Kamis, 19 Jul 2018 22:41
  • Home
  • Hiburan
  • Reggy Nouvan "Kolorman", Komikus berbakat asal Medan

Reggy Nouvan "Kolorman", Komikus berbakat asal Medan

Medan (utamanews.com)
Oleh: Shapash Publisher
Selasa, 05 Jun 2018 06:05
Shapash Publisher
Reggy Nouvan
Menemukan passion di usia muda merupakan satu hal yang sangat menguntungkan.

Dengan mengetahui apa bakat serta minat kita, dapat membuat kita menjadi pribadi yang rajin dan mau berkarya di bidang yang kita sukai. 

Keberuntungan itulah yang dirasakan oleh Reggy Nouvan. Pria berusia 21 tahun ini telah menemukan ketertarikannya pada dunia komik sejak ia masih belia. Bermula dengan hobinya membaca komik, akhirnya Reggy berusaha serius untuk menekuni bidang tersebut. Ia mulai belajar cara menggambar komik secara otodidak terlebih dahulu. 

Mengetahui potensi yang dimilikinya, Reggy pun terus mengasah kemampuan menggambarnya dengan mengikuti kursus komik di Medan. Namun tidak lama setelah itu, Reggy memutuskan untuk berhenti dan belajar membuat komik kembali dengan otodidak. 

Kemampuan yang dimilikinya makin hari semakin bertambah, mulai banyak karya-karya komik yang dibuat oleh Reggy. Pada awalnya ia membuat komik hanya untuk konsumsi pribadi saja, namun lama kelamaan ia memutuskan untuk membuat komik yang komersil dan dapat dibaca oleh orang banyak.

Memanfaatkan media sosial, Reggy menerbitkan komik strip pertamanya dengan judul Kolorman. Kolorman digambarkan sebagai seorang lelaki bertubuh kekar yang memakai kolor di atas kepalanya. Kolor tersebut diletakkan terbalik di atas kepalanya sehingga membentuk seperti topeng yang biasa digunakan superhero, namun bedanya topeng superhero didesain dengan gambar yang menarik bukannya pakaian dalam. 

Karakter kolorman diceritakan sebagai seorang lelaki pengangguran yang baru saja lulus kuliah. Cerita kolorman mengangkat cerita sehari-hari yang dekat dengan masyarakat masa kini. Fenomena-fenomena yang acap kali terjadi tak jarang menjadi inspirasi Reggy dalam menulis cerita Kolorman. 

"Aku banyak mendapat inspirasi dari kehidupan sehari-hari sih. Misalnya pas aku lagi naik kereta terus aku lihat ada orang yang juga naik kereta tapi malah jalan di atas trotoar. Nah dari situ aku dapat inspirasi untuk cerita kolorman. Aku dramatisasi lagi dan aku tambahin humor jadilah satu bahan untuk cerita kolorman," ujarnya saat diwawancarai, Senin(4/6/2018). 

Kolorman juga diceritakan sebagai bujangan yang mencari cinta. Di beberapa cerita komiknya tampak si Kolorman berusaha menggombal dan menggoda para perempuan. "Aku juga sering terinspirasi dari orang pacaran, misalnya mau pacaran tuh si cowok selalu nunggu ceweknya yang lama dandan. Dari situ aku bisa ambil cerita untuk aku jadikan bahan komik Kolorman," jelasnya.

Proses kreatif pembuatan Kolorman tidak memakan waktu terlalu lama, hanya memakan waktu tidak sampai satu hari untuk mengggambar komiknya. Dalam proses menggambar komik Kolorman, Reggy lebih nyaman menggambar di komputer dengan menggunakan mouse daripada menggunakan wacom. 

Tidak seperti komikus-komikus digital lain yang kebanyakan menggunakan wacom, Reggy lebih nyaman menggunakan mouse untuk menggambar. Menurutnya ia lebih suka menggunakan mouse karena telah terbiasa dan sudah nyaman, ia juga memiliki wacom tapi jarang menggunakannya. "Kalau komiknya bagus karena alatnya bagus itu kita nggak usah heran, tapi kalau komiknya keren tapi alatnya seadanya, nah disitu baru kita boleh kagum," begitu penuturan Reggy. 

Menurut Reggy, untuk menggambar komik tidak memerlukan alat yang mahal dan canggih, yang dibutuhkan adalah kemampuan yang baik dan niat penuh untuk memulai berkarya. Yang harus diingat jika ingin memulai sesuatu adalah motivasi awal kita kenapa kita mau memulainya. Jika motivasi kita kuat, maka seberat apapun proses yang kita hadapi pasti akan bisa diatasi dengan baik.

Sejauh ini Reggy telah banyak mengukir prestasi bersama Kolorman. Kolorman aktif berkolaborasi dengan banyak komikus. Baru baru ini Kolorman berkolaborasi dengan salah satu komikus tanah air yang menciptakan komik Pak Guru Inyong. Pak Guru Inyong juga merupakan salah satu tokoh komik yang mengangkat budaya lokal dan juga terbit di Line Webtoon. 

Selain itu berkat Kolorman-nya, Reggy dikenal luas oleh publik dan banyak diundang sebagai pembicara di berbagai worskhop dan seminar menggambar di dalam maupun di luar kota. Saat ini Kolorman telah memiliki tigabelas ribu followers di media sosial instagram. 

Dengan jadwal terbit Sabtu-Minggu, Reggy harus memutar otak selama seminggu untuk menciptakan cerita-cerita yang segar dan menarik untuk diterbitkan. Dengan segudang kesibukannya Reggy tetap berusaha produktif untuk menghidupkan Kolorman bukan hanya di imajinasinya tapi juga di hati para pembaca setianya. 

Sukses terus Reggy!

Editor: Tessa

T#g:KomikKomikuspublisher
Berita Terkait
  • Jumat, 01 Jun 2018 20:41

    Olivia Panggabean, Mahasiswi USU yang jadi Miss Indonesia Favorit 2017

    Tahun 2017 lalu merupakan salah satu tahun keemasan bagi seorang wanita bernama Friska Olivia br Panggabean.

  • Rabu, 30 Mei 2018 23:20

    Al Qur'an sahabatnya para remaja

    Kehidupan remaja cenderung dikekang oleh nilai-nilai moral yang di sekelilingnya, baik dari masyarakat maupun keluarga, maka zaman sekarang justru mengabaikannya.Masalah lain yang cukup mengerikan dan

  • Jumat, 25 Mei 2018 12:05

    Fandy Ahmad, Penyeduh Kopi Kreatif dan Inspiratif

    Fandy Ahmad, mahasiswa asal Rantau Prapat yang sedang menempuh pendidikannya di Universitas Sumatera Utara (USU) jurusan Metrologi dan Instrumentasi merupakan pemuda yang memiliki jiwa dan kepedulian pada kesejahteraan masyarakat, khususnya para petani.

  • Kamis, 24 Mei 2018 06:24

    Ainal dengan Segudang Prestasi Musik Budaya Minang

    Pria tinggi dan berkulit kuning langsat yang satu ini sering sekali disapa dengan sebutan Ainal. Ia memiliki nama lengkap Ainal Syabri. Mahasiwa aktif Semester VI, Jurusan Etnomusikologi, Fakultas Ilm

  • Rabu, 23 Mei 2018 17:23

    Menyulap Hobi Menjadi Pundi-pundi Rupiah

    Hobi, adalah satu kata yang tidak bisa dilepaskan dari diri siapapun.

  • Selasa, 22 Mei 2018 20:32

    5 Tips berprestasi di usia Muda ala Puput Milala, Duta Mahasiswa USU 2017

    Menjadi seorang wanita yang produktif dan berprestasi tentunya menjadi hal yang diidam-idamkan oleh semua orang.

  • Senin, 21 Mei 2018 14:01

    Sayyid Sabiq, Atlet Muda Berprestasi

    Sayyid Sabiq SM. Rambe, atlet muda kelahiran Medan ini telah meraup berbagai kejuaraan di cabang olahraga karate. Ia berhasil mengumpulkan 9 medali emas dan 3 medali perunggu untuk perlombaan tingkat

  • Senin, 21 Mei 2018 11:21

    Clara, Selebgram Beauty Influencer Asal Medan

    Memiliki paras cantik serta bakat yang menarik merupakan perpaduan yang sempurna bagi seorang Claresta Haniyah Rambe.

  • Selasa, 20 Jun 2017 06:20

    Band Indie Zvara tunjukkan eksistensi dengan berkarya

    Istilah Indie diambil dari kata Independent yang berarti merdeka, bebas, mandiri, dan nggak bergantung. Banyak yang menganggap indie itu sebuah genre musik, seperti halnya rock, jazz, atau sebagainya.

  • Senin, 22 Mei 2017 20:22

    SWURF band berkarier di musik indie

    SWURF Band terbentuk pada 22 Desember 2016 dengan beranggotakan 4 mahasiswa dari Universitas yang berbeda di kota Medan.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2018 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak