Sabtu, 18 Agu 2018 23:51

2 WNA Malaysia Ditangkap Bawa 91 Gram Sabu di Bandara Kualanamu

DELI SERDANG (utamanews.com)
Oleh: Iyus
Jumat, 27 Apr 2018 20:17
Iyus
Aparat Bea Cukai ekspose penyelundupan sabu ke Sumatera Utara melalui Bandara Kualanamu, Rabu (25/04/2018) malam.

Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Kualanamu (KPPBC TMP B) Kualanamu dan Kanwil DJBC Sumatera Utara berhasil menggagalkan penyelundupan sabu ke Sumatera Utara melalui Bandara Kualanamu, Rabu (25/04/2018) malam.

Informasi diperoleh pada Jumat (27/04/2018), petugas berhasil mengamankan ABZ (46) nomor pasport A508553492 warga Kuala Lumpur, Malaysia, penumpang Air Asia nomor penerbangan QZ 123 dari Kuala Lumpur, Malaysia di terminal kedatangan internasional Bandara Kualanamu.

Dari pelaku ABZ, petugas berhasil mengamankan 3 kapsul yang disembunyikan dalam anus yang berisi sabu seberat 91 gram. Selain mengamankan ABZ, petugas juga mengamankan MRSA (38) warga Malaysia yang tiba secara bersamaan dengan pelaku ABZ yang diduga sebagai pengendali dan menyuruh pelaku ABZ untuk menyeludupkan sabu tersebut.

Kepala KPPBC TMP B Kualanamu Bagus Nugroho Tantomo Putro dalam paparannya mengatakan, diamankannya pelaku ABZ dan MRSA merupakan hasil kerjasama Tim Customs Narcotic Team (CNT) KPPBC TMP B Kualanamu dan Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara.

"Pelaku diamankan berawal dari pengamatan dan analisis petugas selanjutnya dilakukan pemeriksaan dan rontgent di RS Grandmed, Lubuk Pakam. Dari hasil rontgent ditemukan adanya 3 benda asing berbentuk kapsul berisi sabu dengan berat total sekira 91 gram. Kita juga mengamankan pelaku MRSA yang saat bersamaan tiba dengan pelaku ABZ yang diduga sebagai pengendali dan menyuruh pelaku ABZ," kata Bagus.

Dikatakan Bagus, dari penggagalan penyeludupan sabu ini berhasil menyelamatkan 455 orang dari bahaya narkotika dengan asumsi 1 orang dikonsumsi oleh 5 orang.

"Penggagalan penyeludupan sabu ini merupakan yang pertama tahun 2018, pelaku ABZ diduga kuat melakukan 2 jenis pelanggaran tindak pidana UU No.17 Tahun 2006 tentang perubahan atas UU No 10 Tahun 1995 tentang kepabeanan dan UU No.35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 20 tahun. Untuk penyelidikan lebih lanjut, kedua pelaku dan barang bukti kita serahkan ke Ditresnarkoba Polda Sumatera Utara," tegas Bagus seraya menjelaskan selama tahun 2017 lalu, pihaknya berhasil menggagalkan 8 penyeludupan narkoba.

Sementara, Wadir Narkoba Polda Sumatera Utara AKBP Frenky Yusandy mengungkapkan, tidak tertutup kemungkinan akan ada lagi percobaan penyelundupan narkoba melalui Bandara Kualanamu.

"Bea Cukai merupakan garda pertama pencegahan bahkan pengungkapan kasus narkoba yang masuk melalui Bandara Kualanamu. Selamat kepada rekan-rekan bea cukai yang berhasil mengamankan pelaku. Kapsul berisi sabu dimasukkan ke anus di Kuala Lumpur, Malaysia," pungkas Frenky.

Paparan ini juga dihadiri perwakilan BNN Provinsi Sumatera Utara, perwakilan Imigrasi, perwakilan PT AP II Cabang Bandara Kualanamu, Kapolsek Beringin AKP Sonni Harsono.

Editor: Herda

T#g:KNIAnarkoba
Berita Terkait
  • Kamis, 02 Agu 2018 11:22

    Kantor Bea Cukai Kualanamu Ikuti Lomba Gender Mainstreaming

    Kantor Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Kualanamu satu-satunya yang mewakili Kanwil DJBC Sumatera Utara untuk ikut lomba Kantor Pelayanan terbaik dan lomba implementasi pengarusutamaan gender (gender

  • Rabu, 01 Agu 2018 14:31

    Bawa 4Kg Sabu Berbungkus Kacang Garuda, Warga Sulawesi Ditangkap di Bandara

    Modus baru menyeludupkan Narkoba melalui bandara ketangkap oleh petugas kepolisian Polrestabes Medan, Selasa malam (31/7/2018).

  • Jumat, 27 Jul 2018 11:27

    Tim SatRes Narkoba Polres Labuhanbatu Kembali Tangkap 2 Penyalahguna Narkoba

    Tim II unit I Satuan Reskriminal Narkoba Polres Kabupaten Labuhanbatu kembali bertindak tegas melakukan penangkapan dan mengamankan 2 orang lelaki dewasa atas penyalahgunaan pemakaian Narkoba jenis sabu sabu, Selasa (24/07/2018).

  • Jumat, 27 Jul 2018 07:17

    Plt Bupati Labuhanbatu: Ini adalah hari pertama saya melepas calon Jama'ah Haji

    "Hari ini adalah hari pertama saya mengikuti pelepasan calon jema'ah haji Kabupaten Labuhanbatu dan hari ini cukup bersejarah bagi diri saya. Untuk itu saya ingatkan kepada para calon jema'a

  • Selasa, 17 Jul 2018 11:47

    Saat Asyik Karaokean, Polisi Tangkap 2 Pria Diduga Bandar Narkoba di Labuhanbatu

    MI alias Isa alias Isa Botot (36 tahun) beralamat di jalan Adam Malik Kelurahan Padang Bulan Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu, dan HPS alias Tonggek (28 tahun) beralamat di Cikampak dusun Asahan Kec

  • Selasa, 17 Jul 2018 13:17

    Panglima TNI: Cyber Narcoterorism Gunakan Dunia Maya Biayai Terorisme

    Seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, telah muncul kelompok baru yaitu "Cyber Narcoterorism" yaitu kelompok yang menggunakan dunia maya sebagai wahana untuk mengedarkan dan menya

  • Senin, 16 Jul 2018 20:16

    Ibu Nanny Hadi Tjahjanto: Generasi Muda Harus Bentengi Diri Dari Narkoba

    Para generasi muda sebagai penerus bangsa harus membentengi diri dari Narkoba dengan selalu meningkatkan iman dan takwa, baik di lingkungan tempat bertugas maupun tempat tinggal serta mengawasi dan me

  • Senin, 16 Jul 2018 16:16

    Kapolsek AKP Bambang Tarigan Jalin Sinergisitas dengan Koramil Beringin

    Pekan pertama bertugas, Kapolsek Beringin AKP Bambang H Tarigan SH MH mengunjungi Koramil Beringin, Kamis lalu.

  • Minggu, 15 Jul 2018 06:15

    Sat Res Narkoba Polres Binjai Amankan 3 Tersangka di Sei Bingai

    Merespon aduan masyarakat terkait maraknya transaksi narkotika di jalan Binjai-namukur Dusun Bandar Meriah Kec Sei Bingei Kab. Langkat, petugas Unit III Satuan Res Narkoba mengamankan para pelaku dan

  • Kamis, 12 Jul 2018 10:02

    8.466 Jemaah Calhaj Akan Berangkat Melalui Bandara Kualanamu

    PT Angkasa Pura (AP) II sebagai pengelola Bandara Kualanamu menyatakan siap melayani 8.466 calon jemaah haji embarkasi Medan yang akan berangkat melalui Bandara Kualanamu yang dijadwalkan berangkat mulai 22 Juli 2018.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 https://utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak