Jumat, 18 Agu 2017 02:15
Iklan Kota1
  • Home
  • Hukum & Keamanan
  • Hasil Tim Operasi Pemulihan Hutan Lindung Prov Sumut di Leidong Tidak Maksimal

Hasil Tim Operasi Pemulihan Hutan Lindung Prov Sumut di Leidong Tidak Maksimal

LABUHANBATU UTARA (utamanews.com)
Oleh: Darwin Marpaung
Sabtu, 15 Jul 2017 11:15
Dibaca: 282 kali
Dok
Alat berat milik tim gabungan sejumlah instansi di pemprov Sumut ini terpuruk di lokasi penindakan, di kawasan hutan lindung.
Pencapaian tim operasi pemulihan kawasan hutan lindung Provinsi Sumatera Utara di Desa Simandulang dan Kelurahan Tanjung Leidong Kecamatan Kualuh Leidong Kabupaten Labura dinilai tidak maksimal.

Pasalnya, kawasan hutan lindung yang berhasil disterilkan dari tanaman kelapa sawit diperkirakan hanya seluas tiga puluh hektar. Ditambah lagi benteng penahan air asin yang direncanakan akan dijebol belum juga terealisasi. 

Diduga, hal ini akibat dua unit alat berat back hoe terpuruk saat beroperasi, bahkan satu di antaranya sudah terpuruk sejak hari pertama operasi.

Kabid Perlindungan Hutan Provinsi Sumatera Utara selaku Ketua Tim Operasi Ir. Yuliani Siregar MAP saat dikonfirmasi, mengakui hasil operasi tim nya yang tidak maksimal dan tidak berjalan lancar, dikarenakan kedua alat berat back hoe terpuruk.

"Iya terhambat karena alat berat kita pun terpuruk," ucapnya.

Saat ditanya mengenai luas kawasan hutan yang sudah dipulihkan, menurutnya, operasi timnya, khususnya penebangan pohon kelapa sawit belum bisa ditafsir seberapa luasnya. Namun untuk penjebolan benteng penahan air asin katanya akan tetap dilakukan agar tanaman kelapa sawit yang belum ditebang akan mati akibat air laut. 

"Belum bisa diukur pula berapa hektar luasnya yang sudah dipulihkan," tandasnya sambil menyatakan bahwa ke depannya operasi pemulihan tetap akan dilakukan secara bertahap.

Pasca operasi ini, sambungnya, pihaknya akan melakukan pengamanan melalui UPT KPH wilayah III bekerjasama dengan aparat penegak hukum setempat sebelum merehabilitasi kawasan hutan sesuai fungsinya.

Ditambahkannya, sesuai Surat Perintah Tugas, batas waktu tim operasi terpadu Provsu sebanyak 70 orang yang terdiri dari gabungan personil Dishut Provsu, BPKH Wilayah I Medan, TNI AD, SatBrimob, Kepolisian dari Polsek Kualuh Leidong dan unit Tipiter Polres Labuhan Batu dan Poldasu, Satpol PP, Kejaksaan, BPN, GAKHUM ditambah aparat pemerintah setempat untuk melakukan pemulihan kawasan hutan lindung seluas 1.300 hektar di Desa Simandulang dan Kelurahan Tanjungleidong selama 5 hari, terhitung dari Senin tanggal 10 hingga kemarin, Jumat 14 Juli 2017.


Bentuk pemulihan kawasan hutan berupa penebangan pohon kelapa sawit dan menjebol benteng penahan air asin menggunakan dua unit alat berat back hoe dan 5 unit mesin gergaji serta pemasangan plank tanda kawasan hutan lindung dan penanaman bibit pohon bakau.

Sementara itu, sesuai amatan UTAMANEWS, dalam pelaksanaan operasi pemulihan, tim terpadu Provsu melakukan eksekusi selama 3 hari dimulai dari Selasa tanggal 11 hingga Kamis 13 Juli 2017. Sedangkan di hari terakhir, yakni Jumat (14/7), operasi sudah berhenti bahkan sebahagian anggota tim sudah ada yang kembali, dan yang tinggal hanya pihak Dinas Kehutanan bersama aparat setempat untuk mengeluarkan kedua alat berat back hoe yang terpuruk di lokasi.

Kawasan hutan lindung yang disterilkan/dipulihkan dari tanaman kelapa sawit diperkirakan hanya mencapai kurang lebih seluas 30 hektar. Bibit pohon bakau sebanyak 5.000 biji sudah ditanami serta 50 papan plank tanda kawasan hutan lindung sudah terpasang di lokasi. 

Namun, tembok penahan air asin yang direncanakan akan dijebol belum terealisasikan.

Editor: Sam

T#g:Dishutlaburaecek-ecekecek ecekHutan
Berita Terkait
  • Kamis, 17 Agu 2017 18:17

    DPC JBMI Labura Ikut Upacara HUT RI Ke-72 di Lapangan Bayangkara Aek Kanopan

    Dewan Pimpinan Cabang Jam'iyah Batak Muslim Indonesia (DPC JBMI) Labuhanbatu Utara (Labura) ikut dalam upacara Hari Ulang Tahun (HUT) RI yang ke-72, di Lapangan Bayangkara Aek Kanopan, Labura, Ka

  • Selasa, 15 Agu 2017 09:45

    Wow, Rp5,7 Triliun untuk bangun Apartemen Anggota DPR RI

    Anton Sihombing, Ketua Badan Urusan Rumah Tangga DPR, mengatakan anggaran pembangunan gedung baru DPR diperoleh secara bertahap misalnya di 2018 sebesar Rp500 miliar dari total anggaran DPR di tahun tersebut Rp5,7 triliun.

  • Jumat, 11 Agu 2017 08:31

    Kunjungi Labura, Profesor Minda : Membangun Karakter Bukan Hanya Tugas Guru Agama

    Prof. Dr. Sri Minda Murni MS, guru besar Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Medan saat mereview proposal penguatan pendidikan karakter berbasis budaya lokal di Kabupaten Labuhanbatu Utara (La

  • Selasa, 08 Agu 2017 22:08

    Wakil Bupati Lepas Peserta Raimunas ke XI Tahun 2017

    Sebanyak 26 peserta terdiri pembina pendamping 2 orang, peserta putra 12 orang dan putri 12 orang dari kontingen Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Labuhanbatu Utara dilepas Wakil Bupati Labura

  • Selasa, 08 Agu 2017 21:08

    Bupati Kukuhkan FPK Labura Periode 2017-2022

    Bupati Labuhanbatu Utara (Labura) H.Kharuddin Syah, SE mengkukuhkan Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) masa bakti 2017-2022 pada acara forum dialog pembauran antar suku dan etnis di aula grand hotel Labura, Selasa (8/8).

  • Selasa, 08 Agu 2017 14:28

    2 Desa Terisolir di Labura Dapat "Kado Kemerdekaan" dari PLN

    Komitmen PT PLN (Persero) untuk menerangi negeri terus dilakukan. Kemarin, Senin (7/8), PLN wilayah Rantau Prapat melakukan peresmian penyalaan listrik pertama bagi pelanggan dalam program listrik ped

  • Minggu, 30 Jul 2017 08:20

    Rakernas Muhammadiyah di Yogyakarta, Ini 'Oleh-oleh' untuk Warga Labura

    Sekretaris Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pimpinan Daerah Muhammadiyah Labuhanbatu Utara, Parlindungan Sianipar MPd menyampaikan hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Majelis Pendid

  • Selasa, 25 Jul 2017 16:35

    Kuasa Hukum korban pertanyakan niat penyidik Polsek Firdaus

    November Zebua, SH, MH, selaku kuasa hukum karyawan PT. Lonsum, yang menjadi terlapor di Polsek Firdaus kabupaten Serdang Bedagai Sumut terkait hutang piutang dengan seorang pelapor, yang disebut seba

  • Jumat, 21 Jul 2017 23:51

    Sidang Paripurna Istimewa HUT ke-9 Kabupaten Labura

    Bupati Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) H. Kharuddinsyah Sitorus, SE Bupati Kabupaten Labuhanbatu Utara, Drs Ali Tambunan Ketua DPRD Kabupaten Labuhanbatu Utara, H. Selamat Arifin Ketua DPRD Kabup

  • Jumat, 21 Jul 2017 21:21

    Peringatan HUT Kabupaten Labura diwarnai aksi unjuk rasa

    Ratusan massa Satuan Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (SAPMA PP) melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor DPRD Labuhan Batu Utara (Labura), tepatnya di jalan Serma Ahmad Khazali Sinaga No. 21 Aek Kanopan pada Juma'at (21/7).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak