Sabtu, 18 Agu 2018 16:01

Gunakan Sistem Canggih Pertama di Indonesia

Gubsu Puji Karantina Ikan Bandara Kualanamu

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Sam/rls
Selasa, 13 Feb 2018 22:53
Humas Pemprov Sumut
Tengku Erry saat menerima Kepala Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu Medan I

Gubsu Tengku Erry Nuradi mengapresiasi terobosan Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu (BKIPM) Bandara Kualanamu yang melakukan modernisasi sistem pengawasan dan pelayanan secara terintegrasi.

"Dengan sistem canggih berbasis x-ray dan warehouse pertama di Indonesia tersebut diharapkan meningkatkan sistem pengawasan," ucap Tengku Erry saat menerima Kepala Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu Medan I, di ruang kerja Gubsu Lt. 10 Kantor Gubsu di Medan, Senin (12/2/2018).

"Saya mengapresiasi BKIPM Bandara Kualanamu yang  telah melakukan modernisasi dengan melengkapi sistem pengawasan dan pelayanan secara terintegrasi berbasis warehouse," ucap Erry lagi.

Dikatakan Gubsu Errry, fungsi pengawasan di bandara akan semakin optimal dengan moderinasi sistem pengawasan terintegrasi yang dilakukan karantina ikan Bandara Kualanamu. Misalnya, menurut informasi bahwa banyak baby lobster yang merupakan hasil pembenihan di Sumatera Utara yang di ekspor keluar negeri dan dibesarkan di luar negeri.

"Padahal pembenihannya ada di dalam negeri, mestinya pembenihan dan pembesarannya ada di dalam negeri. Yang merupakan nilai tambah untuk dalam negeri. Demikian hal-hal seperti ini yang memerlukan pengawasan," ujar Erry yang didampingi Kadis Perhubungan Provsu Anthony Siahaan, mewakili Kadis Kanla Provsu pejabat Eselon III Dinas Kanla Provsu dan Kabag Humas Biro Humas dan Keprotokolan Setdaprovsu Indah Dwi Kumala.



Hadir dalam kesempatan itu  Ka. Subbag Tata Usaha BKIPM Medan I Heni Ramadhani, SE dan Ka. Seksi Pengawasan Pengendalian dan Informasi.

Dikatakan Gubsu, dalam rangka menunjang Sumatera Utara menjadi salah satu tujuan wisata dan perdagangan internasional, diperlukan beberapa fasilitas-fasilitas di bandara seperti imigrasi dan karantina yang modern. "Karantina telah melakukan itu, dan merupakan yang pertama di Indonesia. Diharapkan dapat menjadi contoh bagi provinsi-provinsi lainnya," sebut Erry.

Kepala Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu BKIPM B Medan I Anwar mengatakan bahwa Balai Karantina Ikan Medan I akan melaunching sistem pengawasan, pelayanan dan pemeriksaan produk karantina ikan yang berbasis warehouse dan x ray. "Sistem ini menggunakan teknologi dan terintegrasi dengan semua lini untuk memodrenisasi sistem pemeriksaan yang selama ini dilakukan secara manual," ujarnya.

Dikatakannya dengan sistem yang akan dilauncing ini akan menimbulkan efisiensi yang sangat tinggi terhadap distribusi produk khususnya perikanan yang akan di lalu lintaskan melalui Bandara Kualanamu.

Selain itu lanjut Anwar dengan terintegrasinya x-ray daripada Avsec Kualanamu dengan monitor karantina ikan. Sehingga bagasi-bagasi ataupun tentengan bawaan penumpang yang akan melalui Bandara Kualanamu akan mampu dideteksi juga oleh karantina yang melalui x-ray dan avsec AP II.

Selain itu juga Karantina Ikan juga berhasil mengkoneksikan dengan x-ray bea cukai Kualanamu. Sehingga penumpang-penumpang yang datang dari luar negeri dapat dideteksi karantina ikan. "Dengan terintegrasinya sistem ini dengan semua lini akan membuat pekerjaan ini menjadi lebih efisien. Diharapkan ini akan meningkatkan pelayanan bagi penumpang yang masuk dan keluar melalui Bandara KUalanamu," ujar Anwar seraya berharap agar Bapak Gubsu dapat melaunching sistem tersebut dalam waktu dekat ini.
Editor: Tommy

T#g:dishubKNIAKarantina
Berita Terkait
  • Kamis, 02 Agu 2018 11:22

    Kantor Bea Cukai Kualanamu Ikuti Lomba Gender Mainstreaming

    Kantor Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Kualanamu satu-satunya yang mewakili Kanwil DJBC Sumatera Utara untuk ikut lomba Kantor Pelayanan terbaik dan lomba implementasi pengarusutamaan gender (gender

  • Rabu, 01 Agu 2018 14:31

    Bawa 4Kg Sabu Berbungkus Kacang Garuda, Warga Sulawesi Ditangkap di Bandara

    Modus baru menyeludupkan Narkoba melalui bandara ketangkap oleh petugas kepolisian Polrestabes Medan, Selasa malam (31/7/2018).

  • Jumat, 27 Jul 2018 07:17

    Plt Bupati Labuhanbatu: Ini adalah hari pertama saya melepas calon Jama'ah Haji

    "Hari ini adalah hari pertama saya mengikuti pelepasan calon jema'ah haji Kabupaten Labuhanbatu dan hari ini cukup bersejarah bagi diri saya. Untuk itu saya ingatkan kepada para calon jema'a

  • Senin, 16 Jul 2018 16:16

    Kapolsek AKP Bambang Tarigan Jalin Sinergisitas dengan Koramil Beringin

    Pekan pertama bertugas, Kapolsek Beringin AKP Bambang H Tarigan SH MH mengunjungi Koramil Beringin, Kamis lalu.

  • Kamis, 12 Jul 2018 10:02

    8.466 Jemaah Calhaj Akan Berangkat Melalui Bandara Kualanamu

    PT Angkasa Pura (AP) II sebagai pengelola Bandara Kualanamu menyatakan siap melayani 8.466 calon jemaah haji embarkasi Medan yang akan berangkat melalui Bandara Kualanamu yang dijadwalkan berangkat mulai 22 Juli 2018.

  • Senin, 25 Jun 2018 09:55

    Polisi Tetapkan 4 Tersangka Kecelakaan Kapal di Danau Toba, Ini Peranannya

    Polda Sumut menetapkan Nahkoda, 2 Kepala Pos di Simanindo, dan Kabid ASDP jadi tersangka pada kecelakaan maut yang mengakibatkan seratusan penumpang hingga kini belum ditemukan.Kapolda Sumut Irjen Pol

  • Jumat, 22 Jun 2018 13:12

    Antrian Pintu Keluar Bandara Kualanamu Mulai Padat

    Arus balik lebaran Idul Fitri 1439 H, terlihat antrian panjang kenderaan roda empat di pintu keluar Bandara Kualanamu. Hal ini sangat dikeluhkan para pengguna jasa. Apa lagi petugas dituding kurang begitu cepat melakukan penanganan.

  • Selasa, 12 Jun 2018 16:22

    Ban Pesawat Garuda Indonesia Pecah di Bandara

    Pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 190 mengalami pecah ban sebelah kiri saat mendarat (landing) di Run Way 05 Bandara Kualanamu pada Senin (11/06/2018).

  • Senin, 04 Jun 2018 19:24

    Tangan Bocah Tiga Tahun Terjepit Eskalator di Bandara Kualanamu

    Pengunjung dan penumpang pesawat Bandara Kualanamu, kembali dihebohkan jeritan tangis seorang anak balita Aufa Rizal Arif (3), anak dari Syahliana (34) warga Kabupaten Serdang Bedagai.

  • Minggu, 03 Jun 2018 17:13

    Pos Pelayanan Terpadu Dibangun di Bandara Kualanamu

    PT Angkasa Pura (AP) II sebagai pengelola Bandara Kualanamu terus mengebut perbaikan sejumlah fasilitas termasuk mendirikan pos layanan terpadu tepat di depan pintu keluar masuk terminal.Selain itu, p

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak