Sabtu, 20 Jan 2018 18:18

Banjir Rendam Ratusan Rumah di Batubara

Batubara (utamanews.com)
Oleh: Ade Kurniawan
Senin, 18 Sep 2017 05:38
Dibaca: 446 kali
Dok
Banjir mengakibatkan masyarakat Batubara mengalami kesulitan beraktivitas.
Seratusan rumah di Kabupaten Batubara terendam banjir akibat diguyur hujan dan jebolnya tanggul sungai Bahapal (Sungai Suka), sehingga air sungai meluap ke pemukiman warga.

Informasi dihimpun, Minggu (17/9), ratusan rumah yang terendam banjir tersebut berada di Desa Sei Mujur dan Desa Tanjung Seri, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batubara. 

Di dua lokasi tersebut, banjir merendam sedikitnya 150 rumah warga dengan ketinggian hingga satu meter. Banjir mulai merendam pemukiman warga sejak Minggu (17/9) dinihari. Namun hingga Minggu sore, banjir belum juga surut. 

Warga yang rumahnya terendam banjir terpaksa mengungsi dan mengevakuasi perabotan rumah tangga mereka ke tempat yang lebih aman. 

Selain merendam rumah warga, banjir juga merendam sejumlah fasilitas umum seperti Masjid dan Puskesmas. Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Batubara dan aparat TNI langsung memindahkan peralatan Puskesmas ke Posko Kesehatan yang dibuat dirumah warga. 

"Banjir disebabkan akibat jebolnya sungai Bahapal (Sungai Suka) sepanjang 10 meter dan saat ini sudah merendam sebanyak 150 rumah di Desa Semujur dan Tanjung Seri," ujar Kepala BPBD Batubara M Nasir, Minggu.

Dia juga menjelaskan, sejauh ini upaya yang dilakukan pihaknya yakni akan segera memperbaiki tanggul yang jebol agar air tidak merembet ke desa lain disekitarnya. 

Saat ini petugas BPBD Batubara sudah mendirikan tenda pengungsin dan dapur umum disekitar lokasi banjir. Alat berat juga tampak diturunkan untuk memperbaiki tanggul yang jebol.

Sementara Amat (30) warga sekitar mengaku kaget dengan banjir yang menimpa rumah mereka.

"Ya kami kaget, air tiba-tiba meluap dan merendam rumah warga dengan begitu cepat sehingga warga harus berusaha menyelamatkan barang-barang didalam rumah agar tidak terendam air," tukasnya.

Editor: Budi

T#g:banjirBatubara
Berita Terkait
  • Jumat, 19 Jan 2018 15:19

    Koramil 0824/15 Bangsalsari Karya Bakti Bersihkan Pesantren Kebanjiran

    Hujan yang turun pada Rabu (17/01/2018) pukul 22.00 Wib mengakibatkan selokan belakang Pondok Pesantren Ar Rosyid meluap dan menjebolkan tembok pondok sehingga ruang asrama pondok putra dan putri keba

  • Rabu, 17 Jan 2018 10:27

    Bupati Batubara Nonaktif Akui Terima Uang Milyaran

    OK Arya Zulkarnaen, Bupati Batubara Nonaktif, mengakui menerima uang proyek hingga miliaran rupiah dari kontraktor Maringan Situmorang, terkait pengaturan sejumlah proyek untuk tahun anggaran 2017.Ini

  • Jumat, 12 Jan 2018 14:42

    Zahir-Oky Didukung Partai Gerindra, PPP, PKB, PBB dan PDIP

    Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Batubara, Ir H. Zahir MAP-Oky Iqbal Frima, SE diantar para partai pengusung dan pendukung saat mendaftar ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batubara

  • Kamis, 11 Jan 2018 09:47

    Sah,!!!! Pasangan DARAJAT Diterima Pendaftarannya Di KPU

    Pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati Batubara periode 2018-2023, Drs H.Darwis,MSi-H.Janmat Sembiring,SE, Rabu (10/1) mendaftaran ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batubara, Jalan Perin

  • Kamis, 04 Jan 2018 15:14

    Plt Bupati Batubara Sidak Ke RSUD

    Banyaknya laporan masyarakat soal lemahnya pelayanan kesehatan dan minimnya obat-obatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Batubara ternyata bukan sekedar basa-basi.

  • Rabu, 03 Jan 2018 22:03

    Mayjen Cucu Somantri: Prajurit Jagoan & Nol Pelanggaran

                Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri menyatakan wajah boleh beringas, tapi hati dan penampilan di masyarakat harus sopan dan menjadi kebanggaan."Memilik

  • Kamis, 28 Des 2017 19:18

    Menjelang Tahun Baru 2018, Harga Cabai Merah Tidak Stabil

    Menjelang tahun baru 2018, harga cabai merah yang dipasarkan di Pasar Inpres, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara tidak stabil.

  • Kamis, 28 Des 2017 18:58

    Banjir Rendam 43 Rumah di Lima Puluh

    Pasca hujan yang terjadi beberapa hari terakhir berakibat 43 rumah warga dan sekitar 15 hektar tanaman semangka warga di tiga desa di Kecamatan Limapuluh, Batubara terendam.Berdasarkan data dihimpun d

  • Rabu, 27 Des 2017 16:57

    Inspektorat Dituding Jadi Virus Korupsi Dana Desa

    Puluhan massa yang tergabung dalam Satuan Pelajar dan Mahasiswa (SATMA) DPD Ikatan Pemuda Karya (IPK) Kabupaten Batubara menuding Inspektorat Kabupaten Batubara sebagai "virus" korupsi Dana Desa (DD)

  • Minggu, 24 Des 2017 23:34

    KPU Batubara Gelar Sosialisasi pada Pemilih Pemula

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batubara menggelar sosialisasi pendidikan pemilihan kepada pemilih pemula di SMA Negeri 1 Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, Sabtu (23/12)Kegiatan yang melibatkan

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak