Selasa, 24 Okt 2017 14:34

Banjir Rendam Ratusan Rumah di Batubara

Batubara (utamanews.com)
Oleh: Ade Kurniawan
Senin, 18 Sep 2017 05:38
Dibaca: 311 kali
Dok
Banjir mengakibatkan masyarakat Batubara mengalami kesulitan beraktivitas.
Seratusan rumah di Kabupaten Batubara terendam banjir akibat diguyur hujan dan jebolnya tanggul sungai Bahapal (Sungai Suka), sehingga air sungai meluap ke pemukiman warga.

Informasi dihimpun, Minggu (17/9), ratusan rumah yang terendam banjir tersebut berada di Desa Sei Mujur dan Desa Tanjung Seri, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batubara. 

Di dua lokasi tersebut, banjir merendam sedikitnya 150 rumah warga dengan ketinggian hingga satu meter. Banjir mulai merendam pemukiman warga sejak Minggu (17/9) dinihari. Namun hingga Minggu sore, banjir belum juga surut. 

Warga yang rumahnya terendam banjir terpaksa mengungsi dan mengevakuasi perabotan rumah tangga mereka ke tempat yang lebih aman. 

Selain merendam rumah warga, banjir juga merendam sejumlah fasilitas umum seperti Masjid dan Puskesmas. Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batubara dan aparat TNI langsung memindahkan peralatan Puskesmas ke Posko Kesehatan yang dibuat dirumah warga. 

"Banjir disebabkan akibat jebolnya sungai Bahapal (Sungai Suka) sepanjang 10 meter dan saat ini sudah merendam sebanyak 150 rumah di Desa Semujur dan Tanjung Seri," ujar Kepala BPBD Batubara M Nasir, Minggu.

Dia juga menjelaskan, sejauh ini upaya yang dilakukan pihaknya yakni akan segera memperbaiki tanggul yang jebol agar air tidak merembet ke desa lain disekitarnya. 

Saat ini petugas BPBD Batubara sudah mendirikan tenda pengungsin dan dapur umum disekitar lokasi banjir. Alat berat juga tampak diturunkan untuk memperbaiki tanggul yang jebol.

Sementara Amat (30) warga sekitar mengaku kaget dengan banjir yang menimpa rumah mereka.

"Ya kami kaget, air tiba-tiba meluap dan merendam rumah warga dengan begitu cepat sehingga warga harus berusaha menyelamatkan barang-barang didalam rumah agar tidak terendam air," tukasnya.

Editor: Budi

T#g:banjirBatubara
Berita Terkait
  • Minggu, 17 Sep 2017 10:37

    Sekber UI Buka Posko Banjir Pada Malam Hari

    Banjir kembali melanda kota Tebing Tinggi setelah Sabtu siang (16/9), rumah masyarakat sekitar aliran Sei Padang, di beberapa kelurahan terendam air.

  • Sabtu, 16 Sep 2017 02:06

    Tengku Erry Serahkan SK Mendagri untuk Harry Nugroho jadi Plt Bupati Batubara

    Wakil Bupati Batubara RM Harry Nugroho ditetapkan menjadi pejabat pelaksana tugas (Plt) Bupati Batubara.

  • Kamis, 14 Sep 2017 04:54

    Diduga terlibat suap proyek, KPK OTT Bupati Batubara, Sumut

    Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan 7 orang dalam operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Batubara Provinsi Sumatera Utara, Rabu (13/9/2017).Informasi diperoleh menyebutkan, KPK melakukan

  • Selasa, 12 Sep 2017 20:32

    Ratusan Nelayan Batubara Berunjuk Rasa Tolak Pukat Trawl

    Ratusan nelayan yang tergabung dalam Masyarakat Nelayan Tradisional Batubara (MANTAB) menggelar "aksi 129" di Lapangan Bola Kaki Limapuluh jalan Perintis Kemerdekaan Kecamatan Limapuluh Kabupaten Batu

  • Minggu, 03 Sep 2017 22:03

    Diguyur hujan 7 jam, warga Sei Tawar & Gajahmada Rantauprapat kebanjiran

    Beberapa titik di Kota Rantauprapat yang berfungsi sebagai ibu kota kabupaten Labuhanbatu terendam banjir.

  • Jumat, 04 Agu 2017 16:44

    Ditjen Minerba ESDM bina dan awasi Pertambangan di Sulawesi Utara

    Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus memastikan tata kelola subsektor mineral dan batubara semakin efisien.

  • Jumat, 28 Jul 2017 11:28

    Proyek Strategis Nasional Berdampak Positif

    Selain Maritim, Ekonomi dan Pangan, Infrastruktur merupakan salah satu dari fokus arah pembangunan pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo.

  • Sabtu, 15 Jul 2017 09:05

    Wanita asal Batubara ini ketahuan curi perhiasan majikannya

    Polsek Sunggal mengamankan asisten rumah tangga yang melakukan pencurian perhiasan di rumah majikannya, di jalan Bunga Asoka No.39 Kel Asam Kumbang Kec Medan Selayang.Informasi dihimpun, peristiwa ini

  • Rabu, 07 Jun 2017 14:07

    Polres Simalungun Ringkus Jaringan Narkoba dari Penjara Batu Bara

    Kapolres Simalungun, Polda Sumatera Utara, ekspos hasil tangkapan Satuan Reserse Narkoba   yang berhasil meringkus 6 orang komplotan jaringan Narkoba dari penjara di kabupaten Batu Bara.Kapolres

  • Sabtu, 15 Apr 2017 17:20

    174 unit rumah di Aceh Tenggara hilang terbawa arus

    Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa meninjau lokasi banjir dan longsor di Kecamatan Lawe Sigala-gala dan Semadam, Aceh Tenggara, Provinsi Aceh, yang mengalami kerusakan parah akibat bencana, Sabtu (15/4).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak