Sabtu, 18 Agu 2018 11:39

Diincar sejak dari bank, Davidson tewas kena tembak di kepala

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Bayu
Minggu, 23 Jul 2017 11:43
Humas Polda Metro Jaya
Polisi menggelar rekonstruksi perampokan yang mengakibatkan tewasnya Davidson, Sabtu (22/7).
Perampokan sadis di SPBU Daan Mogot pada Jumat maut, (9/6/2017) yang menewaskan Davidson Tantono, 31 tahun, direkonstruksi oleh Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, kemarin, Sabtu (22/7).

Dalam rekonstruksi untuk melengkapi berkas pemeriksaan itu, diperagakan 34 adegan.

"Ada 34 adegan di 6 tempat kejadian perkara, mulai dari bank kemudian traffic light SPBU, kemudian di tol dan di apartemen tempat pelaku berdomisili," kata Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, AKBP Didik Sugiharto, saat memimpin rekonstruksi di SPBU Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta Barat.

Dari tujuh tersangka yang diamankan, hanya empat pelaku yang dihadirkan. Mereka adalah DTK, NFR, TP, dan M. 

Dua pelaku SFL dan IR tidak dilibatkan karena telah meninggal dunia akibat ditembak petugas setelah berusaha melawan saat dibekuk. Sedangkan RCL, kekasih SFL, tidak diikutkan karena dinilai tidak terlibat dari rentetan peristiwa kajadian dan hanya berperan menyewakan apartemen.

Adegan dimulai dari Bank BCA Green Garden, Kedoya, Jakarta Barat, ketika Davidson mengambil uang Rp350 juta dan di sana ia dijadikan target korban oleh pelaku yang berperan sebagai mata-mata.

"Beberapa tersangka dalam adegan tampak ada yang masuk mengamati korban," kata AKBP Didik.

Setelah terpilih menjadi target, tersangka DTK sebagai mata-mata menghubungi SFL, sang kapten, untuk selanjutnya diinformasikan kepada TP alias TOP untuk melakukan penggembosan ban mobil korban menggunakan paku dari besi payung yang telah dimodifikasi dan ditancapkan pada sandal dan ditaruh di bawah ban mobil korban saat berhenti di lampu merah.

Sehingga saat mobil dijalankan maka dengan seketika ban akan bocor. Selanjutnya ada pelaku lain yang langsung berperan memberitahu tahu korban bahwa bannya bocor. Namun, Davidson tidak menghentikan mobilnya dan mencari tempat ramai yang dianggap aman, yakni SPBU 34-11712, Daan Mogot untuk tambal ban.

Dari rekontruksi yang dilakukan terlihat Davidson duduk di bangku depan sisi kiri kemudi menghadap keluar memperhatikan Adi petugas tambal ban sembari menelepon. Selesai menambal, tiba-tiba datang pelaku dari pintu sisi kemudi membuka pintu dan mengambil tas berisi uang Rp350 juta yang baru diambilnya.

Davidson berusaha mengejar pelaku namun dihalangi tersangka lain yang berada di depan mobilnya, Davidson melawan dengan mendorong pelaku hingga tersungkur. Ia langsung menghampiri pelaku yang mengambil tasnya dan berusaha mempertahankan tas.

Sempat terjadi tarik menarik antara perampok dan korban, kemudian senjata api ditembakkan dalam jarak satu meter. 

"Saya awalnya mau menghampiri membantu tapi takut dan segera bersembunyi di situ (menunjuk kios tambal ban)," tutur Adi, saksi, sembari menyebut bahwa dirinya masih trauma dan terbayang-bayang peristiwa itu.

Akibat tembakan itu seketika Davidson tersungkur dengan darah segar mengalir dari kepalanya akibat ditembak Safril sang kapten sekaligus eksekutor.

Kepada wartawan, Adi menyebut dua pelaku sempat duduk di antara dirinya, korban, dan tiga ojek online yang sedang antri nambal ban, ia pun mengaku tidak curiga dengan gerak-gerik pelaku.

"Setelah menembak, mereka berempat pergi dengan dua motor berboncengan," beber AKBP Didik.

AKBP Didik menjelaskan, rangkaian rekontruksi untuk melengkapi berkas penyidikan agar segera diserahkan ke jaksa untuk disidangkan. 

Sementara itu, masih ada tujuh pelaku yang masih buron. Namun, identitas dan tempat persembunyiannya sudah dikantongi, untuk itu ia meminta agar pelaku menyerahkan diri jika tidak ingin bernasib sama dengan dua rekannya yang ditembak mati.

"Semoga berkas ini cepat selesai dan lengkap. Pelaku lain sudah kami ketahui keberadaanya, mudah-mudahan segera kami tangkap atau mereka menyerahkan diri," harap AKBP Didik.

Editor: Budi

T#g:SPBUsenpitragis
Berita Terkait
  • Rabu, 20 Jun 2018 16:20

    Dengan Kesadaran Sendiri, Warga Menyerahkan Munisi Aktif ke Pos Pamtas Satgas Yonif 121/MK

    Hubungan yang telah terbina dengan baik selama ini antara Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG Sektor Utara dari Batalyon Infanteri 121/Macan Kumbang dengan warga di sekitar perba

  • Selasa, 22 Mei 2018 13:12

    Dugaan Solar Campur Air, SPBU By Pass Sirandorung beroperasi seperti biasa

    SPBU No.14.214.255, jalan Adam Malik by pass Lingkungan Al-Huda kel. Sirandorung Kec. Rantau utara Kabupaten Labuhanbatu masih tetap beroperasi seperti biasa setelah insiden dugaan BBM Bio Solar yang

  • Kamis, 17 Mei 2018 07:37

    SPBU By Pass Sirandorung, Labuhanbatu, Diduga Jual Solar Bercampur Air, Sejumlah Truk Mogok

    SPBU No. 14.214.255, yang berada di jalan baru by pass, lingkungan Al-Huda kelurahan Sirandorung, kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu di-komplain sejumlah supir truck karena BBM solar yang me

  • Senin, 09 Apr 2018 19:09

    Federasi SP Bun Lantik Pengurus SP Bun PTPN III (Persero) Periode 2018-2022

    Federasi Serikat Pekerja Perkebunan (FSP Bun) melantik kepengurusan Serikat Pekerja Perkebunan (SP Bun) tingkat perusahaan PTPN III (Persero) Periode 2018 s.d 2022, di Hotel Four Point Medan, Jumat (6/4/2018).

  • Rabu, 14 Mar 2018 23:44

    Ketua Umum FSP Bun, Tuhu Bangun: "Selesaikan dengan Arif & Bijaksana"

    Terkait informasi adanya dualisme organisasi Serikat Pekerja di PTPN III (Persero), Federasi Serikat Pekerja Perkebunan (FSP Bun), mengunjungi Kantor PTPN III (Persero) dalam rangka verifikasi untuk m

  • Kamis, 22 Feb 2018 20:32

    Tio Handoko, Ketum SP Bun PTPN III 2018-2022

    Tio Handoko terpilih dan dikukuhkan menjadi Ketua Umum SP Bun PTPN III (Persero) pada Musyawarah Luar Biasa Serikat Pekerja Perkebunan Tingkat Perusahaan (MUSLUBSERJATIP) PTPN III (Persero) di Gedung

  • Rabu, 14 Feb 2018 21:44

    Wawan, Pelaku Pembunuhan Mahasiswa Cantik Di Labuhanbatu

    Pelaku pembunuhan wanita cantik di Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) ternyata motif pembunuhan terhadap Sisa Lestari (19) warga Dusun V Desa Mekar Marjanji, Kecamatan Aek Songsongan, Asahan, terung

  • Jumat, 09 Feb 2018 01:39

    Zona Maritim Timur Bakamla RI Latihan Menembak Bersama Pol Air Polda Maluku

    Dalam meningkatkan sinergitas antar instansi, Kantor Kamla Zona Maritim Timur  Bakamla RI menyelenggarakan latihan menembak bersama Direktorat Polisi Air Polda Maluku di lapangan Tembak SPN Passo

  • Jumat, 12 Jan 2018 14:32

    Gadis 6 Tahun Koma, Diduga Akibat Dianiaya Ibunya

    Siti Aminah, 6 tahun, warga desa Hutaimbaru, Kecamatan Halongonan, Kabupaten Padang Lawas Utara dianiaya oleh Aldi Pratama dan Yusma Delima Rambe yang merupakan orangtua korban.Akibatnya, sang bocah m

  • Senin, 25 Des 2017 17:55

    Astaga. Petugas kebersihan temukan bayi baru lahir di tempat sampah gereja, di mulutnya ada tisu

    Bayi perempuan yang diduga baru lahir ditemukan di tempat sampah di Gereja YHS Latimojong, di sekitar Jalan Gunung Latimojong, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu malam (24/12). Bayi malang ini ditemu

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak