Selasa, 14 Agu 2018 18:20

Fakta Persidangan, Chaeruman Harahap terima 584 ribu dolar AS dan Rp26 miliar dari proyek KTP-e

Chaeruman Harahap bantah aktif urusi proyek e-KTP

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Dehar
Sabtu, 29 Jul 2017 09:37
inilah.com
Chaeruman Harahap
Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyatakan bahwa pada Jumat (28/7/2017), penyidik KPK melakukan pemeriksaan terhadap mantan ketua Komisi II DPR asal fraksi Partai Golkar Chaeruman Harahap.

"Hari ini dilakukan pemeriksaan terhadap Chaeruman Harahap sebagai saksi untuk tersangka SN (Setya Novanto). Penyidik mendalami informasi terkait pertemuan di salah satu hotel di Jakarta, pembicaraan terkait pembahasan dan perubahan anggaran dengan saksi lain yang terkait dan indikasi aliran dana terkait e-KTP," kata Febri di Jakarta, Jumat (28/7/2017).

Chaeruman diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Ketua DPR Setya Novanto yang menjadi tersangka untuk kasus dugaan tindak pidana korupsi KTP-e.

Chaeruman dalam dakwaan mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri Irman dan mantan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK) Kemendagri Sugiharto, disebut sebut menerima sebesar 584 ribu dolar AS dan Rp26 miliar dari proyek KTP-e.

Selain menerima uang, Chaeruman juga secara aktif melakukan pertemuan dengan anggota Komisi II saat itu, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, Sekjen Kemendagri Diah Anggraini, pengusaha Andi Agustinus dan Irman serta Sugiharto dalam merencanakan anggaran KTP-e.

Bahkan Chaeruman yang memperkenalkan Kemendagri dengan pengacara Hotma Sitompul dalam menangani gugatan dalam proyek KTP-e dari peserta tender.

Namun Chaeruman membantah pertemuan itu. "Ooh tidak ada pertemuan, saya barangkali belum ada saat itu," kata Chaeruman seusai diperiksa di gedung KPK.

Chaeruman yang menggantikan Burhanuddin Napitupulu sebagai ketua Komisi II DPR itu juga mengaku hanya bertemu dengan Gamawan saat rapat resmi.

"Kami rapat untuk membicarakannya. Tentu pengajuannya sesuai dengan prosedur pengajuan anggaran, kan salah satu tugas DPR adalah tetapkan anggaran, pemerintah sebelumnyakan konsultasi. Tidak ada pertemuan di luar rapat," tambah Chaeruman.

Sedangkan pembicaraan soal teknis KTP-e dilakukan oleh para pejabat Kemendagri di bawah Mendagri. "Paling sering dengan dirjen, kalau membicarakan anggaran ya dengan sekjen," tambah Chaeruman.

Selain itu, penyidik KPK pada Kamis (27/7/2017) juga menggeledah rumah keponakan Setya Novanto yaitu Irvanto Hendra.

"Pada Kamis, 27 Juli 2017 penyidik melalukan penggeledahan di rumah saksi Irvanto Hendra Pambudi di Kompleks Kelapa Hijau, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Dari penggeledahan disita sejumlah dokumen dan barang bukti elektronik," ungkap Febri.

Dalam kasus ini, Irman dan Sugiharto sudah divonis 7 dan 5 tahun penjara. KPK juga menetapkan tersangka lain dalam perkara ini yaitu mantan Ketua Fraksi Partai Golkar Setya Novanto dan pengusaha Andi Agustinus.

Selain itu ada juga anggota Komisi II dari fraksi Partai Hanura Miryam S Haryani yang sudah menjadi terdakwa dalam kasus memberikan keterangan tidak benar dalam persidangan KTP-E dan anggota DPR dari fraksi Golkar Markus Nari dengan sangkaan sengaja mencegah, merintangi, menggagalkan secara langsung maupun tidak langsung penyidikan, pemeriksaan di sidang KTP-E.

Editor: Budi

T#g:Chaeruman Harahapgolkare-KTPe KTP
Berita Terkait
  • Selasa, 07 Agu 2018 08:57

    Andi Suhaimi Targetkan Golkar Raih 17 Kursi di DPRD Labuhanbatu

    DPD Partai Golongan Karya (Golkar) Kabupaten Labuhanbatu melaksanakan rapat konsolidasi untuk menyongsong Pemilu Legislatif 2019, di aula Golkar, jalan SM Raja Kelurahan Bakaranbatu Kecamatan Rantau Selatan, Senin (6/8/18).

  • Rabu, 25 Jul 2018 11:55

    H Solahuddin Nst Mundur Dari Kepengurusan Partai Golkar Sumut

    H. Solahuddin Nst SE, MS.i Wakil Ketua DPD PartaI Golkar Sumatera Utara secara resmi mengajukan surat pengunduran diri dari kepengurusan Partai Golkar Sumatera Utara.

  • Kamis, 19 Jul 2018 10:49

    Partai Golongan Karya Daftarkan 45 Bacaleg Ke KPUD Labuhanbatu

    Partai Golongan Karya Kabupaten Labuhanbatu, di bawah kepemimpinan H. Andi Suhaimi Dhalimunthe, ST, MT, didampingi Sekjen dan pengurus serta calon anggota legislatif mendaftarkan dan menyerahkan berka

  • Selasa, 10 Apr 2018 05:10

    Jumlah Warga Rekaman KTP-el di Palas Membludak

    Menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2018, yang mensyaratkan setiap warga masyarakat di daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) harus memiliki KTP-el atau surat keteran

  • Minggu, 25 Mar 2018 21:05

    Gadis manis ini ajak pemilih datang ke TPS dan coblos nomor 2

    Calon Gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat mempunyai cara tersendiri memikat calon pemilih pemula menggunakan hak suaranya pada Pilkada serentak di Sumut, 27 Juni 2018 mendatang.Saat silatur

  • Sabtu, 24 Mar 2018 15:34

    Olahraga Bersama, Jokowi dan Airlangga Hartarto Bicara Motor hingga Cawapres

    Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto olahraga bersama di sekitar Istana Bogor pada Sabtu, 24 Maret 2018. Keduanya mulai berjalan kaki sekitar pukul 08.00 WIB."Iya

  • Sabtu, 17 Mar 2018 12:37

    Borsak Mangatasi Nababan Berangkatkan Djarot-Sihar

    Politisi senior Partai Golkar Ir Leo Nababan bersama Punguan Borsak Mangatasi Nababan Kota Medan memberangkatkan pasangan Balon Gubernur Sumatera Utara dan Wakil Gubernur Sumatera Utara H Djarot Saifu

  • Minggu, 04 Feb 2018 20:24

    Diduga Anggota Dewan Palas Garap Proyek Senilai Rp1,6 M Lebih

    Ketua Fraksi Golkar yang disebut-sebut adek kandung Bupati Palas berinisial "AH" diduga menggarap proyek pembangunan jembatan gantung di Desa Tanjung Morang Kecamatan Huristak Kabupaten Padang Lawas.&

  • Rabu, 17 Jan 2018 12:47

    Chairuman Harahap Diperiksa KPK

    Politisi Partai Golkar, Chairuman Harahap memenuhi panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk diperiksa terkait kasus korupsi pada proyek pengadaan e-KTP, Rabu (17/1/2018).Tiba di KPK, mantan

  • Minggu, 31 Des 2017 16:11

    Pilgubsu 2018, Golkar Tak Bisa Cabut Dukungan dari Tengku Erry

    Belakangan ini merebak isu Partai Golkar menarik dukungan dari HT Erry Nuradi di Pilgubsu 2018. Hal itu juga seolah dibenarkan Ketua DPP Golkar Nusron Wahid.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak