Rabu, 22 Nov 2017 09:05

BMKG catat aktivitas seismik tak lazim yang berpusat di Korea Utara

JAKARTA (utamanews.com)
Oleh: Sam/rls
Minggu, 03 Sep 2017 22:13
Dibaca: 245 kali
Ist
Ilustrasi
Hari Minggu tanggal 3 September 2017 pukul 10.30.04 WIB, jejaring gempa bumi BMKG mencatat aktivitas seismik yang tak lazim.


Menurut Drs. Moch. Riyadi, M.Si, Kepala Pusat Gempabumi, BMKG, sebanyak 166 sensor seismik yang digunakan BMKG dalam menganalisis parameter kegempaan menunjukkan adanya sebuah "pusat gempa" dengan kekuatan M=6,2 terletak pada koordinat 41,29 LU dan 128,94 dengan kedalaman 1 km tepatnya di wilayah Negara Korea Utara. 

"Tidak hanya BMKG, sejumlah lembaga pemantau gempa bumi dunia lainnya, seperti Amerika Serikat (USGS), Jerman (GFZ), dan Eropa (EMSC) juga mencatat aktivitas seismik yang tak lazim ini yang juga berpusat di Korea Utara," tuturnya.  

Dijelaskan bahwa hasil perhitungan USGS menunjukkan kekuatan mencapai M=6,3 sementara GFZ M=6,0 dan EMSC M=5,9. Berdasarkan karakteristik rekaman seismogramnya diketahui bahwa gelombang seismik yang terekam diperkirakan bersumber dari sebuah ledakan besar di kedalaman dangkal. 

Ini didasarkan pada kesamaan pola dari sebagian besar rekaman gelombang seismik yang menunjukkan gerakan awal berupa kompresi. 

Data seismik yang terekam di BMKG menunjukkan adanya compressional source dengan amplitudo gelombang P relatif lebih besar dari gelombang S-nya, maka cukup beralasan jika kita meyakini bahwa telah terjadi sebuah aktivitas ledakan besar bawah permukaan. Karena zona ini secara tektonik bukan zona sumber gempa.

Dalam website resmi USGS menyebutkan bahwa pusat ledakan terletak pada lokasi ujicoba ledakan nuklir masa lalu. 
Namun demikian untuk memastikan jenis sumber ledakan yang sesungguhnya perlu kajian komprehensif lebih lanjut.

Peta shake map menunjukkan bahwa dampak ledakan ini menimbulkan guncangan cukup kuat hinga skala intensitas VI MMI di Kota Cho Dong, Soman, dan Nampyo Dong yang lokasinya paling dekat pusat ledakan. 

Guncangan ini diperkirakan dapat menimbulkan kerusakan ringan seperti retakan pada bangunan tembok sederhana.

Editor: Budi

T#g:BMKGgempaKorut
Berita Terkait
  • Senin, 04 Sep 2017 08:54

    PBB Kutuk Uji Coba Nuklir Korea Utara

    Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) mengutuk uji coba nuklir bom hidrogen yang dilakukan Korea Utara.

  • Sabtu, 12 Agu 2017 17:12

    BMKG Sebut Kabar Soal Gempa 9,0 Skala Richter, Hoax

    Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) membantah adanya kabar yang menyebutkan bahwa gempa besar berkekuatan 9,0 Skala Richter (SR) akan mengguncang Kota Medan, Sumatera Utara. BMKG

  • Jumat, 28 Jul 2017 19:18

    Kena embargo, diduga Korea Utara cari uang dengan meretas

    Badan Keamanan Keuangan Korea Selatan (FSI), seperti dikutip Reuters, menyatakan bahwa Korea Utara berada di balik pencurian siber senilai 81 miliar dolar AS dari bank sentral Bangladesh.

  • Jumat, 14 Jul 2017 09:34

    Warga sempat syok, Padangsidimpuan dilanda gempa 5,5 SR

    Masyarakat kota Padangsidimpuan, Sumatera Utara terkejut dengan goyangan gempa bumi berkekuatan 5,5 Skala Ritcher. Bahkan beberapa warga tampak syok akibat terkejut.Salah satunya, Indah Novrida Haraha

  • Senin, 29 Mei 2017 17:29

    Korea luncurkan Rudal Scud dan terbang sekitar 450 kilometer

    Militer Korea Selatan merilis bahwa Korea Utara menembakkan apa yang terlihat sebagai rudal balistik berjangkauan pendek yang mendarat di laut pantai timurnya pada Senin (29/5/2017).

  • Senin, 29 Mei 2017 09:19

    Titik Gempa Gayolues-Aceh di Daratan, jenis tektonik kerak dangkal

    Sebagian wilayah Aceh diguncang gempabumi tektonik subuh tadi, Senin (29/5/2017). Getaran paling terasa di Gayolues, Bener Meriah, dan Bireun.

  • Minggu, 16 Apr 2017 10:54

    Parade Militer Korut untuk gertak Donald Trump?

    Korea Utara (Korut) menggelar parade militer secara besar-besaran, kemarin. Pemimpin Korut Kim Jong-un hadir untuk mengawasi secara langsung parade peralatan perang yang memenuhi jalanan di ibu kota Korut, Pyongyang.

  • Jumat, 07 Apr 2017 20:11

    BMKG: Waspadai banjir, longsor dan gelombang tinggi

    BMKG merilis informasi akan adanya peningkatan curah hujan di sejumlah tempat di Indonesia bagian barat, termasuk wilayah Sumatera Utara, akibat adanya Siklon Tropis Ernie.

  • Senin, 27 Feb 2017 09:46

    Kim Jong-nam Tewas Setelah Wajahnya Dipupuri VX

    Laporan otopsi pembunuhan Kim Jong-nam, kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, telah rampung. Dan Menteri Kesehatan Datuk Seri S. Subramaniam akan segera menyerahkan laporan otopsi itu kepada po

  • Minggu, 19 Feb 2017 07:50

    BMKG Imbau Warga Nias dan Tapteng waspada angin kencang

    Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Wilayah I Medan meminta masyarakat sekitar Nias dan Tapanuli Tengah waspada karena potensi curah hujan dan angin kencang sangat besar terjadi."Hasi

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak