Selasa, 17 Jul 2018 10:48
  • Home
  • Hukum & Keamanan
  • Hasil Tim Operasi Pemulihan Hutan Lindung Prov Sumut di Leidong Tidak Maksimal

Hasil Tim Operasi Pemulihan Hutan Lindung Prov Sumut di Leidong Tidak Maksimal

LABUHANBATU UTARA (utamanews.com)
Oleh: Darwin Marpaung
Sabtu, 15 Jul 2017 11:15
Dok
Alat berat milik tim gabungan sejumlah instansi di pemprov Sumut ini terpuruk di lokasi penindakan, di kawasan hutan lindung.
Pencapaian tim operasi pemulihan kawasan hutan lindung Provinsi Sumatera Utara di Desa Simandulang dan Kelurahan Tanjung Leidong Kecamatan Kualuh Leidong Kabupaten Labura dinilai tidak maksimal.

Pasalnya, kawasan hutan lindung yang berhasil disterilkan dari tanaman kelapa sawit diperkirakan hanya seluas tiga puluh hektar. Ditambah lagi benteng penahan air asin yang direncanakan akan dijebol belum juga terealisasi. 

Diduga, hal ini akibat dua unit alat berat back hoe terpuruk saat beroperasi, bahkan satu di antaranya sudah terpuruk sejak hari pertama operasi.

Kabid Perlindungan Hutan Provinsi Sumatera Utara selaku Ketua Tim Operasi Ir. Yuliani Siregar MAP saat dikonfirmasi, mengakui hasil operasi tim nya yang tidak maksimal dan tidak berjalan lancar, dikarenakan kedua alat berat back hoe terpuruk.

"Iya terhambat karena alat berat kita pun terpuruk," ucapnya.

Saat ditanya mengenai luas kawasan hutan yang sudah dipulihkan, menurutnya, operasi timnya, khususnya penebangan pohon kelapa sawit belum bisa ditafsir seberapa luasnya. Namun untuk penjebolan benteng penahan air asin katanya akan tetap dilakukan agar tanaman kelapa sawit yang belum ditebang akan mati akibat air laut. 

"Belum bisa diukur pula berapa hektar luasnya yang sudah dipulihkan," tandasnya sambil menyatakan bahwa ke depannya operasi pemulihan tetap akan dilakukan secara bertahap.

Pasca operasi ini, sambungnya, pihaknya akan melakukan pengamanan melalui UPT KPH wilayah III bekerjasama dengan aparat penegak hukum setempat sebelum merehabilitasi kawasan hutan sesuai fungsinya.

Ditambahkannya, sesuai Surat Perintah Tugas, batas waktu tim operasi terpadu Provsu sebanyak 70 orang yang terdiri dari gabungan personil Dishut Provsu, BPKH Wilayah I Medan, TNI AD, SatBrimob, Kepolisian dari Polsek Kualuh Leidong dan unit Tipiter Polres Labuhan Batu dan Poldasu, Satpol PP, Kejaksaan, BPN, GAKHUM ditambah aparat pemerintah setempat untuk melakukan pemulihan kawasan hutan lindung seluas 1.300 hektar di Desa Simandulang dan Kelurahan Tanjungleidong selama 5 hari, terhitung dari Senin tanggal 10 hingga kemarin, Jumat 14 Juli 2017.


Bentuk pemulihan kawasan hutan berupa penebangan pohon kelapa sawit dan menjebol benteng penahan air asin menggunakan dua unit alat berat back hoe dan 5 unit mesin gergaji serta pemasangan plank tanda kawasan hutan lindung dan penanaman bibit pohon bakau.

Sementara itu, sesuai amatan UTAMANEWS, dalam pelaksanaan operasi pemulihan, tim terpadu Provsu melakukan eksekusi selama 3 hari dimulai dari Selasa tanggal 11 hingga Kamis 13 Juli 2017. Sedangkan di hari terakhir, yakni Jumat (14/7), operasi sudah berhenti bahkan sebahagian anggota tim sudah ada yang kembali, dan yang tinggal hanya pihak Dinas Kehutanan bersama aparat setempat untuk mengeluarkan kedua alat berat back hoe yang terpuruk di lokasi.

Kawasan hutan lindung yang disterilkan/dipulihkan dari tanaman kelapa sawit diperkirakan hanya mencapai kurang lebih seluas 30 hektar. Bibit pohon bakau sebanyak 5.000 biji sudah ditanami serta 50 papan plank tanda kawasan hutan lindung sudah terpasang di lokasi. 

Namun, tembok penahan air asin yang direncanakan akan dijebol belum terealisasikan.

Editor: Sam

T#g:Dishutlaburaecek-ecekecek ecekHutan
Berita Terkait
  • Kamis, 12 Jul 2018 19:02

    Ratusan Warga Desa Sialang Taji Demo di Kebunan Sawit PT. LWI (Sinar Mas Group)

    Ratusan Warga Desa Sialang Taji Kecamatan Kualuh Selatan Labura, melakukan aksi demo di lokasi perkebunan PT. Leidong Weist Indonesia (PT. Sinar Mas Group), Kamis (12/7/2018).Adapun tuntutan para pese

  • Kamis, 14 Jun 2018 21:44

    Jabat 2 Periode, Bang Sihar Harap Bupati Labura Tidak Lupa Hubungan Marga Sitorus

    Kedatangan Bang Sihar Sitorus Sebagai Cawagubsu Paslon Nomor Urut 2 DJOSS di Kecamatan Merbau mendapat sambutan ratusan masyarakat maupun relawan DJOSS. Dalam kesempatan tersebut, selain memperkenalka

  • Rabu, 13 Jun 2018 15:43

    Warga Jambi Ucapkan Terimakasih pada Jokowi, Perjalanan Mudik Ramai dan Lancar ke Labura

    Pemudik pada H-3 Jelang Perayaan Idul Fitri 2018 tampak meramaikan Jalan Lintas Sumatera Sepanjang Jalan Kabupaten Labuhanbatu Utara.

  • Sabtu, 19 Mei 2018 17:09

    Aktivis Hukum Aek Kuo: Saya Berangkat Ke Jakarta Temui Bos Sinarmas Grup

    Sejumlah permasalahan antara Perkebunan PT. Smart, Tbk Padang Halaban dengan masyarakat, seperti tidak kunjung habisnya. Dimulai dari ingkarnya pihak perkebunan untuk melaksanakan hasil kesepakatan be

  • Senin, 30 Apr 2018 23:10

    Djarot Ceritakan Kasus Gatot Pujo Nugroho Di Labura

    Djarot Saiful Hidayat mengaku heran saat mengetahui Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) yang masa itu gubernurnya dijabat Gatot Pujo Nugroho, mengajukan pinjaman ke pihak swasta. Padah

  • Rabu, 28 Mar 2018 04:28

    Hutang Indonesia Untuk Kebutuhan Produktif

    Berita tentang semakin membengkaknya utang negara membuat rakyat khawatir dan resah. Belakangan ini berbagai pendapat mengenai permasalahan ini santer diperbincangkan. Para pengamat di bidang ekonomi

  • Kamis, 18 Jan 2018 10:08

    Dandim 0824 dan Kapolres Penghijauan Di Lahan Perhutani Jember

    Masyarakat sekitar hutan bekerjasama dengan Kodim 0824 dan Polres Jember melaksanakan penghijauan yang digagas oleh Perhutani Jember, di lapangan Desa Slateng Kec Ledokomno Kab Jember, Rabu (17/1).Aca

  • Sabtu, 23 Des 2017 14:53

    Doni Pajar Nugraha Juara Umum di SMA Negeri 1 Kualuh Selatan

    Doni Pajar Nugraha, Kelas XII IPA l, meraih Juara Umum di SMA Negeri 1 Kualuh Selatan TA 2017 Semester Ganjil​.

  • Kamis, 21 Des 2017 11:21

    MoU antara Puskesmas, Camat dan Koramil dalam program "Stop BABS"

    Mayor Inf. T. Hasibuan Koramil 01/Ak, Serka Erwin J. Koptu Marsen Sirait, Kepala Puskesmas UPTD Gunting Saga dr. Hj. Tunnisa Raudah, M. Kes., Camat Kualuh Selatan H. Samsul Tanjung, ST , MH., menghadi

  • Senin, 18 Des 2017 22:28

    BPN Rantau Prapat: Pengurusan Sertifikat Tanah Melalui Program PTSL Gratis

    Efendi Batu Bara Kepala Pendaftaran Tanah Sistem Lengkap (PTSL) BPN Rantau Prapat diwakili oleh Marwansyah Ritonga, mengungkapkan bahwa tidak ada pengutipan untuk pembuatan sertifikat tanah melalui Pr

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak