Minggu, 17 Des 2017 05:35

Awas penipuan modus baru, Kode transaksi dari XL

MEDAN (utamanews.com)
Oleh: Aan
Rabu, 31 Mei 2017 12:31
Dibaca: 511 kali
Kejahatan dunia maya makin canggih. Sejumlah modus kejahatan siber terus bermunculan untuk menipu pengguna internet, khususnya pelanggan belanja online. Modus terbaru adalah dengan cara menelepon korban dan meminta memverifikasi ulang kode rahasia ketika transaksi online.

Modus penipuan baru ini dilakukan dengan cara menelpon korban, lalu menanyakan apakah telah menerima SMS dari nomor 99733. Telepon dari orang tak dikenal itu meminta korban untuk meneruskan kode rahasia/transaksi pembayaran dengan dalih bahwa operator XL telah salah mengirimkan kode.

Tak hanya SMS dari 99737, pengirim yang mengatasnamakan 'MyXL' dan 'codapay; pun harus diwaspadai oleh masyarakat, karena itu bisa jadi bagian dari penipuan.

Menyikapi modus ini, XL langsung mengimbau kepada pelanggannya agar senantiasa berhati-hati dan tidak serta-merta langsung menyerahkan kode rahasia yang diminta.

"Jika menerima SMS mencurigakan dari nomor tertentu yang berisi kode rahasia/transaksi pembayaran dan merasa tidak pernah melakukan transaksi tersebut, dimohon untuk mengabaikan SMS tersebut," ujar General Manager Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih, Rabu (31/5/2017).

"Jika Anda dihubungi seseorang untuk diminta mengirimkan atau menyebarkan kode verifikasi/kode rahasia yang Anda terima dari XL, dimohon untuk mengabaikan agar tidak terjadi penyalahgunaan akun," paparnya lebih lanjut.

Kemudian ia melanjutkan, bilamana merasa ragu atas SMS mencurigakan itu, maka pelanggan bisa langsung menghubungi customer service XL untuk mengecek kebenaran atas informasi tersebut, melalui akun twitter @myXLCare atau 817 dari nomor XL.

"Bagi Anda yang mengalami modus penipuan tersebut, dimohon untuk bisa melaporkan langsung kepada pihak yang berwajib untuk penanganan lebih lanjut, karena penipuan merupakan tindak pidana kriminal," tegasnya.

Editor: Dian

Sumber: detik.com

T#g:378cybercrime
Berita Terkait
  • Rabu, 29 Nov 2017 11:19

    Mirip modus penipuan Umroh First Travel, Polres Binjai Ciduk Pasutri dari Medan

    HR dan IR, pasangan suami istri (Pasutri) yang tinggal di Kota Medan, diamankan petugas Sat Reskrim Polres Binjai karena diduga terlibat penipuan umroh."Dalam menjalankan aksinya, kedua tersangka mend

  • Selasa, 21 Nov 2017 03:51

    Registrasi SIM Card Menjamin Keamanan Digital Masyarakat

    Per 31 Oktober 2017, para pengguna kartu SIM prabayar operator seluler di Indonesia, baik pelanggan lama maupun baru diwajibkan untuk mendaftar ulang dengan memakai nomor NIK dan Kartu Keluarga. 

  • Selasa, 14 Nov 2017 18:14

    Dugaan penipuan, CV. Indra Sakti Dilaporkan GAIB ke Polres Kota Tanjung Balai

    Akibat merasa ditipu oleh pihak CV. Indra Sakti melalui perumahan Villa Panola Residence, Husni Syahputra beserta para Korban lainnya dengan didampingi Gabungan Aktivis Independen Bersatu (GAIB) menda

  • Sabtu, 19 Agu 2017 08:59

    Kiki alias Siti Nuraidah Hasibuan ditetapkan sebagai tersangka kasus First Travel

    Polda Metro Jaya telah menetapkan adik bos First Travel, Kiki Hasibuan atau Siti Nuraidah Hasibuan sebagai tersangka. Siti menjadi tersangka dalam kasus dugaan penipuan dan penggelapan dana calon jamaah umrah First Travel.

  • Rabu, 16 Agu 2017 14:36

    Polri dan Kemenag Buka Posko Pengaduan Korban First Travel

    Pihak Kepolisian dan Kementerian Agama membentuk Posko Pengaduan untuk menerima laporan dari para calon jamaah umrah yang telah menjadi korban agen perjalanan First Travel.

  • Rabu, 09 Agu 2017 19:49

    Merasa Ditipu Kepala Desa, Ratusan Warga Pekubuan Mengadu ke Polisi

    SR alias Man, Kepala Desa Pekubuan, Kecamatan Tanjung Pura, Langkat diadukan ke polisi oleh warganya, Rabu (9/8/2017).

  • Minggu, 06 Agu 2017 16:16

    Rp5 Triliun Warisan Soekarno dari Bank Gaib ternyata Uang Palsu

    Aparat Kepolisian Resor Simalungun, Polda Sumatera Utara, berhasil mengungkap peredaran uang palsu, dengan modus dapat menggandakan uang dari bank gaib.

  • Minggu, 30 Jul 2017 10:10

    Kombes Pol Dr Tornagogo Sihombing pimpin penggerebekan rumah mewah di Bali

    Polri bersama Kepolisian Tiongkok menggerebek rumah mewah di Bali. Tindakan ini dilaksanakan oleh Satgasus Bareskrim Polri, dibackup Tim Satgas CTOC Polda Bali bersama Kepolisian Tiongkok, dan dipimpi

  • Senin, 17 Jul 2017 15:47

    Rekayasa dirampok, ternyata supir grab gadaikan mobil Rp40 juta

    Pengemudi taksi online grab, Ali Usman, 41 tahun, warga jalan Malaka gang Saudara kelurahan Pandan Hilir, Medan Perjuangan, buat heboh.

  • Sabtu, 08 Jul 2017 20:48

    Ngeri, Hendak nagih hutang malah kehilangan motor

    Apes, hendak menagih hutang, Mila Fitria, 17 tahun, malah kehilangan sepeda motor. Kejadian ini berlangsung sekitar sebulan yang lalu, tepatnya, Rabu (14/6/2017), sekitar pukul 20.00 wib.Waktu itu, Mi

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak