Jumat, 29 Mar 2024 12:25
flash sale baju pria
Bonnet Sleeping Double Sensyne Extendable Wireless Compatible Android Children Camcorder Silicone JBL Tune 510BT Ear Headphones
iklanpudam

Jumlah pengungsi Sinabung 18.166 jiwa

KARO (utamanews.com)

Oleh: Utama News

Minggu, 22 Des 2013 11:55

Jumlah pengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, pada Sabtu (21/12), tercatat mencapai 18.166 jiwa atau 5.644 kepala keluarga (KK).

"Jumlah pengungsi tersebut, cukup besar dan diperkirakan akan terus bertambah menyusul masih terjadinya letusan Gunung Sinabung," kata Ketua Media Center Penanganan Bencana Gunung Sinabung Posko Kabanjahe, Jhonson Taringan ketika dihubungi dari Medan, Sabtu.

Menurut dia, pada hari Kamis (18/12) jumlah pengungsi Sinabung mencapai 17.997 jiwa atau 5.588 KK yang berasal dari 22 desa dan dua dusun di Kabupaten Karo.

"Masyarakat yang pindah untuk sementara dari puluhan desa itu, saat ini ditempatkan di 31 lokasi penampungan yang tersebar di Kabanjahe," kata Jhonson.

Dia menyebutkan, sampai saat ini belum dapat memastikan kapan akan berakhirnya erupsi Gunung Sinabung itu, karena saat ini status gunung tersebut masih tetap bertahan level "Awas" dan masyarakat yang berada dibawah radius 5 Km harus mengungsi.

"Rekomendasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), bahwa warga yang tinggal di radius 5 Km dari kawah Gunung Sinabung harus pindah demi keamanan dan keselamatan masyarakat," ujarnya.

Jhonson mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo, saat ini terus mematau pengungsi yang berada di lokasi penampungan untuk mengetahui kondisi kesehatan mereka, makanan dan anak-anak yang bersekolah.

Dia menjelaskan, meskipun terjadinya erupsi Gunung Sinabung beberapa bulan ini, namun tidak mengganggu proses belajar dan mengajar anak sekolah tersebut. 

"Anak-anak pengungsi itu, tetap dapat belajar seperti biasanya di SD,SMP dan SMA yang terdekat dari lokasi penampungan mereka, hal ini merupakan kebijakan Pemkab Karo melalui Dinas Pendidikan," ucap Johonson.

Data yang diperoleh di Posko Penanggulangan Bencana Gunung Sinabung, Kabanjahe, jumlah tempat penampungan di kota tersebut sebanyak 31 lokasi. Beberapa diantaranya, Los Tiga Binanga, GBKP Payung dan Masjid Agung Kabanjahe. (Ant)
T#g:bencanagempapengungsi
makeup remover
Berita Terkait

tiktok rss yt ig fb twitter

Tentang Kami    Pedoman Media Siber    Disclaimer    Iklan    Karir    Kontak

Copyright © 2013 - 2024 utamanews.com
PT. Oberlin Media Utama

⬆️