Jumat, 22 Jun 2018 08:16
Iklan Paslon Paluta

2 WNA Malaysia Ditangkap Bawa 91 Gram Sabu di Bandara Kualanamu

DELI SERDANG (utamanews.com)
Oleh: Iyus
Jumat, 27 Apr 2018 20:17
Iyus
Aparat Bea Cukai ekspose penyelundupan sabu ke Sumatera Utara melalui Bandara Kualanamu, Rabu (25/04/2018) malam.
Selamat Puasa Paluta

Petugas Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean B Kualanamu (KPPBC TMP B) Kualanamu dan Kanwil DJBC Sumatera Utara berhasil menggagalkan penyelundupan sabu ke Sumatera Utara melalui Bandara Kualanamu, Rabu (25/04/2018) malam.

Informasi diperoleh pada Jumat (27/04/2018), petugas berhasil mengamankan ABZ (46) nomor pasport A508553492 warga Kuala Lumpur, Malaysia, penumpang Air Asia nomor penerbangan QZ 123 dari Kuala Lumpur, Malaysia di terminal kedatangan internasional Bandara Kualanamu.

Dari pelaku ABZ, petugas berhasil mengamankan 3 kapsul yang disembunyikan dalam anus yang berisi sabu seberat 91 gram. Selain mengamankan ABZ, petugas juga mengamankan MRSA (38) warga Malaysia yang tiba secara bersamaan dengan pelaku ABZ yang diduga sebagai pengendali dan menyuruh pelaku ABZ untuk menyeludupkan sabu tersebut.

Kepala KPPBC TMP B Kualanamu Bagus Nugroho Tantomo Putro dalam paparannya mengatakan, diamankannya pelaku ABZ dan MRSA merupakan hasil kerjasama Tim Customs Narcotic Team (CNT) KPPBC TMP B Kualanamu dan Kantor Wilayah DJBC Sumatera Utara.

"Pelaku diamankan berawal dari pengamatan dan analisis petugas selanjutnya dilakukan pemeriksaan dan rontgent di RS Grandmed, Lubuk Pakam. Dari hasil rontgent ditemukan adanya 3 benda asing berbentuk kapsul berisi sabu dengan berat total sekira 91 gram. Kita juga mengamankan pelaku MRSA yang saat bersamaan tiba dengan pelaku ABZ yang diduga sebagai pengendali dan menyuruh pelaku ABZ," kata Bagus.

Dikatakan Bagus, dari penggagalan penyeludupan sabu ini berhasil menyelamatkan 455 orang dari bahaya narkotika dengan asumsi 1 orang dikonsumsi oleh 5 orang.

"Penggagalan penyeludupan sabu ini merupakan yang pertama tahun 2018, pelaku ABZ diduga kuat melakukan 2 jenis pelanggaran tindak pidana UU No.17 Tahun 2006 tentang perubahan atas UU No 10 Tahun 1995 tentang kepabeanan dan UU No.35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 20 tahun. Untuk penyelidikan lebih lanjut, kedua pelaku dan barang bukti kita serahkan ke Ditresnarkoba Polda Sumatera Utara," tegas Bagus seraya menjelaskan selama tahun 2017 lalu, pihaknya berhasil menggagalkan 8 penyeludupan narkoba.

Sementara, Wadir Narkoba Polda Sumatera Utara AKBP Frenky Yusandy mengungkapkan, tidak tertutup kemungkinan akan ada lagi percobaan penyelundupan narkoba melalui Bandara Kualanamu.

"Bea Cukai merupakan garda pertama pencegahan bahkan pengungkapan kasus narkoba yang masuk melalui Bandara Kualanamu. Selamat kepada rekan-rekan bea cukai yang berhasil mengamankan pelaku. Kapsul berisi sabu dimasukkan ke anus di Kuala Lumpur, Malaysia," pungkas Frenky.

Paparan ini juga dihadiri perwakilan BNN Provinsi Sumatera Utara, perwakilan Imigrasi, perwakilan PT AP II Cabang Bandara Kualanamu, Kapolsek Beringin AKP Sonni Harsono.

Editor: Herda

T#g:KNIAnarkoba
Berita Terkait
  • Selasa, 12 Jun 2018 16:22

    Ban Pesawat Garuda Indonesia Pecah di Bandara

    Pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan GA 190 mengalami pecah ban sebelah kiri saat mendarat (landing) di Run Way 05 Bandara Kualanamu pada Senin (11/06/2018).

  • Senin, 04 Jun 2018 19:24

    Tangan Bocah Tiga Tahun Terjepit Eskalator di Bandara Kualanamu

    Pengunjung dan penumpang pesawat Bandara Kualanamu, kembali dihebohkan jeritan tangis seorang anak balita Aufa Rizal Arif (3), anak dari Syahliana (34) warga Kabupaten Serdang Bedagai.

  • Minggu, 03 Jun 2018 17:13

    Pos Pelayanan Terpadu Dibangun di Bandara Kualanamu

    PT Angkasa Pura (AP) II sebagai pengelola Bandara Kualanamu terus mengebut perbaikan sejumlah fasilitas termasuk mendirikan pos layanan terpadu tepat di depan pintu keluar masuk terminal.Selain itu, p

  • Rabu, 16 Mei 2018 18:16

    Antisipasi Penyalahgunaan Narkoba, PTPN4 Sosa Gelar Seminar Sosialisasi

    Bertujuan mengantisipasi penyebaran dan penyalahgunaan narkoba, dan dalam rangka pembinaan komunikasi sosial bagi karyawan PTPN4 tentang deteksi dini bahaya dan pencegahan narkoba, Manajemen PTPN4 Sos

  • Senin, 14 Mei 2018 18:14

    Pasca Teror Bom Surabaya, Penjagaan di Bandara Kualanamu Diperketat

    PT Angkasa Pura (AP) II sebagai pengelola Bandara Kualanamu memperketat pengamanan di Bandara Kualanamu pasca aksi teror bom bunuh diri di tiga gereja di Surabaya dan di Mapolrestabes Surabaya.

  • Sabtu, 12 Mei 2018 09:12

    Paulus: Penyalahguna Narkoba Sebaiknya Cepat Taubat

    Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Paulus Waterpauw meminta kepada pengguna atau penyalahguna narkoba segera berhenti mengkonsumsi barang haram tersebut dan bertaubat, selagi masih ada kesempatan. 

  • Minggu, 06 Mei 2018 20:36

    Dandim 0824: Kita Harus Bantu Polres Perangi Narkoba dan Miras Oplosan

    Perkembangan kondisi wilayah di era global ini memang semakin banyak tantangannya dengan semakin majunya teknologi informasi yang memudahkan sisi negatifnya merasuk pada dunianya kaum muda sebagai gen

  • Sabtu, 21 Apr 2018 06:21

    Wanita Angkatan Bersenjata memiliki peran yang sangat stategis bagi peradaban manusia

    Wanita Angkatan Bersenjata dengan fisik dan mental yang teruji memiliki tiga peran yang sangat strategis bagi peradaban manusia saat ini yaitu peran sebagai ibu dalam rumah tangga, peran sebagai abdi

  • Kamis, 19 Apr 2018 10:19

    Sumut Tertinggi Peredaran Narkoba, Sihar Ajak Anak Muda Gali Potensi Diri

    Cawagub Sumatera Utara, Sihar Sitorus mengaku miris melihat provinsi Sumut yang telah mengalami tahap darurat narkoba. Dirinya pun menilai, hal ini tak terlepas dari sulitnya lapangan pekerjaan yang m

  • Kamis, 12 Apr 2018 16:42

    Pendam I/BB pukul genderang perang terhadap narkoba

    Kapendam I/BB menyatakan di seluruh jajaran TNI AD, terutama Pendam I/BB melakukan program Penyuluhan Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Pengedaran Gelap Narkotika (P4GN).

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak