Rabu, 20 Sep 2017 14:26

Dugaan Pemotongan Dana BOS Tingkat SD Kab. Nias Selatan

Nias (UtamaNews.com)
Oleh: Putra/Lison
Kamis, 14 Sep 2017 13:14
Dibaca: 75 kali
Dok
Ilustrasi kegiatan di Sekolah Dasar

Isu terjadinya pemotongan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) pada tingkat Sekolah Dasar (SD) di lingkup Dinas Pendidikan Nias Selatan, Provinsi Sumatera Utara, dibantah oleh Kepala Bidang (Kabid) SD Dinas Pendidikan Nias Selatan, Yudika Duha. 

Yudika menjelaskan, Dinas Pendidikan tidak pernah melakukan pemotongan dana Bantuan Operasinal Sekolah seperti informasi yang beredar. 

"Setiap pencairan dana BOS bukan dilakukan secara manual. Informasi pemotongan dana BOS tersebut tidak benar, itu semua berita bohong. Pencairan Dana Bantuan Operasinal Sekolah itu dilakukan dengan mentransfer ke rekening sekolah, bukan secara manual. Jadi sangat aneh ketika ada kepala sekolah mengatakan adanya pemotongan," tutur Yudika Duha saat ditemui oleh media di ruang kerjanya kemarin.

Kata Yudika Duha, pada pencairan Dana BOS adanya pemotongan dana 20 Persen digunakan untuk pembenahan perpustakaan, termasuk di dalamnya pembelian buku bacaan, buku referensi dan penataan ruang perpustakaan.

"Itu sesuai dengan Juknis Dana BOS tahun 2017", jelas Yudika

Sementara dari informasi yang dihimpun, setiap pencairan Dana BOS dipotong sebesar Rp5 Juta. Di sisi lain para Kasek diwajibkan pembelian buku sesuai petunjuk Dinas Pendidikan. 

Hal tersebut disampaikan salah seorang Kepala Sekolah Dasar yang tak ingin disebut identitasnya. "Kami membeli buku itu sesuai dengan petunjuk dari Dinas Pendidikan", ujarnya saat dikonfirmasi beberapa waktu lalu

Selain itu, diduga pembelian buku tidak sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET).

Editor: Budi

T#g:BOSDiknasNiselpungli
Berita Terkait
  • Sabtu, 16 Sep 2017 13:46

    Bobby Dalimunthe: Jangan sebut siswa siluman

    Kisruh Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) belum menemukan solusi pasti.Rekomendasi Ombudsman RI perwakilan Sumatera Utara untuk meminta orang tua siswa PPDB no online agar memindahkan anak mereka ke

  • Jumat, 15 Sep 2017 19:05

    Pererat Kerjasama Antar Kepala Daerah Kepulauan Nias Lewat Kegiatan Menembak

    Pada Selasa (12/9/2017) yang lalu, berlangsung kegiatan latihan menembak yang dilaksanakan di lapangan tembak Mako Lanal Nias.

  • Jumat, 15 Sep 2017 10:05

    Sumut Kucurkan Rp7,3 Miliar Dorong Produksi Pangan Nias

    Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) terus mendorong peningkatan produksi tanaman pangan di Kepulauan Nias dalam rangka mewujudkan swasembada.

  • Kamis, 14 Sep 2017 19:04

    Pembangunan Jalan Lahusa Gomo, PPK Ancam Putus Kontrak PT Netral Lindo

    Terkait pembangunan Jalan Lahusa Gomo Nias Selatan yang sampai saat ini belum juga dikerjakan oleh pihak rekanan (PT Netral Lindo Jaya Mandiri) sebagai pemenang tender.

  • Kamis, 14 Sep 2017 13:54

    Yanuhati Senang Rumahnya Direnovasi dan Diresmikan Tengku Erry

    Yanuhati Buulolo, seorang ibu penerima bantuan bedah rumah dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara  tak bisa menyembunyikan kebahagiaannya.

  • Kamis, 14 Sep 2017 15:44

    Tengku Erry Kagumi Paduan Suara SMA Negeri Teluk Dalam

    Ada yang menarik dalam rangkaian puncak acara Hari Keluarga Nasional Tingkat Provinsi Sumut yang dilaksanakan di Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Rabu (13/9/2017) sore.

  • Kamis, 14 Sep 2017 08:24

    Harganas di Nias Selatan, Gubsu: Keteladanan Keluarga Bangun Karakter Bangsa

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengajak semua pihak ikut menyukseskan Program Keluarga Berencana (KB) di Sumatera Utara agar setiap keluarga bisa hidup secara layak dengan kualitas  hidup yang baik. De

  • Rabu, 13 Sep 2017 07:33

    Sering Bolos di Paripurna, DPRD Sumut Desak Arsyad Lubis Dievaluasi

    Beriringan dengan mencuatnya tiga ratusan siswa SMA Negeri favorit di kota Medan yang masuk melalui jalur ilegal sehingga memunculkan "kelas siluman", Arsyad Lubis selaku Kepala Dinas Pendidikan Provi

  • Senin, 04 Sep 2017 05:44

    Tim Saber Pungli Diminta Awasi Proyek Lift RS Haji Medan

    Indra Sanjaya, Direktur Komunitas Indonesia Bersih (KIB) meminta Tim Saber Pungli untuk mengawasi proses tender pengadaan barang dan jasa di Rumah Sakit Haji Medan, khususnya pengadaan pemasangan lift

  • Jumat, 01 Sep 2017 17:51

    Pekerja Tower SUTT PLN hilang di Toma, Nias Selatan

    Sumindar (30), hilang karena diduga terbawa arus saat mandi di Pantai Buaya Desa Hilindraso Kecamatan Toma Kabupaten Nias Selatan, Rabu sore (30/8).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak