mengajukan pinjaman ke pihak swasta. Padah

  • Selasa, 24 Apr 2018 19:24

    KPK Ingatkan Calon Kepala Daerah Awas 'Conflict of Interest'

    Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengingatkan pada calon kepala dan wakil kepala daerah untuk tak melibatkan konflik kepentingan (conflict of interest) dalam pesta demokrasi tahun ini.

  • Senin, 02 Apr 2018 19:02

    Penetapan Tersangka 38 Anggota DPRD Sumut, GMKI: KPK Masih "Tebang Pilih"

    Menanggapi isu terkini yang disorot sejumlah media cetak dan online terkait surat Deputi Penindakan KPK Aris Budiman yang ditujukan kepada Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman, pada Jum'at (29/3/2018),

  • Minggu, 18 Mar 2018 07:08

    Aliansi Jurnalis Hukum Surati KPK & KY, Minta Sidang PTTUN Kasus JR Saragih "Disadap"

    Dinamika persoalan hukum yang melibatkan JR Saragih, salah satu Bakal Calon Gubernur pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut) 2018 sangat menarik perhatian rakyat Indonesia, t

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak