Jumat, 18 Agu 2017 02:15
Iklan Kota1
  • Home
  • Hiburan
  • Indra Lumbangaol dan Rima Magdalena Juarai Pemilihan Duta Wisata Humbahas

Indra Lumbangaol dan Rima Magdalena Juarai Pemilihan Duta Wisata Humbahas

Humbahas (utamanews.com)
Oleh: Eduard S.
Jumat, 21 Jul 2017 09:41
Dibaca: 172 kali
Dok
Penyerahan trofi juara Duta Wisata Sidoli dan Siboru Humbahas 2017
Pemkab Humbang Hasundutan (Humbahas) melalui Dinas Pariwisata menggelar pemilihan duta wisata Sidoli dan Siboru tahun 2017 bertempat di Aula Huta Mas Doloksanggul, Kamis (20/7).

Kegiatan yang baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Humbahas ini dalam rangka memeriahkan HUT ke-14 Kabupaten Humbang Hasundutan tepatnya 28 Juli 2017 ini. Acara puncak kegiatan akan dilaksanakan, Sabtu 29 Juli 2017 dipusatkan di Tanah Lapangan​ Merdeka Doloksanggul. 

Selain perwakilan setiap kecamatan, perlombaan itu dihadiri Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora, Kajari Humbahas Zaidar Rasepta SH, Kapolres Humbahas AKBP Nicolas SIK, Sekdakab Saul Situmorang SE MSi dan beberapa pimpinan SKPD termasuk para Camat​. 

Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora mengatakan sebagai salah satu kabupaten yang berada di kawasan danau Toba tetap berkomitmen membangun potensi wisata, dalam rangka mendukung danau toba sebagai destinasi prioritas pariwisata nasional dalam rangka mewujudkan geopark nasional kaldera toba menjadi anggota Unesco Global Geopark (UGG). 

Potensi wisata dan budaya yang dimiliki dipandang perlu untuk diinformasikan dan dipromosikan melalui berbagai sarana. Untuk menginformasikan dan mempromosikan potensi itu bukan hanya tugas pemerintah semata tapi perlu dukungan semua pihak termasuk generasi muda sebagai generasi penerus bangsa. 

Menggali potensi itu, Pemkab Humbang Hasundutan untuk pertama kalinya melaksanakan pemilihan duta wisata Sidoli dan Siboru 2017. 

Melalui para duta wisata ini, Wakil Bupati Humbahas berharap generasi muda untuk lebih mengenal, mencintai dan bangga dengan Kabupaten Humbang Hasundutan, sehingga kedepan dapat membangun Kabupaten Humbang Hasundutan untuk lebih baik lagi. 

Rasa bangga dan rasa memiliki tentunya perlu diwujudkan kaum muda untuk mengobarkan semangat sadar wisata. Tidak hanya melalui kegiatan sosial kemasyarakatan tapi hendaknya dapat juga mengajak, memberikan contoh dan tauladan yang baik sebagai salah satu pelaku pembangunan dan sebagai generasi yang mewujudkan harapan bangsa. 

Pemilihan duta wisata merupakan salah satu metode promosi kepariwisataan yang strategis karena bersentuhan langsung dengan generasi muda. Duta wisata diharapkan dapat menjadi agen perubahan suatu daerah. Selanjutnya bermanfaat untuk mengarahkan, menjembatani, meningkatkan serta menfokuskan energi generasi muda agar lebih positif, produktif dan inovatif. 

Wakil Bupati Humbahas Saut Patlindungan Simamora menambahkan guna mendukung dan meningkatkan pariwisata di Humbang  Hasundutan, Dinas Pariwisata akan mengadakan kegiatan yang telah dilaunching Kementerian Pariwisata RI antara lain Festival Gondang Sabangunan yang dilaksanakan 24 Juli 2017 ini bertempat di wisata Sipinsur Desa Pearung Kecamatan Paranginan. 

Festival kopi bertajuk coffee fest toba 2017 tanggal 2-3 Desember 2017 di wisata Sipinsur Desa Pearung Kecamatan Paranginan. Bukan hanya itu saja, Pemkab Humbahas tuan rumah Festival Danau Toba 2017 yang dilaksanakan 6-9 Desember 2017 di Kecamatan Baktiraja. 

Kegiatan-kegiatan itu perlu dukungan dan partisipasi seluruh elemen masyarakat. 

Kadis Pariwisata Hotma Dina Uli Butabutar ST MT mengatakan kegiatan itu diselenggarakan untuk menjadikan duta wisata Sidoli dan Siboru sebagai mitra Pemkab Humbang Hasundutan guna mempromosikan budaya dan potensi wisata yang ada di wilayah Humbang Hasundutan. Termasuk mengembangkan potensi, kreativitas, kecerdasan para generasi muda di bidang budaya dan pariwisata. 

Sebelum grand final, telah dilaksanakan pembekalan di Hotel Bukit Tinggi dan di Sipinsur, Rabu (19/7). 

Penyematan selempang kepada seluruh peserta dilaksanakan di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul. Kemudian menuju objek wisata Sipinsur yang menjadi tempat untuk foto shoot para peserta yang bertujuan untuk memperkenalkan potensi wisata yang ada di Kabupaten Humbang Hasundutan. 

Selain itu dilaksanakan  latihan catwalk bagi para peserta. Peserta yang mendaftar berasal dari 10 kecamatan sebanyak 28 orang terdiri dari 16 laki-laki dan 12 perempuan. Namun yang berhak ikut berkompetisi 20 orang terdiri dari 10 laki-laki dan 10 perempuan. 

Dari berbagai babak penyisihan, akan dipilih sepasang duta wisata Sidoli dan Siboru yang menjadi perwakilan Kabupaten Humbang Hasundutan dalam rangka pemilihan duta wisata tingkat provinsi dan nasional.  

Juri didatangkan dari Medan yang sudah menguasai bidang pariwisata yaitu Rendi Aprial Lubis, Evita Sari Harahap dan Rijal Ardiman S, SE.  

Rendi Aprial Lubis sebagai instruktur dan juri menuturkan bahwa untuk penilaian akan ada tiga bagian yaitu bagian pariwisata, kepribadian dan catewalk. "Harapan kedepannya untuk acara pemilihan duta wisata Sidoli dan Siboru Kabupaten Humbang Hasundutan dapat di abadikan dan dimanfaatkan sebagai contoh dan model di Humbahas" ungkap Rendi.  

Duta wisata berfungsi sebagai ikon kabupaten/kota dan sebagai contoh untuk generasi muda berprestasi dan berbakat. 

Dalam lomba itu, duta wisata Sidoli juara I Indra S Lumbangaol (Pollung), juara II Roger H Purba (Doloksanggul) dan juara III Argorby Simanullang (Baktiraja). 

Siboru, juara I Rima Magdalena (Sijamapolang), juara II Yulianti AD Sitanggang (Doloksanggul) dan juara III Desima Pasaribu (Parlilitan). Sang juara I, II dan III baik itu Sidoli dan Siboru mendapat tropy.

Editor: Sam

T#g:DutahumbahasWisata
Berita Terkait
  • Kamis, 17 Agu 2017 21:17

    134 Napi Lapas II-B Humbahas peroleh Remisi Kemerdekaan

    Seratus Tiga Puluh Empat Narapidana penghuni lapas IIB Humbang Hasundutan mendapat remisi Kemerdekaan RI ke-72. Remisi ini diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Saut Parlind

  • Kamis, 17 Agu 2017 18:27

    Peringatan Detik-detik Proklamasi di Humbahas

     Kemerdekaan Diraih Pahlawan Bangsa Dengan Perjuangan Berat dan Pengorbanan Luar Biasa Kemerdekaan bukanlah suatu hadiah dan pemberian yang diterima secara cuma-cuma, namun kemerdekaan dapat dira

  • Selasa, 15 Agu 2017 19:45

    Bupati Humbahas kukuhkan 36 Paskibraka 2017

    Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas), Dosmar Banjarnahor, SE mengukuhkan 36 anggota Paskibraka yang dipersiapkan untuk penaikan dan penurunan bendera merah putih pada peringatan Hari Kemerdekaan RI ke

  • Sabtu, 12 Agu 2017 10:02

    Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan Latih ASN Tentang Keprotokolan

    Wakil Bupati Humbang Hasundutan, Saut Parlindungan Simamora membuka secara resmi Bimtek Keprotokolan (11/8) di Pendopo Perkantoran Bukit Inspirasi Doloksanggul.

  • Senin, 07 Agu 2017 21:37

    Bank Mandiri salurkan Bansos PKH pada 206 KPM di Baktiraja

    Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan (PKH) disalurkan PT. Bank Mandiri, Tbk kepada 206 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kecamatan Baktiraja (7/8) dipusatkan di Kantor Camat Baktiraja. Untuk

  • Selasa, 01 Agu 2017 21:31

    Dorong Usaha Mikro Kecil Bupati Humbahas Delegasikan IUMK Kepada Camat

    Pemerintah Humbang Hasundutan (Humbahas) memberikan stimulus untuk mendorong Usaha Mikro Kecil dengan memberikan kemudahan dalam mengurus Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) kepada Camat.

  • Minggu, 30 Jul 2017 18:40

    Bertha Julianti Telaumbanua dinobatkan jadi Putri Pariwisata 2017

    Nama Kota Gunungsitoli kembali berkibar di kontes putri pariwisata di Pulau Nias. Setelah mengorbitkan Pintar Hasrat Zendrato sebagai Sibolowua pada pemilihan duta wisata tahun 2016 lalu, ada sosok sa

  • Sabtu, 29 Jul 2017 22:09

    Tengku Erry Serahkan Bantuan Rp12 Miliar untuk Pertanian Humbahas

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menyampaikan bahwa dirinya selalu menyediakan waktu untuk hadir bersama para petani/kelompok tani, penyuluh dan Babinsa untuk memberikan semangat dan motivasi.

  • Sabtu, 29 Jul 2017 19:49

    14 Tahun Humbahas, Tengku Erry: Evaluasi, Koreksi dan Introspeksi Penting

    Gubsu Tengku Erry Nuradi menekankan pentingnya momentum evaluasi, koreksi dan introspeksi dalam membangun daerah menjadi lebih baik.

  • Rabu, 26 Jul 2017 22:06

    Hasil Kerajinan Tangan Warga Binaan Rutan Doloksanggul Butuh Perhatian Pemerintah

    Orang mengira selama ini hidup di dalam rumah tahanan (Rutan) atau Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) sangat menyeramkan, tetapi hal ini tidak terbukti kala kita berkunjung ke Rutan klas ll B Doloksanggul.

  • Komentar Pembaca

    Copyright © 2013 - 2017 utamanews.com. All Rights Reserved.

    Tentang Kami

    Pedoman Media Siber

    Disclaimer

    Iklan

    Karir

    RSS

    Kontak