Kamis, 19 Jul 2018 22:39

Tips Berlibur ke Pantai

Medan (utamanews.com)
Oleh: Rachel
Minggu, 24 Jun 2018 08:24
Wisata Belitung
Berlibur ke pantai menjadi pilihan favorit banyak orang. Ternyata, bermain air memang terbukti membuat bahagia.

Berada di dekat air, seperti laut, danau, pantai, atau sungai, disebutkan bisa mengurangi rasa depresi. Selain itu, manfaat lainnya adalah meningkatkan kreativitas karena otak menjadi lebih rileks. Anak-anak pun akan memiliki memori yang indah dan penuh imajinatif saat mereka asyik membangun istana pasir.

Berlibur ke pantai juga membuat stres kita berkurang. Salah satu alasannya adalah melihat air yang biru dan lautan luas akan membuat kita ingat kembali betapa besarnya dunia ini dan kecilnya masalah yang kita hadapi.


Beberapa tips berlibur ke pantai adalah sebagai berikut:

Informasi Pantai.
Pastikan informasi yang kita miliki mengenai pantai yang akan kita tuju cukup seperti keadaan gelombang, ada tidaknya batu karang, kebersihan pantai, dan lainnya. Jika dirasa aman dan cocok sebagai tempat liburan keluarga, lakukan persiapan barang dan perbekalan yang akan dibawa seperti baju ganti, handuk, pelampung, tabir surya, makanan & minuman, kamera dan uang.

Pakaian, Topi dan Tabir Surya.
Pakailah topi untuk melindungi kepala, gunakan kacamata jika tidak tahan silau matahari, kenakan pakaian katun atau yang menyerap keringat serta oleskan tabir surya di sekujur tubuh.

Secara umum, hindari warna-warna gelap seperti hitam atau biru tua karena menyerap panas. Sebaliknya, gunakan warna-warna seperti cerah atau netral seperti putih dan krem. Tidak ada salahnya juga bereksperimen dengan motif.

Hindari juga baju-baju yang merepotkan, seperti busana berumbai bertali-tali, atau terlalu panjang, yang bisa mengganggu aktivitas.


Hindari Terpapar Sinar Matahari Langsung.
Sinar matahari berbahaya antara pukul 10 pagi hingga pukul 2 siang. Jadi tidak disarankan berjemur di pantai rentang jam tersebut.

Periksa Kondisi Air.
Sebelum memutuskan untuk berenang ada baiknya kita memperhatikan keadaan air dan pasir di sekitar pantai. Periksa gelombang, ketinggian air, ada tidaknya batu karang dan binatang berbahaya yang bisa menyebabkan luka fatal.

Perhatikan Kegiatan Anak-anak.
Walaupun kondisi pantai dirasa sudah aman, kita wajib mengawasi kegiatan anggota keluarga lain terutama anak-anak. Pantai juga bisa menjadi tempat yang berbahaya dan anak kecil sangat rawan terseret ombak. Jangan izinkan anak berenang terlalu dalam.

Bawalah Perlengkapan P3K.
Musibah bisa terjadi kapan saja termasuk saat liburan di pantai, oleh karena itu tidak ada salahnya kita menyiapkan kotak P3K mengantisipasi kejadian seperti luka gores karena menginjak batu atau kulit iritasi karena digigit binatang laut.

Editor: Tessa

T#g:PantaiTips
Berita Terkait
  • Senin, 02 Jul 2018 12:02

    6 Makanan Untuk Menghilangkan Rasa Pedas

    Rasa pedas pada suatu masakan memang akan terasa nikmat, apalagi bagi penggemar masakan pedas. Namun terkadang karena saking nikmatnya makan makanan pedas, membuat lidah dan mulut Anda terasa panas dan seperti terbakar.

  • Jumat, 22 Jun 2018 08:22

    Bagaimana Cara Merawat Kulit?

    Menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 15 dapat membantu merawat kulit. Tabir surya dapat dioleskan secara menyeluruh dan diulangi setiap dua jam atau lebih sering jika berada di ruang terbuka dalam waktu lama dan berkeringat.

  • Senin, 28 Mei 2018 00:28

    Cara Hidup Rukun Dengan Saudara

    Memiliki saudara adalah keinginan setiap orang. Dengan memiliki sudara, maka semuanya akan terasa menyenangkan. Tetapi tak jarang seseorang justru tak senang memiliki sudara, karena selalu terlib

  • Senin, 23 Apr 2018 18:43

    Kondisi Pantai Kami Hancur Pak. Sebentar Lagi, Kami lah yang Hancur

    Cawagub Sumatera Utara, Sihar Sitorus miris lihat kehidupan masyarakat Desa Regemuk Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deliserdang.

  • Selasa, 04 Apr 2017 12:21

    Sibolga tangkap limpahan turis dari Danau Toba

    "Turis-turis yang berkunjung di Danau Toba akan mencari destinasi lain di sekitarnya. Mereka pasti tertarik dengan wisata pantai untuk berjemur, kita akan tangkap limpahan (turis) dari Danau Toba"

  • Selasa, 11 Agu 2015 13:32

    Pesona Pantai Cettis Cilacap

    Cilacap (utamanews.com) - Pantai Cettis, tempat wisata yang sangat strategis, selain suasana pantai yang begitu indah, pantai Cettis juga memiliki kekayaan alam yang sepatutnya dikelola dengan baik ol

  • Minggu, 08 Mar 2015 09:36

    Ingin Sukses? Pelajari Cara Musuh Anda!

    Ya, kebanyakan kiat sukses adalah ‘ambilah’ atau ‘contohlah’ sepak-terjang tokoh-tokoh sukses yang ada dan terapkan itu dalam gerak kerja Anda. Basi.Sama halnya dengan sederet kata inspiratif

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak