Minggu, 22 Jul 2018 16:03
  • Home
  • Hiburan
  • Tengku Erry Bertemu Sultan Deli di Makassar

Tengku Erry Bertemu Sultan Deli di Makassar

Makassar (utamanews.com)
Oleh: Rls
Rabu, 12 Jul 2017 16:32
Dok
Sultan Deli dan Gubernur Sumut, di Makassar, Rabu (12/7).

Di tengah kunjungan Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) ke Kota Makassar dalam rangka menerima Satya Lencana Pembangunan dari Presiden RI, Tengku Erry Nuradi berkesempatan bersilaturahmi dengan bertemu Sultan Deli XIV Mahmud Aria Lamanjiji Perkasa Alam. 

Kedua pemimpin Melayu ini terlibat obrolan akrab tentang kondisi Sumut.

Sebelum menghadiri Hari Koperasi Nasional, Rabu (12/7/2017) siang itu, Gubernur Tengku Erry mendatangi kediaman Sultan Deli di Makassar. Sultan yang masih berusia 18 tahun itu menetap di Kota Makassar bersama ibunda dan kakek neneknya.

Kedatangan Gubernur bersama istri Evi Diana dan beberapa pejabat jajaran Pemprov Sumut disambut akrab sang Sultan. Dengan senyum ramah Lamanjiji menyalami semua yang datang.

Tidak menunggu lama, obrolan keduanya berjalan santai dan akrab. Lamanjiji didampingi neneknya, bertanya banyak tentang perkembangan Sumatera Utara. 

Gubernur Sumut Tengku Erry tampak semangat menjelaskan progres pembangunan di Sumatera Utara terutama soal infrastruktur.

"Airport kita adalah yang terbaik di Indonesia. Dalam waktu dekat jalan tol Medan-Tebingtinggi dan Medan -Binjai akan beroperasi," terang Gubernur.

Lamanjiji menimpali bahwa Kota Medan dan Sumut secara umum sangat potensial untuk dikembangkan parawisatanya. "Destinasi wisata di Medan dan Sumut juga banyak, apalagi dekat Singapura pak, bisa dikembangkan," ujarnya.

Obrolan kemudian mengalir santai, menyentuh berbagai topik bahkan politik. Di antaranya tentang Istana Kesultanan Deli yaitu Istana Maimoen yang merupakan landmark Sumatera Utara.

Setelah itu, keduanya membicarakan kenangan masa lalu, tentang ayahanda Laminjiji yang gugur pada kecelakaan heli ketika bertugas di Aceh. Diceritakan Erry, setelah 40 hari wafatnya ayahanda Lamanjiji yang selain sultan juga prajurit TNI, kakak kandung Erry, HT Rizal Nurdin yang sedang menjabat Gubernur Sumut juga gugur dalam kecelakaan pesawat terbang.

Meski masih berusia belia, Sultan Deli  XIV yang diangkat sejak 22 Juli 2005 ini memiliki wawasan luas dan kemampuan komunikasi yang baik. Hal itu terlihat jelas sepanjang obrolanya dengan Gubsu Tengku Erry. 

Saat ini Lamanjiji sedang menempuh pendidikan di Universitas Diponegoro mengambil studi Teknik Lingkungan.

Menutup perjumpaan, Gubsu Erry mengabadikan pertemuan tersebut dengan berfoto bersama. Sultan mengucapkan terimakasih atas kunjungan Gubsu.

Editor: Sam

T#g:MelayuSultan
Berita Terkait
  • Minggu, 15 Jul 2018 20:15

    Panglima TNI Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-72 Sultan Brunei Darussalam

    Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Ketua Umum Dharma Pertiwi Ibu Nanny Hadi Tjahjanto menghadiri upacara peringatan hari ulang tahun ke-72 Sultan Haji Hassanal Bolkiah di Tama

  • Selasa, 12 Jun 2018 06:12

    Erry Harapkan Suku Melayu Berkarya Dan Berjaya

    Gubsu Dr Ir H Tengku Erry Nuradi MSi berharap suku Melayu terus berkarya dan semakin berjaya di bumi Sumatera Utara (Sumut).

  • Senin, 04 Jun 2018 21:54

    Ziarahi Makam Sultan Asahan Pertama, Djarot: Nggak Kelihatan?

    Calon Gubernur Sumatera Utara, Djarot Saiful Hidayat terkejut saat hendak berziarah di makam tua yang berada pinggiran sungai Asahan tepatnya di Desa Pulau Raja Pekan, persisnya di belakang Masjid Lam

  • Minggu, 03 Jun 2018 23:53

    Tengku Erry Lantik Majelis Puan Puan Melayu Sumut

    Gubsu Dr Ir H Tengku Erry Nuradi melantik dan mengukuhkan Majelis Puan Puan Melayu (MPPM) Sumatera Utara (Sumut) periode 2018-2023, di Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Min

  • Jumat, 04 Mei 2018 04:04

    Presiden RI Menerima Kunjungan Kehormatan Sultan Brunei Darussalam di Mabes TNI

    Presiden RI Ir. Joko Widodo didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P., menerima kunjungan kehormatan Sultan Brunei Darussalam Paduka Yang Mulia Sultan Haji Hassanal Bolkiah di Mabes TNI Cilangkap Jakarta, Kamis (3/5/2018).

  • Sabtu, 21 Apr 2018 09:41

    Kerajinan Anyaman Khas Melayu Pesisir Sumbang 50% Pendapatan Keluarga

    Kerajinan Anyaman menjadi sebuah komoditi yang mampu memberikan sumbangsih pada pendapatan masyarakat di Kecamatan Pantai Cermin. Hal ini diungkapkan Irfandi, Ketua Program Pengabdian Produk unggulan

  • Rabu, 18 Apr 2018 19:18

    Djarot, Tamu Istimewa Istana Maimun

    Djarot Saiful Hidayat mendapat kehormatan istimewa saat mengunjungi Istana Maimun di Jalan Sultan Makmun Al Rasyid Medan, Rabu (18/4/2018).Setelah berkeliling di istana Kesultanan Deli yang merupakan

  • Kamis, 12 Apr 2018 03:12

    DJOSS Menang di Nias

    Sihar Sitorus, kapten tim Tim Djoss membawa kemenangan dalam laga futsal persahabatan melawan Revolusioner HRC di lapangan Orurusa, Nias Selatan (Nisel), Senin malam (9/4/2018).Pada pertandingan futsa

  • Sabtu, 10 Mar 2018 06:30

    Doa Para Sultan Untuk Edy Rahmayadi

    Calon Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mendapat doa dari para Sultan pada acara Tepung Tawar Datuk Laksamana Nara Diraja H. Edy Rahmayadi, di Masjid Azizi Tanjung Pura, Kabupaten Langkat, Jumat (

  • Senin, 26 Feb 2018 21:26

    Erry Bertekad ISMI Menjadi Terdepan Bangun SDM Melayu

    Gubsu Tengku Erry Nuradi mengukuhkan kepengurusan Ikatan Sarjana Melayu Indonesia (ISMI) periode 2017-2022 yang dimeriahkan pagelaran seni budaya Melayu di aula Raja Inal Siregar, kantor Gubsu di Meda

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak