Sabtu, 20 Jan 2018 18:18

Jalan Provsu Sosopan-Sibuhuan Terancam Putus Lagi

Palas (utamanews.com)
Oleh: Maulana Syafii
Selasa, 19 Sep 2017 21:59
Dibaca: 167 kali
Dok
Beginilah kondisi Jalan Provsu via Sosopan-Sibuhuan yang baru setahun lalu dibuat untuk mengatasi kelongsoran di jalan lama, yang saat ini tidak bisa dilalui lagi.
Musim hujan datang, kondisi dan keadaan jalan Provinsi Sumut (Provsu) Sosopan-Sibuhuan, di titik Desa Hulim dan Desa Sianggunan, Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padang Lawas (Palas) terancam putus lagi. 

Jalan yang baru dibangun karena terjadi longsor beberapa bulan yang lalu itu, saat ini kondisi di jalan lama pun tinggal hanya tinggal tersisa dua meter lagi. Bila jalan tidak ada penanganan segera, dikhawatirkan jalan akan berpotensi putus total.

Pantauan wartawan, Selasa (19/9/2017), masih terlihat sejumlah kendaraan mobil masih melintas di jalan ini. Meski, harus memanfaatkan jalan yang tersisa dua meter tersebut.

Sedangkan kondisi dan keadaan badan jalan yang lama, yang terputus akibat digerus aliran Sungai Ulu Aer, sebelumnya masih bisa dilewati. Tapi kini, badan jalan sudah tak bisa dilewati, sehingga kenderaan harus melalui jalan yang baru dibangun, tapi kini sudah longsor lagi. Jalan lama ini memang tetap diperbaiki, meski sudah ada jalan baru. 

"Gawat lagi ini kalau hujan seperti ini. Jalan lama sudah longsor lagi dan tak bisa dilewati, sedangkan jalan yang baru pun sudah terancam putus lagi," kata Hasan Nasution, warga Aek Bargot, saat bertemu wartawan, Selasa (19/9/2017).

Sebelumnya, kata Hasan, jalan yang lama, yang di pinggiran aliran sungai Ulu Aer memang tetap dibenahi, meskipun hanya upaya penimbunan. Itu dilakukan, karena jalan baru dianggap terlalu terjal.

"Kan, abang lihat sendiri. Kondisi jalan baru yang masih sebatas pengerasan itu sudah tergerus lagi akibat hujan yang mengguyur beberapa hari lalu. Kondisi jalan sudah menyempit. Bahkan, tanahnya sudah terlihat melunak. Padahal, sebelumnya sudah dilakukan pengerasan," ucapnya.

Sebelumnya, pembuatan jalan baru ini dilakukan setelah mendapat anggaran dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat. Saat itu, anggaran dari BNPB ini digiring oleh Saleh Partaonan Daulay,  Anggota DPR RI yang saat itu menjabat Ketua Komisi VIII, setahun yang lalu.

Perbaikan jalan pun dilakukan oleh BPBD Palas secara swakelola waktu itu. Besaran anggaran yang turun dari BNPB waktu itu, senilai Rp 8,2 miliar, dengan panjang jalan yang diperbaiki sekitar 5 kilometer, badan jalan baru yang dibuka waktu itu.

Setelah badan jalan baru selesai pengerjaannya, waktu itu, Kepala BNPB sudah langsung turun ke lokasi dan mengapresiasi pengerjaan.  

Warga pun merasa bersyukur dengan adanya jalan baru ini waktu itu. Sebab, bila masih mempertahankan jalan lama, tentu sudah sulit dilakukan, karena posisi jalan yang lama persis di pinggiran aliran sungai Ulu Aer, yang kerap meluap dan menggerus badan jalan yang lama saat hujan turun.

"Kita senang juga dengan adanya jalan baru ini, karena jalan lama memang sudah rawan. Biarpun jalan baru ini tanjakannya agak tajam. Tapi, saat ini, kondisi jalan yang baru, sudah longsor pula," tambah Hasan.

Masyarakat di sini mengharapkan, adanya gerak cepat dari pemerintah untuk segera memperbaiki kerusakan jalan ini. 

"Jika tidak segera diperbaiki jalan yang baru, ditakutkan kerusakannya akan bertambah parah dan tidak tertutup kemungkinan jalan Provsu via Sosopan-Sibuhuan akan terputus, karena jalan yang lama sudah tidak bisa dilalui lagi," pungkasnya.

Editor: Budi

T#g:InfrastrukturLongsorPalas
Berita Terkait
  • Kamis, 18 Jan 2018 15:08

    Tiga Bapaslon Bupati dan Wabup Palas Lolos Pemeriksaan Kesehatan

    Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Lawas (KPU Palas) menyatakan, ketiga bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati dan wakil bupati Kabupaten Palas yang akan mengikuti Pilkada serentak tahun 2018, din

  • Rabu, 17 Jan 2018 18:17

    KPU Palas Kukuhkan 220 PPDP di Tiga Kecamatan

    Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Padang Lawas (KPU Palas), Syarifuddin Daulay, secara serentak mengukuhkan sebanyak 220 petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) di tiga kecamatan, Sosa, Hutaraja

  • Rabu, 17 Jan 2018 12:07

    Perusahaan di Palas Terindikasi Masih Berwatak Kolonial

    Sejumlah perusahaan perkebunan kelapa sawit yang tersebar di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas), sampai kini terindikasi masih ada menyimpan watak sistem kolonialisme. Hal ini diindikasikan karena

  • Selasa, 16 Jan 2018 14:16

    Diduga Berangus Serikat Pekerja, FSPMI Laporkan Manajemen PT KAS STA Group

    Diduga telah melakukan tindak kejahatan pemberangusan serikat pekerja terhadap anggota PUK SPAI FSPMI PT Sumber Huta Baru Makmur (PT SHBM), yang diduga dilakukan oleh manajemen PT Karya Agung Sawita (

  • Selasa, 16 Jan 2018 11:16

    Antisipasi Lakalantas, Disperkimhub Palas Bagikan Rambu Lalin pada Kepala Sekolah

    Guna mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalulintas (Lakalantas) di sekitar lingkungan sekolah yang berada di sisi jalan raya, Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub)

  • Senin, 15 Jan 2018 16:35

    Persiapan Coklit PDP, KPU Palas Bimtek PPK Se-Palas

    Dalam rangka persiapan kegiatan Coklit pemutakhiran data pemilih (PDP) pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumatera Utara, bupati dan wakil bupati Kabupaten Palas tahun 2018, Komisi Pemilihan U

  • Minggu, 14 Jan 2018 09:54

    Jelang Pilgubsu, Warga Palas Minta Jalan Provinsi Segera Diperbaiki

    Jelang pesta demokrasi pemilihan gubernur dan wakil gubernur Provinsi Sumatera Utara (Sumut) tahun 2018, warga masyarakat di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) berharap besar, agar jalan Provinsi y

  • Sabtu, 13 Jan 2018 08:23

    Hitungan Bulan Paket Proyek Diduga Milik Sekretaris DPD Golkar Mulai Rusak

    Hanya dalam hitungan bulan paket proyek yang disebut-sebut warga masyarakat adalah milik sekretaris Dewan Pimpinan daerah (DPD) Partai Golongan Karya (Golkar) senilai Rp3,5 milyar lebih, yang dikerjak

  • Jumat, 12 Jan 2018 16:32

    Tiga Pasbalon Pilkada Palas Ikuti Pembekalan Pemeriksaan Kesehatan

    Tiga pasangan calon yang dinyatakan memenuhi syarat pendaftaran akan menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Adam Malik Medan, Sabtu hingga Minggu (13-14/1/2018).Sosialisasi pemerik

  • Selasa, 09 Jan 2018 20:24

    Didukung 10 Parpol Cabup Incumbent Mendaftar ke KPU Palas Tondi-Syarifuddin Didukung 2 Parpol

    Memasuki hari kedua jadwal tahapan pendaftaran balon bupati dan wakil bupati Kabupaten Padang Lawas (Palas), pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Kabupaten Palas incumbent, H. Ali Sutan Haraha

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak