Rabu, 22 Nov 2017 09:08

Diincar sejak dari bank, Davidson tewas kena tembak di kepala

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Bayu
Minggu, 23 Jul 2017 11:43
Dibaca: 324 kali
Humas Polda Metro Jaya
Polisi menggelar rekonstruksi perampokan yang mengakibatkan tewasnya Davidson, Sabtu (22/7).
Perampokan sadis di SPBU Daan Mogot pada Jumat maut, (9/6/2017) yang menewaskan Davidson Tantono, 31 tahun, direkonstruksi oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, kemarin, Sabtu (22/7).

Dalam rekonstruksi untuk melengkapi berkas pemeriksaan itu, diperagakan 34 adegan.

"Ada 34 adegan di 6 tempat kejadian perkara, mulai dari bank kemudian traffic light SPBU, kemudian di tol dan di apartemen tempat pelaku berdomisili," kata Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, AKBP Didik Sugiharto, saat memimpin rekonstruksi di SPBU Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat.

Dari tujuh tersangka yang diamankan, hanya empat pelaku yang dihadirkan. Mereka adalah DTK, NFR, TP, dan M. 

Dua pelaku SFL dan IR tidak dilibatkan karena telah meninggal dunia akibat ditembak petugas setelah berusaha melawan saat dibekuk. Sedangkan RCL, kekasih SFL, tidak diikutkan karena dinilai tidak terlibat dari rentetan peristiwa kajadian dan hanya berperan menyewakan apartemen.

Adegan dimulai dari Bank BCA Green Garden, Kedoya, Jakarta Barat, ketika Davidson mengambil uang Rp350 juta dan di sana ia dijadikan target korban oleh pelaku yang berperan sebagai mata-mata.

"Beberapa tersangka dalam adegan tampak ada yang masuk mengamati korban," kata AKBP Didik.

Setelah terpilih menjadi target, tersangka DTK sebagai mata-mata menghubungi SFL, sang kapten, untuk selanjutnya diinformasikan kepada TP alias TOP untuk melakukan penggembosan ban mobil korban menggunakan paku dari besi payung yang telah dimodifikasi dan ditancapkan pada sandal dan ditaruh di bawah ban mobil korban saat berhenti di lampu merah.

Sehingga saat mobil dijalankan maka dengan seketika ban akan bocor. Selanjutnya ada pelaku lain yang langsung berperan memberitahu tahu korban bahwa bannya bocor. Namun, Davidson tidak menghentikan mobilnya dan mencari tempat ramai yang dianggap aman, yakni SPBU 34-11712, Daan Mogot untuk tambal ban.

Dari rekontruksi yang dilakukan terlihat Davidson duduk di bangku depan sisi kiri kemudi menghadap keluar memperhatikan Adi petugas tambal ban sembari menelepon. Selesai menambal, tiba-tiba datang pelaku dari pintu sisi kemudi membuka pintu dan mengambil tas berisi uang Rp350 juta yang baru diambilnya.

Davidson berusaha mengejar pelaku namun dihalangi tersangka lain yang berada di depan mobilnya, Davidson melawan dengan mendorong pelaku hingga tersungkur. Ia langsung menghampiri pelaku yang mengambil tasnya dan berusaha mempertahankan tas.

Sempat terjadi tarik menarik antara perampok dan korban, kemudian senjata api ditembakkan dalam jarak satu meter. 

"Saya awalnya mau menghampiri membantu tapi takut dan segera bersembunyi di situ (menunjuk kios tambal ban)," tutur Adi, saksi, sembari menyebut bahwa dirinya masih trauma dan terbayang-bayang peristiwa itu.

Akibat tembakan itu seketika Davidson tersungkur dengan darah segar mengalir dari kepalanya akibat ditembak Safril sang kapten sekaligus eksekutor.

Kepada wartawan, Adi menyebut dua pelaku sempat duduk di antara dirinya, korban, dan tiga ojek online yang sedang antri nambal ban, ia pun mengaku tidak curiga dengan gerak-gerik pelaku.

"Setelah menembak, mereka berempat pergi dengan dua motor berboncengan," beber AKBP Didik.

AKBP Didik menjelaskan, rangkaian rekontruksi untuk melengkapi berkas penyidikan agar segera diserahkan ke jaksa untuk disidangkan. 

Sementara itu, masih ada tujuh pelaku yang masih buron. Namun, identitas dan tempat persembunyiannya sudah dikantongi, untuk itu ia meminta agar pelaku menyerahkan diri jika tidak ingin bernasib sama dengan dua rekannya yang ditembak mati.

"Semoga berkas ini cepat selesai dan lengkap. Pelaku lain sudah kami ketahui keberadaanya, mudah-mudahan segera kami tangkap atau mereka menyerahkan diri," harap AKBP Didik.

Editor: Budi

T#g:SPBUsenpitragis
Berita Terkait
  • Sabtu, 04 Nov 2017 06:34

    Polisi Amankan Warga Padang Bolak, Paluta, Pemilik Senpi Rakitan

    Penganten Hasibuan, 45 tahun, warga dusun Sigama kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), diamankan aparat Reskrim Polres Tapsel, karena memiliki senjata api (Senpi) tanpa ijin.In

  • Kamis, 02 Nov 2017 20:32

    Avsec Kualanamu Amankan Purnawirawan Jenderal Bawa Senpi Tanpa Dilengkapi Surat

    Tokoh Sumatera Utara, RT (67), terpaksa harus berurusan dengan petugas keamanan (Avsec) Bandara Kualanamu.

  • Sabtu, 14 Okt 2017 21:54

    Prajurit TNI Dukung Pelaksanaan DDR di Republik Afrika Tengah

    Para personel Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang tergabung dalam Minusca (Multi-Dimensional Integrated Stabilization Mission in Central African Republic) melaksanakan kegiatan Disarmament, Demobili

  • Sabtu, 23 Sep 2017 16:03

    Pemancing Ikan Temukan Mayat Bayi di Sungai Belumai

    Para pemancing di Sungai Belumai, Dusun III A, Desa Limau Manis, Kecamatan Tanjung Morawa mendadak heboh. Salah seorang pemancing menemukan sosok mayat bayi berjenis kelamin laki-laki tersangkut di ra

  • Selasa, 12 Sep 2017 07:02

    PTPN 3: Kami Tidak Lakukan Pemecatan Sepihak

    Menanggapi isu yang beredar di kalangan para karyawan tentang adanya pemecatan sepihak, PTPN III yang diwakili Kepala Biro Sekretariat Junaidi SP dan Amelia Nasution Kepala Bagian SDM melakukan klarif

  • Rabu, 30 Agu 2017 11:20

    Pria 56 tahun ini tewas di hotel usai kencan

    Seorang pria berusia 56 tahun tewas di Kamar A 53 Hotel Surya Indah, Jalan Medan Binjai Km 14, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, dinihari tadi, Rabu (30/8) pukul 02:30 wib.Pria berinisial MN

  • Sabtu, 26 Agu 2017 08:06

    Polisi berhasil amankan 4 pelaku perampokan SPBU di Humbahas

    Aparat kepolisian berhasil meringkus 4 tersangka perampokan SPBU Pollung Humbahas, yakni TM (41), warga Siborong-borong, Desa Hariara Silaban, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), GS (50), warga Lingkung

  • Sabtu, 26 Agu 2017 08:36

    6 Koramil Kecamatan Pulau terima Logistik Senjata dari Kodim 1415

    Dandim 1415 Kepulauan Selayar, Sulawesi-Selatan Letkol ARM Yuwono, S.Sos memastikan akan menindaklanjuti aspirasi dan permintaan Danramil dan Babinsa di lima wilayah kecamatan pulau yang minta diperse

  • Senin, 07 Agu 2017 13:47

    Pembunuhan sadis di Kota Bangun Darat Medan Deli

    Masyarakat dihebohkan dengan peristiwa pembunuhan sadis terhadap Dedi Wiyono, 36 tahun, di jalan ke pabrik tahu di Kota Bangun Darat Medan Deli, pagi tadi, Senin (7/8/2017), sekira pukul 08.00 WIB.

  • Sabtu, 05 Agu 2017 14:45

    Belum ada tersangka kasus pria dibakar hidup-hidup di Musala

    Polisi sudah memeriksa 10 saksi kasus pria dibakar hidup-hidup di Bekasi.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak